Loading...

Wednesday, April 29, 2009

Kesaksian : " Buddhist (Budha) Masuk Kristen : " Ibu Yeh "



KESAKSIAN BUDDHIST (BUDHA) MASUK KRISTEN : “IBU YEH”

( Diceritakan oleh : Pdt. I.M. Nordmo, Pemberita Injil di Tiongkok Utara)


Ibu Yeh dan suaminya adalah tokoh pimpinan agama Budha. Keduanya sangat menguasai agama itu, bahkan belum ada duanya yang dapat menguasai agama semacam itu saat itu. Selain itu mereka juga sangat setia dan melaksanakan dengan benar ajaran agama itu. Agama Budha telah mereka jalani selama bertahun-tahun. Untuk keahlian mereka ini mereka lalu diangkat menjadi pimpinan agama dan berkedudukan sebagai pemuka bagian dalam (orang-orang yang penting). Keduanya bercita-cita ingin mencapai tingkat kebahagiaan dunia yang setinggi-tingginya, dan menurut janji agama untuk mencapai tujuan itu, mereka tidak boleh lalai menjalankan syarat agama yaitu dengan mantera dan sedekah.
Suatu ketika, masyarakat digemparkan oleh adanya sesuatu yang belum pernah mereka lihat. Sebuah kemah didirikan di depan sebuah Kelenteng. Orang-orang kampung segera meninggalkan pekerjannya dan menuju tempat itu. Mereka ingin tahu apa isi kemah itu. Biasanya kemah semacam itu berisi macam-macam binatang untuk pertunjukkkan sirkus. Namun kemah yang satu ini nampaknya lain sekali. Dalam kemah tidak ada binatangnya. Yang ada adalah gambar-gambar yang dipasang di dinding kemah. Diatas kemah ada bendera putih yang bertuliskan “ KEMAH KABAR KESUKAAN”. Pengunjung ingin mengetahui apa arti dari tulisan ini ? Pastilah ada arti yang sangat istimewa, mereka segera berjejal masuk mengamati lebih dekat poster bergambar yang tergantung di dinding itu. Orang yang dapat membaca menjelaskan kepada orang-orang yang tidak tahu membaca, bahwa gambar itu adalah lambang kuasa dosa dan kegelapan atas manusia. Gambar lain adalah lukisan orang yang disebut Yesus. Dan Yesus adalah satu-satunya orang yang dapat membebaskan manusia dari belenggu dosa. Yesus adalah anak Allah sedangkan orang yang mengajar di dalam kemah menjelaskan tentang kuasa Yesus yang agung dan besar. Orang yang memberi penjelasan ini disebut “ Pekabar Injil”.
Kini orang-orang yang berkerumun di depan kemah dipersilahkan masuk, mereka akan diberi penjelasan lebih lanjut tentang Yesus oleh si Pekabar Injil. Diantara orang-orang yang duduk di dalam kemah terdapat ibu Yeh. Ibu Yeh berusaha menyembunyikan dirinya agar tidak ketahuan orang-orang yang dikenalnya. Betapa malunya kalau ia sampai ketahuan, bukankah masyarakat selama ini mengenalnya sebagai pemimpin yang sangat dikagumi masyarakat ? Ia sengaja duduk diantara petani-petani yang miskin, karena mereka kebanyakan tidak mengenal siapa ibu Yeh itu. Dan ia akan merasa aman kalau orang-orang itu tidak mengenalnya. Selama satu jam ia duduk di bangku yang keras dan mendengarkan kotbah sang Penginjil, betapa ia merasa sangat bodoh, ketika ia mendengar sang Penginjil menjelaskan tentang kesia-siaan kalau mereka meneruskan penyembahan mereka kepada dewa-dewa. Dengan berani Penginjil menjelaskan bahwa dewa-dewa adalah buatan manusia, tidak dapat makan, minum dan bicara, karena ia cuma patung. Sedang para imam mencari kesempatan untuk menambunkan perut mereka melalui persembahan-persembahan rakyat.
“Bohong !” teriak hati ibu Yeh, ia marah sekali mendengar tuduhan Penginjil itu. Ibu Yeh berusaha menekan kemarahannya, bibirnya gemetar, tak tahan ia terlalu lama duduk di tempat itu. Heran, mengapa Penginjil itu berkata sebodoh itu, ia toh sama dengan dia satu bangsa yaitu ia seorang Tionghoa. Mengapa ia tak bisa menghargai hal-hal yang baik dari sang Budha ? Ah..biar saja Budha menghukum dia, kata ibu Yeh dalam hati. Selama kebaktian berlangsung ia terus berdoa kepada sang Budha, ia berdoa agar Penginjil yang sembrono itu mendapat kutukan dan hukuman dari sang Budha, juga para dewa. Pastilah Penginjil itu sedang mabuk oleh obat orang asing itu, oleh karena itu perkataannya bagai orang yang tengah kehilangan ingatan.
Tanpa memperdulikan perasaan ibu Yeh, Penginjil terus saja berkotbah : “ Saudara-saudara, kehidupan saya tidak kukuh sebelum bertemu dengan Tuhan Yesus, sama dengan saudara-saudara saat ini”. Agama Budha memberi pelajaran, bahwa hati manusia tidak seburuk yang sebenarnya, kehidupan ini dapat kita hias, sehingga di waktu mendatang dalam kehidupan lain kita akan mendapatkan kedudukan yang lebih tinggi dan lebih baik. Namun saudara-saudara harus tahu semua pelajaran ini cuma semu dan tipuan, pelajaran ini membuat orang terlena dalam dosa-dosanya. Ketika saya percaya Yesus, kepercaaan saya yang lama habis terbakar bagai jerami kering yang dimakan habis oleh api cinta kasih Yesus. Ibu Yeh tahu benar apa arti dari kiasan yang dibawakan oleh pekabar Injil itu. Ia memakai jerami untuk memanaskan ruang tempat tidurnya apabila musim dingin tiba. Benarkah kepercayaannya dan agamanya dapat terbakar bagai jerami kering? Ia menjadi kecil hati, hal ini tak boleh jadi, kata ibu Yeh dalam hatinya.
“Kita harus diperbaharui oleh kuasa Roh Allah”. Tsao nama penginjil itu memperhatikan semua yang hadir lalu ia meneruskan khotbahnya, “ Jangan saudara-saudara membiarkan kehidupan yang lama berkembang tanpa tujuan “.“ Uh..apa itu hati yang baru ?” tanya ibu Yeh dalam hati. Barangkali benar kata pimpinan agama Budha, orang kulit putih itu telah membujuk orang-orang supaya masuk ke dalam bilik orang kulit putih, lalu hati mereka diambil dan diganti dengan hati si kulit putih. Orang kulit putih itu telah mengambil hati orang-orang Tionghoa untuk obat. Mereka pandai menyihir orang sehingga banyak orang Tionghoa mengikuti kemauan orang kulit putih, meraka diajak masuk bilik orang kulit putih kemudian disihirnya mereka, tanpa sadar mereka dijadikan umpan pembedahan agar hati mereka bisa diambil dan diganti dengan hati yang baru yaitu hati sikulit putih. Dan ketika mereka sadar kembali, mereka telah mempunyai hati yang baru, lalu mereka menjadi penganut agama asing. Ini tidak mengherankan, karena hati mereka telah diganti tanpa sadar.
Selesai kebaktian orang banyakpun pulang ke rumah mereka masing-masing. Keadaan mereka tidak menentu. Ada yang kurang bereaksi, ada yang marah-marah. Namun tak sedikit juga yang lalu memberikan respon secara positif, mereka lalu menghubungi Penginjil minta penjelasan lebih lanjut tentang khotbah pak Penginjil. Lalu orang-orang yang tak senang mendengarkan uraian si Penginjil bermusyawarah akan mencegah kebaktian secara bersama-sama.
Sikap ibu Yeh juga sama dengan penentang-penentang lainnya. Ibu Yeh merasa dewa-dewa mereka telah dihina secara terang-terangan oleh si Penginjil.Namun juga tak bisa disembunyikan ada peperangan kini dalam hatinya, seolah-olah suatu kebenaran telah menyelinap dalam sanubarinya. Perkataan Penginjil itu terus terngiang-ngiang di telingannya. Apa sebenarnya yang tengah terjadi ? Kekuasaan sang Budha yang terpukul atau kenangan itu memberi peringatan pada dirinya ? Ia tak boleh lemah dan menyerah pada pencobaan. Kalau ia menyerah, nama yang selama ini dikagumi masyarakat, akan musnah. Bahkan untuk masa mendatang ia tak akan lagi punya nama besar di mata masyarakat.
Ibu Yeh tidak mempunyai anak, bertahun-tahun ia dan suaminya berdoa kepada dewa-dewa agar dikaruniai seorang anak lelaki, namun doanya tidak pernah dijawab. Bahkan bertahun-tahun suaminya bertapa minta kepada dewa kemakmuran, seorang anak lelaki, namun dewa kemakmuran juga agaknya kurang mendengar permintaan kedua suami istri.
Salahkah doa mereka ataukah kurang persembahan yang disajikan pada dewa-dewa itu, sehingga dewa-dewa tetap membisu dan tidak memberikan jawaban atas doa-doa mereka ? Kalau begitu betulkah kata sang Penginjil dalam renungannya kemarin, bahwa dewa-dewa itu buatan manusia, terbuat dari batu atau kayu dan tak akan mungkin mereka bisa menjawab persoalan mereka ?.
Ibu Yeh mulai ragu-ragu, ia merasa benar-benar sial, mana yang harus dipercaya sekarang? Malam itu ibu Yeh tak bisa tidur, berkali-kali ia membolak-balikkan tubuhnya ke kiri dan ke kanan secara terus bergantian, ia nampak sangat gelisah. Kata-kata si Pengkhotbah terus mendengung dan tak mau berakhir. Suami ibu Yeh masih terus mendengkur tak tahu akan pergumulan istrinya. Dan ketika suaminya menarik nafas tinggi, ia tak tahan lagi, ia tak mau membiarkan pikirannya terus kacau. Ia bangun dan mengguncang tubuh suaminya sambil terus membaca mantera untuk melenyapkan kegelisahan hatinya, ia menunggu sampai suaminya terbangun.
“Tadi siang aku pergi ke kemah. Disana diceritakan tentang Yesus yang katanya Anak Allah. Dia katanya satu-satunya jalan keselamatan yang dapat menyelamatkan manusia dari segala dosa. Kalau kita tidak berhenti menyembah berhala serta tidak menerima Yesus sebagai Juru Selamat, maka kita akan masuk neraka selama-lamanya dan berkumpul dengan Iblis, kata-kata ini tidak dapat kuenyahkan dari pikiranku, selalu saja mendengung di telingaku, aku tak bisa tidur, kalau…..”
“Tidak ! Suaminya tersentak dari tidurnya dan merasa terganggu ocehan istrinya, matanya menyala-nyala dan wajahnya merah, kata-kata yang kasar menluncur dari mulutnya, sehingga ibu Yeh merasa takut kepada suaminya “. Hem..jadi kau telah mendengar banyak pelajaran orang asing terkutuk itu ya, itu pelajaran palsu dan penuh tipu muslihat, pelajaran menghina dewa-dewa keluarga kita. Ini sangat merusak bangsa Tionghoa , membunuh iman anak-anak. Orang dewasa terjebak dengan jerat orang putih, mereka akan diperbudak dan harus mematuhi semua perintah orang putih. Awas jangan kau ke sana lagi, Allah yang mereka ajarkan tidak sesuai dengan kebudayaan kita bangsa Tionghoa”.
Ibu Yeh membantah : “Tapi aku tak melihat orang kulit putih di sana, hanya ada orang Tionghoa yang berkata-kata tentang Yesus, malah orang itu tetangga kita sendiri yang datang dari kota Shangsien wilayah Shanyang. Semua penuh kebahagiaan, barangkali dalam agama kita ada kesalahan “.
“ Ah..sudah, jangan ngoceh tak karuan”.”Aku Cuma berpikir dan mempelajari kebenaran kata-kata Tsao si Penginjil itu. Ia juga menyinggung tentang penyiksaan diri, katanya tak ada gunanya menyiksa diri semacam itu. Dalam Kristus ada damai yang membuat manusia bahagia” Yeh yang tak mau lagi mendengar ocehan istrinya cepat menyambung mimpinya, ia mendengkur dengan keras.
Fajar mulai menyingsing dari sebelah Timur, angin berhembus menyentuh dedaunan menyajikan bunyi musik alami yang meninabobokkan manusia yang terlena dalam buaiannya, sampai sentakan sinar surya lembut membangunkan insan yang tengah teruai menyadarinya ditambah riuhnya ayam jantan memberikan sahutan agar manusia terjaga dan menunaikan kewajibannya, namun ibu Yeh yang tak bisa memicingkan matanya semalam-malaman justru baru terlena pagi itu.
Suaminya memberi peringatan sedikit keras, agar ia tidak lagi mengulang pergi ke tempat si Penginjil, nalurinya justru medorong ia agar ia berjalan ke tempat itu. Dan keesokan harinyapun ia juga telah duduk di bangku yang keras untuk mendengarkan kotbah Tsao (si Penginjil). Batu yang keras itu tengah ditempa Allah, Roh Kudus terus bekerja mengikis kekerasan hati ibu Yeh. Setelah beberapa kali ia mengikuti khotbah Penginjil itu, ia merasa bahwa ialah manusia paling berdosa yang justru sangat membutuhkan belas kasihan Allah, agar dirinya diselamatkan Allah. Dan sadar bahwa ia akan binasa kalau ia tidak bertobat. Bertahun-tahun ia mengabdikan diri pada berhala, beribu-ribu mantera telah dihafal, ketekunannya terhadap ajaran filsafat Budha dan janji-janji tentang jalan kehidupan yang telah diucapkan tidak dapat dilemparkan begitu saja dari dirinya. Berminggu-minggu ia mengalami peperangan bathin, baru kemudian ia mengambil langkah positif untuk percaya pada Yesus.
Pada suatu sore yang indah tokoh Budha ini akhirnya menyerahkan diri dibawah kaki Kristus dalam suatu kebaktian. Malaikat di sorga bersukacita dengan adanya satu jiwa yang bertobat. Pertobatan ini menggemparkan penduduk sekitarnya.Mereka heran bagaimana mungkin tokoh Budha ini dapat menyangkali agamanya. Suami ibu Yeh malu sekali. Namun dengan penuh kerendahan hati dan sabar Ibu Yeh tetap memohon suaminya mau meninggalkan berhalanya dan datang ke kaki Kristus. Ia mengingatkan suaminya, selama mereka mengabdi kepada berhala, kehidupan mereka benar-benar muram. Dengan suara keras suaminya menolak ajakan istrinya. Ia sadar hati istrinya telah diganti dengan hati orang kulit putih. Hati agama Budha yang baik disingkirkan, sehingga pendapatnya bahwa istrinya kini bukan lagi orang Tionghoa.
Istrinya mengatakan bahwa meja perjamuan yang terbuat dari kayu yang indah itu harus dibuang, kalau itu dibuang, siapa yang akan melindungi mereka dari serangan serigala, harimau dan bermacam-macam penyakit? Pastilah dewa akan murka dan menghukum mereka, ladang akan dibakar dan ayam mereka tidak akan bertelur lagi dan lembu mereka akan mati semua, apa lagi nasib babinya nanti. Padahal babi itu menjadi kebanggaan keluarga. Begitu takutnya suami ibu Yeh, ia takut akan malapetaka yang menimpa keluarganya karena menyangkali dewa-dewa.
Suami ibu Yeh juga bergumul, selama ini mereka tidak dikaruniai seorang anak. Lagi pula di mata orang Tionghoa tidak mempunyai anak menjadi cela yang besar, apa lagi saat istrinya menjadi kacau pikirannya (hilang ingatan) inilah karena hati istrinya telah diganti oleh si kulit putih dengan sihirnya yang ajaib itu. Rasanya ingin ia menyiksa istrinya agar istrinya ingat kembali. Namun ia tak sampai hati melakukan tindakan yang keji terhadap istrinya. Selama ini istrinya sangat baik terhadap dia dan tak pernah dikecewakannya. Cuma saja istrinya tak dapat memberinya anak laki-laki sebagai penerus keluarga. Tak ada jalan lain bagi suami ibu Yeh, ia harus bersabar dan menunggu saja apa yang bakal terjadi.
Tiga bulan lamanya masing-masing melakukan ibadah sendiri-sendiri. Suami ibu Yeh tetap memuja berhalanya, sedang ibu Yeh dengan tekun beribadah kepada Allah Juruselamatnya. Suaminya merasa aneh melihat cara istrinya memuja Allahnya. Tak ada kertas-kertas yang dibakar, tak ada sesajen disediakan, tak ada kemenyan yang dibakar bagi dewa-dewa.,juga tak terdengar mantera-mantera yang diucapkan ataupun dihafal. Kalau ia memuja Allah ia cuma berlutut dan menangis, namun setelah itu wajahnya menjadi cerah sekali. Aneh ia berdoa sambil menangis padahal tak ada yang disusahkan juga tidak ada kemarahan. Suatu hari di rumah ibu Yeh terjadi keributan, karena babi kesayangan mereka telah menghilang.
“Babi kita diterkam serigala “kata suami ibu Yeh panik. Ibu Yeh hanya tersenyum melihat tingkah suaminya, “masakan bisa babi itu diterkam serigala. Kan sudah dijaga dengan ketat oleh dewa-dewa itu “goda istrinya”. Suaminya terdiam, kata-kata istrinya ini cukup menepelak dia, ia menahan kemarahannya. Ia benar-benar merasa tersudut dan untuk menghilangkan kejengkelan hatinya ia pergi keluar rumah dan berjalan semaunya tanpa arah tujuan. Sore hari ia pulang dengan lesu. Panas hatinya mulai mereda. Ia melangkahkan kakinya menuju meja kecil tempat dewa tanah bersemayam. Ia malu sekali dewanya dihina oleh istrinya sendiri. Apa yang harus dibuat untuk membalaskan sakit hati dewanya terhadap kelakuan istrinya ini ? Ia menatap patung dewanya yang tak bergerak itu, patung itu tetap diam dan tak memperdulikan kehadirannya. Kini terselip pertanyaan dalam hatinya, benarkah patung ini cuma buatan manusia ? Tiba-tiba ia tersentak bagai orang yang baru terbangun dari tidurnya. Bertahun-tahun ia membakar dupa dan kemenyan, dan puluhan tahun ia membakar kertas di muka dewa-dewa itu. Namun nampaknya semua yang pernah ia lakukan sia-sia saja. Dewa itu tetap membungkam dan tak pernah menjawab doa-doa mereka. Apa sebenarnya yang disebut kebenaran oleh istrinya ? Dimana dapat diperoleh kebenaran itu ? Dimana dapat diperoleh kebenaran itu ? Ah…ngelantur mengapa pikiran jadi mengarah kepertanyaan semacam itu. Jangan-jangan sihir si kulit putih telah mengenai dirinya.
Saat yang bersamaan istrinya tengah berlutut di meja sembahyangnya di dapur, ia tengah memohon kepada Allah Bapa di sorga agar suaminya juga bertobat dan percaya kepada Allahnya, selain pokok doa khusus itu ia juga berdoa agar babinya dikembalikan kepada mereka. Biarlah melalui hal ini suaminya dapat berlutut di bawah kaki Allah. Doa yang sederhana dan dipanjatkan dengan tulus ini menggerakkan hati Allah untuk segera bertindak. Selesai berdoa ia menyongsong suaminya dengan senyum kasih dan ramah.
“Besok pagi Allah akan mengembalikan babi kita” katanya tanpa ragu-ragu. Meskipun ia percaya akan kata-kata istrinya namun ia malu mengakuinya, ..”Ah..sudahlah bu, pikiranmu sudah kacau, lebih baik kau istirahat yang banyak biar pikiranmu tenang”. Ibu Yeh tak mau membantah perintah suaminya, ia pergi tidur, namun di tempat tidur ia tak putus-putusnya mengucap syukur kepada Bapanya di surga yang telah berkenan memberikan ketabahan iman kepadanya. Ketika fajar menyingsing, ibu Yeh terbangun lebih dahulu. Ia mendengar sesuatu di ladang, ya itulah suara babinya. Allah benar-benar menjawab doanya, tepat seperti janji-Nya bahwa pagi-pagi sekali babi itu akan kembali ke tempatnya. Ibu Yeh dengan tak sabar membangunkan suaminya, “ Ayo bangunlah ! Babi kita telah ada di ladang “. Suami yang belum bangun betul merasa terganggu dengan sikap istrinya ini tanpa menoleh ia membentak istrinya, “Tidurlah bu ! “Kau ini benar-benar sudah gila”.
“Ah..kamu, dengar dulu benar-benar, Allah telah mengirimkan babi kita”. Kini suaminya mencoba mendengarkan apa yang ada di ladang. Yah..nampaknya benar, ada suara seperti suara babi di ladangnya. “Rasanya tak mungkin, apakah babi kita tidak dimakan serigala ?” Tidak, Allah telah berjanji akan mengembalikan babi kita dalam keadaan baik”. Suami istri segera bangun dan bergegas keluar, mereka ingin melihat dari dekat keadaan babi mereka. Suaminya mendahului istrinya menuju tempat babi itu. Apa yang dilihat di depannya bukan suatu khayalan, benar babinya telah ada di sana dalam keadaan baik. Ketika ia memeriksa seluruh tubuh si babi, ia tak menemukan luka-luka besar bekas gigitan, hanya di bagian belakang telinga saja ada setitik darah, nampaknya cuma lecet sedikit bekas gigitan serigala, juga ada bekas gigitan di rahangnya. Melihat itu suami ibu Yeh mulai mengerti kebenaran kata-kata istrinya. Yesus yang disembah istrinya itu adalah Allah Yang Benar dan Maha Kuasa. Apalagi yang harus ia nantikan ? Kepercayaannya terhadap Allah istrinya mulai bertumbuh subur. Ia akan mengambil keputusan menjadi pengikut Kristus. Dewa-dewa yang lama tak boleh lagi bersemayam di hatinya, ia tak sudi lagi mempersembahkan apa-apa bagi dewa-dewa itu, ia sadar bahwa dewa-dewa itu cuma buatan manusia, dan tak punya kuasa apa-apa di hadapan Allah Yang Hidup.
Di pagi yang cerah nampak kedua suami istri itu tengah membuat api unggun di ladangnya. Sampah-sampah diangkut dari dalam pura dan semua berhala di taruh di atas sampah termasuk kertas-kertas sembahyang dan buku-buku Budha. Suami ibu Yeh sendiri membakar berhalanya, dengan demikian roh-roh jahat dalam rumahnya terusir. Kemenangan yang terjadi di bukit Golgota nampak agung dan mempengaruhi seluruh pendalaman Tiongkok setelah hal itu terjadi kurang lebih dua ribu tahun yang lalu.
Bekas pemuka agama Budha telah menjadi seorang Kristen yang saleh. Seumur hidupnya yang ada dipakai oleh Tuhan. Keduanya tak henti-hentinya menyaksikan nama Tuhan dan kuasa Tuhan Yesus diantara suku bangsa mereka. Banyak pengikut Budha bertobat melalui kesaksian kedua suami istri ini. Kurban kepada Allah dilakukan dengan tulus. Karena keduanya merasa betapa besar kasih Allah terhadap keduanya. Allah pun sangat mengasihi keduanya. Allah berkenan akan persembahan mereka. Teman-teman yang beragama Budha tak dapat mengingkari lagi akan perubahan yang terjadi dalam hidup mereka yang telah dilakukan oleh Tuhan.

Soli Deo Gloria

Sumber : Kesaksian dan pengalaman Pdt. I. M. Nordmo yang telah bertahun-tahun tinggal dan bekerja sebagai Pemberita Injil di Tiongkok Utara, Indonesia di Kalimantan Barat dan Pulau Bangka. Dalam rangka pelayanan Pendeta Nordmo ingin mengungkapkan melalui bukunya (“Roh-Roh Jahat Terusir”), apakah akibatnya bila orang dikuasai Iblis.Dari berbagai pengalamannya Pendeta Nordmo menjelaskan lebih dalam betapa sengsaranya seseorang yang diikat kuasa iblis itu. Namun anugerah Kristus yang penuh Kuasa dan Pengasih senantiasa mengejar orang berdosa, manusia yang mau percaya dan mau menyerahkan dirinya kepada Kasih Kristus secara mutlak mereka akan dibebaskan. ( Yayasan Persekutuan Pekabaran Injil Indonesia (YPPII) Departemen Literatur, Jl. Trunojoyo 2 Batu Malang-Jatim ).

410 comments:

  1. Puji Tuhan,satu keluarga telah di selamatkan..

    ReplyDelete
  2. Tidak ada nama lain di bawah kolong langit ini yang olehnya kita dapat di selamatkan, kecuali di dalam nama Tuhan Yesus...

    ReplyDelete
  3. Main, Ya Sayidina ISA ALMASIH........

