Loading...

Thursday, July 1, 2010

Menguji Roh


Menguji Roh


“Pada suatu kali ketika kami pergi ke tempat sembahyang itu, kami bertemu dengan seorang hamba perempuan yang mempunyai roh tenung; dengan tenungan-tenungannya tuan-tuannya memperoleh penghasilan besar. Ia mengikuti Paulus dan kami dari belakang sambil berseru, katanya: "Orang-orang ini adalah hamba Allah Yang Mahatinggi. Mereka memberitakan kepadamu jalan kepada keselamatan." Hal itu dilakukannya beberapa hari lamanya. Tetapi ketika Paulus tidak tahan lagi akan gangguan itu, ia berpaling dan berkata kepada roh itu: "Demi nama Yesus Kristus aku menyuruh engkau keluar dari perempuan ini." Seketika itu juga keluarlah roh itu.” ( Kisah Rasul 16:16-18 )


Suara Boneka Susan berasal dari suara perut artis Ria Enes. Menurut para ahli Alkitab, para teolog, wanita dalam bacaan kita adalah seorang pembicara perut yang memiliki “roh tenung”. Roh tenung itu sendiri aslinya adalah suatu roh dari ular piton. Petenung, pembicara perut ( = Ventrilo-qiuts) yang disebut “piton”. Awalnya “pitons” adalah nama untuk bhiksuni (imam perempuan) dari dewa Appolo (dewa Roma). Rasul Paulus mengetahui hal tersebut, oleh karena itu Ia menolak ucapan si petenung yang bersaksi bahwa mereka adalah hamba-hamba Allah Yang Mahatinggi, sekalipun kesaksian itu benar. Tindakan Paulus diungakapkan dalam Kisah Rasul 16:18. “Dalam nama Yesus Kristus, Paulus menyuruh roh pithons itu keluar dari tubuh wanita tersebut. Roh Kudus, Roh TUHAN segara mengusir roh itu keluar.

Belajar dari kisah pengalaman Paulus, kita diajak untuk melihat kenyataan bahwa ada banyak roh disekitar kita. Sebab itu kita dinasehati untuk “ Janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah “ ( 1 Yoh 4:1 ). Terkadang roh-roh iru menyamar seperti roh yang baik tetapi sebetulnya roh jahat. Untuk itu kita patut selalu meminta tuntunan kuasa Roh Kudus agar mampu membedakan mana roh dari Allah dan mana yang bukan. Tidak selamanya orang yang bersaksi tentang Tuhan selalu berasal dari Allah. Tuhan Yesus juga berkata dalam Injil Matius 24 sebagai berikut :

  • “Jawab Yesus kepada mereka: "Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu! Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang.” ( Matius 24:4-5 )

Pada tahun 1978, banyak berita dalam media masa yang memberitakan tentang Jim Jones seorang pendeta di Kalifornia yang mengaku sebagai Mesias. Bahkan beliau mengaku, “ Aku Mesias dan lebih populer lagi Yesus Kristus “. Ternyata Jim Jones mempunyai kharisma yang luar biasa. Dia membawa 914 pengikutnya untuk mengadakan bunuh diri massal di rimba raya Guyana, Amerika Selatan. Luar biasanya, hampir seribu orang tersebut mengikuti perintahnya untuk sama-sama bunuh diri. Aneh tapi nyata. Hati-hati jangan sesat !


Soli Deo Gloria


Doa : Tuhan Yesus, jauhkanlah kami dari segala bentuk roh yang menyesatkan. Jagalah dan peliharalah hati dan pikiran kami ya Bapa. Dalam Kristus kami berdoa. Amin.


2 comments:

  1. Terimakasih, bahan renungan yang baik !
    Syalom !

    ReplyDelete
  2. Terima kasih. Renungan ini mengingatkan saya, bahwa orang Kristen memang harus terus menerus, bergantung sepenuhnya kepada pertolongan dan tuntunan Roh Kudus.

    ReplyDelete