Loading...

Thursday, December 17, 2009

Benarkah Kelahiran Tuhan Yesus Tanggal 25 Desember ? Apakah Natal Itu Kafir ?


BENARKAH KELAHIRAN TUHAN YESUS TANGGAL 25 DESEMBER ? APAKAH NATAL ITU KAFIR ?


“Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud” ( Lukas 2:10-11 ).


Bagaimana dengan perayaan Natal, perayaan mengenang kelahiran Yesus di Betlehem ( Mat 1:18, Mat 2:12 , Luk 2:1-20 ), yang umumnya dirayakan umat Kristen pada tanggal 25 Desember setiap tahun ? Ada yang menganggap perayaan ini sebagai perayaan kafir sebab :


Yesus tidak dilahirkan pada bulan Desember, tetapi bulan Tishri ( September-Oktober ), dan tanggal 25 Desember adalah hari peringatan Dewa Matahari ( Saturnalia ).


Pada bulan apakah Yesus dilahirkan ? Benarkah seperti yang dikatakan tradisi gereja yang menyebutkan Yesus dilahirkan pada tanggal 25 Desember ? Kelihatannya tanggal dan bulan ini memang tidak tepat, soalnya pada bulan Desember-Januari, di Yudea, iklimnya cukup dingin dengan beberapa tempat bersalju sehingga agaknya tidak mungkin para gembala bisa berada di Padang Efrata dalam keadaan musim demikian ( Bdk Luk 2:8). Demikian juga Kaisar Agustus tentunya tidak akan mengeluarkan kebijakan sensus dan menyuruh penduduk Yudea melakukan perjalanan jauh dalam suasana musim dingin yang mencekam.

Ada pendapat lain yang mengemukakan bahwa Yesus mungkin dilahirkan pada sekitar bulan Tishri ( September- Oktober ), yaitu pada saat hari raya Pondok Daun pada saat iklimnya menunjang. Argumentasi bulan Tishri dikemukakan karena masa penugasan Zakharia masuk ke Bait Allah adalah sekitar bulan Siwan ( Mei-Juni). Dengan memperhitungkan lama kandungan Elizabeth dan Maria, diperkirakan kelahiran Yesus terjadi pada sekitar Hari Raya Pondok Daun ( September- Oktober ).

Sekalipun kemungkinan kelahiran Yesus pada bulan Desember adalah jauh mengingat musimnya dan ada yang memperkirakan sekitar bulan September-Oktober, kita tidak akan tahu secara pasti pada bulan apa Yesus lahir di dunia dan yang perlu dikenang oleh umat Kristen bukan perayaannya pada hari tertentu, melainkan makna kelahiran Juruselamatnya.

Umat Kristen pada abad pertama tidak merayakan Natal seperti umat Kristen sekarang. Mereka lebih terpukau untuk merayakan hari kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus Kristus yang dikenal sebagai hari Paskah, dan belum memikirkan hari kelahiran-Nya. Sebenarnya, hari Epifani (manifestasi ) yang dirayakan oleh Gereja Timur (Ortodoks) pada tanggal 6 Januari dimaksudkan untuk merayakan hari pembaptisan Yesus di Sungai Yordan. Perayaan Epifani juga masih dirayakan saat ini dengan memberkati air baptisan di gereja Timur dan Sungai Yordan. Hal ini sudah dilakukan sejak abad ke 3.

Di Gereja Barat ( Katolik ), hari Epifani itu dirayakan juga untuk mengingat kunjungan orang Majus untuk menyembah bayi Yesus. Sejak abad ke-4, perayaan ini dilakukan untuk mengenang peristiwa yang terjadi sekitar manifestasi kelahiran Yesus di Betlehem. Dalam kaitan dengan perayaan pembaptisan Yesus itu, pada malam tanggal 5 Januari sekaligus dirayakan peringatan kelahiran Yesus. Data tertulis yang mencatat perayaan kelahiran Yesus itu sudah ada pada abad ke-4.

Pada tahun 274, hari kelahiran Dewa Matahari mulai dirayakan di Roma khususnya pada tanggal 25 Desember sebagai penutup festival Saturnalia ( 17-24 Desember) di mana matahari mulai kembali menampakkan sinarnya dengan kuat pada akhir salju tanggal itu. Menghadapi perayaan kafir yang sangat kuat ini, umat Kristen umumnya meninggalkannya dan tidak lagi mengikuti upacara tersebut. Namun dengan adanya proselitasi ( Pengkristenan ) orang Roma secara massal sejak Kaisar Konstantin menjadi Kristen, banyak orang Roma yang tetap merayakan hari Dewa Matahari itu sekalipun telah mengikuti agama Kristen. Kenyataan ini mendorong para pemimpin gereja kala itu berusaha mengalihkan penyembahan Dewa Matahari itu dan menggantinya menjadi perayaan Matahari Kebenaran, yang kemudian menggantinya menjadi “Perayaan Natal”.