    ReplyDelete
  4. cerita bohong dari mana lagi neh hahahaha
    fyi maksudnya agama kong hu cu kali, bukan budha..mengubah ato merekrut org menjadi kristen dgn menggunakan cerita2 menjelekkan agama lain uda ga jaman bro..org2 dah pada pinter semua, cuma org indo n asia aja lagi heboh kristen..di barat justru org2 pindah ke agama budha

    ReplyDelete
  5. dasar MLM kerjaan nya merekrut...Hayo pilih mana bikin pendeta kaya ato mencukupi keluarga mu?? ;p

    ReplyDelete
  6. saya mantan kristiani , sekarang memeluk agama buddha, saya menyesal merasa terbodohi sekian lama di kristen, isi alkitab selalu pengancaman ,katannya kerajaan allah sudah dekat, itu di dengungkan yesus sejak dahulu, sekarang masih melum tiba juga, lagian siapa uang mau percaya kalo manusia di anggap tuhan, itu bodoh sekali, yang namanya tuhan itur tidak mati, tidak dilahirkan , tidak berkondisi, tidak diperanakkan,dan yang mutlak, klo tuhannya kristen berkondisi berarti dia harus tunduk dengan hukum ketidak kekalan " segala sesuatu yang berkondisi pasti akan mengalami kelapukan dan kematian " ingat TUHAN YESUS ANDA BUKAN TUHAN dia di angkat sebagai tuhan sekitar 300 th SM melalui kesepakatan manusia, dan andaikata Yesus itu menebus dosa manusia di kayu salib harusnya umat kristiani berterima kasih pada Judas " Kalo bukan Judas yang berkhianat maka penyaliban tidak akan terjadi " untuk lebih jelasnya anda bisa mencari buku yang di tulis oleh ahli kitab injil berjudul " KAJIAN TEMATIS AGAMA DAN AGAMA BUDDHA " Untuk umat Kristiani kalian buka mata anda lebar lebar, buka telinga anda lebar-lebar dan buka hati anda yang tertutup kebodohan batin sewaktu membaca buku tersebut !!! dan di eropa agama buddha makin diminati oleh masyarakat disana banyak gereja dirubah menjadi Vihara kalo tidak percaya silahkan googling aja masyarakat eropa berbondong bondong tinggalkan kritiani ( ajaran Dongeng ) ke buddhism , salam dari mantan Kristiani

    ReplyDelete
  7. silahkan mencari buku " KAJIAN TEMATIS AGAMA KRISTEN DAN AGAMA BUDDHA " penulis Djoko Mulyono-Petrus Santoso-Kristiyanto Liman, klo bukunya membuat mata anda merah janganlah marah terimalah jika alkitab injil itu hanya dongeng belaka yang selalu diubah ubah
    , coba anda jawab dimanakah yesus pada saat usia 9 tahun sampai 29 tahun? di alkitab? mungkin yesus ke india belajar agama buddha, para ilmuwan udah mencurigai hal ini

    ReplyDelete
  8. wah comment2 buddhisnya langsung buat hati saya tenang...
    sekarang saya juga lagi ikut2 ke gereja, setiap minggu ke gereja! cuma sekedar ingin mendapat pengetahuan lebih tentang ajaran agama lain aja..
    namun karena saya sangat mengerti ajaran buddha semua kotbah dan firman yg pak pendeta berikan sama sekali gak bisa menggoyahkan hati saya...

    cobalah sekali-kali umat kristen dengerin ceramah ajaran buddha, gak ada salahnya kok! jangan takut sama ancaman yg diberikan di Alkitab, karena kita cuma sekedar ingin punya pengetahuan lebih.
    Ajaran buddha gak pernah memaksakan/mengancam seorang umat untuk berpindah kok, toh keputusan finalnya semua ada di diri anda masing2 ;)

    ReplyDelete
  9. Kalau menurut saya seh..agama Budha itu agama Sinkritisme, tidak percaya Tuhan Allah itu adalah zat yang maha suci yang berpribadi ( Roh ). Tapi hanya percaya kekuatan alam semesta saja. Ya ini sama saja dengan ocultisme (kuasa gelap) dunia ini..

    ReplyDelete
  10. bukan begitu..
    buddha mencari jalan untuk mendekatkan diri ke tuhan (sang pencipta)yakni buddha percaya bahwa tuhan itu ada , dan mengajarkan umatnya memahami arti dan tujuan hidup.

    sebenarnya apakah yang diinginkan tuhan kita yang universal? kedamaian...
    dan apakah yang diajarkan oleh sang buddha?
    beliau mengajarkan kedamaian bagi semua makhluk.

    bagaimana anda bisa bilang kalau itu kuasa gelap dunia? buddha hanya menyampaikan apa yang tuhan inginkan untuk makhluk yang diciptakannya, karena tuhan kita selama ini bisu.

    ReplyDelete
  11. Siapa bilang Dia bisu he..he...Kalau buat para ateis. agnostik yg tidak percaya ada TUHAN memang mereka bilang Dia bisu. tetapi bagi orang percaya..TUHAN itu aktif dan kreatif memelihara umat-Nya dan alam semesta ciptaan-Nya. bukankah kita lihat pohon-pohonan tumbuh, ikan-ikan berkembang biak, planet-planet bergerak dalam lingkaran rotasinya..bukankah itu menunjukkan kepada kita bahwa ada kekuatan-Nya dan kemuliaan-Nya yang kekal yang mengatur dan bekerja atas semuanya itu ?

    ReplyDelete
  12. dan apakah itu tidak bisu namanya?
    pernahkah anda berbicara dengan tuhan?

    Tuhan tidak langsung melakukan percakapan pada umatnya, tapi ia memberikan petunjuk pada mereka untuk menjalani kehidupan dengan benar sesuai apa yg diinginkanNya.

    dan melalui apakah itu?
    diangkatlah makhluk ciptaaNya sendiri menjadi seorang yang mulia untuk menyebarkan tujuanNya

    orang2 inilah yang sekarang sudah kita kenal seperti buddha, yesus, nabi muhammad..

    Namun sepertinya umat2 yg bahkan belum mengerti masih suka menghina utusanNya, dan hanya berpikir kalau hanya guru merekalah yg paling benar..

    sangat disayangkan padahal kita semua memiliki tujuan yang sama...

    namo buddhaya
    salam metta

    ReplyDelete
  13. CERITA BULLSHIT!!!udh terlalu sering dgr cerita gini..

    inilah keahlian umat kristen..salut..hehehe.

    semoga penulis ini berbahagia...

    ReplyDelete
  14. Apa benar kita diciptakan oleh allah sang pencipta??mengapa allah menciptakan org jahat???kenapa tidak baik semua??kenapa tdk menciptakan dunia yg sempurna?kalau jawabannya cobaan...kenapa kita dicobai??knp allah menciptakan saya yg tdk pasti menyembahnya??bukankah allah maha tau dan sempurna?knp juga allah menciptakan manusia yg menentangnya?manusia yg keji,suka membunuh..kalau itu semua rencana tuhan..berarti allah tuhan itulah raja dari segala penjahat???

    ReplyDelete
  15. YANG PENTING :
    1.Perbanyak berbuat kebajikan
    2.Sucikan hati dan pikiran

    Agama buddha bukan agama penyembah berhala..agama buddha tidak menggantungkan diri pada sosok dewa2 ataupun sang buddha sendiri.

    sang buddha hanya pembuka jalan..kita yg menentukan jalan kita sendiri.

    agama buddha tidak mementingkan kuantitas,tetapi kualitas.

    semoga semua mahluk berbahagia.

    ReplyDelete
  16. pengikut buddha tidak pernah membenci yesus..karena yesus mengajarkan kebaikan...

    lalu mengapa pengikut yesus membenci buddha??padahal sang buddha mengajarkan kebaikan??

    iblis ada di hati para orang yg belum sadar..
    latihlah kesadaran anda,jalankan sila,samadhi dan panna..itulah jalan pasti menuju surga yg kalian idam2kan selama ini....

    ReplyDelete
  17. weleh2...kebohongan menyebabkan terlahir di alam yg merosot....sadarlah wahai para domba2ku..hehehe

    ReplyDelete
  18. org tsb diatas contoh org yg tidak punya keyakinan...masih menggantungkan diri pada dewa2..karena dewa2 tsb blm mengabulkan permohonannya,dan kamma baiknya blm berbuah lantas berpindah agama...dirinya masih penuh kemelekatan...hidup kita baik buruknya kita yg menentukan bro...berpindah agama sama aja ga menyelesaikan masalah hanya membuat kemelekatan semakin kuat...bukankah itu hal yg sama saja memohon kepada allah?apa bedanya sama memohon pada dewa2 menyembah berhala?cuma beda sosok doang kl menurut saya..jadi intinya sami mawon...hahahaha

    ReplyDelete
  19. para dewa bisa membantu setiap org itu betul sekali...tapi kalau kamma baiknya blm berbuah siapapun ga ada yg dapat menolong dirinya sendiri..selain kamma baiknya sendiri..

    good luck dari pada menggantungkan diri sebaiknya menanam kamma baik...

    gmn setuju ga para domba2 yg tersesat?

    ReplyDelete
  20. walah ilang babi ngadunya ketuhan...weleh2 emg tuhan itu bagian pencari benda hilang apa...kl ga mau ilang di pagar dong...kunci...kl ilang juga ada yg nyuri namanya....lapor polisi..

    ReplyDelete
  21. wakakkaka...cerita yang sangat menyindir dan mencoba menjatuhkan..
    semoga Yesus sendiri tidak bersedih jika membaca artikel ini..

    ReplyDelete
  22. ibu yeh, ibu yeh... cek2
    kalau memang cerita diatas benar, sangat disayangkan kalau ia tidak dapat melewati cobaan ini.. memang dalam dirinya masi dipenuhi api biru(kemelekatan)...
    semua penderitaan berawal dari diri kita yang terlalu melekat pada sesuatu yakni kekayaan, cinta, kekuasaan dll.. sungguh bahagia seseorang bila tidak ada nafsu dalam dirinya

    ReplyDelete
  23. wakkakakkakakakakka....
    cerita diatas ngingetin saya sama satu contoh kejadian
    "calon presiden yang mencoba menyogok rakyatnya dengan uang suap agar dia dipilih jadi presiden"

    Si calon presiden sudah kehabisan akal untuk mendapatkan hati rakyatnya karena kurangnya kebijaksanaan, wibawa, dan kecerdasan dalam kampanye. makanya cara paling gampang tak lain adalah NYUAP atau NYOGOK!

    dalam cerita:
    rakyat : Ibu yeh n de gank
    uang suap : si BABI
    calon presiden : Tuhan ANDA!

    ingat hanya rakyat yang egois dan tidak memikirkan masa depan negara merekalah yg akan menerima sogokan ini! jadi apa anda menerima?

    ReplyDelete
  24. bagi umat kristen yg mempunyai pertanyaan tentang ke-buddha-an atau ingin bertukar pikiran, saya sengaja buat email utk tanya jawab.. silahkan add email saya di ray.buddha@yahoo.co.id
    mari umat kristen dan buddha lebih mengakrabkan diri

    (bukan untuk berdebat tapi untuk memberikan/bertukar ajaran)

    ReplyDelete
  25. inilah sifat dan ego manusia dgn ke "AKU" an nya, sadar oii kalian itu bagian dari alam semesta, bukan kah kalian sekarang hidup di dalam alam semesta kenapa malah menganggap kekuatan alam semesta itu kuasa gelap, jika anggapan kalian seperti itu maka sama aja kalian menganggap kekuatan Tuhan kalian itu juga kuasa gelap, tolol nya gak ketulungan

    ReplyDelete
  26. sya bnar2 kasihan dengan yang menulis crita ini, juga pd tkoh2 utama yang di dalamnya. karena tidak mengetahui Dhamma yang Indah di awalnya, Indah di tengahnya, dan Indah di akhirnya.

    Agama Buddha tidak mengharapkan pengikut yang banyak jika tidak berbuat baik dan tidak berkata benar, hanya mengharapkan 1 hal : "semoga semua makhluk tenang dan berbahagia", dengan cara melaksanakan kebajikkan.

    Karena segala sesuatu yang benar dan baik adalah Dhamma (ajaran Kebenaran).

    Metta citena,
    semoga anda berbahagia....

    ReplyDelete
  27. tidak perlu bangga terhadapa agama yang dianut sekarang jika tidak tahu makna ajaran agamanya...

    ia yang menjelekkan agama orang lain sama halnya menjelekkan agama sendiri...

    ReplyDelete
  28. gud story..

    banyak umat Buddha yang menjadi hamba tuhan..
    karna alasan takut tak selamat atau ingin masuk surga..

    tapi tak bisa disangkal pula

    banyak hamba Tuhan yang dapat mengerti Dhamma
    ajaran Sang Buddha.
    yang setelahnya dapat melihat kebahagiaan yang sebelumnya dapat mereka rasakan.
    dan dapat
    hidup senang dan mati tenang

    mari terlebih dahulu kita pelajari semua..(tidak dari katanya) tapi dari sumber2 yang dapat dipertanggung jawabkan.

    kalau memang agama kita yang terbaik..
    kenapa harus merendahkan agama lain?
    semakin kita merendahkan agama lain bukan kah terlihat agama kita semakin kerdil?

    terima kasih

    ReplyDelete
  29. syukurlah kalau cerita itu benar, dalam hal dia mendapat kesembuhan. untuk mendapat pencerahan itu harus dari dalam diri. jadi ndak perlu kita memaksakan keyakinan pada orang lain, karena itu perbuatan sia2.

    ReplyDelete
  30. WKWKWKWKWKWKW......
    Lucu banget deh...
    masa bedain Buddha sama Tao aja kagak bisa...
    Buddha mana ada roh???????
    HAHAHHAHAHAHAHA...............!!!!
    dasar sales!!

    ReplyDelete
  31. kalo bikin cerita kasih bio data lengkap biar bisa di validasi kebenarannya.. kalo ternyata itu adalah cerita bohong walau dikasih embel2 "kisah nyata" kan kasihan banyak yang kena tipu

    ReplyDelete
  32. buat penulis..anda khan orang yg berpendidikan..
    mohon sebelum anda menulis atau mengkaji suatu topik sebaiknya ada mendalami dulu topik yg akan ada tulis...bukan seperti memaksakan suatu cerita.. yg simple aja anda tidak bisa membedakan antara agama Buddha dengan taoiseme...hehehe

    ReplyDelete
  33. memang penulisnya bodoh alias dangkal pengalaman dan sok tahu, hei penulis tahu tidak asal usul kristen......... hahaha........

    ReplyDelete
  34. Pandangan Buddhism mengenai Berhala.
    Buddhism dikenal dengan patung Buddha dan dewa dewi yang biasanya ada di vihara ataupun altar rumah. Buddhism berangkat dari India yang mengenal banyak dewa - dewi.
    Sang Buddha menjelaskan kepada kita bahwa penyembahan dewa dewi sesungguhnya adalah karma baik karena kita menghormati mereka yang bercahaya(deva = yang bercahaya) namun mereka
    hai penulis bodoh, you baca yg ini dulu ok....

    juga berada didalam alam sengsara. apa yang dimaksud menyembah dewa dewi sesungguhnya hanya dibatasi sampai menghargai mereka yang memiliki perjuangan sampai terlahir di alam bahagia,hal ini patut kita contoh,dan Sang Buddha membabarkan jalan untuk terlahir sebagai Deva.

    ReplyDelete
  35. Setelah Buddha parinibbana, dibuatkan patung Buddha untuk dapat selalu mengenang Buddha,meneladani sikap postur dari figur Buddha,muncullah beragam bentuk patung Buddha,yang paling common kita jumpai adalah posisi meditasi dengan bentuk tangan memutar roda Dhamma.Beberapa versi cerita menceritakan bahwa seorang naga bertanya kepada Sang Buddha,jikalau Sang Buddha parinibbana,mereka harus menghormat kemana,lalu Sang Buddha menapakkan kakinya di tanah dan membentuk jejak kaki. Sang Buddha kembali menjelaskan bahwa jangan menganggap sebagai objek pemujaan namun sebagai objek penghormatan, meneladani seluruh sikap dan belajar untuk mencapai Nibbana.

    ReplyDelete
  36. Jadi kembali lagi bahwa Buddhism tidak mengangkat patung sebagai sentral puja-puja namun sebagai figur teladan yang menunjukkan Sang Buddha telah terlahir di dunia dengan DhammaNya yang Agung yang bisa kita selami dengan kebijaksanaan dan Sangha ,tempat kita belajar.
    "Ingatlah Oh Para Bhikkhu,ketika kamu mengingat Buddha,ingatlah Dhamma,ketika kamu mengingat Dhamma,ingatlah Sangha,ladang kebajikan dan ketika kamu mengingat hal ini semua,kekhawatiran tidak akan muncul dalam dirimu."

    ReplyDelete
  37. Konklusi :
    Seorang Buddhist bukanlah seorang penyembah sesuatu kekuatan yang tidak ia ketahui, karena patung Buddha adalah sebuah figur teladan,figur positif yang selalu mengingatkan kita pada Jalan yang Benar. Sang Buddha melalui Dhammanya telah mengajarkan dengan sempurna pengetahuan mengenai Jalan menuju Nibbana.Marilah kita meneladaninya dengan kebijaksanaan dan cinta kasih.

    ReplyDelete
  38. Term berhala hanya akan efektif bila ditujukan kepada penyembahan sebuah kekuatan yang tidak kita ketahui dan akhirnya kita diperbudak oleh pemikiran akan adanya kekuatan itu. Buddhisme sama sekali menolak pemikiran aneh karena tidak membawa perkembangan batin yang baik. patung buddha sendiri bukan objek sesembahan karena kita mengenal konsep Kamma yaitu bahkan ketika kamma buruk kita berbuah,tidak ada satu kekuatanpun yang sanggup menolong kita keluar kecuali kita berbuat lebih banyak kamma baik.

    ReplyDelete
  39. saya mantan kristiani , sekarang memeluk agama buddha, saya menyesal merasa terbodohi sekian lama di kristen, isi alkitab selalu pengancaman ,katannya kerajaan allah sudah dekat, itu di dengungkan yesus sejak dahulu, sekarang masih melum tiba juga, lagian siapa uang mau percaya kalo manusia di anggap tuhan, itu bodoh sekali, yang namanya tuhan itur tidak mati, tidak dilahirkan , tidak berkondisi, tidak diperanakkan,dan yang mutlak, klo tuhannya kristen berkondisi berarti dia harus tunduk dengan hukum ketidak kekalan " segala sesuatu yang berkondisi pasti akan mengalami kelapukan dan kematian " ingat TUHAN YESUS ANDA BUKAN TUHAN dia di angkat sebagai tuhan sekitar 300 th SM melalui kesepakatan manusia, dan andaikata Yesus itu menebus dosa manusia di kayu salib harusnya umat kristiani berterima kasih pada Judas " Kalo bukan Judas yang berkhianat maka penyaliban tidak akan terjadi " untuk lebih jelasnya anda bisa mencari buku yang di tulis oleh ahli kitab injil berjudul " KAJIAN TEMATIS AGAMA DAN AGAMA BUDDHA " Untuk umat Kristiani kalian buka mata anda lebar lebar, buka telinga anda lebar-lebar dan buka hati anda yang tertutup kebodohan batin sewaktu membaca buku tersebut !!! dan di eropa agama buddha makin diminati oleh masyarakat disana banyak gereja dirubah menjadi Vihara kalo tidak percaya silahkan googling aja masyarakat eropa berbondong bondong tinggalkan kritiani ( ajaran Dongeng ) ke buddhism , salam dari mantan Kristiani

    ReplyDelete
  40. silahkan mencari buku " KAJIAN TEMATIS AGAMA KRISTEN DAN AGAMA BUDDHA " penulis Djoko Mulyono-Petrus Santoso-Kristiyanto Liman, klo bukunya membuat mata anda merah janganlah marah terimalah jika alkitab injil itu hanya dongeng belaka yang selalu diubah ubah
    , coba anda jawab dimanakah yesus pada saat usia 9 tahun sampai 29 tahun? di alkitab? mungkin yesus ke india belajar agama buddha, para ilmuwan udah mencurigai hal ini

    ReplyDelete
  41. Penulis yang bodoh baca juga yg ini jangan ada yang terlewat, baca berulang-ulang ok….
    PENGARUH AGAMA BUDDHA TERHADAP AGAMA KRISTEN
    Terjemahan dari : Influence of Buddhism on Christianity, dalam ‘Voice of Buddhism’ Vol. 5 No.2, June 1968.
    Dalam buku The Pagan Source of Christianity, Edward Carpenter menerangkan bagaimana Mithraisme atau kepercayaan-kepercayaan kuno kepada Dewa Matahari mempengaruhi dogma dan ajaran-ajaran Kristen. Dalam The Source of Christianity, Kwaja Kamal Udin, Imam masjid London menerangkan dengan jelas bagaimana doktrin-doktrin Bunda Perawan, Penyaliban untuk menyelamatkan dunia, Kebangkitan pada hari ketiga dan penetapan tanggal 25 Desember sebagai hari lahir Yesus diambil dari kepercayaan kuno kepada Dewa Matahari. Tidak hanya ini, tetapi juga tanggal-tanggal yang ditetapkan untuk peristiwa-peristiwa dalam kehidupan Kristus diambil dari Mithraisme.
    Agama Kristen didirikan di atas paham-paham yang ada dan dapat berterimakasih atas penghancuran perpustakaan Alexandria yang memiliki bukti-bukti yang nyata mengenai dasar-dasar agama tersebut. Agama Kristen memang tumbuh dari agama-agama yang lebih dulu, lebih tua dan lebih superior. Paham Logos berasal dari Neo Platonisme, paham Tuhan dari Judaisme, Baptisme dari Essenes, Komuni dari Zoroastrianisme dan Juru Selamat Dunia dari Paganisme….dan misteri-misteri hampir seluruhnya diambil ke dalam agama Kristen.
    Dalam peniruan dari agama-agama yang lebih tua agama Kristen dalam kitab Amsal mengutip beberapa pasal kata demi kata dari tulisan-tulisan orang bijaksana Mesir Amenemopa. “Surat-surat Paulus” berasal dari versi-versi Samaria yang bersumber dari versi-versi Sansekerta mengenai Deva Bodhisattva. Bangsa Yahudi memiliki kitab Daniel dari buku-buku Zoroaster dan demikian juga kitab Wahyu merupakan pengetahuan yang telah dikenal pada masa sebelum Kristen dan mempunyai hubungan dengan tulisan-tulisan Zoroaster.Keempat Injil dan sebagian percakapan-percakapan merupakan penyajian kembali dalam bentuk lain dari keempat fase kehidupan Buddha (Marie Harlowe, Michigan USA).
    Dalam artikel ini bukan maksud saya untuk meninjau semua sumber agama Kristen, melainkan pengaruh agama Buddha yang ada hubungannya dengan agama Kristen. Telah dikenal bahwa agama Buddha merupakan agama missionary yang pertama di dunia. Ketika dapat mengumpulkan 60 orang Arahat, Buddha mengutus mereka untuk pekerjaan missi dengan kata-kata, “Mengembaralah, oh para Bikkhu, untuk kesejahteraan dunia…” dan seterusnya. Berbeda dengan Yesus, yang ketika Ia hidup tidaklah menginginkan ajarannya dibawa keluar dari bangsa Yahudi. Ia berkata kepada murid-muridnya : “Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel” (Matius 10 : 5-6). Tetapi setelah kebangkitannya di hadapan murid-muridnya Ia

