Loading...

Monday, November 22, 2010

Ia Yang Lebih Utama Dalam Segala Sesuatu


Ia Yang Lebih Utama Dalam Segala Sesuatu


“Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan, karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia. Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu”. ( Kolose 1:15-18 )


Surat Rasul Paulus ditujukan kepada jemaat di Kolose yang pada waktu itu berada dalam situasi yang membingungkan, dengan kehadiran guru-guru palsu dengan berbagai ajarannya yang menyesatkan. Surat ini ditulis untuk mengarahkan dan memberi pegangan bagi anggota jemaat dari berbagai cobaan yang dihadapi. Oleh sebab itu, jemaat patut memahami dan mengerti dengan benar hakekat dan kuasa Tuhan Yesus.

Jika Yesus Kristus dikatakan sebagai “gambar Allah”, maka yang patut ditekankan disini bahwa “gambar” itu adalah bayangan-peta-persamaan. Ia merupakan pernyataan sekaligus hakekat dari Allah itu sendiri. Sebab Allah telah menyatakan diri-Nya dalam Yesus Kristus. Ia yang sulung berarti terlebih dahulu ada dari segala ciptaan dan Ia dipisahkan dari segala ciptaan. Segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. Manusia dapat mengenal Allah melalui Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat dunia. Kepercayaan dan penyembahan terhadap kuasa-kuasa duniawi, kuasa kegelapan adalah sia-sia belaka. Hal itu membawa manusia dalam kegelapan dosa dan kebinasaan. Tetapi Allah dalam karya pengorbanan Yesus Kristus di kayu salib, menyelamatkan manusia dan dunia ini.

Jemaat yang hidup di dalam Kristus adalah mereka yang taat dan setia kepada-Nya. Bagaikan “tubuh”, jemaat tidak dapat berjalan sendiri tanpa kepalanya yaitu Yesus Kristus. Ada hubungan yang begitu dekat antara Gereja dan Yesus Kristus sebagai kepala-Nya. Ketaatan dan kesetiaan umat itu penting, supaya umat Tuhan tidak mudah terpengaruh dan goyah terhadap berbagai godaan ajaran sesat. Jemaat harus tetap teguh berpegang kepada Firman Tuhan dan mengutamakan-Nya.


Doa : Kuatkanlah hati kami ya Roh Kudus, agar kami mampu menghadapi kebingungan dan kesesatan yang ada disekitar kami. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa..Amin.


No comments:

Post a Comment