Loading...

Sunday, January 30, 2011

KUDUSKANLAH HARI SABAT : Mengapa Umat Kristen Beribadah Di Hari Minggu ? Dan Bukan Di Hari Sabtu ?


KUDUSKANLAH HARI SABAT : Mengapa Umat Kristen

Beribadah Di Hari Minggu ? Dan Bukan Di Hari Sabtu ?

( Ulangan 5:1-15 )


“Tetaplah ingat dan kuduskanlah hari Sabat, seperti yang diperintahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu.” ( Ulangan 5:12 )


Sabat (Sabath) adalah sebutan untuk angka/bilangan tujuh ( 7 ). Sabat itu bukan nama hari. Sabat itu sebutan terhadap angka, sama seperti Ehad ( Bahasa Ibrani) yang adalah sebutan untuk bilangan/angka. Misalnya angka 1 dalam bahasa Jawa : Eka, Siji, Esa, Tunggal. Tradisi tentang sabat disumberkan pada peristiwa perintah TUHAN tentang IBADAH UMAT. Allah memberikan contoh yang positif kepada manusia, bahwa ia harus beritirahat setelah bekerja. Waktu istirahat itu harus dipakai secara bertanggung jawab. Dalam waktu itu manusia melihat dan membina hubungan keintiman dengan Allah. Ia harus menyembah dan memuliakan nama TUHAN yang telah memberi waktu kerja kepadanya.

Pada sisi lain “Waktu Istirahat” itu pun penting bagi manusia. Di dalam waktu itu ia berhenti sementara dari proses kerja untuk memulihkan tenaga yang terkuras. Dia harus menikmati waktu relaks, agar menghimpunkan tenaga (energi) baru dalam melanjutkan pekerjaannya. Ia kembali melihat dan membina hubungan baik, mungkin saja selama bekerja terjadi ketegangan dengan rekan sekerjanya.

Kerja itu bermanfaat, jikalau ia dilakukan dengan rasa syukur kepada Tuhan, dan di dalam suasana persaudaraan dengan rekan sekerja. Oleh karena itu, tiap orang perlu berpartisipasi menciptakan iklim yang kondusif, agar kerja dapat mencapai hasil optimal dengan kualitas yang maksimal. Dalam hal seperti itu WAKTU ISTIRAHAT amat diperlukan, agar si pekerja dapat menata seluruh hubungan dengan dirinya dalam proses bekerja.


Jemaat yang Tuhan Yesus kasihi !


Dalam perkembangannya SABAT menjadi Hari Ibadah yang ditetapkan pada masyarakat Israel. Persoalan paling krusial adalah : Mengapa Orang Kristen Protestan berbeda dengan Aliran Advent dalam menetapkan Hari Ibadah ? Mengapa bukan di hari Sabtu ? Mengapa harus di hari Minggu ?

Ibadah Kristen berpusat pada Kristus Yesus dan karya-Nya. Puncak dari seluruh karya Kristus Yesus selama di atas bumi adalah “ Kematian dan Kebangkitan-Nya”. Kematian dan Kebangkitan Kristus menandai dan memaknai kemenangan Allah atas kuasa kegelapan (maut). Dalam Kematian Kritus Yesus, Allah masuk dan berperang melawan semua kuasa-kuasa yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, yang ada di dalam dunia nyata sekarang ini, maupun yang ada di dunia seberang sana. Perang Ilahi itu berakhir dalam KEBANGKITAN Kristus Yesus. Kebangkitan Kristus memproklamasikan kuasa Allah yang mampu menaklukkan kuasa kegelapan (maut). Itulah yang dirayakan sebagai hari kemenangan.

Kristus Yesus disalibkan pada Hari Jumat siang dan Dia bangkit pada subuh Hari Minggu (Ahad). Oleh karena itu, Gereja di segala abad dan tempat (kecuali Gereja Advent) menetapkan Hari Minggu sebagai WAKTU ISTIRAHAT pada seluruh Warga Gereja, agar mereka mengucap syukur dan memuliakan Allah di dalam nama Kristus Yesus.

Penetapan WAKTU ISTIRAHAT pada HARI PERTAMA DALAM TIAP MINGGU menegaskan kembali :


  1. PENGAKUAN IMAN GEREJA tentang : “ Pada Hari yang Ketiga ( terhitung setelah Paskah) telah bangkit dari antara orang mati….”

  1. KRISTUS YESUS adalah pusat IBADAH JEMAAT. Beribadah pada HARI MINGGU sama artinya dengan merayakan terus-menerus dan berulang-ulang penyelamatan Allah di dalam karya Kristus.

  1. IBADAH MINGGU tidak terlepas dari PELAYANAN KESAKSIAN GEREJA kepada manusia dan dunia tentang Kristus Yang Tersalib dan bangkit. Kata Yesus : “ Setiap kali kamu melakukannya, kamu memberitakan kematian-Ku sampai Aku datang”. Ucapan itu tidak saja berkaitan dengan penyelenggaraan Sakramen Perjamuan, akan tetapi secara umum berhubungan langsung dengan seluruh Ibadah Gereja. Ibadah apa saja yang dilakukan Gereja bertujuan memberitakan Kristus Yesus kepada dunia dan manusia.

  1. Dengan demikian HARI MINGGU adalah Hari Yang ditetapkan TUHAN, menurut keyakinan Gereja, sebagai WAKTU ISTIRAHAT. Agar seluruh Warga Gereja berpartisipasi ke dalam Ibadah untuk mengucap syukur dan berterimakasih karena keselamatan yang diterimanya, dan karena berkat yang dinikmati sepanjang seminggu bekerja.

