Loading...

Thursday, April 21, 2011

“Yesus Mati Untuk Menyelesaikan Semua Rencana Allah”


“Yesus Mati Untuk Menyelesaikan Semua Rencana Allah”

“Sesudah itu, karena Yesus tahu, bahwa segala sesuatu telah selesai, berkatalah Ia -- supaya genaplah yang ada tertulis dalam Kitab Suci --: "Aku haus!" Di situ ada suatu bekas penuh anggur asam. Maka mereka mencucukkan bunga karang, yang telah dicelupkan dalam anggur asam, pada sebatang hisop lalu mengunjukkannya ke mulut Yesus.Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: "Sudah selesai." Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya” ( Yohanes 19:28-30)

Perbuatan dosa apakah yang telah Yesus lakukan sehingga Ia harus dijatuhi hukuman mati ? Mengapa Yesus harus mati dengan cara tersalib ? Tidak adakah cara lain,yang lebih pantas bagi kematian-Nya ? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini terus terngiang di akal dan batin kita ketika kita berjalan menuju ke rumah ibadah untuk memperingati kematian Yesus di Hari Jumat Agung ini. Dalam hati,kita mungkin berkata,”Ah, kalau saya adalah Yesus,saya tidak mau mati secara demikian”. Memang,sebagai manusia,Yesus juga tidak ingin mati secara tersalib. Itulah yang tampak dalam doa-Nya di taman Getsemani. Namun,keinginan Yesus,bukanlah keinginan Allah,Bapa-Nya. Dengan perkataan lain,Yesus mati secara tersalib adalah keinginan Allah,Bapa-Nya.

Yesus tidak berbuat dosa apapun. Manusialah yang berbuat dosa. Manusialah yang harus mati secara tersalib. Tapi mengapa Yesus yang harus mati dengan cara disalib ? Masalahnya ada 3 yaitu :

  1. Allah tidak mau menjatuhkan hukuman terhadap mahluk lain karena kesalahan yang diperbuat manusia. Manusia yang berdosa, maka manusialah yang harus memikul hukumannya. ( Bdk. Yehezkiel 18:4b, Mazmur 49:8-9 )
  2. Tidak ada manusia yang mau rela mati secara demikian,kalau pun ada,kematian orang itu tidak akan mampu melunasi hutang dosa yang harus dibayar umat manusia.Sebab manusia yang mati itu adalah juga orang berdosa. Tubuh dan darahnya telah ternoda,sehingga tidak bisa membasuh noda dosa umat manusia. Hanya manusia yang tidak berbuat dosa yang mampu melunasi hutang dosa umat manusia. Hanya tubuh dan darah yang tanpa noda saja yang mampu membasuh bersih noda dosa umat manusia.
  3. Tidak ada mahluk semata yang sanggup menanggung beban murka Allah yang kekal atas dosa dan membebaskannya ( Mazmur 49 :8-9).

Siapakah yang sanggup ? Tidak ada yang lain kecuali Yesus ! Yaitu Allah yang menjadi manusia. Yaitu seorang Pengantara dan Penebus yang adalah manusia sejati dan benar,tetapi yang kekuatan-Nya melebihi segala mahluk,artinya yang juga Allah yang sejati. Karena itu pula maka Yesus harus mati secara tersalib. Yesus mati secara tersalib,bukan semata-mata hanya mau mengatakan bahwa Yesus disejajarkan dengan para penjahat dan pemberontak negara. Tetapi terutama mau menjelaskan bahwa dengan cara tersalib,Yesus sesungguhnya berdiri antara Allah dengan manusia,untuk menjadi jalan pendamaian bagi umat manusia,sekaligus Pembela bagi manusia di hadapan Allah.

Dari atas salib Yesus melihat segala sesuatu yang terjadi di bumi,di bawah. Yesus melihat para serdadu Romawi membagi-bagikan pakaian-Nya dan membuang undi atas jubah-Nya. Yesus juga melihat Ibu dan murid yang dikasihi-Nya sedang mengangkat muka untuk memandang kepada-Nya. Sedih dan pedih. Ditambah sengatan sinar matahari terik seolah membakar tubuh,membuat peluh bercampur darah mengalir keluar melalui pori-pori. Kerongkongan-Nya kering. Di bibir-Nya muncul goresan-goresan luka memerah,dan lidah-Nya seolah melekat pada langit-langit mulut-Nya.

Dalam kepedihan dan kegersangan itu, Yesus meronta dan berteriak, “Aku haus !” Satu demi satu nubuat firman Tuhan,digenapi oleh Yesus. Bukan saja seruan “Aku haus”,tetapi juga jawaban para serdadu yang mencelupkan bunga karang ke dalam anggur asam dan mengunjukkannya ke mulut Yesus. Bukannya terasa manis,tetapi asam..perih..sakit….Namun,Yesus harus mampu menanggungnya sampai selesai. Yesus bukanlah tipe orang yang mengerjakan tugas hanya separuh,dan berhenti di tengah jalan. Yesus harus mengerjakannya sampai selesai. Tentu,bukan menurut apa yang diinginkan-Nya,tetapi menurut apa yang dirancangkan Allah,Bapa-Nya kepada-Nya.

