Sunday, March 22, 2009

Doa Bapa Kami ( The Lord's Prayer)



DOA BAPA KAMI ( THE LORD’S PRAYER)


Kata Yesus kepada murid-murid-Nya, karena itu berdoalah demikian:


“Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. [Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.] “

( Matius 6:9-13)



Mengapa doa perlu bagi orang Kristen ?


Doa adalah bagian utama pemberian syukur yang Allah tuntut dari kita ( Bdk. Maz 50:14-15). Dan Allah hendak melimpahkan rahmat-Nya serta Roh Kudus hanya kepada mereka yang dengan berkeluh kesah dan dengan tiada henti-hentinya memohon rahmat serta Roh itu dari-Nya dan mengucap syukur atasnya ( Bdk Mat 7:7). Kita harus berseru dengan segenap hati hanya kepada Allah yang esa dan sejati, yang telah menyatakan diri-Nya kepada kita dalam Firman-Nya untuk memohon kepada-Nya segala sesuatu menurut perintah-Nya. Lagi pula, kita harus insaf benar akan kekurangan dan kesengsaraan kita, supaya kita merendahkan diri dihadapan kemuliaan-Nya. Allah pasti sudi mengabulkan doa kita, walau kita tidak layak, hanya oleh karena Tuhan Yesus Kristus sesuai dengan janji-Nya dalam Firman-Nya. ( Bdk Yoh 14:13, Mat 7:8)


Allah memerintahkan agar kita memohon kepada-Nya segala kebutuhan rohani dan jasmani yang disimpulkan Tuhan Yesus Kristus dalam doa yang diajarkan-Nya sendiri kepada kita ( yaitu “Doa Bapa Kami”) :


Bapa Kami : artinya : Supaya pada saat kita mulai berdoa di dalam hati kita segera Dia bangkitkan rasa takut dan percaya kepada Allah, sebagaimana seorang anak kecil terhadap bapaknya. Rasa takut dan percaya itu menjadi dasar doa kita. Allah telah menjadi Bapa kita karena Kristus, dan Dia jauh lebih sudi mengabulkan permohonan yang kita ajukan kepada-Nya dengan iman yang sungguh-sungguh daripada bapak kita jasmani sudi memberikan barang-barang dunia kepada kita.


yang di sorga : artinya : Supaya kemuliaan Allah tidak kita bayangkan secara duniawi, dan supaya segala kebutuhan tubuh dan jiwa hanya kita harapkan dari kemahakuasaan-Nya saja.


Dikuduskanlah nama-Mu : artinya : Berilah pertama-tama agar kami benar-benar mengenal Engkau karena segala perbuatan-Mu yang menyatakan kemahakuasaan, hikmat, kebaikan, keadilan, kemurahan, dan kebenaran-Mu.Selanjutnya berilah agar kami mengatur dan mengarahkan seluruh hidup, pikiran, perkataan dan perbuatan kami sedemikian, sehingga nama-Mu jangan dihujat, tetapi dipuji dan dihormati karena kami.


Datanglah Kerajaan-Mu : artinya : Perintahlah kami melalui Firman dan Roh-Mu sedemikian. Sehingga kami makin lama makin tunduk kepada-Mu. Pelihara dan kembangkanlah Gereja-Mu. Binasakanlah segala perbuatan iblis dan segala kekuasaan yang menentang Engkau, demikian pula segala maksud jahat, yang dirancangkan untuk melawan Firman-Mu yang kudus, sampai kerajaan-Mu datang dengan sempurna. Di dalamnya. Engkau akan menjadi semua di dalam semua.


Jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga : artinya : Berilah supaya kami dan sekalian manusia menyangkal kehendak sendiri, dan dengan tidak membantah, mematuhi kehendak-Mu, satu-satunya yang baik, supaya dengan demikian tiap-tiap orang memenuhi dan melaksanakan tugas panggilannya dengan kerelaan dan kesetiaan yang sama seperti malaikat-malaikat di sorga.


Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya : artinya : Kiranya Engkau memelihara kami dengan segala yang diperlukan oleh tubuh kami, supaya olehnya kami mengakui bahwa Engkaulah satu-satunya sumber segala kebaikan, dan bahwa baik usaha dan pekerjaan kami maupun pemberian-Mu tidak berfaedah bagi kami tanpa berkat-Mu, sehingga kami tidak lagi menaruh kepercayaan kepada mahluk apapun, tetapi kepada Engkau saja.


Dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami : artinya : Segala kesalahan dan kejahatan yang senantiasa melekat pada kami, orang berdosa yang malang ini, janganlah kiranya Kautanggungkan kepada kami, oleh karena darah Kristus, seperti juga kami dapati tanda anugerah-Mu dalam hati kami, yaitu bahwa kami berniat sungguh-sungguh akan mengampuni sesama kami dengan tulus.


Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat artinya : Kami sendiri begitu lemah, sehingga kami tidak sanggup bertahan sesaat pun. Tambahan pula musuh kami turun-temurun yaitu Iblis, dunia yang jahat, dan daging kami sendiri , dengan tiada henti-hentinya menyerang kami. Maka sokong dan kuatkanlah kami dengan kuasa Roh-Mu yang Kudus, supaya kami tidak kalah dalam peperangan rohani ini, tetapi selalu melawan dengan sekuat tenaga, sampai kelak kami beroleh kemenangan akhir.


Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya artinya : Semua ini kami mohon kepada-Mu, karena Engkau sebagai Raja kami dan Yang Mahakuasa, beritikad dan berkuasa mengaruniakan kepada kami segala hal yang baik, dan kami memohon semua ini supaya bukan kami, melainkan Nama-Mu yang kudus dipuji karenanya, untuk selama-lamanya.


Amin. artinya : Hal ini benar dan pasti. Karena Allah pasti telah mengabulkan doaku, jauh lebih pasti daripada perasaan hatiku bahwa hal itu kuinginkan dari-Nya.


Sumber : Buku Kathekismus Heidelberg : “ Pengajaran Agama Kristen”


7 comments:

  1. KEMULIAN kepada BAPA dan PUTRA dan ROH KUDUS, seperti pada PERMULAAN, SEKARANG, SELALU dan SEPANJANG SEGALA ABAD. AMIN.

    TERPUJILAH YESUS, MARIA, dan YOSEF. AMIN.

    ReplyDelete
  2. yesus itu maksudnya si kolor ijo gendruwo kan.....

    ReplyDelete
  3. Kolor ijo gedruwo itu golongan roh jahat yang biasanya mau membaca alquran. Memang betul. Beda dengan Yesus sang Allah yang menjelma menjadi manusia, manusia yang dipenuhi roh Allah, yang dapat mengusir gendruwo. Gendruwo takut dengan orang yang percaya pada Yesus, jangankan sama orang kristen, sama anak kecil yang berkata "dalam nama Yesus, pergi!" itu juga sudah kabhur. Anonymous 28 juni kolornya pada ijo kaya matanya ijo juga ingusnya sampe ijo.

    ReplyDelete
  4. wedus
    Doa diatas itu Doa yang diajarkan Bapa untuk yesus, apa yesus untuk Bapa ya...? bukan kah dua dua nya sama...Yesus itu Bapa... Bapa itu Yesus, jadi yesus itu berdoa untuk dirinya sendiri dong?

    mumet aku...!!!!!!

    ReplyDelete