Sejak tahun 336, secara resmi perayaan Natal dilakukan pada tanggal 25 Desember sebagai pengganti tanggal 5-6 Januari. Ketentuan ini diresmikan oleh Kaisar Konstantin yang kala itu menjadi lambang Raja Kristen. Perayaan Natal kemudian dirayakan di Anthiokia ( Tahun 375 ), Konstantinopel ( tahun 380), dan Aleksandria, Mesir ( tahun 430), yang kemudian menyebar ke tempat-tempat lain.

Dari data sejarah tersebut kita dapat mengetahui bahwa Natal bukanlah perayaan Dewa Matahari. Namun, untuk mengalihkan orang Roma dari perayaan Dewa Matahari ke arah Tuhan Yesus Kristus, tradisi perayaan Natal tanggal 5-6 Januari digeser ke sini, agar umat Kristen tidak lagi mengikuti tradisi kafir dengan merayakan hari Dewa Matahari.

Sekalipun kala itu masih ada umat Kristen yang mendua hati dengan masih merayakan hari Dewa Matahari, namun umat Kristen yang bertobat tidak lagi mengartikan hari itu sebagai hari Dewa Matahari, tetapi sebagai peringatan kelahiran Tuhan Yesus Kristus .


PENUTUP


Merayakan hari Natal sebagai perayaan Kristen baik sekali untuk mengenang kelahiran Immanuel, Allah yang inkarnasi menjadi manusia Yesus, agar sekeluarga dapat menghormati-Nya dan menganut ajaran-Nya dengan sepenuh hati karena Tuhan Yesus yang menjadi Juruselamat manusia telah hadir di bumi dan mendatangkan sukacita dan damai sejahtera bagi manusia, sesuai berita sukacita Natal sebagai berikut :

“ Kemuliaan bagi Allah di tempat yang maha tinggi dan damai sejahtera di bumi diantara manusia yang berkenan kepada-Nya…Maka kembalilah gembala-gembala itu sambil memuji dan memuliakan Allah karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat, semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka…” ( Luk 2:14,20)


Soli Deo Gloria

27 comments:

  1. wah, saya tidak berani berkomentar banyak dalam masalah ini, just viewing :D

    ReplyDelete
  2. ngeles mulu....cape deh.....trus kenape kebanyakan tiap gambar yesus belakangya gambar matahari...?

    ReplyDelete
  3. Menurut Alkitab bahwa melalui kesaksian Petrus,Johanes dan Yakobus ketika mereka hendak berdoa ke atas gunung, mereka melihat wajah Yesus berubag menjadi terang seperti matahari terik dan jubahnya putih berkilat seperti baru dikelantang.Jadi ada dasar Alkitabnya gitu.Jadi Gambar Yesus dibuat seperti itu. Tuhan Yesus itu Tuhan Yang Maha Suci...

    ReplyDelete
  4. ia..... udah nggak bisa nerangi alasannnya ya.... ngeles deh pilihannya....., kasian banget ya.....

    ReplyDelete
  5. ha ha ha ha ha ............ tersesat.......

    ReplyDelete
  6. Kalo memang mengakui Jesus Tuhan, kenapa tidak menghormatinya dengan menggabarkan kelahirannya yang benar.... kepada umat, tapi kok hari kegiatan lain di aku-akui sebagai hari lahir tuhan... piye iki.... pembohongan terhadap umat dan termasuk pembohongan terbesar di muka bumi... maaf kalo terlalu vulgar kata-kata saya... tapi apakah pengkabaran injil dapat dilakukan dengan berbagai cara termasuk pembohongan seperti ini... dan itu juga perbuatan yang dibenarkan..???????

    ReplyDelete
  7. dogma SESATTTTTTT...................!!!!!

    ReplyDelete
  8. sesat bngt tuh!!!!!!!!!!perayaan saturnalia,kembalinya matahari di jadiin hari lahirt yesus!udah salah masih ngenyel fitnah ajaran2 yg benar termasuk saksi yehuwa....susunan kristen ma bnyk bohongnya bnyk ajaran kafir di adopsi karna kepentingan politik n ekonomi aja....klo dah gt ma ga bakanlan ada keselamatan di agama yg mengajarkan doktrin palsu!!!! itu dah pasti!!!!pastor,pendeta lebih bnyak sibuk dgn urususan duniawi ga kayak saksi!