    ReplyDelete
  42. berkata : “Jadikanlah semua bangsa muridku”. Hal ini berbeda dengan apa yang dikatakannya ketika Ia hidup.
    Dalam mewartakan agama Buddha, missionaris-missionaris Buddha sudah aktif sejak dari awal mula. Konferensi ( konsili ) Agung Sangha ketiga yang diadakan di Pataliputra, 250 tahun setelah Sang Buddha mencapai Parinibbana, memutuskan untuk menyiarkan agama Buddha ke seluruh dunia. Demikianlah di bawah Kaisar Asoka, berbagai delegasi dhammaduta diutus ke pelbagai negara barat dan timur. Di barat, Alexandria di Mesir dan lima negara Yunani di Asia kecil disebutkan dalam Inskripsi Raja Asoka, juga dalam Mahavamsa.
    Alexandria di Mesir yang disebutkan di situ adalah kota kedua dalam Kekaisaran Romawi. Kota tersebut merupakan pusat kebudayaan di dunia barat pada abad kedua sebelum Masehi. Separuh kapal-kapal dagang pada zaman itu berlabuh di pelabuhan kota. Tidak hanya sebagai pusat perniagaan tetapi juga sebagai pusat kebudayaan tempat barat dan timur bertemu. Di kota kosmopolitan ini, sarjana-sarjana dari daerah sekitarnya berkumpul untuk mendiskusikan filsafat dan ilmu pengetahuan. Mereka menggunakan fasilitas perpustakaan Alexandria yang termashyur itu yang memiliki perbendaharaan pengetahuan yang berharga.
    Di sini sejumlah pengaruh agama Buddha datang melalui misionaris-missionaris Asoka, pengetahuan mengenai agama Buddha dan buku-buku yang dipengaruhi agama Buddha tersedia untuk sarjana-sarjana ini. Clement dari Alexandria (abad ke-2) menyebut-nyebut agama Buddha, Jain dan Brahmana dalam tulisannya. Ia menyebut nama Buddha. Pendeta Inge dalam tulisannya juga menyebutkan fakta-fakta yang sesuai bahwa Alexandria adalah tempat belajar dan pusat kebudayaan pada abad kedua Masehi. Di sini, dalam perpustakaan Alexandria inilah penulis-penulis Injil memperoleh pengetahuan tentang agama Buddha dan paham-paham Buddha yang menjadi latar belakang tulisan-tulisan mereka.
    Hal ini menimbulkan pertanyaan bilamana Injil-injil ditulis dan oleh siapa? Cukup bertentangan dengan pendapat umum, Injil-injil menurut Matius, Markus, Lukas dan Yohanes bukanlah ditulis oleh mereka. Tidak ada bukti-bukti di dalam Injil-injil berkenaan dengan pengarangnya, kecuali dalam Injil Yohanes. Injil terakhir yang penuh dengan paham-paham Theologis yang berbeda dengan ajaran-ajaran Etika yang terdapat dalam ketiga Injil lainnya. Ini merupakan Injil yang diduga oleh para ahli sebagai hasil karya seorang Theolog yang lebih belakangan. Faustus seorang Manichean abad ketiga menyatakan : Tiap orang mengetahui bahwa Injil-injil bukanlah ditulis oleh Yesus Kristus ataupun oleh murid-muridnya sendiri, melainkan lama setelah mereka dan dipengaruhi oleh tradisi-tradisi ditulis oleh orang-orang yang mengetahui serta menduga bahwa tulisan-tulisan mereka tidaklah akan diterima oleh karena bukanlah datang dari observasi mereka sendiri. Oleh karena itu mereka menempatkan sebagai tradisi nama rasul-rasul pada masa itu.
    Bahkan Augustine kepala gereja pada masa awal meyatakan, “Hal-hal yang sekarang dikenal sebagai agama Kristen muncul diantara agama-agama… maupun yang sudah

    ReplyDelete
  43. ada sebelum agama Kristen muncul”. Hal ini menerangkan bagaimana ajaran-ajaran dan kepercayaan-kepercayaan dari agama-agama sebelum Kristen berkorporasi menjadi agama Kristen.
    Keempat Injil ditulis pada masa pertengahan kedua abad kedua Masehi. Pada waktu itu semua murid Yesus telah meninggal. Karena Yesus menjanjikan kedatangannya yang kedua dan datangnya akhir zaman dalam waktu dekat, yaitu dalam masa hidup murid-muridnya, maka tidaklah dipikirkan untuk mencatat Injil atau yang diajarkan Yesus. Tetapi setelah murid Yesus yang terakhir bertahan Yohanes meninggal pada usia 120 tahun, ternyata ramalan Yesus tidak tergenapkan. Mereka kemudian menduga bahwa kedatangannya yang kedua baru akan terjadi nanti pada suatu waktu yang jauh.
    Setelah gereja tumbuh dan berpengaruh dengan diangkatnya menjadi agama negara dari Kekaisaran Romawi, maka menjadi perlu untuk menulis Injil-injil dan kitab-kitab suci agama Kristen lainnya. Sampai waktu itu Perjanjian Lama, kitab suci bangsa Yahudi melayani kebutuhan agama Kristen. Sejak waktu itulah muncul sejumlah besar tulisan-tulisan suci sebagai Injil-injil dan surat-surat.
    Lukas pada permulaan Injilnya, menyebutkan adanya banyak Injil. Ini merupakan sindiran terhadap 49 Injil yang semuanya mengaku otentik yang ada pada waktu itu. Bahkan surat Petrus yang kedua dalam Perjanjian Baru sekarang ini dikenal sebagai hasil karya seorang penulis yang memakai nama murid Yesus yang dihormati itu. Pengikut-pengikut Marcion menyatakan bahwa Injil Lukas merupakan saduran dari Injil yang ditulis oleh Marcion dengan hiasan-hiasan dan tambahan-tambahan.
    PERJANJIAN BARU
    Dari kekacauan ini Perjanjian Baru yang ada itu diseleksi dan disusun oleh Konsili yang diketuai oleh Paus di Damascus pada tahun 382 setelah Masehi. Ini kemudian disahkan oleh Konsili di Karthago dan kitab-kitab palsu yang dikenal sebagai ‘The Sunday Afternoon Literature of The Early Church’ tidak dipakai lagi. Sejak saat itu tidak ada lagi kontroversi mengenai siapa yang autentik.
    Tidak hanya Marcionisme tetapi juga Therapeutae, Essenes dan Gnostic adalah sekte-sekte Kristen yang sudah ada sebelum kristalisasi Gereja Katholik. Semua sekte ini dipengaruhi oleh ajaran-ajaran Buddha. Peraturan dan upacara penahbisan dilahirkan dari pengaruh agama Buddha. Mendiang pendeta Menzil berpendapat tanpa ragu-ragu bahwa upacara-upacara dan ritus-ritus Therapeutae berasal dari missionaris-missionaris Buddha Asoka yang datang ke Mesir. Kata Therapeutae sendiri berasal dari bahasa Pali Theraputta yang merupakan istilah bagi rahib Buddha terutama Samanera, Juga doktrin Essenes merupakan campuran antara Judaisme dan ajaran–ajaran Buddha yang dapat dilihat dari pandangan mereka mengenai keselamatan melalui perkembangan 8 Tingkatan sesuai dengan 8 Jalan Utama dari agama Buddha.
    Basilides, Bardesanes, Corpocretes, Marcion dan Valentinus adalah guru-guru Gnostic yang agung yang hidup sebelum terbentuknya Gereja Katholik. Mereka merupakan

    ReplyDelete
  44. orang-orang terpelajar yang mempelajari ajaran-ajaran agama dari Timur dan Barat. Pengetahuan mereka mengenai paham-paham Buddha diteruskan kepada pengikut-pengikut mereka dan kepada agama Kristen yang datang setelah mereka. Gnostic percaya akan Karma dan Kelahiran Kembali, yang menjelma sebagai doktrin Kristen dalam pekerjaan suci mereka Pistis Sophia yang artinya Love and Wisdom – Karuna dan Panna (kasih dan kebijaksanaan), dua sifat dasar yang ditekankan di dalam agama Buddha.
    Bahwa penulis-penulis Injil mengambil paham-paham agama yang mereka peroleh dari perpustakaan Alexanderia dapatlah dimengerti bila kita melihat adanya persamaan-persamaan antara kehidupan Buddha dan Yesus. Bahan-bahan lebih lanjut yang diambil dari kitab-kitab suci agama Buddha akan menguatkan pendapat ini.
    Marilah kita memeriksa cerita-cerita tentang kehidupan Buddha dan Yesus. Nyanyian-nyanyian dan puji-pujian oleh para Malaikat pada waktu kelahiran Yesus mengingatkan kepada nyanyian-nyanyian oleh para Dewa pada waktu kelahiran pangeran Siddharta. Sebagaimana ditunjukkan oleh Vasilijev, kelahiran Bodhisattva (calon Buddha) telah dinubuatkan oleh para ahli ramal karena munculnya Bintang Bunga di atas Horizon. Peristiwa ini sesuai dengan Bintang Bethlehem. Lalita Vistara menyebutkan bahwa para dewa menyembah di hadapan bayi Bodhisattva. Injil menyebutkan bahwa orang-orang Majus menyembah di hadapan bayi Yesus.
    Baik ibu Buddha maupun ibu Yesus melahirkan putera mereka dalam perjalanan. Sebatang cabang Sal terikat di atas kepala bayi Bodhisattva. Setangkai daun Palm terlihat diatas kepala bayi Yesus dalam lukisan Voltaire di perpustakaan Born. Sebagaimana disebutkan dalam Asvaghosa Buddhacarita, Bodhisattva yang belum dilahirkan terlihat transparant dalam rahim ibunya. Seni abad pertengahan melukiskan Maria dalam model ini.
    Menurut ceritera tradisional Tiongkok, raja Bimbisara diperingatkan terlebih dahulu akan kelahiran Bodhisattva dan dinasehati untuk menggunakan tentaranya membunuh sang pangeran. Disebutkan bahwa raja menolak nasehat tersebut. Herodes disebutkan telah memerintahkan untuk membunuh semua anak di bawah usia 3 tahun dengan maksud untuk membunuh Yesus. Sama sekali tidak ada bukti sejarah mengenai pembunuhan bayi-bayi tersebut baik dari catatan-catatan Yahudi maupun Romawi dan seluruh ide ini merupakan mitos yang diambil dari legenda Mahayana.
    Empat dewa pengasuh menyambut bayi Bodhisattva yang baru lahir. Empat raja dari Timur mengunjungi bayi Yesus di Bethlehem. Pangeran muda Siddharta adalah seorang murid yang brilliant dan ahli debat yang cakap. Sesuai dengan ini Yesus pada umur dua belas tahun digambarkan sebagai ahli debat yang cakap, yang berdebat dengan alim-ulama atau rabi-rabi Yahudi terpelajar di dalam Bait Allah mereka di Yerusalem. Hal ini tidak mungkin, karena bukanlah kebiasan rabi-rabi yang terpelajar ini untuk menghibur ataupun berdebat dengan anak-anak di dalam Bait Allah mereka di Yerusalem.
    Cobaan terhadap Yesus oleh setan diambil dari cobaan Mara terhadap Bodhisattva. Menurut cerita tradisional Mahayana Bodhisattva berpuasa 49 hari setelah Ia mencapai

    ReplyDelete
  45. penerangan. Serupa dengan ini Yesus berpuasa 40 hari. Setelah mengalahkan Mara Buddha memproklamasikan ajaran-ajarannya ke dunia. Dhammanya disebut ‘Subbhashita’ yang artinya berita baik, kata ‘Injil’ juga berati ‘berita baik’. Cerita tradisional Mahayana menyebutkan bahwa Bodhisattva dibawa ke puncak gunung diperlihatkan sebuah kota yang amat indah di bawahnya dan dijanjikan jabatan raja jika Ia menurut kepada Mara. Sesuai dengan ini kita temukan dalam Injil cerita tentang cobaan terhadap Yesus.
    Banyak tokoh pertapa, brahmana maupun para dewa memberikan kesaksian atas penerangan sempurna Sang Buddha. Yesus mempunyai seorang Yohanes Pembabtis, seorang nabi kharismatik yang memberi kesaksian bahwa “Terang” itu telah datang. Ketika Bodhisattva meningalkan cara hidupnya yang keras dan makan, pertapa-pertapa temannya menyebutnya sebagai orang yang rakus. Orang-orang yang melihat Yesus makan dan minum sesuka hati menyebutnya sebagai orang yang lahap dan peminum. Buddha mencuci kaki seorang rahib sakit yang mengibakan hati, serupa dengan ini Yesus membasuh kaki murid-muridnya.
    Dharmapada Tiongkok menyebutkan bahwa Buddha berjalan di atas air. Juga disebutkan bahwa salah seorang muridnya yang bernama Punna berjalan di atas gelombang-gelombang dan meredakan angin ribut di laut untuk menolong para pelaut yang berada dalam keadaan bahaya. Petrus disebutkan dalam injil mencoba perbuatan ini, tetapi Ia mulai tenggelam dan ditolong oleh Yesus. Disebutkan pula Yesus menghardik angin ribut dan gelombang di sebuah danau.
    Buddha disebutkan seolah-olah telah turun dari surga di Sankassa. Injil-injil menyebutkan seolah-olah Yesus tampak dalam serombongan Malaikat surga untuk memuliakannya. Ketika gajah Nalagiri yang ganas menyerang Buddha, semua murid-muridnya lari kecuali Ananda. Semua murid-murid Yesus lari ketika Ia ditangkap di Getsemani. Diantara murid-murid Buddha, Devadatta yang tidak setia. Yesus mempunyai Yudas Iskariot yang menghianatinya.
    TIDAK ADA SESUATU YANG BARU YANG DISEBUTKAN
    Menurut Injil-injil terjadi kegelapan antara pukul dua belas hingga pukul tiga setelah Yesus disalibkan. Tidak ada penulis Romawi, sejarahwan ataupun penulis Yahudi yang pernah menyebutkan peristiwa tersebut. Yesus hidup dalam sejarah dan zaman di mana penulis-penulis Romawi telah mencatat dengan sangat teliti sekali semua fenomena-fenomena alam yang mereka observasi seperti gempa bumi, meteor, gerhana, komet, bintang-bintang dan sebagainya. Tidak ada sesuatupun yang disebutkan mengenai peristiwa yang tidak seperti biasanya ini. Gibbon dalam ‘Decline and Fall of The Roman Empire’ mengomentari anomali ini dengan sebuah sarkasme. Dari sini kita dapat menarik kesimpulan bahwa cerita mengenai kegelapan ini diilhami oleh kejadian serupa dalam cerita tradisional Buddhis ketika Buddha mencapai Maha Parinibbana.
    Pengaruh agama Buddha terlihat lebih lanjut dalam ajaran Kristen. Ajaran-ajaran Buddha dalam bentuk tersamar ditemukan dalam Injil-injil sebagai doktrin Kristen. Tidak ada

    ReplyDelete
  46. sesuatu yang baru dalam ajaran-ajaran Yesus yang tidak ada dalam agama-agama sebelumnya.
    “Aku memberikan perintah baru kepada kamu yaitu supaya kamu saling mengasihi”. Adalah pernyatan kembali dari kata-kata Buddha “Akkodena jinekodam, asadum sadune jine”. Dalam Mahayana Sutra disebutkan “Perlakukanlah orang lain sebagaimana kamu ingin mereka memperlakukan kamu”. Ini diajarkan sebagai ajaran emas Yesus dalam agama Kristen. Kata-kata Buddha. ‘Yadisam vapate bijam tadisam harate phalam’ menjelma menjadi ‘hukum tabur-tuai’ dalam ajaran Kristen.
    Perumpamaan-perumpamaan Buddhaghosha juga telah mempengaruhi penulis-penulis Injil. Buddhaghosha menyebutkan bahwa dengan melihat seorang wanita dengan nafsu, kehidupan seorang Brahmacari telah ternoda. Yesus mengatakan bahwa setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berjinah dengan dia di dalam hatinya. “Orang buta menuntun orang buta” di dalam Injil diambil dari Lalita Vistara.
    “Berilah kepada orang yang meminta kepadamu” adalah pengulangan kembali dari kata-kata Buddha “Dajja appasminhi yachito”. “Air sejuk secangkir” ditemukan dalam terjemahan ke dalam bahasa Tionghoa dari Mahayana Sutra ‘Ta Tan Yan Kiu Lu’.
    Murid-murid Yesus yang dikatakan sebagai orang yang tidak percaya kepada Karma dan kelahiran kembali ditunjukkan dalam cerita tentang orang yang buta sejak lahir dan bertanya apakah keadaannya disebabkan oleh dosa-dosa sendiri atau dosa-dosa orang tuanya. Terdapat kejadian yang serupa dalam Saddharma Pundarika Sutra, dimana di dalamnya disebutkan bahwa orang yang dilahirkan buta sejak lahir karena sejumlah akusala kamma yang dibawanya. Yesus menunjukkan fakta bahwa apa yang masuk ke dalam mulut tidak dapat menajiskannya adalah pengulangan kembali dari kata-kata Buddha dalam Amagandha Sutra. Ajaran Kristen untuk memberikan pipi kanan kepada orang yang menampar pipi kiri diambil dari nasehat Buddha kepada Punna sebelum Ia berangkat ke Sunaparanta. "Janganlah memukul setelah dipukul", Buddha berkata pada kesempatan itu.
    Lagi-lagi dalam perumpamaan Yesus kita melihat pengaruh paham-paham Buddha. “Kerajaan surga seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah, setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga ia pun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu”. Lambang suci agama Buddha Mahayana adalah permata dari mutiara. Sastra agama Buddha Tiongkok menyebutkan bahwa seorang yang telah menemukan mutiara yang sangat berharga (kebijaksanaan) melemparkannya kembali ke dalam laut, setelah Ia bertekad mengeringkan laut untuk mendapatkannya kembali.
    Buddha dalam menunjukkan kebajikan membandingkannya dengan benih-benih yang ditaburkan di atas tanah subur. Dalam sebuah stanza “Saddha bijam tapo vutti”, Buddha membandingkan dirinya sendiri sebagai penabur dan pembajak. Demikian pula terdapat perumpamaan yang terkenal tentang seorang penabur dalam ajaran Kristen. Persembahan

    ReplyDelete
  47. seorang janda miskin diambil dari hal yang serupa di dalam Kalpana Manditika. Rumah yang didirikan diatas pasir diambil dari Lalita Vistara. Cerita tentang Yesus meminta air kepada seorang wanita diambil dari cerita serupa tentang Ananda.
    Banyak lagi yang dapat dibicarakan dalam hal ini. Fakta-fakta yang disebutkan di atas akan memberikan pengetahuan bagaimana jauhnya pengaruh agama Buddha dalam membentuk Injil-injil agama Kristen. Dapat disebutkan bahwa perpustakaan Alexandria telah dimusnahkan oleh sekelompok orang-orang Kristen yang fanatik di bawah pimpinan seorang Uskup pada tahun 391 setelah Masehi. Sejak itu sumber-sumber dari mana penulis-penulis Kristen memperoleh pengetahuan mereka mengenai agama-agama lain telah musnah dari dunia ini. Akhirnya saya dapat menceritakan bahwa Bodhisattva telah dinyatakan suci oleh gereja Katholik sebagai Santo Josaphat. Max Muller mengomentari hal ini dan mengatakan bahwa guru Kapilavastu itu telah dihormati oleh Gereja Katholik dengan menjadikannya seorang Santo.
    Seseorang yang membaca cerita Santo Josaphat akan segera menemukan bagaimana cerita Bodhisattva’s Great Renunciation tersebar ke barat dan menimbulkan kegaguman dari orang beragama di barat.
    “Agama Kristen seperti sebuah sungai yang mengaliri daerah yang amat luas. Di banyak titik dengan nyata ia memperlihatkan infiltrasi dari paham-paham timur”, Bardesanes, guru Gnostik yang terakhir mengakui pengaruh ajaran-ajaran agama Buddha

    ReplyDelete
  48. Heiiiii penulis agama cuma bisa copy aja sok tahu..... dasar bodoh......

    ReplyDelete
  49. saya adlh seorang pemuka agama buddah disalah satu kota diindonesia,dan saya suda ceramah (Dharma) di belahan dunia termasuk china n eropa.
    maaf klo saya cerita sedikit tentang buddah,coba anda baca di kitab weda 33 disitu jelas dikatakan akan dtg seorg buddah kebumi,,siapa kah buddah itu..??
    bisa kah anda jelaskan..????
    yakinlah wahai kamu yg tidak mengenal Allah n kebenaran nya...???
    Dia yaitu Yesus sendiri yg awal dan yg akhir Dialah Alfa n omega.
    Dia yg akn dtg kedunia ini utk menjemput org2 yg percaya kepada-Nya yaitu Yesus Krietus Tuhan.
    dlm injil yohanes Yesus berkata : Akulah jalan,kebenaran dan hidup.tidak satupun sampai kepada Bapa (Allah),klo tidak melalui Aku.
    jd saudara ku khususnya kaum china n thionghua hanya ada satu jln menuju surga yaitu percaya sama Yesus Kristus.Amin.GBU

    ReplyDelete
  50. Salam Sejahtera....
    Biarkan mereka menghina kita....
    Jangan tunjukan kemarahan kita...
    Sampai dengan SMP saya justru mempelajari agama Kristen, tapi bukan aliran yang suka merendahkan Agama lain.
    So... teman-teman yang masih beragama Kristen...
    Tetaplah meyakini Yesus Kristus, tapi belajarlah dari Alkitab yang benar dan dari penginjil yang tepat.
    Thanks

    ReplyDelete
  51. wah pindah agama karena babi? jadi kebayangkan kualitasnya?

    ReplyDelete
  52. Sedikit tentang ajaran dan filosofi Agama Budha (Buddhisme) dilihat dari kacamata Alkitab dan iman Kristen….

    Seorang Buddhis (pengikut Budha) adalah orang yang mendapat pengetahuan dengan kekuatannya sendiri. Jadi, ia mencapai pengetahuan itu tidak dengan memperoleh “Wahyu” dari sesuatu “allah”, juga tidak dengan mempelajari kitab-kitab suci atau melalui pengajaran seorang guru, seperti yang diucapkan oleh Budha sendiri :

    • “ Aku sendiri yang mencapai pengetahuan, akan kukatakan pengikut siapakah aku ini ? Aku tak mempunyai guru, akulah guru yang tidak ada bandingnya”. ( Mahavagga I, 6,7 )

    Budhisme berdiri sekitar pendirinya yaitu Sidharta Gautama ( 560-480 SM ), seorang putra raja yang kemudian mengasingkan diri untuk “bertapa” di bawah pohon bodhisatwa di Bodh-Gaya untuk memperoleh pencerahan. Sidaharta dipercaya sebagai “ reinkarnasi/titisan Budha”, karena itu ia diberi nama Budha juga. Tahun wafat Budha ( 480 SM) menjadi awal tahun Budha.
    Bila dalam ajaran Hindu, Karma dan Reinkarnasi itu akhirnya menuju tangga kesempurnaan berupa penyatuan Atman dengan Brahman, yaitu menyatukan jiwa “aku” dengan jiwa “alam” (pantheisme), maka dalam Budhisme, Karma dan Reinkarnasi itu menuju ke arah “ketiadaan aku/nyawa ( Anatman/Anatta)”, yaitu ibarat api yang menyala dan akhirnya padam tidak berbekas (Nirwana) ! Cara kelepasan yang dilakukan dengan etika ( perbuatan baik, Ahimsa, dll ) dan juga melalui “Samadhi” yang mana ditujukan untuk “ melepaskan diri dari kesadaran akan aku”, dan makin jauh orang berjalan di jalan kelepasan ( karma dan reinkarnasi), makin menjadi teranglah kesadaran bahwa ia tidak mempunyai aku, hidup hanya sekedar “Arus” saja !
    Jadi, berbeda dengan ajaran “Meditasi” yang umumnya kita jumpai dalam aliran-aliran kepercayaan/kebatinan yang beranggapan bahwa tujuan meditasi adalah “ penyatuan jiwa (aku) dengan jiwa alam”, maka tujuan meditasi dalam Buddhisme adalah untuk mencapai “Nirwana”, yaitu “berakhirnya kesadaran jiwa/aku “ itu. Karena itu, bila “ meditasi kebatinan” menuju “Yang SATU” itu, maka “meditasi Buddhisme” menuju “Tiadanya Satu itu” !. Tetapi jelas, bahwa kedua jalan meditasi itu “ tidak mengakui adanya Tuhan yang hidup dan berpribadi”. Meditasi Hindu hanya mengakui Tuhan sebagai kekuatan alam/semesta, sedangkan “meditasi Budha” tidak mengakui adanya Tuhan “( Atheisme)”. Buddhisme tidak mengakui adanya “Allah yang berpribadi” melainkan “ Ketiadaan Essensi Alam Semesta” ( An-Attha/Atheisme). Sedangkan Kekristenan dengan jelas mempercayai keberadaan Allah yang berpribadi.
    Meditasi Hindu maupun meditasi Budha dilakukan dengan “pengosongan pikiran” disertai dengan sikap dan posisi tubuh tertentu, tetapi perenungan Kristen, justru berusaha “memenuhi pikiran dengan Firman Tuhan dan Hukum Tuhan” sehingga dengan demikian seorang Kristen akan dipenuhi hidupnya dengan Firman Tuhan, agar segala kelakuannya dapat dilakukan sesuai dengan Firman itu.

    • “ Dalam hatiku aku menyimpan janji-Mu, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau” ( Mazmur 119:11)

    Agama Budha merupakan aliran kepercayaan “Sinkristisme” yang bercorak “ Pantheisme” yaitu “Agama Alam Kebatinan” seperti Yoga, Zen, dan praktek-praktek latihan pernafasan, meditasi, pengolahan tenaga dalam (Inner Power, Energy) yang lebih dikenal sebagai New Age Movement ( Gerakan Zaman Baru ) yang merupakan ajaran Budhisme yang “atheist” dan menyangkal hakekat “ROH KUDUS” yang dikaruniakan oleh Allah kepada orang percaya di dalam hati kita.

    Semoga Anda tahu.

    ReplyDelete
  53. dari semua comment, lihatlah agama mana yg lebih tua, jangan kurang ajar sama yg lebih tua, mungkin dulu kau adalah anakku.

