Loading...

Friday, January 1, 2010

Kuasa Doa : " Terlalu Sibuk ? Justru Harus Berdoa "


KUASA DOA : “ Terlalu Sibuk ? Justru Harus Berdoa “


“ Sesungguhnya, Allah telah mendengar, Ia telah memperhatikan doa yang kuucapkan. Terpujilah Allah, yang tidak menolak doaku dan tidak menjauhkan kasih setia-Nya dari padaku” (Mazmur 66:19-20 )


Ada sebuah penelitian yang cukup unik, yang membuktikan bahwa kuasa doa itu luar biasa bila diterapkan dalam dunia kerja. Sebuah perusahaan asuransi Amerika mengharuskan kepada seluruh salesman yang dipekerjakan untuk berdoa setiap pagi sebelum memulai kerja dan memprospek orang. Faktanya adalah mereka yang dengan tulus melakukan hal itu memiliki kinerja yang luar biasa dan mencapai hasil tiga kali lipat dibandingkan mereka yang tidak melakukannya !

Apa yang membuat doa menjadi sedemikian efektif ? Dengan doa kita merasa yakin bahwa Tuhan akan memberkati dan membuka jalan bagi kita. Dengan doa kita yakin bahwa Tuhan akan memberikan kekuatan ketika kita sedang menghadapi masalah berat. Rasul Paulus mengungkapkan hal tersebut kepada kita melalui suratnya kepada jemaat di Roma. Dia berkata jikalau kamu menderita ya berdoalah ! Anjuran dan saran tersebut tertulis di dalam Roma 12 : 12 :


  • “Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!” (Roma 12:12 )

Dengan doa kita yakin bahwa tidak ada perkara yang mustahil bagi Tuhan dan tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya kepada-Nya !


  • “Jawab Yesus: "Katamu: jika Engkau dapat? Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya!" ( Markus 9:23 )

Doa memang hal sederhana yang bisa dilakukan oleh semua orang. Meski demikian kuasa doa adalah luar biasa, hingga membuat kehidupan kita menjadi lebih baik dari sebelumnya ! Rasul Yakobus menuliskan hal tersebut dan memberitahukannya kepada kita sebagaimana tertulis di dalam Yakobus 5 : 16 :


  • “Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya” ( Yakobus 5:16 )

Sebelum kita melakukan aktifitas pekerjaan, adalah baik jika kita mengawali dulu dengan berdoa kepada Tuhan. Itu tanda bahwa kita benar-benar mengandalkan Tuhan di dalam pekerjaan kita. Dengan kita berdoa, percayalah bahwa hikmat Tuhan akan turun ke atas kita, hingga kita bisa berpikir dengan jernih, merasa percaya diri dan tenang, mengambil keputusan dengan tepat dan melangkah dengan pasti.

Bagaimana dengan Anda ? Apakah Anda selalu mengawali pekerjaan Anda dengan doa terlebih dahulu ? Ataukah sebaliknya selama ini kita menganggap bahwa doa hanyalah sebuah ritual di gereja saja ? Libatkanlah Tuhan di tempat kerja Anda dan buktikanlah bahwa akan ada begitu banyak hal luar biasa yang Anda akan alami. Orang-orang tertarik untuk berdoa karena mereka tahu bahwa kuat kuasa Allah terutama mengalir kepada orang yang berdoa. Hudson Taylor berkata : “ Bahwa kalau kita bekerja, kita yang bekerja ; tetapi kalau kita berdoa, Tuhanlah yang bekerja”. Semakin Anda meyakini kemahasanggupan Allah, semakin diperlihatkan-Nya kesanggupan-Nya kepada Anda.Hal ini telah dikatakan Tuhan Yesus dalam Firman-Nya sebagai berikut :


  • “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! Asal tidak bimbang hatinya, tetapi percaya, bahwa apa yang dikatakannya itu akan terjadi, maka hal itu akan terjadi baginya” ( Markus 11:23 )

Bila Anda berdoa, percayalah Anda akan melihat satu pameran kuat kuasa Allah.Anda akan melihat betapa mengagumkannya kuasa doa itu. Doa akan mengubah segalanya. Doa akan mengubah kehidupan Anda !


Soli Deo Gloria


No comments:

Post a Comment