    ReplyDelete
  9. yesus di angkat jadi tuhan oleh manusia 300 thn setelah kematiannya.coba bayangkan manusia mengangkat jesus jadi tuhan? hmmm siapa yg berkuasa di sini..manusia atau tuhan..
    jesus di angkat jadi tuhan tgl 20 mei 325m.oleh kaisar romawi Konstantin dan di dukung oleh para gereja pada konsili di NICEA.yaitu THE CREED OF NICEA.dan mendukung Athanasius untuk membentuk Trinitas.kaisar romawi memperkawinkan filsafah ajaran yunani dan kristen..maka tak heranlah agama kristen dekat dengan dewa matahari..

    ReplyDelete
  10. waktu lahir tuh gk jd msalah.. yg penting umat kristiani tetap mengenang klahiran YESUS juru selamat kta yg lahir di dunia,

    ReplyDelete
  11. Whats up! I just would like to give a huge thumbs up for the great data you’ve got
    right here on this post. I shall be coming again to your blog for extra soon.


    my web page volvo semi trucks for sale in florida

    ReplyDelete
  12. Hi there! I just want to give a huge thumbs up for the great information you might have here on this post.
    I will likely be coming back to your weblog for more soon.



    My homepage: Search Engine Optimization

    ReplyDelete
  13. Good day! I simply would like to give a huge thumbs up for the good
    data you’ve gotten here on this post. I shall be coming
    again to your blog for extra soon.

    Also visit my website ... list of seo companies in delhi ncr

    ReplyDelete
  14. Hey! I just want to give a huge thumbs up for the great information you have got right
    here on this post. I shall be coming back to your blog for more soon.


    Feel free to visit my web-site ... seminole hard rock players club

    ReplyDelete
  15. Hiya! I simply wish to give an enormous thumbs up for the good info you
    will have here on this post. I will probably
    be coming again to your blog for extra soon.

    my weblog ... semi permanent hair color brands for african american

    ReplyDelete
  16. Howdy! I simply wish to give an enormous thumbs up for
    the nice information you have here on this
    post. I will probably be coming again to your weblog for extra soon.


    Feel free to surf to my web-site south korea seoul subway map english

    ReplyDelete
  17. Hi there! I just want to give a huge thumbs up for the great information you could have right here on this post.
    I will be coming again to your blog for more soon.


    Feel free to visit my page - semi permanent hair colour remover products

    ReplyDelete
  18. Whats up! I just want to give an enormous thumbs up for the
    great info you could have here on this post. I will be coming again to your blog for extra
    soon.

    Here is my site - watch queen seon deok episode 33 english subtitle

    ReplyDelete
  19. Good day! I just wish to give an enormous thumbs up for the nice info you may have here on this post.
    I will be coming back to your weblog for more soon.



    Feel free to surf to my weblog - SEO公司

    ReplyDelete
  20. Hello! I just wish to give an enormous thumbs up for the great information you’ve got here on this
    post. I can be coming back to your blog for more soon.



    Visit my blog; seminole state college bookstore altamonte

    ReplyDelete
  21. Hiya! I just wish to give a huge thumbs up for the good information
    you will have here on this post. I might be coming back to your blog for more soon.



    My blog: semen analysis motility

    ReplyDelete
  22. Good day! I simply would like to give an enormous thumbs up for the nice data you have here on this post.

    I will be coming again to your blog for extra soon.


    Visit my blog post - best free seo software 2011

    ReplyDelete
  23. Howdy! I simply would like to give a huge thumbs up for the
    nice data you’ve right here on this post. I will be coming again to your blog for extra soon.


    Look at my blog post sff 8088

    ReplyDelete
  24. Whats up! I just wish to give an enormous thumbs up for the good information you have got here on this
    post. I can be coming again to your weblog for extra soon.


    My blog: queen seon deok english sub download

    ReplyDelete
  25. Good day! I just would like to give an enormous thumbs up
    for the great information you could have here on this post.
    I might be coming again to your blog for extra soon.

    Feel free to surf to my page preschool graduation songs for slideshows

    ReplyDelete
  26. Hurrah! At last I got a web site from where I be capable of in fact obtain valuable data concerning my study and knowledge.|

    Feel free to surf to my webpage: pity 2013 program

    ReplyDelete