    ReplyDelete
  54. hai umat kristen merasa terpukul ya klo agama yg yg disanjung2 ternyata hasil copy agama2 terdahulu wkwkwkwkwkwkkkkkkkkkk

    ReplyDelete
  55. makanya pindah agama aja jadi buddhist gk dosa kok malahan di agama kita surganya banyak loh hahaha yg maruk ke surga sampai agama leluhur aja dilupakan, hai etis tionghoa ingat kau terlahir dari rahim ibumu dan bapakmu yg nunggangi, dan bapak dan ibumu punya leluhur yg dulunya pengikut buddha, eh skrg cucunya masuk kristen gara2 mau masuk surga hahaha.......

    ReplyDelete
  56. inti ajaran dan iman kristen adalah semua orang telah jatuh dalam dosa (karena adam dan hawa makan buah terlarang) terus harus ditebus dengan darah yesus( gila ka dosa tanggung renteng dan tuhannya haus darah)!!!

    jadi inti ajaran kristen adalah kebencian tuhan terhadap manusia(makanya disuruh tanggung renteng.

    sampai detik ini tidak ada kristen yang bisa menjelaskan logika diatas!!

    ReplyDelete
  57. Saya seorang pemeluk agama Buddha, bekas pemeluk agama Kristiani.

    Menurut pendapat saya, agama yang baik itu tidak menjelek2an agama yg lain. Silakan dibandingkan kesaksian dari mana yang paling sering menjelek2an agama lain.
    Menjelek2an agama lain itu gak beda jauh dengan bergunjing.. Dosa juga lho. ^_^

    Kalau memang "Tuhan" itu ada, biarkan saja "Ia" bekerja dengan caranya, jangan kita2 yang manusia yang bekerja dengan kesaksian ataupun artikel2 yang belum tentu benar. Toh Tuhan juga bisa membuka hati manusia dengan injil2 yang dibawakan oleh para pendeta? Jadi jangan membuat artikel/kesaksian yang kurang pantas untuk menarik pemeluk agama.., karena iman2 yang didapatkan dari kesaksian seperti ini juga bukan iman yang kuat.. Pindah agama hanya dari kesaksian... Layaknya mempertanyakan "adanya Tuhan". Peace.

    ReplyDelete
  58. saya adalah seorang kristen bukan katholik , menurut saya ajaran budha itu Atheisme.
    karena mereka berusaha untuk mencapai kehidupan yang kekal dengan usaha diri mereka sendiri. gautama saja adalah seorang manusia yang bertapa untuk mendapatkan kesempurnaan hidup. trus pengikutnya menganggap dia sudah sempurna( menganggap diri sebagai tuhan). mereka buat itu patung si gautama trus di sembah, sama dengan menyembah berhala buatan tangan mereka sendiri. beda dengan Yesus adalah Tuhan yang menjadi manusia, kelahiranya sudah dinubuatkan sejak ribuan tahun sebelum Dia lahir,
    yesaya 9;5. dikatakan
    "sbab seorang anak telah lahir untuk kita,
    seorang putera telah diberikan untuk kita,
    lambang pemerintahan di atas bahunya,
    namanya disebutkan orang;
    penasehat Ajaib, Allah yang perkasa , Bapa yang kekal. Raja Damai.
    Yesuslah Tuhan yang menjadi manusia, menjadi juru selamat bagi umat manusia yang percaya,
    sbab hanya di Dalam nama Yesus semua diselamatkan, penyakit disembuhkan, setan2 diusir,Damai didapatkan. coba saja!
    mari sodara janganlah hidup di dalam kesia siaan
    jika skarang Yesus memanggilmu jangan keraskan hatimu,
    salam kasih. maaf jika koment atau kata2 yang kurang pantas

    ReplyDelete
  59. Janganlah hanya melihat & percaya pada apa yang tertulis dalam buku (karena buku itu pun dibuat oleh manusia sendiri). Tetapi lihatlah apa yang telah kita lakukan? Jangan asal ngoceh dengan desas - desus yang tidak jelas dan hanya berdasarkan persepsi kita sendiri aza. (INTINYA JANGAN JADI KATAK DALAM TEMPURUNG Lar... coba pelajari lebih banyak dulu baru comment. DAN JANGAN MENJELEK-JELEKKAN YANG LAIN, toh diri kita pun sama jeleknya)

    Namaste

    ReplyDelete
  60. kalau budha atheis memang benar kok terus '''

    atheis => tidak mengakui tuhan.

    Tuhan yang mana???
    kristen tuhannya=> yesus
    islam ==> allah

    berarti kristen juga atheis menurut islam,, dan islam atheis menurut kristen.

    berarti semua agama adalah atheis menurut agama yang lainnya.

    dasar kristen bego, pantesan di malaysia agama kristen dilarang menyebut allah!!!

    ReplyDelete
  61. kalau hanya dengan menyebut nama yesus penyakit disembuhkan , damai sejahtera, setan diusir+++>>
    berarti tidak ada satupun didunia ini orang kristen yang sakit terus pergi ke dokter,, tidak ada satupun orang kristen yang miskin, dan tidak ada satupun orang kristen yang bego..
    tapi kenyataannya????? lihat saja sendiri!!!

    ReplyDelete
  62. hallo hallo yang kristen !
    sudah bisa jawab belum tentang cerita dosa tanggung renteng ajaran tuhan biadab anda???

    ReplyDelete
  63. Yesus aja mati di salib, bagaimana bisa melindungi umat, kalo bisa diakan gak mati waktu di salibkan ha ha ha... berfikir lah yang lebih logis jangan asal percaya saja. Tapi bagi kalian yang berbahagia dengan ajarannya, jalani dan yakini itu saja.

    ReplyDelete
  64. wahh cerita bualan di jual tuk menjaring umat sadar lah sampai kAPAn cerita fiksi itu di hadirkan di sini.hanya orang yang bodoh saja yang dapat tertipu,ingat ingat apa kalian dapat sorga kalo menjaring aja kalian pembohong.apa benar pembohong dapat sorga renungkan lah

    ReplyDelete
  65. kalian kristen kok gak tau malu seh manusia u salib u bilang menebus dosa kalian dan sekian lama cerita itu tenggelam malahan dan kalian timbulkan u jadikan tuhan pikir donk pikir .agama sih agama tapi kalo gak masuk akal yaaaa pikir dulu baiakan kami budha biar menurut kalian gak masuk akal tapi kami sayang sama budha gak pernah membunuh nya hanya untuk ke senangan kami

    ReplyDelete
  66. dijual dijual :dosa tanggung renteng... dosa tanggung renteng....dosa tanggung renteng (menurut MLM kristen)
    tuhan haus darah ....tuhan haus darah...

    ReplyDelete
  67. PERCAYALAH BAHWA DHARMA ADALAH JALAN KEBENARAN!!! BERBAHAGIALAH ENGKAU YANG MEMAHAMI DAN MEMPRATEKANNYA DHARMA BARANG SIAPA YANG MEMPRATEKAN DHARMA SAMA SAJA MELIHAT SEORANG BUDDHA!!!
    BUDDHA ALWAYS BLESS YOU ALL!!!

    ReplyDelete
  68. maaf saya pernah menjadi agama kristen , katholik dan sekarang saya memeluk agama budha..... menurut saya tidak ada ajaran agama yang jelek asal kita betul2 memahami dan mengerti arti dari ajaran agama tersebut...... kenapa saya pindah agama budha ? bukan karena agama lain jelek tetapi saya betul2 ingin mengenal , mengerti, memahami arti hidup sesungguhnya..... jadi lebih baik kita mengenal diri kita terlebih dahulu sebelum membicarakan orang lain

    ReplyDelete
  69. kayaknya Ibu Yeh bukan umat BUddha,tapi Taoisme atau TriDharma,.
    karena Sang BUddha tidak pernah mengajar kita untuk menyembah dewa-dewi n membaca mantra..
    di zaman sang budha,tidak ada bhiksu yang menyembah patung dan dewa2 serta mantra..
    bahkan Sang Budha mengajar kita utk melenyapkan kemelekatan kita pada ritual2 dan penyembahan dewa2 agar mencapai kebahagiaan sejati tanpa kemelekatan n keterikatan,..

    patung Budha itu muncul saat agama Budha masuk Yunani n dibawa ke negri lain...ritual2 penyembahan dewa bukanlah Buddhism tapi tradisi Tionghoa n India yg sulit dihilangkan...karna Buddha tidak pernah melarang qt utk menjalani tradisi qt selagi tdk merugikan makhluk lain..

    ReplyDelete
  70. buat yang bikin web sahabat gembala ini sudah bisa belum jawab cerita tentang ajaran kasih biada tuhan anda yang mengajarkan dosa adalah tanggung renteng!! sehingga harus ditebus dengan darah yesus(persis korban darah bangsa aztec)

    MLM kristen : dosa tanggung renteng dosa tanggung renteng,,,, tuhan haus darah tuhan haus darah !!!

    sudah ditanyain belum ke kitab suci or pendetanya???

    ReplyDelete
  71. emang orang Kristen tuh pada saraf semua....bagusan dibawa aja ke RSJ

    ReplyDelete
  72. Dengan keinginan untuk membebaskan semua mahluk
    Saya selalu mengambil perlindungan
    Kepada Buddha, Dharma, dan Sangha,
    Hingga saya mencapai penerangan sempurna.
    Dimotivasi oleh kebijaksanaan dan belas kasih,
    Pada hari ini, di depan Buddha
    Saya menciptakan pikiran untuk mencapai pencerahan
    Untuk memberikan manfaat bagi semua mahluk hidup.

    Sepanjang ruang masih tersisa,
    Sepanjang mahluk hidup masih tersisa,
    Sampai kemudian, saya juga, tersisa
    Dan mengusir penderitaan di dunia ini.

    Talkatora Indoor Stadium, 2003

    ReplyDelete
  73. Saya sebagai pengikut Yesus. Kalau sodara pahami kekristenan yang sebenar2nya dan masuk di hati kita. Sodara akan tau sendiri. Bahwa kekristenan itu tidak dapat di nalar oleh logika, kecerdasan ataupun pikiran manusia. Tuhan Yesus bekerja melalui HATI setiap manusia. Jadi saya tidak heran bagi kalian yang belum pernah menerima Yesus secara pribadi dengan benar.
    Sodara meditasi, untuk mengosongkan pikiran untuk mendapatkan ketentraman di hati tidak akan dapat dilakukan dengan kemampuan manusia. Karena didalam diri manusia ada ego, ada harga diri. Hanya satu yang betul2 murni kita mendapatkan ketentraman di hati yaitu jika sang Pencipta sendiri yang berkenan menentramkan hati kita.
    Dan karena sang Pencipta amat sangat mengasihi kita dan yang mendengar doa sodara untuk mendapatkan ketentraman di dalam hati itu, sang Pencipta telah mempukan kita memandang penyalipan Yesus untuk penebusan umat manusia. Yesus tidak berdosa sama sekali semua ajarnya benar, tidak ada yang dapat menyangkal kebenaran ajaranya.
    Apakah orang yang tidak bersalah pantas menerima hukuman yang mengakibatkan kematian, saya rasa tidak sodar2. tapi Yesus rela menanggung itu semua demi kita manusia yang dicintainya. Yesus yang adalah Kristus Tuhan ingin agar kita semua mendapatkan ketentraman di hati yang sempurna.
    Salip Yesus adalah bentuk dari dosa2 kita, bukan hanya secara jasmani tapi juga di dalam hati kita. SEMOGA SODARA DAPAT MERASAKAN HATI SODARA.

    ReplyDelete
  74. kenapa ya kristen dalam cara mewartakan "kebenaran" dengan harus mengjatuhkan??? kasihan Yesus yg dengan penuh kasih membawa umatnya, tapi sesudah ditinggal, Umatnya jadi kerasukan roh "pembenaran" yg menghakimi yg lain dengan membawa nama Yesus..

    ReplyDelete
  75. Buddha dan Yesus adalah saudara.

    ReplyDelete
  76. buddha dan yesus adalah saudara??? maksud loe??? supaya orang percaya bahwa tuhan haus darah anda yang menciptakan alam semesta???

    ReplyDelete
  77. hahahha... gw cuma kasi tau ye, loe org bole fanatik kristen, dan membanggakan YESUS.. tp ajaran loe org semua cuma kebohongan belaka dan slalu menghujat agama lain.. apa itu ajaran YESUS..?? mengganggap bahwa agamanya merupakan agama paling benar sedunia..?? NGACA PAK..!! ni gw ada cerita.. paman gw pernah menjenguk temannya yg sedang sakit di sebuah rumah sakit.. kebetulan di sebelahnya ada pasien lain yg sedang sakit (penyakit orang tua)... yg bikin kaget disana ada seorang pendeta.. dengan suara lantang sambil memegang kitab suci, berteriak2 kearah si pasien sambil berkata "Pergi kau setan iblis... saya Tuhan YESUS, keluar sekarang dr tubuh hamba yesus ini.. cepat keluar sekarang..iblis terkutuk!!"...????? lah coba loe org bayangin aja, ni org lagi sakit mala di sembur ludah pendeta.. hahahahhahahah. kl org kesurupan jg nga perlu teriak2 ky gt, setannya mala ketawa dipikir bolot kale... hihihi... aneh2 aja..

    ReplyDelete
  78. kristen ga percaya dinosaurus yah?
    percaya kalo bumi dibentuk 4000 tahun sebelum masehi?
    dimana adam & hawa secara ajaib muncul trus beranak pinak dan sekarang keturunannya uda ada 6 miliar.. herannya anak adam & hawa ketiganya cowok.. habel, ishak, kain.. mereka nge-GAY ya>? ampe punya keturunan?
    apa cowok jaman dlu bisa hamiL? atau jng2 kawin balik sama ibunya hawa.. bejat amat,
    dari awal isi bible aja udah ngaco..
    gimana bisa percaya sama isi seterusnya!

    ReplyDelete
  79. emang gak tau paan sih.....orang kristen tuh kan CRAZY semua.......kik..kik..kik...

    ReplyDelete
  80. Salah satu kekeliruan mendasar yg umum terjadi pada umat non Buddhis adalah mencampuradukkan antara Buddhisme dan tradisi lain (umumnya Tionghoa). Padahal apa yang sesungguhnya Dhamma (ajaran) diajarkan oleh Buddha Gautama amatlah Luhur. Agama Buddha amatlah terbuka, mengundang utuk dibuktikan, amat realistis, tidak pernah mendoktrin, mengancam apalagi menjanjikan sesuatu yg muluk2. Buddha Gautama hanya menunjukkan "Jalan menuju Kebahagiaan Tertinggi" : "Nibbana".

    ReplyDelete
  81. salah satu kesalahan kristen adalah kenapa mereka tidak menyembah pilatus yang menyebabkan yesus disalib???
    kalau tidak ada pilatus maka tidak ada kejadian yesus disalib!! kok pilatus tidak diangkat jadi orang suci ???minimal santo gitu!
    ha ha ha
    terus yudas iskariot kok jadi penghianat?? harusnya jadi orang suci tu...kalau dia tidak berkhianat yesus tidak jadi disalib!!

    gimana kristen????

    ReplyDelete
  82. saya dulu juga beragama kristen,tetapi kemudian saya beragama Budha,mengapa? karena saya banyak merasakan kebenaran dan nalar atau logika dalam ajaran yang saya anut.dengan hanya propaganda seperti itu tak akan membuat saya tertarik dan ingin lagi berubah keyakinan. karena saya benar benar merasakan manfaat dan indahnya dharma dari ajaran yang sekarang saya yakini.dari kitap suci kami tak ada satu kalimatpun yang menganjurkan atau mengajarkan untuk berbuat yang menyakiti makluk lain, menhina, atau merendahkan ajaran lain dan dari sepanjang sejarah penyebaran ajaran budha tiada satu tetes darahpun yang terjatuh,lewat penyebarannya,tiada perang ,tiada pemaksaan,tiada kekerasan dan tidak menjual kecap. karena kecap tiada yang nomor 2 semuanya nomor 1.BUDHA BUKALAH NOMOR 1 TETAPI YANG TERBAIK BAGI SAYA......terimakasih ,semoga semua mahluk hidup berbahagia.....

    ReplyDelete
  83. dalam agama budha tidak ada yang namanya dosa tanggung renteng,,,
    tidak ada korban darah manusia,,,

    ReplyDelete
  84. siswa sang budha mati dengan tenang dan diiringi dengan senyuman.tiada kebencian ,tiada kemarahan dan tiada keinginan merubah keyakinan orang lain.tetapi orang yg begitu ambisius mengkristenkan semua orang, hidup dalam kemarahan,kebencian dan ketakutan.siswa sang budha tak pernah ketakutan jumlah teman sedharmanya berkurang,karena ajaran sang budha tidak diperjual belikan, mereka datang kami tidak mengundang dan bila mereka pergi kamipun tak merasa kecewa.sungguh kasihan, mereka ketakutan umatnya berkurang , dan mereka merasa perlu mengrosirkan agamanya, diecerkan dibungkus plastik dan dijual murah agar semua orang tertarik untuk membelinya, murah....murahh....dapat bonus ke surga....

    ReplyDelete
  85. emang gitulah...........namanya juga agama indomie.............ha ha...ho ho........hi hi...........

    ReplyDelete
  86. terus kalo masuk Kristen karna Indomie........nanti dalam Surga makanannya juga Indomie yaaa...? wah...bisa gembung tuh peruuuuuut...........kik...kik...kik....

    ReplyDelete
  87. ya iyalah.........

    ReplyDelete
  88. dalam ajaran Budha tidak pernah ada kata2 sembah lah aku maka engkau akan masuk surga.. lah di kristen?? masa umatnya di suruh sembah2 yesus nya dolo trus langsung bisa masuk surga.. mimpii kali yee... kl mao masuk surga tu berbuat kebajikan dan dharma amal yg banyak tu baru bisa masuk surga... bukan bergaya kaya MLM narik umat yg banyak uda langsung dapat tiket VVIP ke surga... hahahahha.

    ReplyDelete
  89. dalam Kristen freesex m homosex juga boleh tuh......enak ya......

    ReplyDelete
  90. I believe in Budha...

    Budha tidak pernah menjanjikan hal2 indah kepadaku..
    dia tidak pernah menjanjikan aku pasti akan ke Surga atau nirvana bila percaya kepada-Nya.

    Budha juga tidak pernah berkata " kalau tidak percaya Dia pasti masuk Neraka.."

    dia juga tidak memberikan sebuah dongeng yg mengerikan ataupun yg menyenangkan supaya aku percaya dan takut kepada-Nya..

    Kenapa Dia tidak pernah mengatakan.."Akulah yg menciptakan langit dan bumi ini.." oh.. putra yg berbudi..
    Dia jg tidak pernah menjanjikan hal2 yg indah untuk masa depan, bahkan Dia jg tidak bisa mensucikan orang lain..

    Bahkan untuk mensucikan diri sendiri pun mengandalakan kita sendiri.. Tapi kenapa aku masi mau mengikuti ajaran-Nya..?

    Karena Dia, aku tahu kenapa aku menderita..
    Karena Dia, aku tahu kenapa aku cacat..
    Karena Dia, aku tahu kenapa aku bermuka buruk..
    Karena Dia, aku tahu kenapa aku pendek umur dan berpenyakitan...
    Karena Dia, aku mengerti hukum KARMA dan tidak menyalahkan siapa pun atas penderitaanku.. serta bijaksana dan berusaha untuk mengerti 4 kesunyataan mulia..

    Oleh Budha lah aku diajarkan Cinta kasih terhadap semua mahkluk hidup apapun juga..

    Apa yang kita tanam.. itu yg kita petik..
    Apa yg kita lakukan.. itu yg kita dapatkan..

    ingat sukacita dan dukacita ditangan kita, bukan ditangan siapa".. KARMA selalu ada didunia ini..

    itu Ajaran yg diajarkan oleh "Sang Budha.."

    Amitofo..""

    ReplyDelete
  91. sama boss ...aku memeluk agama budha karena alasan diatas... peace

    ajaran yang cocok untuk orang yang telah dewasa pikirannya tidak seperti kanak kanak yang masih perlu ditakut takuti dan dikasih permen!!!

    yang masih belum dewasa silahkan ikuti ajaran yang belum dewasa yang penting sing rukun bae mas...ha ha ha

    semoga semua mahluk berbahagia


    amitofo ....om mani pedme hum

    ReplyDelete
  92. halo Pdt. I.M. Nordmo, Pemberita Injil di Tiongkok Utara,jadi seorang pendeta janganlah suka membual,berbohong.Tapi bukan kamu juga ya,karena Yesus kamu itu suka memberontak,tentu suka berbohong,kalau tidak berbuat salah tidak akan dihukum oleh siapapun.Yesusnya kamu itu disalip dipaku karena banyak berbuat salah.P.Siddharta semasa kecilnya hingga tumbuh remaja gak pernah berkelahi apalagi memberontak.P.siddharta selalu merenung bagaimana membuat manusia didunia ini bahagia, terlepas dari kelahiran dan kematian.ajaran Buddha sangat logika selalu mencurahkan kasih sayangnya secara universal.Apakah ajaran Kristen Yesus kamu datang lihat dan buktikan.kalau Guru Agung Buddha mengatakan Datang Lihat dan Buktikan ( Ehipasiko ).Akhir doa kami selalu diucapkan Semoga Semua Makhluk Hidup Bahagia.Tidak seperti Kristen yg kau ajarkan itu Amin = Adam Musa Isa dan Nuh.Hey Pdt. I.M. Nordmo, Pemberita Injil di Tiongkok Utara kami mengingatkan dan kamu harus Camkan ucapan ini " Jangan menjelekan kepercayaan atau agama orang lain,sementara ajaran Yesus kritus kami tidak bisa dibuktikan secara ilmiah,secara logika.

    ReplyDelete
  93. ralat dikit boleh ya,aku maksud kamu bukan kami pada kalimat terkhir tadi.sementara Yesus kristus kamu,bukan kami........trima kasih.

    ReplyDelete
  94. Semoga didunia ini tidak ada lagi manusia yg sebodoh ibu Yeh ini ya.Semoga tidak ada lagi manusia sepicik Pdt. I.M. Nordmo.Pendeta yang model ini harus dibumi hanguskan dari dunia ini.Jadi tidak ada perpecahan agama.Cari Pdt. I.M. Nordmo,untuk diadili dan dihukum bila perlu sekalian disalip seperti Yesusnya dia itu.

    ReplyDelete
  95. mana ada orang namanya Nordmo , itu sih nama palsu untuk menjelek jelekkan agama orang lain,, karena agama dianya sudah jelek!

    ReplyDelete
  96. di agama buddha tidak diajarkan untuk menghina agama lain. semua agama itu baik selama mengajarkan kebaikan dan kasih sayang. Om mani padme hum

    ReplyDelete
  97. ini jelas cerita bohong :) tolong jangan dipost yang mengandung SARA ini :)
    orang yang memahami agama buddha tidak akan tergoyahkan dengan ajaran mana pun :)
    btw , temen w ada yang pindah kristen bukan karena ajaran loh :P
    dia pindah gara" sok gaul (kan banyak nih sekarang yang pindah kristen, jadi dia ikut"An) and suka ma simbolnya (salib)
    jadi para umat kristen jangan bangga ya kalo ada yang pindah ke agama kalian, mungkin aja kejadiaannya ternyata sama seperti teman w :)
    sabbe satta bhavanthu sukkhi tatta

    ReplyDelete
  98. disemua agama ada yang pindah agama,
    dari kristen ke islam ,islam ke kristen, dari budha ke kristen, dari kristen ke budha, dari islam ke budha, daribudha ke islam..
    semua itu ada , dan ada kesaksian..
    terus so what gitu???
    semua urusan masing masing. persis selera makan masing masing.. ada yang suka asin,ada yang suka manis , ada yang suka pedas.
    jadi jangan lah menjelek jelekan ajaran orang lain.
    peace man!!!!!!!!

    ReplyDelete
  99. Udah gak jamannya lagi kasih kesaksian palsu dengan ngejelek2in agama lain. Makin gak mau lah orang pindah ke agama lo. Ntar diajak MLM lageee.. mending jualan kacang aja gih lo sono,lebih laku kayaknya

    ReplyDelete
  100. kristen tuh emang edan ya.......

    ReplyDelete
  101. Saya terlahir dari keluarga budha sampai saya kuliah saya baru tahu ternyata di agama budha tdk ada keselamatan karena budha sendiri sudah dineraka ( baca dikesaksian rahib budha dari myanmar ). Ternyata keselamatan hanya ada di dalam Yesus tidak ada yang lain ( budha tidak pernah bilang ikutlah aku maka kamu akan selamat tapi Yesus bilang Akulah JALAN, HIDUP DAN KEBENARAN barang siapa percaya kepadaNya maka akan memperoleh keselamatan. Saya percaya Yesus yang hidup karena sudah menolong dan mengembalikan hidup saya yang sudah hancur oleh dosa2 saya dan Dia sudah pulihkan hidupku, terimalah Yesus maka hidupmu juga akan dipulihkan, salam damai Yesus memberkatimu, amin

    ReplyDelete
  102. kesaksian palsu yang sudah dibantah sama badan kristen saja masih dianggap benar ???
    wah ini orang gila jualan kecap!
    kalau hanya klaim dari kitab suci, kenapa tidak masuk islam saja:
    "barang siapa memeluk agama di lain islam akan merugi dan tidak akan diterima " kenapa kok tidak masuk islam saja???