Ketika Yesus tahu bahwa semua tugas yang dipercayakan Allah,Bapa-Nya,telah selesai maka setelah meminum anggur asam itu maka Yesus berteriak, : ”Sudah selesai”. Lalu Yesus menundukkan kepala-Nnya dan mati dalam penyerahan nyawa-Nya (hidup-Nya) kepada Allah,Bapa-Nya.

Yesus mati. Itulah pernyataan yang tegas dan gamblang dari penginjil Yohanes tentang kondisi terakhir dari Yesus yang tersalib. Dengan pernyataan ini,Yohanes ingin melakukan dua hal.

· Pertama : Ia mempersiapkan jalan masuk untuk bangunan cerita selanjutnya,khusus cerita tentang kebangkitan Yesus.

· Kedua : Ia ingin menolak semua anggapan yang berkembang pada waktu itu,bahwa Yesus yang tersalib tidak sampai menghembuskan nafas terakhir dan mati. Sebab ada pandangan yang beredar yang mengatakan bahwa pada saat Yesus sedang sekarat,Allah bertindak dan menarik Yesus dari salib itu dan menggantikan-Nya dengan seorang murid lain. Ada yang berasumsi murid itu adalah Yudas.

Yesus mati di salib adalah untuk menyelesaikan rencana keselamatan Allah bagi dunia,dan khususnya umat manusia. Misi Yesus datang kedunia adalah untuk penebusan.Yang mau bertobat ditebus,terhapus dosanya.

Soli Deo Gloria


24 comments:

  1. kalian percaya Tuhan mati...........berarti kalian anjing.............gak bisa mikir

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau anda bilang orang "anjing" maka anda anjing juga

      Delete
  2. Seandainya aku HEWAN pasti sudah aku katakan kepada diriku sendiri "Percayalah dan Imanlah..

    ReplyDelete
  3. dasar Kristen babi ngepet

    ReplyDelete
    Replies
    1. JAGA BAHASA ANDA KARENA BAHASA DAN BICARA BISA BERAKIBAT FATAL.

      Delete
  4. Orang Kristen tidak perlu babi ngepet. Orang Kristen sudah kaya dengan pengampunan dan belas kasihan dari Tuhan Yesus. Tidak tanggung-tanggung, asuransi yang Yesus tawarkan hanya dengan sedikit "PERCAYA" jaminannya dengan diri Yesus sendiri sebagai jembatan untuk masuk surga. DEAL!

    ReplyDelete
  5. pada poin 1 yaitu "Allah tidak mau menjatuhkan hukuman terhadap mahluk lain karena kesalahan yang diperbuat manusia. Manusia yang berdosa, maka manusialah yang harus memikul hukumannya. ( Bdk. Yehezkiel 18:4b, Mazmur 49:8-9 )"
    disini jelas bahwa tidak akan ada yang namanya penebusan dosa nantinya. siapa saja yang berdosa, si pendosa itu sendiri juga yang akan memikul dosanya, bukannya yesus. bukankah itu jelas bahwa dosa manusia tidakakan di tebus oleh yesus selain diri kita sendiri yang menanggungnya. disini saya tidak bermaksud menghina atau memprovokasi pikiran teman2 umat kristiani, tetapi satu hal yang ingin saya sampaikan yaitu Tuhan tidak mungkin menurunkan sesuatu hal tanpa ada makna di balik hal tersebut. bukankah letak ketinggian derajat manusia di banding mahluk ciptaan yang lain adalah akal? mari manfaatkan potensi ini dalam menggapai kebenaran. jangan menghujat Islam hanya karena kalian kristen, begitupun sebaliknya. buktikan dengan dalil2 dalam kitab dan dalil2 ilmiah yang bisa diterima dengan akal pikiran yang sehat.ok?
    Wassallam.

    ReplyDelete
  6. komen tgl 10 nov....pantesan orang Kristen bisa buat apa saja .....bisa freesex,homosex....nyodomi nyokap juga boleh....dosanya kan udah ditanggung Si Yesus kuntilanak tuh.....hi hi hi

    ReplyDelete
  7. ARTIKEL DIATAS KAYANYA GAK MELEDEK AGAMA LAIN DEH...TP KENAPA ORANG MUSLIM MALAH MELEDEK2I ORANG KRISTIANI...

    ReplyDelete
  8. Tuhan Yesus terimakasih atas kasihMu yang besar,,
    Tuhan Yesus ampuni juga orang2 yang mengolok, menghina, berkata yang tidak benar,,serta merasa pintar,,ampuni mereka Tuhan,,nyatakan kuasa Mu terhadap mereka,,
    supaya bukan hanya kita yang percaya selamat,,tapi semua manusia,,jangan biarkan mereka buta dan hatinya menjadi keras,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuhan...ampuni para penyembah Kolor Ijo ya...mereka dalam kesesatan....beri Hidayah tuk mereka

      Delete
    2. semua nya telah tertulis di dalam Alkitab... siapa yg menyembah Yesus ia akan di hina, di olok dan di cacimaki... tetapi di kemudian hari semua itu akan menjadi terang dan membawa keselamatan bagi umat yg percaya kepadanya ?

