Loading...

Tuesday, June 25, 2013

Hidup Berpengharapan Di Tengah Masa Sulit



 “HIDUP BERPENGHARAPAN DI TENGAH MASA SULIT


Renungan Firman Tuhan : 1 Petrus 1: 3-12 :”Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan,untuk menerima suatu bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, yang tersimpan di sorga bagi kamu.Yaitu kamu, yang dipelihara dalam kekuatan Allah karena imanmu sementara kamu menantikan keselamatan yang telah tersedia untuk dinyatakan pada zaman akhir.Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan.Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu -- yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api -- sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.Sekalipun kamu belum pernah melihat Dia, namun kamu mengasihi-Nya. Kamu percaya kepada Dia, sekalipun kamu sekarang tidak melihat-Nya. Kamu bergembira karena sukacita yang mulia dan yang tidak terkatakan, karena kamu telah mencapai tujuan imanmu, yaitu keselamatan jiwamu.Keselamatan itulah yang diselidiki dan diteliti oleh nabi-nabi, yang telah bernubuat tentang kasih karunia yang diuntukkan bagimu.Dan mereka meneliti saat yang mana dan yang bagaimana yang dimaksudkan oleh Roh Kristus, yang ada di dalam mereka, yaitu Roh yang sebelumnya memberi kesaksian tentang segala penderitaan yang akan menimpa Kristus dan tentang segala kemuliaan yang menyusul sesudah itu.Kepada mereka telah dinyatakan, bahwa mereka bukan melayani diri mereka sendiri, tetapi melayani kamu dengan segala sesuatu yang telah diberitakan sekarang kepada kamu dengan perantaraan mereka, yang oleh Roh Kudus, yang diutus dari sorga, menyampaikan berita Injil kepada kamu, yaitu hal-hal yang ingin diketahui oleh malaikat-malaikat.




            Apakah hidup kita sekarang lebih baik daripada dulu ? Belum tentu,sekalipun kita hidup dengan teknologi dan ilmu pengetahuan yang telah mengalami kemajuan luar biasa.Kenyataannya manusia masih menghadapi pelbagai problema yang tidak ringan bahkan tidak sedikit yang tak terpecahkan.Kelaparan,kemiskinan,peperangan,bencana alam dan masalah kemanusiaan masih menjadi wajah kehidupan dunia saat ini. Begitu banyak tragedi tak terhindarkan yang merenggut kehidupan dan membuat pedih hati kita.Adakah iman kristiani kita dapat menjadi landasan kokoh untuk kita dapat bertahan di tengah tragedi kehidupan ini ? Masih adakah pengharapan yang dapat dibagikan di tengah dunia yang menderita ini ? Bahan renungan Firman Tuhan kita hari ini memberikan inspirasi.motivasi dan kekuatan disaat-saat berat dan masa-masa sulit.

  1. HIDUP BARU : Adalah alasan pertama untuk hidup yang berpengharapan.Terpujilah Tuhan yang telah menganugerahkan kehidupan baru bagi kita.Hidup baru adalah awal dari hidup yang mengalami keselamatan di dalam Kristus. Ini adalah kasih karunia dan anugerah Allah.Buah dari hidup baru itu adalah : kita memiliki hidup yang berpengharapan,warisan yang tidak dapat diambil dari kita,dan jaminan atas keselamatan kekal.Oleh karena itu kita ada dalam pemeliharaan Tuhan hingga akhir jaman. Abadi dan kekal.


  1. TUHAN MEMPUNYAI MAKSUD DENGAN PENCOBAAN YANG KITA ALAMI. Di ayat 1 Petrus 1: 6,kita memiliki dua kata yang kontras yaitu bergembiralah dan pencobaan.Kegembiraan orang Kristen umat yang percaya tidak tergantung pada situasi dan kondisi di sekitarnya.Hal yang menguatkan di tengah pencobaan kita adalah bahwa semua itu bersifat sementara.Semua itu terjadi untuk sebuah alas an,yakni untuk kebaikan kita.Iman kita akan teruji dan membuat kita sangat bernilai bagi kemuliaan Tuhan.Hidup dengan cara Tuhan pada masa-masa sulit adalah sebuah tantangan. Akan tetapi tantangan itu menjadi ringan karena berbagai berkat yang disediakan Tuhan Allah akan menguatkan kita..

Soli Deo Gloria

1 comment:

  1. Di tengah segala kesulitan kita, Tuhan peduli dan selalu menolong, komentar juga ya ke blog saya www.goocap.com

    ReplyDelete