    ReplyDelete
  103. kalau ternyata budha gautama sekarang ada dineraka karena tidak percaya sama tuhan yesus ini baru seru!!
    lha wong budha gautama lahir duluan dibanding yesus kok budha gautama harus percaya sama yesus? kuliah dimana sih tuh anak???logika nya dapat E- ya????pantas lah pindah ke agama kristen!

    ReplyDelete
  104. memang benar di neraka ada Budha namanya Ksitigarbha Bodhisatva.
    Seorang Bodhisatva yang telah mencapai kesempurnaan Budha tapi menahan diri untuk mencapai nirvana karena belas kasihnya menolong mahluk mahluk yang ada dineraka.
    sumpah bodhi nya adalah" selama neraka belum kosong tidak akan menikmati kebudhaan"

    Salah lihat kali tu si athet! ha ha ha

    ReplyDelete
  105. Memang budha itu duluan, tapi budha itu ngak percaya adanya Tuhan sang pencipta dan Yesus adalah Firman Allah yang hidup. Jadi percaya sama Yesus maka pasti selamat sampai SURGA kalo percaya sama budha maka pasti ke NERAKA ikut si budha. Di dunia ini YESUS ADALAH SATU-SATUNYA JALAN KESELAMATAN bagi siapa saja yang percaya dan menerima ANUGRAH KESELAMATAN yang diberikanNya dengan cuma-cuma, maka jangan sia-siakanlah keselamatan itu.

    ReplyDelete
  106. Tuhan sang pencipta???
    tuhan yang mana yang harus dipercaya???
    kristen(israel) tuhannya yahwe
    kristen sekarang tuhannya yesus kristus
    islam tuhannya allah
    belum lagi tuhan tuhan lainnya!
    lah masing masing agama saja mengklaim menurut kebenaran agamanya masing masing berarti tuhannya yang lain salah dong!
    dasar kristen bego makanya di malaysia kristen dilarang menyebut allah sebagai tuhannya!

    ajaran kristen harus percaya kepada yesus baru masuk surga karena semua manusia telah berdosa( dosa asal dari adam dan hawa ) terus harus ditebus dengan darah yesus!

    kesimpulan :
    ajaran kristen itu:
    1. dosa dianggap tanggung renteng sehingga sampai sekarang tuhannya dendam banget sama manusia ( gila kali dosa tanggung renteng!!!)
    2. dosa harus ditebus dengan darah yesus( ini lebih gila lagi, tuhannya haus darah banget jangan jangan jelmaan dewa aztec)!

    ajaran dharma budha tidak mengatakan orang harus ikut ajaran budha baru masuk surga!!
    semua orang akan masuk surga kalau berkelakuan benar dan berkebajikan! dan akan masuk neraka kalau berkelakuan jahat!

    itulah hukum sunyata(hukum karma) hukum kebenaran alam semesta yang diajarkan oleh semua Budha!

    kalau menurut anda semisalnya si amrozi yang mengebomb dibali terus memeluk kristen dan percaya yesus berarti dia masuk surga dong!!
    gua sih ogah dah ikut ajaran ini!!!

    ReplyDelete
  107. Yang dimaksudkan degan dosa asal adalah kecenderungan manusia untuk berbuat dosa yang diwariskan oleh Adam seperti berbohong, dendam, iri hati, serakah dll ( contoh anak kecil sudah bisa berbohong dan iri hati tanpa diajarin ). Orang berbuat dosa cenderung bermula dari iri hati kemudian terjadi kecurangan, fitnah, pembunuhan dst. Itulah gambaran dari dosa asal ( saya juga percaya anda sudah berbohong, iri hati, dll dari sejak anda kecil ). Manusia pertama jatuh ke dalam dosa sehingga manusia kehilangan kemuliaan Tuhan dalam hidupnya, dan Tuhan sudah berulang kali mengirimkan nabi-nabiNya supaya manusia bertobat dan manusia cederung menolakNya sehingga banyak Nabi-nabiNya dibunuh. Maka jalan satu-satunya adalah Tuhan sendiri yang menebus manusia, maka Yesus datang kedunia ini untuk menebus setiap manusia yang mau percaya dan menerimaNya sebagai juruselamat melalui penebusan darahNya maka mereka akan diselamatkan, dan bagi yang tidak mau menerima Anugerah keselamatan yang diberikan secara cuma-cuma oleh Tuhan Yesus maka sudah pasti akan dihukum.
    Yesus adalah Tuhan pencipta langit dan bumi dan segala isinya, Dia sudah ada sebelum segala sesuatu diciptakanNya, jadi orang Israel menyebutnya Yahwe dsb, jadi Yesus adalah yang Awal dan Akhir.
    Saya mau sampaikan bahwa sebaik apapun yang kita perbuat tidak akan menyelamatkan kita dari murka Allah kalo kita tidak mau menerima keselamatan yang dari Allah sendiri kerjakan.
    Terimalah kebenaran itu karena kebenaran itu akan memerdekakan kita dan kita akan menerima hidup yang kekal.

    ReplyDelete
  108. Semua manusia itu berdosa makanya semua perbuatannya tidak ada yang benar di hadapan Tuhan, jadi sebaik apapun yang diperbuat oleh manusia kalo belum dibenarkan oleh Tuhan sendiri maka perbuatannya tdak akan diterima dan merupakan suatu kekejian dihadapan Tuhan, oleh sebab itu manusia harus dibenarkan terlebih dahulu oleh Tuhan sendiri melalui darah Yesus, dan darah Yesus itulah yang menebus dan mengampuni kita dari semua dosa yang sudah kita lakukan dan kita dibenarkan, dipulihkan hidup kita dan Tuhan mengembalikan kemuliaanNya dalam hidup kita dengan sang Pencipta.

    ReplyDelete
  109. Yang dimaksudkan degan dosa asal adalah kecenderungan manusia untuk berbuat dosa yang diwariskan oleh Adam seperti berbohong, dendam, iri hati, serakah dll ( contoh anak kecil sudah bisa berbohong dan iri hati tanpa diajarin ). Orang berbuat dosa cenderung bermula dari iri hati kemudian terjadi kecurangan, fitnah, pembunuhan dst. Itulah gambaran dari dosa asal ( saya juga percaya anda sudah berbohong, iri hati, dll dari sejak anda kecil

    itu sih kata kata bohong doang!
    kata di kitab suci kristen adalah dosa asal karena adam dan hawa makan buah pohon terlarang!!
    sehingga dimurkai oleh tuhan dan dikutuk turun ke bumi!
    gila kali gara gara makan buah terlarang doang jadi dosa turun temurun!!

    gila ini tuhan nya iri hati terus dibilang dosa asal sehingga harus masuk neraka!!

    saya dari kecil tidak pernah berbuat kejahatan yang harus dihukum dineraka selamanya karena tidak percaya sama tuhan yesus!!

    Inti ajaran kristen adalah:
    1. dosa asal dari adam dan hawa karena makan buah terlarang karena digoda sama setan sehingga semua manusia dianggap berdosa!
    harusnya si setan dong yang salah , kok tuhan main main dengan setan!
    ( tidak ada bukti bahwa semua manusia didunia asalnya dari adam dan hawa )
    karena menurut agama lain penciptaan alam semesta juga lain menurut ajaran mereka!


    2. dosa harus ditebus dengan darah yesus( karena yesus dianggap tuhan)
    yesus dianggap tuhan setelah adanya konsilit nicea!! masak tuhan waktu disalib teriak teriak tuhan tuhan kenapa engkau meninggalkan daku???
    (kok tuhan teriak teriak!!)

    terus yang menyebabkan yesus disalib karena yudas iskariot dan yang menyuruh yesus disalib adalah pilatus!
    kok pilatus dan yudas iskariot yang menyebabkan yesus disalib tidak diangkat menjadi orang suci!
    kalau tidak ada perintah pilatus yesus tidak jadi disalib!

    didalam ajaran budha tidak ada dosa asal!! tidak ada kata kata semua mahluk telah berdosa!!
    yang ada dalam ajaran budha adalah semua mahluk mempunyai benih kebudhaan dan dapat mencapai kebudhaan!
    selama mereka berbuat sesuai dengan kebajikan pasti akan masuk surga walaupun apapun agama mereka!

    kalau hanya klaim kitab suci sendiri tentang yesus adalah tuhan awal dan akhir bagaimana dengan klaim kitab suci yang lain tentang yesus hanya nabi doang???

    tuhan manakah yang paling benar???
    islam tuhannya allah
    kristen tuhannya yesus

    lah masing masing saja ajarannya bertolak belakang dan mengkafirsesatkan ajaran yang lain!

    tuhan manakah yang paling benar???
    pantas lah dimalaysia kristen dilarang menyebut tuhan allah!!

    kalau hanya mengklaim berdasarkan kitab suci sendiri mah :
    ajaran budha tidak menuduh semua mahluk telah berdosa!
    ajaran budhat tidak menggunakan korban darah manusia!

    dari diri sendirilah kejahatan dilakukan dari diri sendirilah pencerahan didapat!

    ReplyDelete
  110. Semua manusia itu berdosa makanya semua perbuatannya tidak ada yang benar di hadapan Tuhan, jadi sebaik apapun yang diperbuat oleh manusia kalo belum dibenarkan oleh Tuhan sendiri maka perbuatannya tdak akan diterima dan merupakan suatu kekejian dihadapan Tuhan, oleh sebab itu manusia harus dibenarkan terlebih dahulu oleh Tuhan sendiri melalui darah Yesus, dan darah Yesus itulah yang menebus dan mengampuni kita dari semua dosa yang sudah kita lakukan dan kita dibenarkan, dipulihkan hidup kita dan Tuhan mengembalikan kemuliaanNya dalam hidup kita dengan sang Pencipta.

    berarti semua orang yang dilahirkan sebelum yesus kristus dan semua orang yang dilahirkan dibenua lain, dan semua orang yang tidak mengenal yesus kristus,
    kan belum ada tuh cerita yesus mati disalib dan belum ada tuh korban darah yesus berarti mereka diatas masuk neraka dong???
    gila kaleeeeeeeeeeee!!!

    ReplyDelete
  111. Maka dari itu Injil harus diberitakan sampai ke ujung bumi supaya manusia diselamatkan oleh pekabaran Injil tersebut.
    Banyak agama & kepercayaan yang ada didunia ini sekarang ini, tapi semuanya akan menuju kebinasaan dineraka. Dari semua jalan itu hanya ada satu ( 1 ) jalan menuju ke surga yaitu melalui Yesus tidak ada yang lain. Coba anda bisa buktikan budha ada bilang aku adalah jalan, hidup dan kebenaran ? Hanya Yesus yang bilang percaya dan terima Dia maka pasti selamat sampai ke surga karena hanya Dia yang datang dari surga yang tahu jalan kembali ke surga, kalo yang lain itu sudah pasti ke neraka.
    Saya sudah ikut budha dari kecil sampai saya kuliah ternyata saya sudah hidup dalam kebohongan seperti menyembah patung sampai vegetarian karena semua itu tidak akan menyelamatkan saya malah hidup susah terus, sampai saya menemukan Yesus yang sudah memulihkan hidup saya dari keterpurukan.
    Akibat dari dosa adalah maut / mati, dosa asal yang harus ditanggung oleh manusia adalah sifat dari manusia yang timbul dari hati manusia untuk berbuat dosa seperti bohong, iri hati, serakah, dendam dsb. Anak kecil sudah bisa berbohong, iri hati tanpa ada yang mengajarinya ( saya percaya anda juga sudah berbohong dan iri hati sejak dari kecil ).
    Karena manusia sudah berdosa dan kehilangan kemuliaan Tuhan dari hidupnya maka dari itu Tuhan sendiri yang datang ke dunia untuk mengembalikan kemuliaan Tuhan dan menyelamatkan hidup manusia.
    Jadi hanya satu-satunya jalan ke surga melalui Yesus saja tidak ada yang lain.
    Orang yang hidup sebelum Yesus datang, mereka sudah ada hukumnya yaitu Taurat.
    Ilustrasi berikut ini, ada satu orang korupsi, karena korupsinya, terus dia berbuat baik dengan menolong orang miskin, memberi makan banyak orang, berbuat baik sama semua orang, lantas apakah orang tersebut bisa bebas tanpa dihukum karena sudah berbuat baik ? Saya katakan tidak, orang tersebut tetap harus dihukum walaupun dia berbuat baik.
    Salam

    ReplyDelete
  112. Kalo mau sukses harus belajar dari orang yang sudah sukses, kalo mau ke surga harus belajar dari orang yang tinggal di surga yaitu Yesus, Dialah satu-satunya jalan ke surga tidak ada yang lain. Pada saatnya nanti semua makluk hidup akan bertekuk lutut menyembah Yesus.

    ReplyDelete
  113. pantas lah anda jadi gila karena belajar agama budha yang salah!!
    dalam ajaran agama budha yang mana yang anda ikut???mana ada ajaran dalam agama budha supaya menyembah patung budha untuk mendapatkan pencerahan ??? vegetarian untuk melatih hati yang welas asih bukan untuk mencapai pencerahan!
    kalau dengan vegetarian orang mencapai pencerahan terus berarti kambing dan sapi mencapai pencerahan dong?
    kalau anda belajar agama budha dari kecil kitab tripitaka mana yang sudah anda pelajari??? meditasi sudah sampai mana?

    sungguh kasihan anda tersesat dalam ajaran budha terus bilang ajaran budha yang salah!
    saya berani jamin anda adalah penganut ajaran yang hanya membakar dupa terus ditancapin didepan patung budha terus vegetarian ... beres???
    itulah kesalahan anda yang tidak tahu ajaran sejati dari agama budha!

    terus mengenai komentar yesus bilang akulah jalan hidup dan kebenaran dan empunya surga!

    anda tahukah ajaran budha bahwa surga juga tempat yang tidak kekal akan habis masanya??
    apakah anda tahu dalam ajaran budha tentang 33 alam surga? dan nirwana dst?

    ajaran budha pernah mengatakan bahwa melalui ajaran dharma lah pembebasan tertinggi dapat dicapai!

    tujuan belajar dharma budha adalah melampaui surga surga yang anda disebut diatas!!

    dalam ajaran budha tidak menyuruh semua mahluk untuk bertekut lutut menyembah budha( tapi dalam ajaran budha menyatakan semua mahluk bisa menjadi budha!!!)

    sudah banyak orang seperti anda yang mengaku agama budha tapi tidak mengerti apa itu agama budha( yang ada anda adalah ikut ajaran nenek moyang yang tinggal tancap hio didepan altar doang!! terus menyalahkan agama budha ???
    kasihan sungguh kasihan

    kalau anda suka dan terhibur dalam agama kristen silahkan lah...

    agama budha hanya untuk orang yang telah dewasa pikirannya tanpa ditakut takuti akan neraka dan tidak di iming imingi dengan surga!

    kalau anda masih suka ditakut takuti dengan neraka sih silahkan saja!

    kalaupun saya dari kecil pernah iri hati dan dendam itu didalam ajaran budha tidak menyebabkan saya harus menderita selama lamanya dineraka!!

    ajaran dharma budha tidak menyatakan semua mahluk akan masuk neraka kalau tidak ikut ajaran budha!!

    kalau hanya untuk tujuan ke surga mah itu urusan kecil bagi pengikut dharma budha!
    banyak kok cerita jataka tentang arhat / biksu / orang suci yang bisa bolak balik ke surga, bolak balik ke neraka, bolak balik di sepuluh penjuru alam!

    kalau anda bilang belajar agama budha dari kecil coba sebutkan ajaran dharma apa yang anda pelajari???

    siapa bilang yesus yang punya surga???

    terus dalam alquran bilang yesus cuman nabi kecil doang kalah sama nabi muhammad?? bagaiman pula itu????

    kalau hanya dari klaim kitab suci mah masih kalau tuh sama alquran!!

    kalau anda bilang yesus memulihkan anda dari terpurukan silahkan ...ikutilah ajaran yesus,, memang ajaran budha tidak cocok untuk anda , tetapi bukan berarti ajaran budha sesat seperti yang anda pikirkan!!!
    ibarat orang bilang buruk muka cermin dibelah atau tak pandai menari dibilang lantai tak rata!

    coba anda sebutkan ajaran dharma budha apa yang anda pelajari????


    apakah anda tahu bahwa ajaran kristen dan islam sampai bunuh bunuhan sampai sekarang dari dulu karena masing masing ada perintah untuk menyebarkan agamanya keseluruh dunia sampai semua orang memeluk nya!!

    dalam ajaran budha selama penyebarannya tidak ada satupun perang yang mengatasnamakan budha !!
    tidak ada perang suci satupun mengatas namakan budha!!

    ReplyDelete
  114. seperti cerita ibu yeh diatas ..itu bukanlah ajaran budha sesati tetapi ajaran nenek moyang yang sekedar ancung ancung dupa ditancepi didepan patung budha /dewa dewi / beress!!!

    kalah hanya kesaksian orang yang terpuruk dari memeluk agama budha yang anda sebutkan diatas terus merasa baikan setelah pindah agama kristen.. itu mah kagak heran!!

    coba anda cari juga cerita di internet tentang orang kristen yang terpuruk terus pindah ke islam juga banyak kok!

    kesaksian dari kristen pindah ke budha juga ada yang saya saksikan dengan mata kepala sendiri itu tidaklah heran!

    yang jelek adalah sifat manusia yang pindah dari agama asalnya terus pindah ke agama lain terus menjelek jelekkan ajaran agama yang lama itulah sifat manusia yang jelek!

    dalam bekerja saja waktu kita pindah ke perusahan lain kita tidak menjelek jelekan perusahaan lama kita bekerja!
    kalau anda menjelek jelekan perusahaan lama anda orang akan tahu bahwa kualitas anda adalah jelek!
    waktu lamaran kerja kalau anda menjelek jelekan perusahan lama anda dijamin 100% anda tidak akan diterima!!!

    kasihan sungguh kasihan

    karena semua agama didunia ini saling menklaim menurut kebenaran kitab suci agamanya sendiri dan mengkafir sesatkan agama lain :

    kristen dan islam yang katanya berasal dari satu keturunan abraham saja saling menyalahkan !
    lah tuhan mana yang benar?????
    allah atau yahwe????


    jadi kesimpulan semua orang masuk neraka dong menurut ajaran agama lainnya???
    itu sih pikiran jeleknya!

    pikiran bagusnya adalah semua orang masuk surga dong menurut ajarannya masing masing!!!

    ha ha ha ha ha ha

    kesimpulan semua orang masuk surga lah menurut agamanya masing masing!!
    jangan takut klaim agama orang lain yang menkafirsesatkan agama lain karena semua orang akan masuk surga!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  115. islam masuk surga nya islam
    kristen masuk surga nya kristen
    hindu masuk surga nya hindu
    kong hu cu masuk surga nya kong hu cu
    ateis masuk surga nya ateis
    budha masuk surga nya budha

    bereskan!!!

    selama orang berbuat kebajikan universal walaupun apapun agamanya pasti masuk surga , yang masuk neraka adalah orang yang menghancurkan orang lain dan berbuat kejahatan menurut ukuran universal!!!!

    bagaiman menurut anda semisalnya amrozi yang telah mengebomb di bali terus masuk kristen apakah dia akan masuk surga????
    kalau pendeta anda bilang masuk surga , berarti sudah tahulah bagaiman kualitas tuhan anda!!!

    katanya adam dan hawa gara gara makan buah terlarang terus lahir ke dunia terus beranak pinak ...berarti anak anak nya incest dong saling kawin mengawin??? gila kalee tuhan ngajarin incest????

    pernah dengar belum cerita nabi incest anak kawin sama bapak di kitab suci kristen???kalau belum belajar lagi yah...gila kali tuh tuhan kristen!!!

    ReplyDelete
  116. Ilustrasi berikut ini, ada satu orang korupsi, karena korupsinya, terus dia berbuat baik dengan menolong orang miskin, memberi makan banyak orang, berbuat baik sama semua orang, lantas apakah orang tersebut bisa bebas tanpa dihukum karena sudah berbuat baik ? Saya katakan tidak, orang tersebut tetap harus dihukum walaupun dia berbuat baik.

    pertanyaannya :terus apabila yang korupsi menerima yesus apakah dosa hukumannya dihapuskan karena ditebus pakai darah yesus????

    salam damai juga....shaloom...

    ReplyDelete
  117. Kalo didunia ini seorang hukuman / narapidana hanya bisa diampuni / dibebaskan oleh seorang raja / presiden yang memiliki kuasa tersebut orang lain tidak bisa karena tidak punya kuasa untuk melakukan hal tersebut, begitu juga hal kerajaan surga hanya Yesus raja segala Raja dan Tuhan segala Tuhan yang berkuasa di bumi dan di surga yang berkuasa mengampuni dosa-dosa manusia kalo manusia tersebut mau bertobat dan menerima Yesus sebagai juruselamat baginya,
    Mengenai alam yang katanya ada 33, anda belajar dari mana ? sedangkan budha belum pernah kesana yang namanya surga kayak apa dia sendiri tidak mengerti akan hal itu, sejak dia mati sudah dihukum di neraka dan tidak akan pernah keluar lagi karena neraka adalah hukuman yang kekal untuk selama-lamanya.
    Mengenai biksu2 yang bolak balik ke surga atau nirwana, itu adalah suatu kesesatan karena mereka semua dikuasai dalam alam roh iblis.
    Sekali lagi saya sampaikan bahwa belajarlah dari Yesus yang dari surga dan kembali ke surga ( ini disaksikan oleh murid2Nya ) kalo budha siapa saksinya ?
    Mengenai hubungan badan antara bapak dan anak itu memang ada didalam kitab perjanjian lama, itulah alkitab yang begitu luar biasa mengungkapkan kebenaran dan dosa manusia sejak dari penciptaan sampai Tuhan sendiri datang menebus manusia.
    Jadi saya simpulkan perbuatan sebaik apapun yang kita lakukan tidak akan menyelamatkan kita dari murka Tuhan kalo kita tidak percaya dan menerima Yesus sebagi juruselamat dalam hidup kita.
    Kalo Amrozi cs mau bertobat dan mengakui dosa2nya ( tidak akan mengulangi lagi dosa2 tersebut ) dan menerima Yesus sebagai juruselamat maka saya percaya dia pasti masuk surga karena hanya Yesus saja yang berkuasa untuk pengampunan dosa2 kita, karena hanya Dia yang berkuasa atas hal tersebut.
    Kalo di islam sendiri coba anda lihat dan dengar apa yang didoakan selalu mendoakan minta keselamatan atas nabinya, bagaimana ini ? nabinya aja ngak selamat apalagi umatnya sudah pasti tidak selamat.
    Mohon maaf kalo ada kata2 yang tidak berkenan

    Salam

    ReplyDelete
  118. kata kata anda adalah :
    Mengenai alam yang katanya ada 33, anda belajar dari mana ? sedangkan budha belum pernah kesana yang namanya surga kayak apa dia sendiri tidak mengerti akan hal itu, sejak dia mati sudah dihukum di neraka dan tidak akan pernah keluar lagi karena neraka adalah hukuman yang kekal untuk selama-lamanya.

    pantas saja anda sebenarnya bukan lah beragama budha tetapi mengatakan dulu sebagai penganut agama budha!atau anda adalah seorang kristen yang ngaku ngaku dulu beragama budha!

    dalam agama budha surga 33 tingkat saja anda tidak tahu????
    apalagi tentang dharma budha

    benar tebakan saya :KTP anda dulu ditulis kolom agamanya budha padahal bukan ...

    anda dulu hanyalah penganut agama nenek moyang yang ancung ancung dupa terus beres.
    atau seorang kristen yang menyamar beragama budha
    panteslah gila, terus bilang budha masuk neraka!
    apakah anda tahu ada seorang budha yang menetap dineraka untuk menolong mahluk mahluk yang menderita di neraka?

    sudah silahkan saja anda ke kristen..

    kalau anda bilang nabi muhammad saja minta didoakan , terus bagaimana pula cerita tentang yesus waktu disalib teriak teriak : tuhan tuhan dimanakah engkau???( emang ada tuhan teriak teriak tuhan????

    kalau dulunya bukan beragama budha dan sekarang beragama kristen terus menjelek jelekan agama budha dan mengaku beragama budha dulunya!

    persis pepatah mengatakan buruk muka cermin dibelah,,, tak pandai menari dikatakan lantai tak rata.

    akhirnya terbongkar juga kebodohan anda yang dulu mengaku ngaku beragama budha!!!

