Loading...

Tuesday, April 26, 2016

Berharga Dimata TUHAN



“BERHARGA DIMATA TUHAN”

Renungan Firman Tuhan diambil dari Bacaan Alkitab : Yesaya 43 : 1-7 demikian bunyinya : 

“Tetapi sekarang, beginilah firman TUHAN yang menciptakan engkau, hai Yakub, yang membentuk engkau, hai Israel: "Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku. Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau melalui sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan, dan nyala api tidak akan membakar engkau. Sebab Akulah TUHAN, Allahmu, Yang Mahakudus, Allah Israel, Juruselamatmu. Aku menebus engkau dengan Mesir, dan memberikan Etiopia dan Syeba sebagai gantimu.Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu.Janganlah takut, sebab Aku ini menyertai engkau, Aku akan mendatangkan anak cucumu dari timur, dan Aku akan menghimpun engkau dari barat. Aku akan berkata kepada utara: Berikanlah! dan kepada selatan: Janganlah tahan-tahan! Bawalah anak-anak-Ku laki-laki dari jauh, dan anak-anak-Ku perempuan dari ujung-ujung bumi,semua orang yang disebutkan dengan nama-Ku yang Kuciptakan untuk kemuliaan-Ku, yang Kubentuk dan yang juga Kujadikan!" ( Yesaya 43 : 1-7 )



            Seekor induk burung bersama lima ekor anaknya tinggal disebuah hutan pinus yang indah,dipinggir sebuah desa. Sang induk sangat mengasihi anak-anaknya. Setiap hari ia sibuk mencari makanan, terbang kesana kesini untuk mendapatkan cacing bagi anak-anaknya.Pada suatu hari hutan pinus terbakar. Setiap orang di desa menyelamatkan diri. Dari jauh, mereka mendengar teriakan anak-anak burung yang sedang ketakutan dan panik. Si induk yang sedang mencari cacing juga mendengar teriakan anak-anaknya.Ia langsung melejit terbang ke sarangnya.Ia menerobos api yang berkobar kemana-mana. Lalu merentangkan sayapnya ke atas sarang untuk melindungi anak-anak yang sangat berharga itu.Tak lama kemudian api membakar habis pohon pinus sampai tumbang.Ketika api telah padam orang-orang desa bergegas melihat keadaan burung-burung itu.Mereka terkejut melihat kelima anak burung masih hidup ditengah kedahsyatan api.Tetapi induk burung hangus terbakar menjadi debu.Ia memberikan nyawanya untuk anak-anak yang sangat berharga baginya.
            Nabi Deutro-Yesaya mengungkapkan bahwa Israel sangat berharga di mata Tuhan, karena Ia yang menciptakan, membentuk dan menjadikan mereka.Sekalipun mereka acapkali memberontak kepada Tuhan, namun kasih Tuhan lebih besar dari pembrontakan umat-Nya. Dalam pergumulan berat di Babel, nabi memberitakan agar mereka tidak takut, sebab Tuhan Allah menudungi mereka dengan kuasa-Nya, sehingga marabahaya  tidak akan mengancam mereka.Kasih Allah akan nyata bagi mereka melalui janji-Nya yaitu : Tuhan Allah akan menebus Israel dari Babel ( Yesaya 7 : 1-4 ), dan Ia akan membawa mereka pulang kenegrinya (Yesaya 7 :5-7 ).
            Demikian juga halnya kita, sebagai orang percaya umat pilihan-Nya, yang telah ditebus oleh darah Yesus Anak Domba Allah.Kita sangat berharga di mata Tuhan.Ia telah menebus kita melalui pengorbanan Kristus. Kebangkitan Kristus mengisyaratkan agar kita tidak perlu takut menjalani hidup, karena Ia melindungi dan menudungi kita.Respon kita atas penebusan Tuhan adalah mari kita bersyukur dan memuliakan Tuhan dengan tubuh kita.(Bdk 1 Kor 6 : 20 ).

Soli Deo Gloria




No comments:

Post a Comment