Loading...

Sunday, May 11, 2014

Menjadi Lebih Baik Dan Berharga



“MENJADI LEBIH BAIK DAN BERHARGA”



Renungan Firman Tuhan : Mazmur 68:2-7

“Allah bangkit, maka terseraklah musuh-musuh-Nya, orang-orang yang membenci Dia melarikan diri dari hadapan-Nya.Seperti asap hilang tertiup, seperti lilin meleleh di depan api, demikianlah orang-orang fasik binasa di hadapan Allah.Tetapi orang-orang benar bersukacita, mereka beria-ria di hadapan Allah, bergembira dan bersukacita.Bernyanyilah bagi Allah, mazmurkanlah nama-Nya, buatlah jalan bagi Dia yang berkendaraan melintasi awan-awan! Nama-Nya ialah TUHAN; beria-rialah di hadapan-Nya!Bapa bagi anak yatim dan Pelindung bagi para janda, itulah Allah di kediaman-Nya yang kudus; Allah memberi tempat tinggal kepada orang-orang sebatang kara, Ia mengeluarkan orang-orang tahanan, sehingga mereka bahagia, tetapi pemberontak-pemberontak tinggal di tanah yang gundul.” ( Mazmur 68:2-7)

Ada ungkapan : “From nobody to be somebody”. Artinya : “dari tidak ada apa-apa atau bukan siapa-siapa,menjadi sesuatu yang berarti atau seorang yang dikenal.” Ungkapan ini ingin menggambarkan bagaimana situasi dan kondisi kehidupan kita yang pada awalnya tidak berarti apa-apa namun kemudian menjadi seorang yang penuh percaya diri dan terhormat. Begitulah keberadaan umat Israel.Dari yang tidak berarti apa pun karena status sebagai budak di Mesir,kemudian dapat keluar dan menjadi bangsa yang bermartabat dan besar.Semua itu semata mata karena karya Tuhan yang memampukan,menyertai dan melindungi.

Melalui renungan Firman Tuhan ini kita diingatkan bahwa Mazmur ini mengekspresikan keperkasaan Allah saat Ia berhasil mengalahkan tentara Mesir,yang mengejar bangsa Israel.Bagai prajurit tangguh,Allah berhasil membuat musuh-musuh Israel bertekuk lutut ( Mazmur 68:2-3).Musuh-musuh lari tunggang langgang karena ketakutan ( Mazmur 68:2).Mereka kemudian lenyap bagai asap tertiup angin dan hancur bagai lilin meleleh terbakar api ( Mazmur 68:3).Begitulah nasib orang-orang yang memusuhi Allah dan umat-Nya. Di sisi lain,orang-orang yang berdiri di pihak Allah,yaitu orang-orang benar akan bersukacita karena hal itu ( Mazmur 68:4).Allah yang berkuasa atas alam semesta ini, adalah Pelindung bagi orang-orang yang lemah dan tertindas ( Mazmur 68:6)

Kesulitan dan kesukaran sering dipakai Tuhan untuk mengangkat kita di hadapan lawan-lawan kita untuk menjadi lebih berarti. Namun,sering kali ketika situasi sulit dan menekan,kita cenderung merasa takut,cemas,marah dan putus asa.Tuhan ingin kita memiliki mentalitas pemenang,sikap hidup yang benar di dalam Tuhan dan di hadapan Tuhan. Ketika kesulitan datang,Tuhan justru memberitahukan kita bahwa inilah saat kebaikan-Nya dinyatakan.Kita dibuat menang dan sungguh-sungguh menjadi pemenang.Kesulitan hanyalah bagian dari rencana Tuhan untuk menyatakan kasih karunia dan anugerah-Nya…

Soli Deo Gloria


No comments:

Post a Comment