    33 tingkatan alam surga saja tidak tahu!!!

    silahkan teruskan lah menjadi kristen tapi jangan coba coba menjelekkan agama budha karena anda sudah ketahuan belangnya!

    saya sih tidak perlu mohon maaf kalau ada kata kata saya yang benar kok!
    ha ha ha

    ReplyDelete
  119. Bukan masalah jelek atau tidak tapi masalah keselamatan, kalo anda bilang ada budha yang dineraka untuk menyelamatkan umatnya dari neraka wah sungguh itu ajaran yang sesat sekali, kalo sudah masuk neraka sudah pasti tidak bisa keluar lagi, anda sudah diberitakan kebenaran dan keselamatan tapi anda menolaknya sangat disayangkan tapi aku tetap berdoa supaya Tuhan Yesus membuka hatimu dan akmu juga diselamatkan seperti saya, ok ?
    Kalo kita salah kita harus mengakuinya, ok ?

    ReplyDelete
  120. Budha sebenarnya hanya ajaran filsafat saja tentang alam semesta yang dipengaruhi oleh alam sekitarnya. Kehidupan ini menurut budha adalah kehidupan alam nyata dan alam tidak nyata ( dunia roh ) dari situ mulai diceritakanlah ada dewa dan dewi, sun go kong, dll.
    Ajaran budha sebenarnya campuran hindu yang dimodifikasi untuk mencapai kesempurnaan, maka terjadilah pertapaan dsbnya.
    Semuanya itu untuk mencari kesempurnaan dan bisa menjadi budha.
    Tetapi perkembangan jaman maka terjadilah perubahan perkembangannya maka terjadilah perpecahan menjadi budha baju kuning, baju merah dan baju putih.
    Tetapi semuanya itu hanyalah ajaran filsafat saja yang tidak bisa menyelamatkan umat manusia.
    Manusia bisa selamat hanya ada satu jalan saja yaitu melalui Yesus yang datang dari surga.

    ReplyDelete
  121. kapan ajaran budha ada sun go kong??? anda belajar dimana di film dan cerita rakyat china saja!!
    tidak ada satupun ada kata kata sun go kong dalam kitab suci agama budha
    terus yang anda bilang ajaran budha terpecah menjadi baju kuning, baju merah, baju putih itu sih ajaran I kuan tao yang tidak diakui dalam ajaran dharma budha sejati!

    oh ya kalau mengenai perpecahan agama :
    kristen juga terpecah menjadi katolik, protestan,saksi yehova, dll ,,lebih banyak sekte perpecahan dalam kristen dibanding budha!

    seperti saya bilang di atas anda bukanlah seorang penganut agama budha dulu nya tetapi hanya mengikuti ajaran nenek moyang yang sembahyang ancung ancung dupa terus tancepin didepan patung( itu juga ntah patung apa coba anda sebutka nama patung tersebut??0

    saya dari tk sampai kuliah di sekolah katolik , dan mempelajari ajaran kristen katolik.. saya tahu inti ajaran kristen katolik adalah:

    1. semua orang telah berdosa karena adanya dosa asal (dosa adam dan hawa yang makan buah terlarang sehingga dikutuk sama tuhan ke dunia ) gila kali tuh tuhan dosa dianggap tanggung renteng

    poin ini saja : mengenai penciptaan menurut kristen katolik saja banyak ngaconya , penciptaan menurut ajaran agama lain juga banyak versinya!

    2. dosa harus ditebus dengan darah yesus!
    gila kali ini tuhannya haus darah.

    poin ini ngaconya: yang menyebabkan yesus disalib adalah penghianatan yudas iskariot dan yang menyuruh yesus disalib adalah pontius pilatus..kalau tidak ada perintah pontius pilatus yesus tidak jadi disalib , harusnya pontius pilatus juga disembah sembah dong sebagai penebus dosa??????

    kalau hanya sesat menyesatkan menurut agama kristen ,,,menurut agama budha kristen juga termasuk sesat karena:

    tuhan sang pencipta kurang kerjaan terus nyiptain adam dan hawa terus nyiptain setan yang menggoda adam dan hawa makan buah terlarang!
    terus ngiriman yesus untuk disalib!
    persis cerita seorang cowo naksir cewek terus suruh preman godaiin tuh cewek terus datang deh sang penyelamat !!!
    ini lebih sesat lagi

    silahkan anda mengikuti ajaran sesat kristen diatas...yang pasti ajaran budha yang aku ikuti tidak menghakimi semua orang yang tidak ikut budha masuk neraka selama lamanya!

    masih ingat kan cerita gereja yang menghukum mati yang mengatkan bahwa bumi mengelilingi matahari!
    gila tuh ajaran gereja nya!

    yang pasti sudah ketahuan anda bukan lah dulunya bukan lah penganut agama budha tetapi penganut ajaran nenek moyang yang tidak mengerti ajaran dharma yang hanya ancung ancung dupa terus ditencapin! dan menganggap sudah berbuat baik..

    buruk muka cermin dibelah,,,tak pandai menari dikatan lantai bergoyang!

    tuhan yang anda sebut sebagai pemilik surga dan pencipta alam semesta saja menurut agama lain lain lagi:
    islam allah
    kristen yahwe

    dua duanya yang katanya berasal dari abraham saja saling mengkafir sesatkan ! jadi tuhan menurut anda yang mana???

    kristen vs islam saja bunuh bunuhan sampai sekarang kok tuhannya diam saja??? minimal turun tangan dong??

    waktu pengeboman malam natal oleh teroris cs dimanakah sang tuhan?

    kalau hanya dibilang ikut yesus semuanya beres:
    kok masih ada orang kristen yang miskin,menderita,bego dll???

    mulai sekarang sudah ketahuan kebodohan anda yang mengaku ngaku dulunya beragama budha!
    panteslah kalau anda akhirnya mengikuti ajaran sesat kristen yang menganggap dosa tanggung renteng dan haus darah!

    ajaran budha hanya cocok untuk orang yang telah dewasa pikirannya sehingga tidak perlu ditakut takuti dengan neraka dan diiming imingi dengan surga!

    siapa bilang masuk neraka tidak bisa keluar lagi??
    emang orang masuk penjara tidak bisa keluar lagi??
    itulah bedanya ajaran kristen dan ajaran budha:
    dalam ajaran budha neraka bukanlah hukuman selama lamanya!!!!!tetapi hukuman yang akan habis kalau masa hukuman nya selesai!!!

    ReplyDelete
  122. terus mengenai anda bilang:

    Budha sebenarnya hanya ajaran filsafat saja tentang alam semesta yang dipengaruhi oleh alam sekitarnya. Kehidupan ini menurut budha adalah kehidupan alam nyata dan alam tidak nyata ( dunia roh ) dari situ mulai diceritakanlah ada dewa dan dewi, sun go kong, dll.
    Ajaran budha sebenarnya campuran hindu yang dimodifikasi untuk mencapai kesempurnaan, maka terjadilah pertapaan dsbnya.

    panteslah anda tidak mengerti ajaran dharma budha sejati!
    kapan dalam agama budha disebutkan adanya sun go kong, silahkan anda cari dalam kitab suci semua sekte budha sejati yang ada sun go kongnya ????????
    dewa dan dewi adalah mahluk surga !

    terus anda bilang adanya roh dalam ajaran budha???
    pantes saja anda ngaco karena ngaku ngaku dulunya beragama budha (tetapi aslinya hanya ancung ancung dupa tancepin beres! atau anda hanya lah seorang penipu yang beragama kristen ??
    dalam ajaran dharma budha sejati tidak ada yang namanya roh!!!!(belajar lagi arti dari :
    sabbe sankara annata
    sabbe sankara annica
    sabbe sankara dukha

    baru mengerti tidak adanya roh dalam ajaran budha!!!

    yesus dianggap sebagai tuhan setelah adanya konsili nicea!
    jadi sebelum konsili nicea yesus bukan tuhan!
    kok revisi terus~
    menurut islam yesus mah nabi kecil doang kalah sama muhammad!

    ReplyDelete
  123. kalau hanya klaim keselamatan dengan kitab suci sendiri mah :
    penganut kristen masuk neraka menurut kitab suci islam ,
    so apa hebatnya kristen????

    jadi soal klaim mengklaim soal sesat menyesat kan mah tidak heran ya!!

    tetapi yang heran dan patut dipertanyakan adalah seseorang yang mengaku ngaku dulunya beragama budha (tetapi ternyata bukan yang dulunya cuman ancung ancung dupa tancepin beres! seperti anda !!) terus bilang bersaksi bahwa budha masuk neraka!seolah olah ahli agama budha
    bagaimana bisa logika anda??? kalau dipengadilan anda sudah masuk penjara karena bersaksi palsu!

    ingat!
    kalau hanya mngklaim berdasarkan kitab suci sendiri :penganut kristen juga masuk neraka selama lamanya menurut islam!!!

    hanya agama budha yang tidak menghakimi orang beda agama dengan mengatakan orang lain pasti masuk neraka !!

    ReplyDelete
  124. kalau anda suka lihat film sung go kong dan menganggap sun go kong ada dalam kitab suci agama budha sejati...terus kenapa juga anda tidak menceritakan tentang sinterklas dan piet hitam dan pohon cemara natal?????itu kan budaya kristen boleh dong gua bilang sinterklas itu adalah malaikat kristen!!!

    ReplyDelete
  125. hampir dipastikan semua orang yang pindah dari agama budha(ngakunya ) dulunya , ke kristen adalah bukan agama budha mereka hanyalah agama budha KTP karena yang diakui hanya agama budha dan sekarang ada Kong Hu Cu.
    mereka hanya menganut ajaran nenek moyang yang ancung ancung dupa terus ditancepin(cungcungcep) didepan altar dan patung ( mending ngarti itu patung apa!) terus dianggap beres, terus menjalankan vegetarian( mendingnya ngarti apa tujuan vegetarian sebenarnya!!)

    terus suatu saat datang lah masalah,, terus mau nanya ke patung??? tetapi tidak mengarti dharma budha yang sebenarnya!

    terus datang lah pendeta kristen bilang ikut kristen saja.. terus ikutlah...terus menjelek jelekan ajaran budha (padahal dulunya kaga ngarti ajaran budha)seolah olah ahlinya agama budha!

    buruk muka cermin dibelah, tak pandai menari dikatan lantai bergoyang!

    emang kristen kurang tu sekte sektenya??? pendetanya saja rebutan umat kejar setoran!
    kristen adalah agama yang paling banyak sekte sektenya dibanding ajaran katolik dan paling suka menarik narik umat buat kejar setoran duit perpuluhan(emang tuhannya miskin kali sampai ngutusan anak buahnya cari duit!!!)

    yang suka dikristen silahkan tapi jangan anda bilang anda dulunya beragama budha terus bilang agama budha jelek...padahal anda sendirilah yang jelek!

    apakah anda tahu sejak kedatangan nenek moyang anda dari daratan china sono, terus ke indonesia kebanyakan adalah orang yang tidak terpelajar yang hanya tau sembahyang ancung ancung dupa tancepin beres!!(terus patungnya banyak lagi campuran antara taois,Kong Hu Cu , dll.
    emang dalam agama budha disebutkan adanya dewa dewi yang dapat membantu manusia( manusia saja dapat membantu sesamanya apalagi dewa dewi!!)
    tetapi semuanya tergantung karma seseorang ,,bukan karena dosa asal(dosa dari adam dan hawa)
    emang nenek moyang bangsa china dari adam dan hawa( kalau nenek moyang arab, israel sih masuk akal dah!!!)

    mendingan belajar agama budha lagi ya , kalau mau berdebat dengan ku!!

    ReplyDelete
  126. sorry tambahin dikit!
    nenek moyang yang datang dari china ke indo , kebanyakan adalah orang yang tidak terpelajar dalam agama nya( baik itu agama budha, agama tao , agama Kong Hu Cu) yang ada adalah mencampur adukan ajaran ajaran diatas! terus tinggal ancung ancung dupa tancepin beres!
    memang tidak ada dosanya kok(dan tidak akan dihukum di neraka seperti kata si kristen!!!) untuk sembahyang secara cung cung cep diatas ,tetapi kekurangan mereka adalah mereka tidak mempelajari ajaran dharma yang telah diajarkan oleh baik budha, atau pun tao(tao juga terbagi bagi lagi..ntar anda bingung lagi! tidak mempelajari kitab suci kong zi.

    itulah kebanyakan warga keturunan yang mengaku ngaku beragama budha( karena terpaksa mencantumkan agama budha di KTP , karena tidak ada pilihan lain!!!!!!!!!!!)

    anda bilang sudah kuliah kok tidak ngarti yah sejarah agama budha dan nenek moyang anda????

    eh ini malah pilih agama sang penjajah nenek moyang anda( ingat cerita gold,gospel,glorry ) tau kaga???

    ReplyDelete
  127. klain anda anda bilang :
    Sekali lagi saya sampaikan bahwa belajarlah dari Yesus yang dari surga dan kembali ke surga ( ini disaksikan oleh murid2Nya ) kalo budha siapa saksinya ?

    jawabannya:
    murid murid yesus mula mula yang menyaksikan yesus masuk surga cuman 12 orang murid utama doang!
    bandingkan dengan murid murid budha yang menyaksikan parinirvananya budha berjumlah 500 orang yang telah mencapai arhat,


    saksi mana yang lebih kuat buktinya dipengadilan?? 12 orang atau 500 orang saksi?????

    ReplyDelete
  128. Aku percaya anda sudah menguasai ajaran budha dan pasti akan mengamalkannya, tapi aku mau mengingatkan bahwa keselamatan hanya datang dari Tuhan Yesus tidak ada yang lain, semua agama tidak akan menyelamatkan manusia tapi hanya Yesus saja jalan keselamatan sampai ke surga ( kesaksian rahib budha dari myanmar - sampai saat ini belum ada bantahannya dan aku percaya itu benar adanya ).
    Aku sarankan bukalah hatimu untuk menerima kebenaran itu karena kebenaran akan memerdekan dan menyelamatan kita dari kutukan iblis.
    Manusia itu berdosa dan upah dari dosa adalah maut, kalo kita diselamatkan maka kita akan memperoleh hidup yang kekal disurga bersama dengan Yesus tapi kalo tidak menerima Yesus maka sudah pasti akan mengalami penyiksaan di neraka dan tidak bisa keluar lagi, ingat tidak bisa keluar lagi.

    ReplyDelete
  129. Budha tidak percaya akan Allah sang pencipta jadi anda pasti sudah tahu akhir perjalannan hidupnya sudah pasti dihukum dineraka yang kekal oleh penciptaNya.
    Segala sesuatu harus diuji kebenarannya dan anda pasti akan ketemu jalan yang benar kalo anda mau membuka hatimu dan undang Yesus masuk ke hatimu selanjutnya biarkan Yesus yang bekerja didalam hatimu maka kamu akan dipulihkan hudupmu dan damai sejahtera yang melampaui akal pikiran akan menyertaimu.

    ReplyDelete
  130. Hanya Yesus saja yang tahu jalan ke surga yang lain akan tersesat dan nyasar ke neraka.

    ReplyDelete
  131. ini jawaban anda kalau anda bilang
    ( kesaksian rahib budha dari myanmar - sampai saat ini belum ada bantahannya dan aku percaya itu benar adanya ).

    itu diatas sudah terbukti HOAX dan masih diikuti masih ingat 10 perintah tuhan anda: dilarang berkata bohong???

    ini jawabannya (kalau anda bisa bahasa inggris)!!!


    harap disimak baik2 bro, penelitian tentang kebenaran kisah ini:

    This is quite a dramatic tale and it has impressed many people. It was even reported in the well-known Christian Singaporean magazine: IMPACT (June/July 2000, p.45). It has continued to be circulated and passed on through emails.

    But is it true? If it is, it SHOULD be circulated - whatever the consequences. But what if it is NOT true. Should it them continue to be circulated never-the-less? We believe not!

    It should be noted that there are several versions of the story circulating. One version, which was circulating in March and April of 2000, begins with an ‘Extract’:

    ‘Myanmar: Buddhist monk raised from the dead - 300 monks turn to Jesus. "In 1998, a Buddhist monk died. A few days later, his funeral was held, at which he was to be cremated. From the smell, it was obvious that his body had started to decompose - he was very clearly dead!" according to the report from missions agency Asian Minorities Outreach. "We have attempted to verify this report which reached us from a number of sources, and are now convinced that it is accurate," they write.

    Hundreds of monks and relatives of the dead man attended the funeral. Just as the body was about to be burned, the dead monk suddenly sat up, shouting ‘It’s a lie! I saw our ancestors burning and being tortured in some sort of fire. I also saw Buddha and many other Buddhist holy men. They were all in a sea of fire!’ ‘We must listen to the Christians,’ he continued emphatically, ‘they’re the only ones who know the truth!’

    The events shocked the whole region. Over 300 monks became Christians and started to study the Bible. The resurrected man continued to warn everyone to believe in Jesus, because he is the only true God. Tapes of the monk’s report were distributed throughout Myanmar. The Buddhist hierarchy and the government were soon alarmed, and they arrested the monk. He has not been seen since and it is feared that he was killed to keep him silent. It is now a serious crime to listen to the tapes, because the government wants to dampen the sensation.’

    On Sunday 19th November 2000, CCG Ministries’ Director, Adrian van Leen, interviewed and spoke with the ‘resurrected’ Paul in a hotel function room in Yangon in the company of four Myanmar Christian leaders.

    That interview raised serious questions as to the authenticity of the story under consideration.

    As our Director wanted to ensure accuracy and fairness, and also because he had to work through translators (three of the Christian leaders understood and spoke English), questions and answers were double checked and confirmed before being noted.

    ReplyDelete
  132. sambungannya:


    One of the four Christian leaders, a Karen Baptist pastor, accompanied Paul and was there as a friend to be a support to him. That pastor explained, later in the evening, that he believed Paul had not died, but had been unconscious, perhaps even in a coma, for a few days, and probably did have some strange experiences or visions. He had been trying to help Paul since he came out of prison, and so had come to know him fairly well and for quite some time.

    Paul gave us his name (and later wrote it down, Martura Paul, along with his address in one of Yangon’s village suburbs). He told us (clearly and confirmed it again) that he was born in Yangon on Christmas Day, December 25th 1966, and that he died in Mandalay at the age of 19 in May or June 1993! He was asked about this several times because there are some obvious contradictions here. His taped story states he was born in 1958 - while he reiterated to us that he was born in 1966! He stated several times that he died at the age of 19 in mid-1993. If he had been born in 1958 and died aged 19 it would have been 1977 (when, according to the tape’s transcript Paul become a ‘normal monk’); if he had been born in 1966 and died 19 years later it would have been 1985. This also contradicted the claim that he had died in 1998 (see ‘Extract’), stating that such a claim was a lie and not part of his original tape! He was adamant about his age and that he had died in 1993!

    One of the translators at our interview/discussion, was a senior Pastor and Christian community leader. While he was senior Pastor in a large Baptist Church in Mandalay, he recalled Paul visiting and wanting to tell his story in the Pastor’s church. This occurred in 1992 or 1993!

    Paul told us that he first told his story on tape in 1996. He only made one tape/copy - on a small domestic tape recorder. This tape was then sent off to a recording studio in Yangon for duplication.

    Both the visit to the Pastor in Mandalay (before 1995) and his claim of recording of his testimony on tape in 1996 clearly show he could not have died in 1998!

    He clearly contradicted himself during the interview/discussion, and contradicted his taped statement, regarding his age and dates for birth and death.

    He told us that he had been dead or in a coma for three days, and then had a further three days in his coffin - making it a total of six days in which he was apparently dead. He affirmed that he had spoken to the Apostle Peter, who ordered him back to earth.

    Paul told us that he had been in prison once, from January 1997 to October 1999.

    When told that there had been several versions of his tape (with different people in Myanmar recounting different versions/details) he at first said there could not be other versions of his story because he had made only one tape. Then he admitted there were some differences on some tapes circulating around Myanmar - but explained it away. He made one taped account and gave the tape to others to have duplicated professionally. It was during the duplication process that variations and alterations apparently occurred - so he believed!

    ReplyDelete
  133. sambungannya:

    He stated (and repeated) that through his testimony some 7,000 Buddhist monks had converted to Christianity! This is considerably more than stated in the IMPACT Magazine and the ‘Extract’ with one of the Asian Minorities Outreach/Asia Harvest transcripts (300).

    When asked if it was possible to talk to any of the (300 or 7,000) converted Buddhist monks Paul declared he didn’t know any and had no contact with any! He could not put us in touch with any one converted as a result of his story.

    He acknowledged that his father and mother had been present at his funeral and cremation preparation - and at his dramatic ‘resurrection’. When asked if they would be willing to talk to us and confirm any parts of his story, he told us that they probably would - BUT he didn’t know where his father lived, and wasn’t sure about where his mother was either (though he knew they were not together). Their uncertain whereabouts had nothing to do with any government or Buddhist persecution. Paul was just rather vague as to where they were living. They could not help us confirm any of his claims.

    When asked if there were any Christian church leaders who could confirm his story or put us in contact with any Buddhist monks who had converted because of Paul’s story, we were again told that he knew of no one.

    He told us that he did not attend any church, have fellowship or hold membership in any church (something more important for Christians in Myanmar than in Western society at present). Paul told us that almost all the churches in Myanmar had rejected his story - especially the mainline (non-charismatic, non-Pentecostal) churches. He told us that Pentecostal churches had accepted his story, but when asked which ones he admitted there were only three or four - and said he could only name one: the Full Gospel Church. He also admitted that he had only spoken once at those three or four churches and had never been asked back. In fact, none of the churches - including any Pentecostal churches, wanted to have anything to do with him - according to Paul himself!

    After telling us that he had given his ‘testimony’ in about three or four churches, and some private homes, Paul told us that he no longer told his story anywhere, and had not done so since coming out of prison, because it would bring trouble and opposition (presumably from the government - though he did not exactly make that clear). He did not want any more trouble for himself, nor did he want to cause trouble for any one else.

    When asked what work he did, he acknowledged that he was unemployed and had no work. When then asked how he made or earned a living, he stated that he gave his testimony at home groups and was given donations for doing so - and apparently made more than enough to get by on! This, of course, completely contradicted claims made just before this statement, that he had only spoken at a few places and no longer spoke anywhere because he did not want to cause trouble!

    ReplyDelete
  134. sambungannya :


    Throughout the dinner, interview and discussion on Sunday evening November 19, 2000, Paul was open with our Director and the other Christian leaders present. He wrote down his name and address and allowed a photo to be taken (and to be published). Burmese Paul.jpg (32919 bytes)All present tried to make him feel accepted and questions were presented in a non-threatening manner. His friend who accompanied him that evening tried to help Paul and often interrupted and gave advice or tried to make helpful comments for him.

    Paul constantly contradicted himself during the evening with statements he had made moments before, as well as statements made on the taped version of his story. Again and again he was asked for confirmation and clarification - only to confirm the contradictions. His friend even stopped him several times and told he could not say what he had just said, because it contradicted earlier statements - but it made no difference - he would continue with the contradictions.

    Apart from the contradictions made by Paul in front of witnesses, there are still serious questions about the content of his supposed visions or visit to hell and heaven, as well as questions about editorial comments made by Asian Minorities Outreach/Asia Harvest.

    AMO/Asia Harvest has made statements about Paul being radically transformed and having a 180-degree shift in his life, and him continuing to be a fearless witness for Christ, of him being persecuted, scorned by family, friends and colleagues, and facing death for his unwillingness to compromise. But some Myanmar Christian leaders have asked (as we do also) on what do they base this, apart from his say so? What evidence do they have?

    Statements that Paul had been arrested and imprisoned - probably several times, not seen since, and that it was feared that he had been killed to keep him silent - are all highly emotive. The only accurate thing (as far as we can tell, but it has not been confirmed with the authorities) is, it seems, that Paul DID go to prison for a couple of years. The reasons for this, however, are NOT absolutely certain. The rest of the comments are untrue. After coming out of prison he did not go into hiding or disappear mysteriously. He moved into a small suburban village on the outskirts of Yangon, and became openly known to neighbours in the area. There was no effort to hide his identity or anything else.

    Those who have lived near Paul and known him over the 12 or more months have seen no apparent evidence of him being persecuted, scorned or forsaken.

    AMO/Asia Harvest has stated that the story was first told them by several Burmese church leaders, and that since being initially told they ‘have attempted to verify this report which reached us from a number of sources, and are now convinced that it is accurate.’ IMPACT Magazine reported that a spokesman for AMO/Asia Harvest stated: ‘We believe it to be true as there are many witnesses to these events.’

    ReplyDelete
  135. sambungannya lagi :

    CCG Ministries’ Director, Adrian van Leen, before, especially during, and after his visit to Myanmar in November 2000, has spoken to a number of Myanmar Christian leaders - including a number who are involved in inter-church/inter-denominational work, as well as leaders of several denominations (and had the interview/discussion with the central character in this story, Paul, himself). He spoke with leaders from Yangon and across Myanmar who attended a conference in Bago, and also Christian leaders in Mandalay and a regional township. Many of these leaders from across varying denominations had contact with other Christian leaders across the country.

