Loading...

Sunday, January 11, 2009

ROH KUDUS(HOLY SPIRIT) ADALAH SALAH SATU PRIBADI ALLAH


ROH KUDUS (HOLY SPIRIT)
ADALAH SALAH SATU PRIBADI ALLAH

“Kata Yesus kepada nya : “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.” ( Yohanes 14:16-17)

Jikalau perdebatan sekitar Yesus Kristus seringkali adalah perdebatan sekitar masalah ke-Ilahian-Nya, maka perdebatan sekitar Roh Kudus adalah sekitar kepribadian-Nya. Sejak semula banyak teolog meragukan kalau Roh Kudus dapat disebut sebagai satu pribadi Allah. Mereka lebih bisa memahami jikalau Roh Kudus hanyalah suatu kuasa atau energi dari Allah. Pandangan ini sangat bertentangan dengan apa yang disaksikan oleh Alkitab, yang secara jelas mencatat bahwa Roh Kudus memiliki pikiran, perasaan, dan kehendak yaitu seluruh keutuhan sebagai satu pribadi.
Sebagai satu pribadi, Roh Kudus mempunyai mind/pikiran ( Roma 8:27). Ia mengenal dan menyelidiki hal-hal yang tersembunyi dan rahasia-rahasia Ilahi ( Yes 11:2, 1 Kor 2:10-11, Efesus 1:17). Ia dapat mengajar orang-orang percaya ( 1 Kor 2:13). Sebagai satu pribadi Ia mempunyai emosi dan perasaan, sehingga Ia dapat mengasihi ( Roma 15:30), dan dapat didukacitakan ( Ephesus 4:30). Sebagai satu pribadi Ia mempunyai will atau kehendak ( Kis 16:6-11, 1 Kor 12:11). Alkitab bahkan menyaksikan bahwa sebagai satu pribadi, Ia berinteraksi dengan manusia. Ia mengajar ( Yoh 14:26), memberi kesaksian( Yoh 15:26, Roma 8:16), membimbing (Roma 8:14), meyakinkan tentang dosa, kebenaran dan hukuman ( Yoh 16:7-8), meninggalkan manusia ( Kej 6:3, 1 sam 28:16), memerintah dan mengarahkan ( Kis 8:29), melakukan keajaiban-keajaiban ( Kis 8:39), memanggil dan memilih ( Kis 13 : 2), mengutus ( Kis 13:4), menolong permintaan doa ( Roma 8 : 26-27), berkata-kata dan memerintah ( Kis 10:19-21), dapat dibohongi ( Kis 5:3), dapat ditolak, ditentang, bahkan dihujat ( Mat 12:31, Kis 7:51).
Roh Kudus adalah satu pribadi Allah yang disebut sebagai “Penolong lain” (Allon Parakletos) dan “ Roh Penghibur” yang akan menyertai orang percaya. Ia diutus oleh Bapa dalam nama Yesus. Ia bukan Yesus Kristus, oleh sebab itu peran-Nya adalah datang untuk menggantikan dan meneruskan apa yang sudah dikerjakan oleh Yesus Kristus. Yesus Kristus berkata, “ adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jika aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu” ( Yoh 16:7) Dia mempunyai peran yang lain daripada Allah Anak. Oleh sebab itu, meskipun Allah itu Esa, Alkitab tidak pernah menyaksikan bahwa Roh Kudus dilahirkan, berinkarnasi menjadi manusia, menderita, mati diatas kayu salib untuk menggantikan orang berdosa, dan menebus dosa manusia. Sebagai pribadi yang lain, Roh Kudus turun atas Yesus dalam wujud merpati pada saat Yesus dibaptiskan ( Luk 3:22). Agustinus bapak gereja menyimpulkan bahwa melalui peristiwa ini, sulit untuk mengatakan bahwa di dalam diri Allah Yang Esa hanya terdapat satu pribadi.

14 comments:

  1. susah dimengerti.......

    ReplyDelete
  2. Begitu saja kok susah bingung "Tanyakan pada merpati" beres kan

    ReplyDelete
  3. banyak orang yg akan dapatengerti,tapi akankah lebih baik lagi jikalau semua dapat dimengerti dengan hati n jiwa yg benar-benar tulus.

    ReplyDelete
  4. tolong jelaskan ini membuat saya bingung?apakah anda mrasa anda merupakan keturunan bani isroil.,.,??
    Dalam kitab Perbuatan Rasul-rasul pasal 5 ayat 31
    "Ia inilah ditinggalkan oleh tangan kanan Allah menjadi Raja dan Juru Selamat akan mengaruniakan tobat kepada Bani ...Israil dan jalan keampunan d...osa".
    Matius pasal 1 ayat 21 menyebutkan: "Maka Ia akan beranakkan seorang anak laki-laki, dan hendaklah engkau menamakan Ia Yesus, karena Ia-lah yang akan melepaskan kaumnya dari pada segala dosanya". Bibel sendiri yang menerangkan bahwa kedatangan Yesus hanya untuk melepaskan dosa kaumnya saja bukan untuk semua manusia,
    mungkin anda artikan"Kaum" itu dengan "Bangsa", ialah bangsa manusia.
    Taruh kata/ alihkan kata: "Kaum" dengan arti "Bangsa", maka yang demikianpun tidak dapat diartikan lain, kecuali hanya bangsanya Yesus sendiri saja ialah bangsa Ibrani (Israil).
    Matius pasal 15 ayat 24.
    "Maka jawab Yesus, katanya "Tiadalah aku disuruhkan yang lain hanya kepada segala domba yang sesat diantara Bani Israil"".