      Delete
  9. sebab itulah umat kristen betah dengan keyakinanya. karena gampang. jika sudah selesai dengan hawa nafsunya. " kan tuhan yesus yg nanggung "
    padahal poin 1 sudah jelas.

    Allah tidak mau menjatuhkan hukuman terhadap mahluk lain karena kesalahan yang diperbuat manusia. Manusia yang berdosa, maka manusialah yang harus memikul hukumannya. ( Bdk. Yehezkiel 18:4b, Mazmur 49:8-9 )

    coba anda pikirkan . seberapa bahayanya kerusakan dunia ini jika setiap pendosa melakukan dosa sebesar apapun, pasti akan ditanggung yesus!

    lalu buat apa tuhan menciptakan dunia dan isinya. langsung aja masukin ke sorga semua.

    ReplyDelete
  10. pantaslah tuhan berfirman :
    sama saja kamu beri peringatan atau tidak. mereka tetap keras pada keyakinanya.

    poin ke 1 dan 3 sangat jelas, sumbernya dapat dipertanggungjawabkan. dan ini SAMA dengan keyakinan yg kami miliki.

    tetapi poin ke 2 artikel diatas bagi yg berAKAL. ini hanya bentuk dari fantasy nenek moyangmu terdahulu yg gengsi menerima kebenaran, sumber nya darimana ? siapa yg mengatakan demikian?

    memang kalian senang sekali berfantasy. terbukti game2 Fantasy buatan kalian sekarang. laris manis dilapangan.

    ReplyDelete
  11. tolong jangan menghina orang kristen ya....mereka seperti karena belum ada hidayah dari Allah SWT...memberi pencerahan hukum nya wajib

    ReplyDelete
  12. Menghina dan menyakiti adalah sifat manusia yang sudah jatuh dalam dosa, semua berpotensi seperti ini, jadi saya kira wajar saja orang yang diluar Kristus melakukannya, karena belum mengalami betapa Indahnya hidup di dalam Kristus. Kalau ada yang mempunyai anggapan enak ya jadi orang Kristen bisa berbuat dosa apa saja tete diampuni. Anggapan ini salah..., orang Kristen berjuang setiap hari untuk sangkal diri dan pikul salib. Apa artinya ? Menjadi orang Kristen berarti percaya kepada Sosok Kristus yang adalah sang Firman yang menjadi manusia, unutk memberikan keteladanan bagaimana seharusnya manusia itu dapat hidup dalam kesehariannya. Menjadi orang Kristen berarti harus setiap hari meneladani dan mencontoh kehidupan Yesus. Dalam pikiran, perkataan dan perbuatan... Itulah inti menjadi orang Kristen, jadi tidak seenaknya berbuat dosa terus diampuni.


    Yesus bersabda bahwa Dia memberi tapi Dia juga berhak mengambil, jadi kalau ada orang sudah diberi anugerah pengampunan tapi tetap hidup dalam dosa
    maka Kristus akan menghakimi Dia. Yoh 10:18 "Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang Kuterima dari Bapa-Ku."

    ReplyDelete
  13. Right away I am going away to do my breakfast, after having
    my breakfast coming again to read further news.


    Feel free to surf to my web page League Of Legends Hack

    ReplyDelete
  14. Excellent beat ! I wish to apprentice while you amend your web site,
    how could i subscribe for a blog web site?
    The account helped me a acceptable deal.
    I had been tiny bit acquainted of this your broadcast provided bright
    clear concept

    Also visit my blog post ... The Interlace

    ReplyDelete
  15. Heya i'm for the primary time here. I found this board and I in finding It really helpful & it helped me out a lot. I hope to provide one thing again and aid others such as you aided me.

    My website; download 7zip ()

    ReplyDelete
  16. I blog often and I seriously appreciate your content. This article has truly peaked
    my interest. I will bookmark your blog and keep checking for new information about once per week.
    I opted in for your RSS feed as well.

    Also visit my web page ... World Of Tanks Hack

    ReplyDelete
  17. Hey just wanted to give you a brief heads up and let you know a few of the images aren't loading properly. I'm not sure
    why but I think its a linking issue. I've tried it in two different internet browsers and both show the same results.

    Here is my site minecraft Crack

    ReplyDelete
  18. It's genuinely very complex in this busy life to listen news on Television, thus I just use the web
    for that purpose, and obtain the latest news.

    Have a look at my blog post :: DayZ Standalone Free Download

    ReplyDelete
  19. Yes! Finally someone writes about christian book distributer.


    Feel free to visit my blog - after effects render settings

    ReplyDelete
  20. Excellent blog here! Also your website loads up very fast!
    What host are you using? Can I gett your affiliate link to your host?
    I wish my website loaded uup as fst as yours lol

    Here is my web page ... psn card online

    ReplyDelete