    No one was able to give ANY form of authentication to the story. A number of leaders, including those who had been in Christian leadership in Mandalay, knew of no evidence to confirm any part of the story. Some of the Myanmar Christian leaders would very much like to know who the ‘several Burmese church leaders’ are that AMO/Asia Harvest refers to as their sources for this story.

    In fact, it was pointed out very clearly that, had the story been true, especially had there been a number of Buddhist monks converted to Christianity - especially as many as 300 and very much so if there were as many as 7,000 - the news would have spread rapidly. While the government controlled media might have tried to suppress such news - the Christians and churches (particularly in the Mandalay area) would not have been able - nor have wanted to - suppress such news. It would have spread rapidly and widely through the churches. The Buddhist community would also have spread the story - though for different reasons.

    The claim that ’there are many witnesses to these events’ is also disputed by Myanmar Christian leaders, who have stated that they had never met anyone who had been a direct primary witness - nor anyone who had personally met a direct witness to these events. And when asked, Paul himself was totally unable to produce any witnesses whatever, not even his father or mother. The Christian leaders present at the interview would have gladly talked to any converted monks (or asked friends in different parts of the country to do so) who may have been witnesses, but not one name was given as a possible witness. The reality is that in Myanmar itself no one has been able to find any witnesses or any evidence whatever, to support the story of the resurrected Paul. It is even questionable that there is evidence that Paul was actually a Buddhist monk.

    It was also pointed out that Paul’s claim to have seen Aung San, the revolutionary leader of Myanmar (father of current opposition leader, Aung San Suu Kyi) in hell ‘because he persecuted and killed Christians, but mostly because he didn’t believe in Jesus Christ’ was completely without foundation. He is a well known figure in Burmese/Myanmar thinking and history - and there is no evidence at all that he persecuted any Christians, let alone killed any.

    ReplyDelete
  136. sambungannya :

    AMO/Asia Harvest has invited ‘Christian believers to judge it [Paul’s resurrection story] according to Scripture.’

    As one senior Myanmar pastor pointed out, the story and description of hell given by Paul, is itself contrary to Scripture. Paul’s story is also in conflict with the story Jesus told in the account of the rich man and the beggar, Lazarus (Luke 16:19-31). When carefully examined it is also in conflict with the comments of the Apostle Paul in 1 Corinthians 15 - in particular where that Paul was able to name eye witnesses to the resurrection of Christ - and acknowledged at the time that some were still living - in other words, he was able to produce witnesses who could testify to the authenticity of his claims. Myanmar’s Paul was totally unable to name, point to, or produce ANY witnesses at all to his claimed resurrection, or who had been converted by his story.

    The story of the ‘resurrected Paul’ is known throughout much of Myanmar - and his tape has circulated (in several versions). Hardly anyone in Myanmar - especially amongst Christian leaders - has accepted or believed the story. There is just nothing to back it up. Paul is known of in Myanmar, and regarded by most - as a troublesome and troubled person. He has caused problems and difficulty for Myanmar Christians, and has even been responsible for bringing fear into parts of the Christian community. A number of people in Myanmar who personally know him, or have met him, believe he is in need of medical help and counselling. Sadly, in Myanmar, he is certainly not known as a fearless and faithful witness to Jesus Christ, whose testimony is converting Buddhists, strengthening the church or bringing glory to God’s name.

    Further complications have arisen with this whole saga. According to the beliefs of some people in Myanmar (or some with friends and/or relatives in Myanmar), several different people supposedly, or apparently, are claiming to be the resurrected Buddhist monk - at least an older man and a not-so-balanced younger man.

    Whatever the truth behind this sad saga, most Christians, and most pastors and church leaders in Myanmar, are not taking this story seriously and see little value in it for the growth of the Christian community in that country.

    We believe that if this story had been adequately examined and checked out in Myanmar before transcripts were made of his tape, it would probably never have been published.



    [After Asia Harvest received a copy of this report they removed all references to the story from their website and stopped sending out email transcripts of the claimed resurrection account. They will be making some statement regarding their initial endorsement of the story. When this is available we will gladly append it to this report.]

    ReplyDelete
  137. sudah baca belum bantahan diatas:

    itu malahan dibantah oleh badan kristen anda sendiri ; (asia harvest)

    lah anda masih bilang cerita diatas tentang melihat biksu mati melihat budha di neraka benar???

    jadi selama ini anda adalah pembohong dan penipu besar!! ( ingat kata kata tuhan anda 10 perintah tuhan : janganlah berkata bohong / bersaksi dusta???

    ReplyDelete
  138. yesus anda saja waktu disalib teriak teriak :
    eli eli eli sabaktani!!!( tuhan tuhan dimana kah engkau???
    gila kali tuhan teriak tuhan.. !!

    gua sih ogah dah ikut ajaran bila diatas:

    1. upah dosa adalah maut( dosa adam dan hawa karena makan buah terlarang !! digoda oleh iblis !!
    dosa tanggung renteng !!!

    2. harus ditebus dengan darah yesus!
    tuhan haus darah,,,yang menyuruh yesus disalib kan pontius pilatus ,,,jangan jangan pintus pilatus adalah tuhan yang sebenarnya!!

    tuh sudah bacakan bantahan cerita anda diatas!!(malahan sudah dibantah sama badan kristen asia harvest) apakah anda goblok atau bego ???

    ReplyDelete
  139. pantes aja di negara maju Kristen makin hari makin abis, agama isinya kesaksian HOAX,

    survei di Inggris, Lebih dari separuh warga Inggris menganggap kekristenan mungkin telah menghilang dari negara itu dalam 100 tahun kedepan.

    survei ini menunjukan Buddhisme adalah agama yang paling menarik buat warga Inggris

    http://www.telegraph.co.uk/news/uknews/2160495/Christianity-could-die-out-within-a-century.html


    di amerika gereja yang dibangun 1891 kekurangan jemaat dan berubah menjadi Vihara Buddha.

    http://oregonfaithreport.com/2011/07/1891-church-becomes-buddhist-temple/

    hoax nya ngaku ngaku dulunya beragama budha lagi!! memalukan!!

    buruk dimuka cermin dibelah!!!

    ReplyDelete
  140. Anda boleh saja membantah dan beretorika tapi satu hal yang ingin saya sampaikan suka atau tidaak kita semua manusia hidup dalam dosa hanya Yesus saja yang berkuasa mengampuni dosa kita kalo kita mau datang dan percaya kepadaNya, kalo sudah di neraka maka menyesal juga sudah tidak ada gunanya.
    Berbahagialah orang yang tidak melihat tetapi percaya.

    ReplyDelete
  141. Pada saatnya nanti semua makluk hidup akan bertekuk lutut mengakui dan menyembah Yesus sebagai Tuhan, saat itulah akan dipisahkan antara domba dan kambing, aku berdoa supaya kamu pada saat itu akan terpilih menjadi domba bukan kambing karena kambing akan dibuang kedalam lautan api untuk selama-lamanya.
    Jadi mulai saat ini renungkan dan camkan itu dan kebenaran yang menyelamatkan akan menyelamatkanmu.
    ikut budha pasti masuk neraka tapi ikut Yesus pasti selamat sampai surga.

    ReplyDelete
  142. Karena semua manusia telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah.Upah dosa ialah “Maut” yaitu “kematian kekal dan hukuman kekal”( Roma 3:23,Roma 6:23). Manusia tidak mampu berbuat baik sesuai dengan kehendak Allah.Perbuatan baik manusia tidak mampu menyelamatkannya dari kutukan. Ibarat kapal yang perlahan-lahan tenggelam karam kedasar lautan,demikianlah orang berdosa.Dia akan perlahan-lahan mati dalam kematian rohani dan kematian jasmani.Rasul Paulus menegaskan bahwa keselamatan dan hidup yang kekal “bukan hasil usahamu” melainkan “pemberian Allah” (Efesus 2:8-9).Dengan demikian keselamatan dan hidup yang kekal yang ditawarkan merupakan anugerah Allah semata-mata di dalam Kristus Yesus Tuhan..

    ReplyDelete
  143. Alkitab adalah Firman Allah yang menulis tentang penciptaan Alam semesta,langit dan bumi,manusia,dunia dan segala isinya,penebusan dan kejatuhan manusia. Pada saat Tuhan menciptakan Adam dan Hawa, Allah bersekutu dengan manusia di taman Eden. Tujuan Allah menciptakan manusia adalah supaya adanya persekutuan yang kekal antara Allah dan manusia. Tetapi manusia melanggar yang diperintahkan dan dilarang Tuhan untuk tidak memakan buah pengetahuan yang baik dan jahat. Akhirnya kematian rohani masuk kedalam hidup manusia dan seluruh keturunannya.Dan manusia terpisah dari Allah. Tetapi oleh karena kasih-Nya Allah tidak membiarkan manusia mengalami kehancuran rohani dan jasmani dalam hidupnya. Dia bertindak untuk menebus manusia ciptaan-Nya. Dan kemudian, mula-mula Allah sendiri telah menyatakannya di Taman Firdaus dari Injil Yang Kudus ( Kej 3:15). kemudian Dia menyuruh para bapa leluhur yaitu Abraham ( kej 22:18) dan para nabi yang kudus mengabarkannya. ( Kisah Rasul 10:43). Dan memperlihatkan bayangannya melalui kurban-kurban dan upacara-upacara lain menurut hukum Taurat Allah ( Ibrani 10:1). Akhirnya Dia menggenapi-Nya melalui Anak-Nya yang tunggal ( Roma 10:4)..

    ReplyDelete
  144. Anda juga boleh berbantah bahwa semua orang telah berdosa dan upah dosa adalah maut!

    dosa apa?? dosa turunan dari adam dan hawa karena makan buah terlarang .

    itulah iman goblok kristen!

    dosa tanggung renteng, karena makan buah terlarang, terus harus ditebus dengan darah yesus :

    kesimpulan tuhan haus darah banget ya sama darah manusia!

    anda lah yang beretorika karena sudah ketahuan kebohongan anda dan penipuan anda !

    sungguh memalukan di indonesia saja sangking mau mencari umat tuhannya kristen yang namanya YAHWE aja ditulis jadi ALLAH!

    itulah tipu daya kristen !

    mau anda bilang agama yang lain masuk neraka kek, menurut agama yang lain andalah yang masuk neraka !!

    klaim tentang neraka dan surga sih tidak heran!

    yang heran dan memalukan adalah tipu daya untuk menarik umat lain!( apalagi tipu dayanya sudah terkuak!!)

    ingat kata kata tuhan anda (10 perintah tuhan)
    dilarang bersaksi dusta dan berkata bohong!

    lah anda? sudah berkata bohong ini bersaksi dusta lagi!
    bohongnya : ngaku ngaku dulu beragama budha padahal bukan
    bersaksi dustanya: bilang biksu di myanmar mati masuk neraka ketemu budha padahal sudah terbukti itu hoax doang(dan sudah dibantah sama badan kristen asia harverst)

    jadi siapa yang berbohong dan beretorika!

    o o o aku ketahuan,, berbohong lagi , demi uang perpuluhan! ha ha ha

    ReplyDelete
  145. Kata kata si kristen HOAX:

    Pada saatnya nanti semua makluk hidup akan bertekuk lutut mengakui dan menyembah Yesus sebagai Tuhan, saat itulah akan dipisahkan antara domba dan kambing, aku berdoa supaya kamu pada saat itu akan terpilih menjadi domba bukan kambing karena kambing akan dibuang kedalam lautan api untuk selama-lamanya.
    Jadi mulai saat ini renungkan dan camkan itu dan kebenaran yang menyelamatkan akan menyelamatkanmu.
    ikut budha pasti masuk neraka tapi ikut Yesus pasti selamat sampai surga.

    pantas saja anda goblok nya anda ; disurga anda hanya dijadikan domba doang???( ha ha ha disurga cuman jadi domba!!)
    siapa mau di surga nya kristen cuman jadi domba doang ( kasihan deh lu!)
    ntar tuhannya lapar dibikinlah steak domba !

    sudah terbukti bahwa di surga kristen cuman ada domba !

    kami penganut budha di surga sih jadi dewa dan dewi ..ha ha ha

    ReplyDelete
  146. kata kata si kristen penipu :



    Alkitab adalah Firman Allah yang menulis tentang penciptaan Alam semesta,langit dan bumi,manusia,dunia dan segala isinya,penebusan dan kejatuhan manusia. Pada saat Tuhan menciptakan Adam dan Hawa, Allah bersekutu dengan manusia di taman Eden. Tujuan Allah menciptakan manusia adalah supaya adanya persekutuan yang kekal antara Allah dan manusia. Tetapi manusia melanggar yang diperintahkan dan dilarang Tuhan untuk tidak memakan buah pengetahuan yang baik dan jahat

    ini mah cerita novel fiksi non ilmiah aja:

    gila kali tu si tuhannya kristen takut ciptaannya makan buah pengetahuan yang baik dan jahat( takut si adam dan hawa tahu yah bahwa tuhan anda penipu???)

    terus yang menyuruh yesus disalib kan perintah dari pontius pilatus ( jangan jangan si pontius pilatus adalah jelmaan dari si tuhan ni ye???
    kok si pontius pilatus tidak dianggap sebagai juru selamat???( kalau tidak ada perintah pilatus yesus tidak disalib) berarti tidak ada penebusan dosa dong???


    siapa yang mau ikut aliran haus darah gitu !!

    menurut agama lain sih anda tuh yang masuk neraka!

    ReplyDelete
  147. Anda sudah ditipu oleh si iblis dan aku tidak menyalahkan kamu karena nenek moyang kita sudah ribuan tahun ditipu oleh iblis yang datang menyerupai budha yang kamu sembah.
    Sekarang ini kamu masih dalam tipu muslihat iblis, biarlah aku tetap berdoa untuk kamu supaya Tuhan Yesus sendiri yang akan datang membukakan hatimu untuk memperoleh keselamatan yang dari Tuhan. Tuhan memberkati kamu dan keluargamu

    ReplyDelete
  148. Tuhan Yesus saat ini saudara2 kami masih banyak yang belum mengenal engkau dan bahkan banyak yang mengina engkau tapi Tuhan janganlah timpahkan dosa mereka tapi ampunilah mereka dan bukakan hati mereka supaya mereka mengenal engkau dengan benar dan mereka juga memperoleh keselamatan yang dari Tuhan seperti yang sudah Tuhan karuniakan kepada kami, terima kasih Tuhan dan berkati mereka semua, amin

    ReplyDelete
  149. yang ditipu dan menipu adalah anda , pakai mendoakan orang lain lagi seakan akan anda adalah orang yang paling baik diseluruh dunia ini !!

    kalau urusan didoain sama si kristen dan disumpah masuk neraka sama si kristen itu mah saya sudah sering kok , kaga heran!

    yang heran seakan akan itu si kristen adalah orang yang paling suci di seluruh dunia sehingga seakan akan dia bisa mendoakan orang lain dan menghukum orang lain.....

    ha ha ha

    mendingan simpan tuh doa anda buat anda sendiri karena telah berdosa besar melanggar 10 perintah tuhan anda tentang : janganlah berbohong dan bersaksi dusta!

    1.kebohongan anda adalah mengaku dulunya beragama budha , padahal bukan!
    2. bersaksi dusta bilang cerita biksu myanmar yang ke neraka melihat budha .(padahal sudah dibantah sama badan kristen ASIA Harvest!

    kami penganut ajaran dharma budha sejati tidak perlu ditakut takuti dengan neraka dan tidak perlu diiming imingi dengan surga .

    karena surga adalah tempat universal yang melakukan kebaikan dan neraka adalah tempat universal bagi pelaku kejahatan, tidak memandang apapun agama mereka.

    andalah yang telah termakan tipuan muslihat kristen sang penjajah( masih ingat tidak gold,gospel, glorry)?

    kasihan sungguh kasihan

    kami penganut agama budha sejati tidak perlu mendoakan orang lain seakan akan orang lain itu berdosa besar dan harus masuk neraka, kami berdoa untuk diri sendiri supaya tidak berbuat kejahatan.

    jangan lah berbuat jahat
    perbanyak lah perbuatan baik
    sucikanlah pikiran
    itulah ajaran semua budha!

    pikiran adalah sang pemimpin
    oleh pikiran juga kita masuk surga
    oleh pikiran juga kita ke neraka

    (kalau pikiran anda bersih, memandang semua mahluk adalah budha, kalau pikiran anda kotor memandang semua mahluk adalah penjahat)

    setan kelaparan melihat air adalah lahar panas
    asura melihat air adalah senjata mematikan
    manusia melihat air adalah air
    dewa melihat air adalah lapiz lazuli
    budha melihat air adalah sunyata


    wkkkwkkw

    simpan itu doa buat anda sendiri ya!karena anda telah berbohong dan bersaksi dusta

    ReplyDelete
  150. Ingat hanya ada satu jalan ke surga yaitu melalui Yesus tidak ada yang lain, yang lain masuk neraka, coba ada ayat yang menyatakan budha masuk surga ? pasti tidak ada,
    setahu aku kitab budha itu tidak ada yang ada hanya tulisan rahib tang tseng yamg mau ambil kitab di daerah barat ( india sekarang ) tapi karena tidak ketemu maka dibuatlah cerita2 hanya untuk menambah2in untuk dibuatkan kitab.
    Jadi sekali lagi jgn mengeraskan hatimu untuk menerima KEBENARAN SUPAYA KAMU DAN KELUARGAMU JUGA DISELAMATKAN

    ReplyDelete
  151. Kalo di Alkitab jelas tertulis mulai dari sejak penciptaan langit dan bumi dan segala isinya, manusia jatuh dalam dosa dan sampai penyelamatan dari Tuhan sendiri, semuanya itu ditulis dengan teratur, kalo di budha mana ada karena budha sendiri tidak percaya akan Allah sang pencipta langit dan bumi dan segala isinya.

    ReplyDelete
  152. Sadarkah engkau budha yang engkau sembah itu hanya bentuk yang lain ? sadarlah dan bertobatlah mumpung masih ada waktu

    ReplyDelete
  153. sadarkah engkau tuhan anda haus darah dan gila, sadarkah engkay yang harus disembah sembah adalah pontius pilatus yang memerintahkan supaya yesus disalib????

    sadarkah engkau masih jualan HOAX dan sudah ketauan tipu daya anda yang ngaku ngaku dulunya beragama budha?padahal bukan!!

    sadarlah dan sadarlah akan kebodohan anda selama masih ada waktu

    wkwkwkwk

    ReplyDelete
  154. siapa bilang yesus pemilik surga??
    di islam saja yang katanya berasal dari satu abraham saja saling mengkafir sesatkan dengan kristen,, yesus hanya seorang manusia saja yang mati konyol disalib terus, karena sama murid muridnya dibikinlah cerita bahwa yesus ke surga dan bilang akan datang lagi ke dunia ..buktinya sampai sekarang sudah ribuan tahun tidak datang datang!

    kalau klaim kebenaran menurut kitab suci sendiri mah tidak heran!

    siapa bilang tidak ada kitab suci agama budha??(kitab suci agama budha itu tripitaka)
    banyaknya kalau mau lihat itu di museum london sebanyak 3 rak buku..kalau alkitab mah cuman 1 buku doang (kalah cerita nya sama novel fiksi non ilmiah)

    kalau menurut klaim kitab suci sendiri mah:
    menurut kitab suci islam, penganut kristen masuk neraka kekal selama lamanya !!

    so herang amat dengan klaim klaim kebenaran menurut kitab suci masing masing.

    bagi kami penganut dharma budha tidak perlu ditakut takuti dengan neraka dan tidak perlu diiming imingi dengan surga!

    bagi kami neraka hanyalah tempat universal bagi pelaku kejahatan walau apapun agamanya , dan surga adalah tempat universal bagi pelaku kebajikan walau apapun agamanya!!

    tetapi tujuan dharma budha adalah melampaui surga dan neraka!

    ReplyDelete
  155. kata kata kristen si penipu dan bersaksi dusta adalah:

    Ingat hanya ada satu jalan ke surga yaitu melalui Yesus tidak ada yang lain, yang lain masuk neraka, coba ada ayat yang menyatakan budha masuk surga ? pasti tidak ada,
    setahu aku kitab budha itu tidak ada yang ada hanya tulisan rahib tang tseng yamg mau ambil kitab di daerah barat ( india sekarang ) tapi karena tidak ketemu maka dibuatlah cerita2 hanya untuk menambah2in untuk dibuatkan kitab.
    Jadi sekali lagi jgn mengeraskan hatimu untuk menerima KEBENARAN SUPAYA KAMU DAN KELUARGAMU JUGA DISELAMATKAN

    agama budha siapa bilang hanya cerita rahib tang seng( tong sam cong) , makanya kalau tidak mengerti agama budha dan ngaku ngaku dulunya beragama budha! emang kebanyakan nonton film cerita kera sakti !

    terus itu cerita sinterklas dan pohon natal emang ada (emang ada tu sinterklas dan pohon natal waktu yesus lahir????

    ajaran dharma budha tidak seperti ajaran kristen yang pakai ayat ayat lah, cerita dongeng lah,,,

    cerita dongengnya:
    1.semua manusia telah berdosa karena dosa adam dan hawa makan buah pengetahuan terlarang sehingga dikutuk sama tuhan gila ke bumi dan dosa dianggap tanggung renteng(gila kali tu tuhan nyiptain pohon pengetahuan..ha ha ha
    terus dosa dianggap tanggung renteng lagi

    2.dosa harus ditebus dengan darah yesus( gila kali tuh tuhan haus darah manusia!!
    tapi yang memerintahkan yesus disalib adalah pontius pilatus kok si pontius pilatus tidak disembah sembah sebagai motor penggerak penghapus dosa???(Jjangan jangan tuhannya lagi nyamar jadi pontius pilatus!

    wkkkwkkkwk

    JADI SEKALI LAGI JANGANLAH COBA COBA MENGAKU NGAKU DULUNYA BERAGAMA BUDHA DAN SEOLAH OLAH MENGERTI AJARAN BUDHA !!!

    ReplyDelete
  156. kalau soal ayat ayat sih:
    mau lihat betapa ngawurnya ayat ayat kitab suci alkitab anda????

    Pengkhotbah 1:5 (Ecclesiates 1:5):Matahari terbit, matahari terbenam, lalu terburu-buru menuju tempat ia terbit kembali.


    GALILEO GALILEI dihukum mati
    dimana alkitab menyatakan bahwa matahari dan Bulan dianggap mengelilingi Bumi (Teori Geosentris),sehingga dewan gereja menghukum mati Galileo karena galileo menyatakan bahwa bumi bukan pusat alam semesta.bahkan jenazahnya dikubur di lantai bawah tanah gereja. Baru abad ke-20 ini namanya direhabilitasi oleh gereja; jenazahnya dimakamkan kembali dengan upacara keagamaan. Tetapi gereja masih belum meralat alkitab tentang Pengkhotbah 1;5: Matahari mengelilingi bumi


    dumb ass memang memiliki otak sebesar biji salak.
    hahahahha

    apalagi cerita harus percaya sama yesus baru masuk surga ( another dumb ass!!!)

    ReplyDelete
  157. tujuan tertinggi ajaran buddha bukanlah surga
    ---------------------------------------------
    Anda mau tahu kenapa ?
    Karena budha tidak tahu surga dan neraka ada dimana sehingga dibuatlah cerita2 tersebut diatas. Wong budha kayak ngerti kok surga dan neraka letaknya dimana
    makanya dia ngak bisa sampai disurga. Wong edan kagak ngerti kok diikuti, akhirnya ikut juga nyasar, makanya hanya Yesus saja yang tahu ke surga karena Dia datang dari surga, gitu aja kok kagak ngerti, piye toh

    ReplyDelete
  158. Memang budha ngak ngerti surga ada dimana maka nyasar dan masuk ke neraka.

    ReplyDelete
  159. Dimana2 orang yang tidak tahu jalan pasti tersesat makanya dia harus tanya terlebih dahulu kepada orang yang sudah tahu jalan tersebut supaya tidak tersesat, akhirnya masuk neraka deh...

    ReplyDelete
  160. Surga adalah tempat yang tertinggi dan merupakan tempat Allah bertatah sudah tidak adalagi tempat selain surga makanya budha tidak tahu dan tidak mengerti soal itu sehingga dibuatlah cerita2 yang megada2 untuk menipu kamu dan nenek moyang kita, wong budha itu jelmahan si iblis kok untuk menyesatkan semua orang

    ReplyDelete
  161. siapa bilang surga adalah tempat yang tertinggi? emang ditulis ditingkat berapa itu surga nya kristen???

    lah ini si kristen ngaku ngaku pakai nama allah lagi( allah itu tuhannya islam ...dasar mau menipu lagi!

    yang jelmaan iblis adalah yang suka dengan korban darah manusia dan suka ngancam manusia masuk neraka ..itu baru jelmaan iblis!

    lha wong yesus mati konyol disalib karena perintah pontius pilatus aja , terus dibikin bikin cerita untuk menyelamatkan umat manusia , kacian deh lu..menyelamatkan dirinya sendiri saja tidak bisa apalagi menyelamatkan manusia(kasian tuh yesus mati karena korban iblis tuhannya!

    waktu yesus disalib teriak teriak : eli eli eli sabaktani( tuhan tuhan dimana kah engkau????
    kasian baru tahu dia ternyata ditipu sama si tuhan.. ha ha ha

    alkitab dan yesus tahu jalan ke surga???lha wong bumi mengelilingi matahari aja tidak tahu( dan bilang matahari mengelilingi bumi itu lihat alkitab ...sampai sampai galileo galilea dihukum mati ...itu baru tersesat namanya!!

