Loading...

Monday, January 12, 2009

TEOLOGI DIURAPI DENGAN ROH KUDUS MENURUT IMAN KRISTEN

“TEOLOGI DIURAPI DENGAN ROH KUDUS 
MENURUT IMAN KRISTEN”

“Sebab Dia yang telah meneguhkan kami bersama-sama dengan kamu di dalam Kristus, adalah Allah yang telah mengurapi, memeteraikan tanda milik-Nya atas kita dan yang memberikan Roh Kudus di dalam hati kita sebagai jaminan dari semua yang telah disediakan untuk kita”. ( 2 Kor 1:21-22)



“yaitu tentang Yesus dari Nazaret: bagaimana Allah mengurapi Dia dengan Roh Kudus dan kuat kuasa, Dia, yang berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang dikuasai Iblis, sebab Allah menyertai Dia”. ( Kis 10:38)


Untuk menjelaskan perikop ini kita harus mencari dan menemukan makna kata “mengurapi”. Disini kita melihat bahwa Roh Kudus Allah sebagai “urapan” sebagimana yang kita telah jelaskan sebelumnya Roh Kudus Allah sebagai “ meterai”.
  1. Sebagai “urapan” Roh Kudus dianugerahkan Allah kepada orang percaya sebagai “pribadi Allah” yang akan “menyucikan” dan “menguduskan” kita serta memberikan pengampunan dosa.
  2. Sebagai “urapan” Roh Kudus dianugerahkan Allah kepada kita supaya kita mengetahui “kebenaran
Bagaimana Roh Kudus menyucikan kita ? Dengan cara menuntun kita kepada Kristus dan Firman Allah. Dalam Perjanjian Lama, para imam, raja ,nabi yang diangkat dan ditentukan oleh Allah akan diurapi dengan “ minyak urapan” sebagai lambang dari “Roh Kudus” yang akan menguduskan, menyucikan dan dikhususkan untuk tugas-tugas pelayanan di Bait Allah. Begitu juga dengan perabotan bait suci Allah harus diurapi dengan “ minyak urapan” yang serba khusus yang ditetapkan oleh Allah. Ketika “minyak urapan” tersebut mengenai perabotan, maka perabotan itu “ suci dan kudus” ( dipisahkan) untuk pelayanan kepada Allah.

Jadi sebagai “urapan”, Roh Kudus dianugerahkan Allah kepada kita sebagai pribadi Allah yang akan menyucikan, menguduskan kita dan memberikan pertumbuhan iman dan buah-buah iman melalui Injil, Firman Allah, sakramen, persekutuan gereja kristen, persekutuan orang percaya, pengampunan dosa, kebangkitan daging dan hidup yang kekal.
Roh Kudus sebagai pribadi Allah Tritunggal juga memberikan kepada kita karunia-Nya dalam tugas-tugas pelayanan untuk memperlengkapi umat Allah. Ketika kita dibaptis, percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat kita “ diurapi” dengan Roh Kudus. Kita disucikan, dikuduskan dan menjadi milik kepunyaan Allah.

Pertanyaan : Siapakah yang mengurapi kita ( orang percaya) dengan Roh Kudus ?

Jawab : Allah Bapa di dalam Tuhan Yesus Kristus

Kesimpulan :

Sebagai “urapan”, Roh Kudus dianugerahkan Allah kepada orang percaya sebagai pribadi Allah sendiri yang akan menyucikan dan menguduskan kita serta membimbing kita supaya kita mengetahui kebenaran ( 1 Yoh 2:27). Dengan mencurahkan dan menganugerahkan Roh Kudus yang hadir dan diam di dalam di dalam hati orang percaya, Allah menyucikan dan menguduskan kita sebagai milik kepunyaan-Nya (Milik Kristus).

1 comment:

  1. Kristen goblok...tolol...anjing loe...

    ReplyDelete