Friday, January 23, 2015

Bertobatlah ! ( Defenisi bertobat/bertaubat )



Bertobatlah ! ( Defenisi bertobat/bertaubat )

“Katakanlah kepada mereka: Demi Aku yang hidup, demikianlah firman Tuhan ALLAH, Aku tidak berkenan kepada kematian orang fasik, melainkan Aku berkenan kepada pertobatan orang fasik itu dari kelakuannya supaya ia hidup. Bertobatlah, bertobatlah dari hidupmu yang jahat itu! Mengapakah kamu akan mati, hai kaum Israel? ( Yehezkiel 33 : 11 )




Bertobat atau tobat/taubat ( Bhs. Ibrani : syuv ; Yunani : Metanoia efistrefo ) yang berarti berputar,berbalik arah,kembali atau berpaling. Itu berarti sadar,insaf,dan menyesali semua dosa serta kejahatan yang dilakukan kemudian mengambil keputusan untuk berbalik kepada Allah. Pertobatan tidak hanya menyangkut prilaku,tetapi terutama menyangkut pikiran dan hati serta totalitas keberadaan manusia. Pertobatan selalu disertai permohonan anugerah pengampunan Tuhan serta kesediaan untuk bertindak dalam cara dan pola hidup baru,berpikir,berkata dan berprilaku baru.


Tuhan memperingatkan Israel sebagai umat yang telah dipilih-Nya agar melakukan yang benar di hadapan Tuhan.Umat Israel melakukan ketidakadilan dan ketidakbenaran sehingga ancaman hukuman Tuhan datang. Mereka merampas dan memeras orang-orang miskin.Mereka melakukan tindakan curang.Mereka makan daging dengan darahnya, melihat kepada berhala-berhala mereka,menumpahkan darah orang,melakukan perjinahan dengan mencemari istri sesamanya ( Yehezkiel 33 : 23-27 )


Tuhan Allah telah menganugerahkan keselamatan dan hidup kekal bagi kita di dalam Yesus Kristus.Sehingga berita pertobatan dan pengampunan dosa harus diberitakan di dalam nama-Nya.Roh Kudus akan menolong dan membaharui hidup kita sehingga kita dapat menjadi saksi dan berkat bagi kemuliaan nama TUHAN.



Soli Deo Gloria


No comments:

Post a Comment