    ReplyDelete
  162. dalam ajaran budha sudah diceritakan semua jenis jenis alam kehidupan termasuk kehidupan surga dengan jenis nya (bahkan surga nya kaum kristen pun sudah dijelaskan ,,itu hanya alam aruphadatu saja!!! alam yang masih dalam tumimbal lahir !!!

    gimana mau percaya jalan ke surga lha wong bumi mengelilingi matahari saja tidak tahu (tahu matahari mengelilingi bumi???? eh dikasih tau malahan menghukum mati orang lagi... itu baru tersesat namanya!!

    ReplyDelete
  163. kalau nanya sama orang yang kitab sucinya bilang bahwa matahari mengelilingi bumi dan menghukum mati orang yang bilang bumi mengelilingi matahari baru benar benar tersesat!!!

    kacian deh lu,,,,bumi mengelilingi matahari saja itu kitab suci lu yang katanya dari tuhan saja salah!! apalagi cerita tentang surga nya!

    ReplyDelete
  164. Anda mesti baca alkitab secara benar bukan dpotong2 kayak begitu ( anda membaca alkitab masih dipengaruhi roh iblis )
    Alkitab adalah firman Allah untuk menyelamatkan manusia.
    Tripitaka itu terinspirasi dari Tritunggal Allah Bapa, Putra dan Roh Kudus, anda tahu tripitaka ditulis pada masa dynasti Tang +/- 300 Masehi ( coba anda baca dulu sejarah penulisan triptaka dengan benar )
    Karena terinspirasi tersebut diatas maka terbentuklan yang namanya Trisuci waisak dsb
    Jadi ajaran budha itu terkontaminasi dengan ajaran hindu, kristen dan kong hu cu. Terus diolah oleh pengikutnya maka baru di tulis dalam buku tersebut di masa dynasti Tang tersebut padahal ajaran budha sudah ada terlebih dahulu dari kristen. Tapi ajaran budha pada awalnya hanya filsafat untuk mencari kebenaran hidup.
    Itulah sejarah budha sampai sekarang ( karena terkontaminasi oleh iblis )jadi diajaran ini tidak akan selamat sampai ke surga karena dia sendiri tidak tahu jalan ke surga.

    ReplyDelete
  165. Ajaran budha berasal dari ajaran hindu yang diperbaharui oleh si gautama kemudian oleh pengikutnya terkontaminasi dan baru dibukukan pada jaman dynasti tang

    ReplyDelete
  166. Coba anda buka hatimu dan undang Tuhan untuk menunjukkan jalan yang benar yang harus dijalani ? saya yakin hanya Yesus saja yang akan datang melawat kamu karena hanya Dia sang juruselamat sampai ke surga sedangkan budha tidak akan bisa melawat kamu karena dia dalam penghukuman. Anda berani coba ?

    ReplyDelete
  167. Ajaran budha bukanlah ajaran keselamatan

    ReplyDelete
  168. Anda pernah baca kisah hidup budha ? yang pernah baca pasti tahu budha itu siapa, bukan dari Tuhan tapi manusia biasa yang tidak punya kuasa apa2 dan dia tidak tahu apa2 tentang surgawi, bagaimana orang yang ngak tahu jalan bisa sampai ke situ ? itu namanya omong kosong saja.

    ReplyDelete
  169. kata si kristen penipu:

    Anda mesti baca alkitab secara benar bukan dpotong2 kayak begitu ( anda membaca alkitab masih dipengaruhi roh iblis )
    Alkitab adalah firman Allah untuk menyelamatkan manusia.
    Tripitaka itu terinspirasi dari Tritunggal Allah Bapa, Putra dan Roh Kudus, anda tahu tripitaka ditulis pada masa dynasti Tang +/- 300 Masehi ( coba anda baca dulu sejarah penulisan triptaka dengan benar )
    Karena terinspirasi tersebut diatas maka terbentuklan yang namanya Trisuci waisak dsb
    Jadi ajaran budha itu terkontaminasi dengan ajaran hindu, kristen dan kong hu cu. Terus diolah oleh pengikutnya maka baru di tulis dalam buku tersebut di masa dynasti Tang tersebut padahal ajaran budha sudah ada terlebih dahulu dari kristen. Tapi ajaran budha pada awalnya hanya filsafat untuk mencari kebenaran hidup.
    Itulah sejarah budha sampai sekarang ( karena terkontaminasi oleh iblis )jadi diajaran ini tidak akan selamat sampai ke surga karena dia sendiri tidak tahu jalan ke surga.

    tripitaka itu terinsipirasi oleh tritunggal allah bapa???
    wah orang gila lagi ngomong makanya jangan ngaku ngaku mengerti ajaran budha dan mengaku ngaku dulunya beragama budha!
    tripitaka itu artinya 3 keranjang(banyak nya buku ajaran dharma budha itu dikumpulin sebanyak 3 keranjang!!!

    dasar bego lu!!

    terus yang ada ajaran budha duluan dibandingkan kristen goblok( yang ada itu tritunggal bapa allah tu yang menyontek tripitaka!!!

    anda pernah baca kisah hidup yesus ??? yesus adalah manusia biasa yang dibodohi tuhan (iblis yang menyamar yang suka darah manusia)
    makanya waktu yesus disalib teriak teriak : eli eli, eli sabaktani(tuhan tuhan, tuhan dimanakah engkau???)
    yesus baru sadar ternyata selama ini dia ditipu sama iblis yang menyamar sebagai tuhan!

    ha ha ha

    kacian deh lu mati konyol disalib,karena tuhannya haus darah manusia!

    itu baru tersesat namanya!

    ajaran kristen adalah ajaran penipuan yang membuat otak jadi tumpul:

    buktinya : galileo galilea yang jenius dihukum mati sama gereja tolol yang mengacu pada kitab suci yang bilang matahari mengelilingi bumi( itu baru terbukti benar benar bego!!!

    lha wong bumi mengelilingi matahari aja tidak tahu ,, jalan ke surga apalagi!!sampai yesus teriak teriak tuhan tuhan tuhan dimanakah engkau???

    ReplyDelete
  170. kata si kristen penipu:

    Ajaran budha berasal dari ajaran hindu yang diperbaharui oleh si gautama kemudian oleh pengikutnya terkontaminasi dan baru dibukukan pada jaman dynasti tang

    orang bego yang tidak mengerti ajaran budha lagi ngemeng!!!

    ajaran budha melampau ajaran hindu( tumimbal lahir bukanlah sama dengan reinkarnasi!!! makanya belajar agama budha yang sejati!

    dibukukan pada jaman dinasti tang????
    yang ada jaman dinasti tang itu seorang rahib pergi ke india mendapatkan kitab dharma , lalu diterjemahkan ke bahasa mandarin!!!

    dasar dodol lu! sejarah dapat berapa sih??

    kaga heranlah otak lu tumpul (hasil incenst anak anak adam cs...

    lha wong katanya matahari mengelilingi bumi!!!menghukum mati orang jenius yang kasih tau bahwa bumi mengelilingi matahari lagi!

    ReplyDelete
  171. maksud anda baca kitab sucinya:
    tu yang baca kitab suci secara benar hasilnya( matahari mengelilingi bumi terus menghukum mati yang bilang bumi mengelilingi matahari!

    ha ha ha

    bumi mengelilingi matahari saja tidak tahu apalagi jalan ke surga!!

    ReplyDelete
  172. Coba anda buka hatimu dan undang Tuhan untuk menunjukkan jalan yang benar yang harus dijalani ? saya yakin hanya Yesus saja yang akan datang melawat kamu karena hanya Dia sang juruselamat sampai ke surga sedangkan budha tidak akan bisa melawat kamu karena dia dalam penghukuman. Anda berani coba ?

    dasar kristen dodol:
    aku bukan hanya dicoba tapi sudah didoain sama si pendeta kristen penipu seperti anda!
    aku dari TK sampai KULIAH di sekolah katolik, kerja langganan aku Universitas kristen fantik
    aku sudah puas didoain dan belajar ajaran kristen katolik .

    makanya aku tahu kebodohan ajaran kristen katolik yang banyak ngaconya!

    inti ajaran kristen katolik!
    1. semua manusia telah jatuh dalam dosa , dan upah dosa adalah maut( gila kali dosa asal dari adam dan hawa gara gara makan buah pengetahuan jadi dosa tanggung renteng gila kali ye!!!
    itu juga kalau cerita nya bener!

    2.dosa harus ditebus dengan darah yesus( gila lagi ni, tuhannya haus darah manusia !!hanya iblis yang suka darah manusia dan menganggap dosa tanggung renteng!

    hasilnya : matahari mengelilingi bumi dan menghukum mati galileo galilea( ini baru benar benar bukti yang menggelikan!! apalagi jalan ke surga!

    ReplyDelete
  173. MLM kristen penipu:

    dijual dijual ,sayang anak sayang anak:

    dosa tanggung renteng, dosa tanggung renteng, dosa tanggung renteng.

    tuhan haus darah, tuhan haus darah,tuhan haus darah

    matahari mengelilingi bumi,matahari mengelilingi bumi, matahari mengelilingi bumi

    hukum mati bagi yang tidak percaya, hukum mati bagi yang tidak percaya ,hukum mati bagi yang tidak percaya

    kagak laku brooooo!!!!!
    sudah kaga musim itu!!

    ha ha ha what a dumb asssssssssssssssss!

    ReplyDelete
  174. Makanya baca dulu yang benar sejarah budha, jangan asal asbun ( asal bunyi ), budha itu jelas ngak tahu jalan ke surga makanya dibuatlah cerita2 dan kemudian dituliskan oleh pengikutnya ratusan tahun kemudian, dasar otak dodol mau bohongi orang ?
    Coba lu ke rumah nenek gua masih banyak buku2 tentang budha yang sesat itu.
    Percuma aku sampaikan kebenaran kepadamu karena otak lu udah beku oleh iblis, dan kamu akan mereima hukumNya.

    ReplyDelete
  175. dasar anda saja yang asbun , itu jelas jelas yesus matinya tidak rela karena ditipu sama tuhan iblis haus darah!
    kalau dia rela mati kenapa teriak teriak eli eli lama sabaktani( tuhan tuhan kenapa engkau meninggalkan aku) kacian deh ditipu sama tuhan iblis...kalau dia sudah tahu mah diam diam aja terima nasib, eh ini teriak teriak berarti matinya tidak rela tuh...eh disembah sembah sebagai tuhan lagi ...
    kacian tuh yesus ditipu sama iblis haus darah manusia!!

    rumah nenek lu banyuak buku tentang budha sesat..coba lu sebutkan judul bukunya!!(nenek lu ajarannya cung cung cep aja ngaku ngaku beragama budha!!
    kacian deh lu percuma juga gua bilangin karena otak lu udah beku juga oleh iblis haus darah

    mau buktinya: ini benar terbukti dan terjadi kejadian ini yang sangat amat memalukan bagi kaum kristen katolik. yaitu:

    mereka menganggap matahari mengelilingi bumi dan bumi sebagai pusat tata surya!
    sehingga menghukum mati galileo galilea seorang jenius yang membantah hal tersebut sehingga dihukum mati!!
    sekarang baru direvisi tuh,,galileo galilea baru dipulihkan namanya ..(gila kali kitab suci direvisi terus..ntar keluar deh perjanjian terbaru jilid 2)


    bumi mengelilingi matahari saja tidak tahu ,, jalan ke surga apalagi ...

    gua tantang tu hukuman dari tuhan lu..selama ini gua sering kok didoain sama pendeta pendeta jenis kayak lu..sampai sekarang sih fine fine aja tuh..(malahan tu pendeta yang minjem duit gua sampai sekarang tidak dibalikin ,,,kacian deh lu!!!

    makanya belajar agama budha yang benar bukan belajar sama nenek lu yang tidak tahu apa apa mengenai ajaran dharma budha sejati!!!!(ajaran cung cung cep aja dibilang ajaran budha!! pantaslah bego!

    ini sudah nipu bersaksi dusta lagi!(nipunya bilang dulunya beragama budha padahal cung cung cep,,, bersaksi dusta nya bilang cerita biksu dimyanmar masuk neraka benar tak terbantahkan padahal sudah dibantah sama badan kristen sendiri asia harvest...jadi siapa yang masuk neraka(karena bersaksi dusta)???

    MLM kristen matahari mengelilingi bumi!!!!

    ReplyDelete
  176. ngomong ngomong kenapa anda tidak membakar tu buku yang anda bilang ajaran budha sesat milik nenek lu??? takut digampar sama nenek lu ya??/
    ha ha ha ha ha ha

    ReplyDelete
  177. Kalo Yesus mati tapi bangkit lagi dan naik ke surga, lah kalo budha mati aja orang kagak tau, mana ada buktinya bahwa budha naik ke surga ? ada ngak yang saksikan dia naik ke surga ? dia mati didalam gua sedang bertapa tanpa ada satupun saksinya, kalo elu mau tahu sekarang budha ada dimana ? aku kasih tahu di neraka dalam penghukuman.

    ReplyDelete
  178. Kalo Yesus mati tapi bangkit lagi dan naik ke surga, lah kalo budha mati aja orang kagak tau, mana ada buktinya bahwa budha naik ke surga ? ada ngak yang saksikan dia naik ke surga ? dia mati didalam gua sedang bertapa tanpa ada satupun saksinya, kalo elu mau tahu sekarang budha ada dimana ? aku kasih tahu di neraka dalam penghukuman.

    makanya belajar agama budha dari sumber yang benar!! jangan dari pendeta lu!

    siapa bilang budha parinirvana tidak ada yang tahu???siapa bilang budha parinirvana sendiran di gua????
    yang mati sendiran di gua itu yesus!!

    budha mencapai parinirvana disaksikan oleh 500 murid murid yang telah mencapai arhat dan dewa !

    lha yesus yang menyaksikannya cuman 12 murid murid yesus doang!!

    kuat mana saksi dipengadilan 500 orang atau 12 orang???

    yang mati konyol itu yesus di salib sambil teriak teriak eli eli lama sabaktani( kacian deh lu baru nyadar ternyata ditipu sama iblis haus darah!!!

    mau bukti tu baca kitab suci alkitab cerita mengenai matahari mengelilingi bumi dan menghukum mati yang membantah seperti galileo galilea( ini benar benar terlalu amat sangat bodoh dan aib yang sangat memalukan bagi kristen katolik!!!!

    bumi mengelilingi matahari saja tidak tahu apalagi jalan ke surga!!!!

    ReplyDelete
  179. Dari pada ribut coba.search.google. LIMA ALASAN MENINGGALKAN ISLAM (baca sampai habis) suruh jawab org 2 yg mengaku pintar ttg ISLAM ? tq GBU

    ReplyDelete
  180. Faktanya Budha adalah agama penyembah berhala ( DEWA dan DEWI), makanya negara KOREA SELATAN,banyak yg menjadi Kristen ( skrg mayoritas),

    Sy pernah tanya teman sy Budha , klo mati apa yakin masuk Surga ? Dia jawab ya nggk tahu ( nggk yakin), Untuk apa percaya BUDHA klo nggk yakin?

    Masa klo mati bawa uang-uangan,rumahan,dll

    Dan BUDHA percaya reinkarnasi, klo reinkarnasi kok lupa siapa dirinya dulu ( klo reinkarnasi kok penduduk bumi bertambah)

    tq gbu

    ReplyDelete
  181. tantangannya:

    Pengkhotbah 1:5 (Ecclesiates 1:5):Matahari terbit, matahari terbenam, lalu terburu-buru menuju tempat ia terbit kembali.


    coba baca tu alkitab anda : isinya matahari mengelilingi bumi!!!!!!!!!!!!!!

    bumi mengelilingi matahari saja tidak tahu apalagi jalan ke surga????

    ReplyDelete
  182. kata kristen si penipu :

    Sy pernah tanya teman sy Budha , klo mati apa yakin masuk Surga ? Dia jawab ya nggk tahu ( nggk yakin), Untuk apa percaya BUDHA klo nggk yakin?

    jawabannya: makanya jangan tanya ke teman lu yang tidak mengerti ajaran budha ..tanya ke aku dong!! ha ha ha

    yesus saja tidak yakin mati masuk surga( buktinya waktu sekarat teriak teriak kaya orang eli eli lama sabaktani!!
    kalau di yakin mah tenang tenang saja , kalem gitu matinya!
    ha ha ha

    ReplyDelete
  183. coba lu tanya ke richard gere, atau ronaldo pemain sepak bola terkenal kenapa memeluk agama budha ??? jangan tanya ke teman lu??? kaga dikenal orang .....

    ReplyDelete
  184. “Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasehatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran. Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng. Tetapi kuasailah dirimu dalam segala hal, sabarlah menderita, lakukanlah pekerjaan pemberita Injil dan tunaikanlah tugas pelayananmu!” (2 Timotius 4:2-5)

    ReplyDelete
  185. Belajarlah dari air,
    Dari celah dan retakan gunung,
    Menderu deras dari kawah uap
    Namun mengalir dengan tenang di sungai


    Sesuatu yang kosong berbunyi nyaring,
    Sesuatu yang penuh tidak berbunyi.
    Yang bodoh seperti tempayan yang berisi separuh,
    Yang bijaksana seperti kolam dalam yang tenang

    [Sutta Nipata: 720-721]

    ReplyDelete
  186. Karaniya Metta Sutta
    Sutta Pengembangan Cinta Kasih

    Inilah yang harus dikerjakan
    oleh mereka yang tangkas dalam kebaikan.
    Untuk mencapai Keadaan Ketenangan
    Ia harus mampu jujur, sungguh jujur
    Rendah hati, lemah lembut, tiada sombong.

    Merasa puas, mudah disokong,
    Tiada sibuk, sederhana hidupnya,
    Tenang inderanya, berhati-hati,
    Tahu malu, tak melekat pada keluarga.

    Tak berbuat kesalahan walaupun kecil
    yang dapat dicela oleh para Bijaksana
    Hendaklah ia berpikir:
    Semoga semua makhluk berbahagia dan tentram,
    Semoga semua makhluk berbahagia.

    Makhluk hidup apapun juga,
    Yang lemah atau kuat, tanpa kecuali,
    Yang panjang atau besar,
    Yang sedang, pendek, kecil atau gemuk.

    Yang tampak atau tak tampak
    Yang jauh ataupun dekat
    Yang terlahir atau yang akan lahir
    Semoga semua makhluk berbahagia.

    Jangan menipu orang lain,
    Atau menghina siapa saja,
    Jangan karena marah dan benci,
    Mengharap orang lain celaka.

    Bagaikan seorang ibu mempertahankan jiwanya.
    Melindungi anaknya yang tunggal.
    Demikianlah terhadap semua makhluk.
    Dipancarkannya pikiran cinta kasihnya tanpa batas.

    Kasih sayang ke segenap alam semesta
    Dipancarkannya pikiran itu tanpa batas
    Ke atas, ke bawah dan ke sekeliling.
    Tanpa rintangan, tanpa benci dan permusuhan.

    Selagi berdiri, berjalan atau duduk,
    Atau berbaring selagi tiada lelap,
    Ia tekun mengembangkan kesadaran ini,
    Yang dikatakan berdiam dalam Brahma.

    Tidak berpegang pada pandangan salah.
    Dengan sila dan penglihatan yang sempurna
    Hingga bersih dari nafsu indria,
    Ia tak akan lahir dalam rahim manapun juga

    ReplyDelete
  187. Seseorang tidak dapat disebut Ariya (orang mulia) apabila masih menyiksa makhluk hidup. Ia yang tidak lagi menyiksa makhluk-makhluk hiduplah yang dapat dikatakan mulia.

    (Dhammapada XIX. 15 )

    tidak ada dosa tanggung renteng, tidak ada korban darah manusia......

    ReplyDelete
  188. kayaknya cung cung cep deh yang paling didenger doanya. kalo islam ditanya ama tuhan geleng2 aja bilang emoh..emoh.. gak dikasi beneran jadinya.
    kalo kanesten nyanyi mulu hepi aja, tuhan bilang ngapain dikasi orang dah senang tuh. kalo budha diem aja semedi mulu. ditanya tuhan diem aja. wah gak jadi dikasi dah.
    kalo cung cung cep sambil ancung ancung dupa ngancem, kalo gak dikasi, gue tusuk p***at lu..!!
    terpaksa dah dikasi beneran... peace bro :) intermezzo azza lha.. yawww..

    ReplyDelete
  189. Bagimana kalau kutampar pipimu yg kiri, kira2 kau tangkis atau kau sodori lgi yg kanan?

    ReplyDelete
  190. Itu semua hanya kata2 mutiara saja bukan firman dari Tuhan. Kalo menurut budha siapa pencipta alam semesta ini ?

    ReplyDelete
  191. 2 Yohanes 1; 7-8
    7. Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan anti Kristus.
    8. Waspadalah, supaya kamu jangan kehilangan apa yang telah kami kerjakan itu, tetapi supaya kamu mendapat upahmu sepenuhnya.

    ReplyDelete
  192. Menurut anda2 skalian pantes gak kalo Tuhannya cuman pake kolor trus pendetanya pake jas berdasi kayak sales???

    ReplyDelete
  193. Mana oooiiii.... domba-domba sesat kok gak nongol2 lg?
    Lagi kuliah agama buddha x yee... biar pinteran dikit:p

    ReplyDelete
  194. aq punya kolor baru coy tp gak muat alnya kekecilan. mau gak tak sumbangin ke domba biar diganti tuh kolor tuhan. kacian dah kumel dari taon ke taon gak pernah ganti. dombanya tiap natal pake baju baru, tuhannya gak pernah dibeliin. padahal banyak tuh duit perpuluhannya. gimana tuhan mau membuka tingkap langit dan berkat dicurahkan kalo domba-domba pada pelit. maunya cuan aja. CUAN CUK kali yeee..

    ReplyDelete
  195. Itu semua hanya kata2 mutiara saja bukan firman dari Tuhan. Kalo menurut budha siapa pencipta alam semesta ini ?

    ini mau lihat yang katanya firman tuhan!:

    Pengkhotbah 1:5 (Ecclesiates 1:5):Matahari terbit, matahari terbenam, lalu terburu-buru menuju tempat ia terbit kembali.


    coba baca tu alkitab anda : isinya matahari mengelilingi bumi!!!!!!!!!!!!!!

    bumi mengelilingi matahari saja tidak tahu apalagi jalan ke surga????

    itu mah firman setan kali ye!!!

    kalau menurut kristen yang menciptakan alam semesta ini tuhan terus siapakah yang menciptakan tuhan???

    ReplyDelete
  196. Nah ini dia si iblis suka membolak-balik firman Tuhan.
    Kalo perpuluhan itu merupakan perintah dari Tuhan dan harus dikembalikan kepada Tuhan melalui gereja, jadi kalo ngak ngerti perpuluhan jangan sirik. Kalo pun ada penyimpangan dari situ itu bukan urusan kita tapi urusan Tuhan.
    Di Alkitab sudah dinubuatkan bahwa pada akhir jaman akan tampil PENGEJEK-PENGEJEK, saya bersyukur karena anda2 ini adalah pengenapan dari firman Tuhan.

    ReplyDelete
  197. Pertanyaan anda mencerminkan di ajaran budha itu sesat

    ReplyDelete
  198. Perbuatan sebaik apupun tidak akan menyelamatkan kita dari penghukuman ( semua orang kaya bisa berbuat baik = teori manu manusia ), karena baik muenurut ukuran manusia belum tentu baik di haedapan Tuhan.Semua manusia sudah berdosa jadi harus di kuduskan terlebih dahulu oleh Tuhan sendiri melalui Yesus, Jadi semuanya omong kosong kalo berbuat baik masuk surga itu semuanya hanya teori dari manusia sendiri

    ReplyDelete
  199. anda kelihatan orang terpelajar tapi kok ya tolol apa terlalu banyak semedi ? karena terlalu banyak semedi pikiran jadi kosong lalu diisi oleh iblis makanya jadi ajaran sesat

    ReplyDelete
  200. Firman Tuhan kok pake duit??? 10% lagi !! (gile enak bener dapet duit). Tuhan kok doyan duit ya :)
    Itulah kata2 para penipu-penipu sok suci kalo bikin dosa yang disalahin iblis, urusan duit firman Tuhan katanya. Kayaknya para penipu ini pantes disandingkan ama Gayus Tambunan yang tukang pajak itu, hehehehe......

    ReplyDelete