    Bukankah ayat ini sudah jelas, dan tidak bisa diputar-putar lagi, Yesus sendiri mengakui bahwa ia di Utus untuk Bani Israil saja, bukan untuk semua manusia atau lain. Jadi kalau penganut Yesus (umat kristen) yang bukan golongan Bani Israil, tentunya tidak termasuk umatnya Yesus, dan dosanya tidak bisa ditebus/tertebus, karena Yesus hanya menjadi Juru Selamat untuk Bani Israil saja, sedangkan saudara sendiripun bukan dari golongan Bani Israil.
    Kitab ini berjudul : "Bijbellezingen voor het Huisgezin"(belanda)
    "Toen de vrouw van Kanaan tot Christus kwan, Hem om smehende haar dochter te genezen, wat zei Hijtoen?. Maar Hij antwoordende, zeide : "Ik ben niet gezenden dan tot de verloren schapen van huis israel"" "Toen de vrouw van Kanaan tot Christus kwan, Hem om smehende haar dochter te genezen, wat zei Hijtoen?. Maar Hij antwoordende, zeide : "Ik ben niet gezenden dan tot de verloren schapen van huis israel""
    Kalau kita salin kedalam bahasa Indonesia: "Ketika seorang perempuan dari Kanaan datang di hadapan Kristus mengemis-mengemis padanya supaya mengobati (menyembuhkan) anaknya, lalu apakah katanya ?. Maka jawab Yesus, katanya : "Tiadalah aku disuruhkan yang lain, hanya kepada segala domba yang sesat dari antara Bani Israil""

    ReplyDelete
  5. Apa wujud Roh Kudus, sulit dimengerti. Orang sering kali mengatakan hatinya dipenuhi ROH KUDUS,Indikasinya apa ?
    Kenyataannya, orang Protestan gak puas dengan Katolik, orang Pentakusta gak puas dengan Protestan, orang KKOS gak puas dengan yang ada.
    Mereka semua merasa dipenuhi ROH KUDUS, mereka semua merasa dibimbing ROH KUDUS tetapi kenyataannya mereka satu sama lain merasa saling benar sendiri. Trus ROH KUDUS ada di pihak mana ?
    Apa dipihak mereka yang memelihara merpati ?

    ReplyDelete
  6. Saya ras saudara Anonymous prnuh dgn emosi yg meluap-meluap. Tak tahu apa sebabnya, tp yg jelas dia benar2 tidak mengenal siapa itu Yesus, yaitu Tuhan satu2nya. Kalau saudara mengenal Dia, bukan hanya sekedar tahu, anda tidak akan emosi seperti keledai liar seperti itu. Tuhan Yesus memberkati anda.

    ReplyDelete
  7. Apapun yg orang2 katakan, hujatan2 terhadap Tuhan Yesus, itu tidak akan menggoyahkan iman ku terhadap Dia. Sebab saya mengenal Dia, sdh banyak sekali pengalaman2 pribadi yg saya alami dan rasakan bersama Yesus. Dialah Tuhan yg sesungguhnya, Tuhan yg Esa, Juruselamat manusia. Sayang sekali buat saudara2 yg menolak Dia, sebab anda sudah menolak jalan keselamatan itu sendiri.Buat saudara2 seiman, jgn lagi melayani orang2 yg bebal, yg tidak mau menerima Yesus sbg Juruselamatnya, sebab Tuhan juga tidak memaksa manusia utk menerimaNya. Jika mereka tetap ngotot dgn kepercayaannya, ya sudah... berarti kesempatan mereka untuk menerima hidup kekal mereka sia2 kan. Masih banyak orang diluar sana yg haus akan kebenaran yg sesungguhnya, mari kita melayani mereka yg sungguh2 ingin mencari kebenaran Firman Tuhan. Tidak ada gunanya melayani orang yg bebal. Haleluya..,terpujilah Tuhan Yesus!!

