Loading...

Monday, September 28, 2009

Nyanyian Syukur Karena Kebaikan Tuhan


NYANYIAN SYUKUR KARENA KEBAIKAN TUHAN


“Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. Nyanyian. Bagi-Mulah puji-pujian di Sion, ya Allah; dan kepada-Mulah orang membayar nazar. Engkau yang mendengarkan doa. Kepada-Mulah datang semua yang hidup karena bersalah. Bilamana pelanggaran-pelanggaran kami melebihi kekuatan kami, Engkaulah yang menghapuskannya. Berbahagialah orang yang Engkau pilih dan yang Engkau suruh mendekat untuk diam di pelataran-Mu! Kiranya kami menjadi kenyang dengan segala yang baik di rumah-Mu, di bait-Mu yang kudus. Dengan perbuatan-perbuatan yang dahsyat dan dengan keadilan Engkau menjawab kami, ya Allah yang menyelamatkan kami, Engkau, yang menjadi kepercayaan segala ujung bumi dan pulau-pulau yang jauh-jauh; Engkau, yang menegakkan gunung-gunung dengan kekuatan-Mu, sedang pinggang-Mu berikatkan keperkasaan; Engkau, yang meredakan deru lautan, deru gelombang-gelombangnya dan kegemparan bangsa-bangsa! Sebab itu orang-orang yang diam di ujung-ujung bumi takut kepada tanda-tanda mujizat-Mu; tempat terbitnya pagi dan petang Kaubuat bersorak-sorai. Engkau mengindahkan tanah itu, mengaruniainya kelimpahan, dan membuatnya sangat kaya. Batang air Allah penuh air; Engkau menyediakan gandum bagi mereka. Ya, demikianlah Engkau menyediakannya: Engkau mengairi alur bajaknya, Engkau membasahi gumpalan-gumpalan tanahnya, dengan dirus hujan Engkau menggemburkannya; Engkau memberkati tumbuh-tumbuhannya. Engkau memahkotai tahun dengan kebaikan-Mu, jejak-Mu mengeluarkan lemak; tanah-tanah padang gurun menitik, bukit-bukit berikatpinggangkan sorak-sorai; padang-padang rumput berpakaikan kawanan kambing domba, lembah-lembah berselimutkan gandum, semuanya bersorak-sorai dan bernyanyi-nyanyi “ ( Mazmur 65 : 1-14 )


Apa saja isi doa kita kepada Tuhan ? Seberapa banyak yang berisi permohonan ? Adakah saatnya anda hanya memuji dan mengucap syukur kepada Dia ?

Sebagai orang percaya yang tekun membaca dan merenungkan Firman Tuhan, kita sering membaca di dalam mazmur-mazmur Daud yang berisi pengaduan kepada Tuhan atas masalah-masalah yang dia hadapi. Daud juga mengajukan permohonan agar dia dilindungi dari musuh-musuh yang menginginkan nyawanya. Namun dalam Mazmur 65 ini kita melihat sesuatu yang berbeda. Mazmur ini merupakan ungkapan syukur dan pujian Daud kepada Tuhan.

Tuhan adalah Tuhan yang bersedia mendengarkan doa-doa umat-Nya ( Mzm 65:3 ). Tuhan juga membuka tangan terhadap mereka yang berdosa, bahkan Ia mau mengampuni kesalahan mereka ( Mzm 65:4). Sebab itu orang akan merespons dengan menepati nazar yang telah mereka ucapkan ( Mzm 65:2 ).

Daud juga memuji-muji Allah yang telah menjawab doa umat-Nya dengan karya yang begitu luar biasa ( Mzm 65:6-9 ). Orang-orang dari seluruh penjuru bumi pun mempercayai Dia karena perbuatan-Nya yang ajaib. Namun Tuhan bukan hanya menjawab doa, kasih dan kebaikan-Nya juga nyata melalui tanah yang subur dan panen yang berlimpah ( Mzm 65:10-14). Bumi diperkaya juga dengan ternak yang berserak di padang rumput dan keemasan gandum yang meyelimuti lembah. Allah memberkati bumi dengan begitu banyak hal yang baik sehingga manusia bersukacita. Maka bukankah wajar kalau sorak sorai pujian dan gegap gempita ucapan syukur dinaikkan kepada Tuhan ?

Coba renungkan, apa yang lebih sering anda ingat-ingat ? Pengalaman pahit dan penderitaan yang menyesakkan atau kasih dan kebaikan Tuhan yang telah anda alami dalam perjalanan hidup anda ? Mana yang lebih sering anda lakukan : berkeluh kesah karena masalah yang tak kunjung henti atau mengucap syukur karena campur tangan dan pemeliharaan Allah nyata ? Maka sediakanlah waktu untuk merenungkan perlindungan dan kebaikan Tuhan di sepanjang hidup. Ingatlah kebaikan Tuhan. Tuhan itu baik. Dia sendiri memproklamasikan diri-Nya bahwa Dia Tuhan yang baik. Dia mengatakan kepada kita umat gembalaan-Nya :


  • “ Akulah Gembala Yang Baik. Gembala Yang Baik memberikan nyawanya kepada domba-domba-Nya” ( Yoh 10: 11 )

  • “ Tiada kasih yang lebih besar daripada kasih seorang yang memberikan nyawa-Nya untuk sahabat-sahabat-Nya”. ( Yoh 15:13)

Masihkah anda meragukan bahwa Tuhan itu baik ? Ingatlah akan kebaikan Tuhan !


Soli Deo Gloria.



LAGU PUJIAN


INGAT KASIH-NYA


Ingat kasih-Nya, Ingat kebaikan-Nya.

Dan anugrah-Nya s’lamatkanku.

S’bab kasih-Nya setinggi langit.

Kasih setia Allah pada kita,

Besar kasih Allah pada kita.


Ref :

Ku takkan lupa kasih-Nya

Ku takkan lupa anugrah-Nya

Dia penuhkan, Dia penuhkan,

Dia penuhkan hasratku

Besar kasih Allah pada kita.




1 comment:

  1. sdrku, terima kasih atas tulisannya, saya bersyukur sebab sedikit sekali orang menulis mengenai mazmur ini, tq, Gbu

    ReplyDelete