    ReplyDelete
  8. Dan sesungguhnya Kami telah mendatangkan Al Kitab (Taurat) kepada Musa, dan Kami telah menyusulinya (berturut-turut) sesudah itu dengan rasul-rasul, dan telah Kami berikan bukti-bukti kebenaran (mukjizat) kepada Isa putera Maryam dan Kami memperkuatnya dengan Ruhul Qudus. Apakah setiap datang kepadamu seorang rasul membawa sesuatu (pelajaran) yang tidak sesuai dengan keinginanmu lalu kamu menyombong; maka beberapa orang (diantara mereka) kamu dustakan dan beberapa orang (yang lain) kamu bunuh? (Al Baqarah 87)
    Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang imam yang dapat dijadikan teladan lagi patuh kepada Allah dan hanif. Dan sekali-kali bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan (Tuhan) (An Nahl 120)
    Tuhan kamu adalah Tuhan Yang Maha Esa. Maka orang-orang yang tidak beriman kepada akhirat, hati mereka mengingkari (keesaaan Allah), sedangkan mereka sendiri adalah orang-orang yang sombong (An Nahl 22)
    Manusia itu adalah umat yang satu. (setelah timbul perselisihan), maka Allah mengutus para nabi, sebagai pemberi peringatan, dan Allah menurunkan bersama mereka Kitab yang benar, untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan. Tidaklah berselisih tentang Kitab itu melainkan orang yang telah didatangkan kepada mereka Kitab, yaitu setelah datang kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, karena dengki antara mereka sendiri. Maka Allah memberi petunjuk orang-orang yang beriman kepada kebenaran tentang hal yang mereka perselisihkan itu dengan kehendak-Nya. Dan Allah selalu memberi petunjuk orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus. (Al Baqarah 213)
    Hai Ahli Kitab, mengapa kamu mencampur adukkan yang haq dengan yang bathil, dan menyembunyikan kebenaran, padahal kamu mengetahuinya? (Ali Imran 71)
    Dan siapakah yang lebih zalim daripada orang yang membuat kedustaan terhadap Allah atau yang berkata: "Telah diwahyukan kepada saya", padahal tidak ada diwahyukan sesuatupun kepadanya, dan orang yang berkata: "Saya akan menurunkan seperti apa yang diturunkan Allah." Alangkah dahsyatnya sekiranya kamu melihat di waktu orang-orang yang zalim berada dalam tekanan sakratul maut, sedang para malaikat memukul dengan tangannya, (sambil berkata): "Keluarkanlah nyawamu" Di hari ini kamu dibalas dengan siksa yang sangat menghinakan, karena kamu selalu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang tidak benar dan (karena) kamu selalu menyombongkan diri terhadap ayat-ayatNya. (Al An aam 93)
    Orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang telah Kami beri Al Kitab (Taurat dan Injil) mengenal Muhammad seperti mereka mengenal anak-anaknya sendiri. Dan sesungguhnya sebahagian diantara mereka menyembunyikan kebenaran, padahal mereka mengetahui (Al Baqarah 146)
    Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka), dan janganlah mereka seperti orang-orang yang sebelumnya telah diturunkan Al Kitab kepadanya, kemudian berlalulah masa yang panjang atas mereka lalu hati mereka menjadi keras. Dan kebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang fasik. (Al Hadid 16)
    Dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta (Al Baqarah 10)

    ReplyDelete
  9. Yesus yang sering menjumpai seseorang adalh jelmaan Iblis terlaknat. Gak percaya tanyakan pada Rahmad Hidayat (bekas pelayan Tuhan . . . ).

    ReplyDelete
  10. bekas pelayan Tuhan........?.....melayani Tuhan makan atau sex?

    ReplyDelete
  11. Semua agama itu baik & benar adanya,, hanya orang2 bodoh yg tidak paham arti sesungguhnya dari tujuan agama itu sendiri...

    ReplyDelete
  12. Kasihan banget neh org... pasti muslim yg pindah agama adalah muslim yg galow dg dunia (harta, tahta, cintaaaaa). Good job deh buat syaitonirrojiiiiimmm yg udah menggoda keimanan mereka.. (dlm bentuk apapun)
    Dan very very good job buat non muslim yg jd muslim..krn 1000% yakin kepindahan mereka lillahi ta'ala.. krn hidayah Allah... alhamdulillah.. amin allahumma aminnnnnnnnnnn....
    Oh ya.. hapunten..maaf.. testimoni-nya jelek banget
    Ngambil ayatnya sepenggal2.. mirip bgt dg islam yg menyimpang.. Jadi jelas mereka berpindah krn duniawi , bukan krn kebenaran Ilahi.. Turut berduka cita...:((

    ReplyDelete
  13. siti...nga usahlah menyangkal akan kebenaran Isa...mereka tdk ada yg pindah krn harta duniawi,,apa anda nga baca dgn benar kesaksian2 mereka???sdhkah anda baca kesaksia kerusuhan mei 98,dimana ahmad adryansyah dijamah yesus secara langsung???masihkah anda pungkiri kemahakuasaannya Yesus??....bertobatlah siti,sebelum terlambat,krn hanya didlm yesus/Isa ada keselamatan...sedangkan muhamad skarang sedang menderita di neraka krn membunuh dan menyuruh pengikutnya membunuh...bukankah Isa yg mengadili muhamad??krn di alqranmu sendri mengatakan Isa yg akan menjadi hakim untk manusia apakah masuk neraka atau surga??...jika saat ini anda belum terlalu memahami iman kristen,maka rajinlah baca alkitab,mudah2an anda akan menemukan jln keselamatan...

    ReplyDelete
  14. Cukup diam dan tak usah menhujatt sesamu.
    Karena bagaimana pun setan bekerja dalam komentar mu yng menghujat itu.
    Cukup diam dan pakai IMANNNMUU!!!!!!!

    ReplyDelete