Itulah makna Ibadah Minggu bagi Gereja disepanjang sejarah. Amin.


Sumber : “ Sabda Guna Dharma “ GPIB


105 comments:

  1. DH. Sahabat Gembala,

    Saya mw tahu nih, apakah jemaat Adventis Hari Ketujuh itu memulai Sabbath mereka pada hari Jumat pukul 6.00 petang?

    Soalnya, di Kejadian, penciptaan diawali dengan petang, jadilah petang jadilah pagi, itulah hari ketujuh.

    Trims atas jawabannya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya untuk berkongsi..

      Sabbath bukan dikira melalui jam tetapi dilihat dari terbenamnya matahari pada hari jumaat sehingga terbenamnya matahari pada hari sabtu..

      Delete
  2. saya mau tanya nih.........Tuhan Yesus kalian rambutnya kok gondrong banget sih......napa gak disuruh potong aja biar keren dikit gitu.......kalo bisa kayak christiano ronaldo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muhammadmu itu apa ga gondrong...... Dah jelek, kumisnya kayak kaisar Ming lalu kutuan lagiiii...

      Delete
    2. Tidak ada gambar Nabi, Kecuali hanya perkiraan2 saja, yang menyesatkan.

      Delete
    3. ga ada gambar nabi hanya perkiraan? karena emank gk boleh di gambar mungkin cacat

      Delete
  3. Dear Sahabat Gembala,

    Anda menerangkan tentang apa Sabat dan siapa yg melakukannya. Tetapi anda bilang bahwa "HARI MINGGU adalah Hari Yang ditetapkan TUHAN, menurut keyakinan Gereja, sebagai WAKTU ISTIRAHAT." - Apakah ini yg hrs kt praktekan? Apakah ini sejalan dengan perintah keempat yg ada di Hukum Taurat? Apakah kt harus ikut hukum dunia utk tdk beribadah pada hari Sabat? Bagaimana pertanggung Jawaban anda sebagai Gembala memberitahukan hal yg seperti ini?

    Mohon Penjelasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda tidak mengerti yg ditulis di atas. Maksudnya, Sabat itu menunjukkan hari ke 7, di mana merupakan hari istirahat dan bukan nama hari.

      Delete
    2. Just for sharing..

      Inilah yang membedakan agama Seventh Day Adventist dengan agama kristian yang lain..Jika anda mahu tahu lebih lanjut tentang hal ini..bacalah BUKU ROH NUBUAT yang ditulis oleh Nyonya Ellen G White..Semua penerangan ada dalam buku tersebut bagaimana Hari yang dikuduskan oleh Tuhan iaitu hari Sabbath @ Hari ketujuh telah diubah oleh Setan melalui sistem keagamaan dunia..

      Delete
    3. saya membaca markus 16:9 , matius 28:1
      jelas2 ayat tersebut menunjukan hari pertama adalah minggu....artinya angka 7 / sabath itu adalah hari sabtu...tetapi kenapa greja meninggalkan hari ke 7/sabath sebagai hari kudus di gantikan hari 1/minggu untuk beribadah...apakah gagasan dari greja lebih penting dan lebih baik dari firman yesus sendiri...?tiap umat punya kitab yang di yakini tetapi jika umat itu sendiri melanggar apa yg di ajarkan/firman tuhan itu sendiri di langgar sungguh tidak logis....

      Delete
    4. wah masih percaya aja sama tulisan ellen g white ??? udah tau dia itu plagiat...

      Delete
    5. 1. HARI JUMAT HARI KEMATIAN ( JUMAT AGUNG )

      Lukas 23 : 52 – 54
      Ia pergi menghadap Pilatus dan meminta mayat Yesus.

      23:53
      Dan sesudah ia menurunkan mayat itu, ia mengapaninya dengan kain lenan, lalu membaringkannya di dalam kubur yang digali di dalam bukit batu, di mana belum pernah dibaringkan mayat.

      23:54
      Hari itu adalah hari persiapan dan sabat hampir mulai.


      2. HARI SABTU ( HARI SABAT ) LUKAS 23:55–56

      lUKAS 23:55
      Dan perempuan-perempuan yang datang bersama-sama dengan Yesus dari Galilea, ikut serta dan mereka melihat kubur itu dan bagaimana mayat-Nya dibaringkan.

      LUKAS 23:56
      Dan setelah pulang, mereka menyediakan rempah-rempah dan minyak mur. (23-56b) Dan pada hari Sabat mereka beristirahat menurut hukum Taurat,


      3. HARI MINGGU/ HARI PASKAH ( HARI PERTAMA )

      Matius 28 : 1

      Setelah hari Sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain, menengok kubur itu.

      Sayang sekali orang Kristen yang diajak berdialog sama sekali kurang pengetahuan, berikut ini nama-nama hari :

      Minggu :
      Ibrani : RI'SYON atau 'EKHAD
      Yunani kuno : HELIOU
      Yunani Klasik : MIA
      Yunani Modern : KURIAKÊ

      Senin :
      Ibrani : SYENI
      Yunani kuno : SELENES
      Yunani Klasik : DEUTERA
      Yunani Modern : DEUTERA

      Selasa :
      Ibrani : SYELISYI
      Yunani kuno : AREOS
      Yunani Klasik : TRITÊ
      Yunani Modern : TRITÊ

      Rabu :
      Ibrani : REVI'I
      Yunani kuno : HERMU
      Yunani Klasik : TETARTÊ
      Yunani Modern : TETARTÊ

      Kamis :
      Ibrani : KHAMISYI
      Yunani kuno : DIOS
      Yunani Klasik : PEMPTÊ
      Yunani Modern : PEMPTÊ

      Jumat :
      Ibrani : SYISYI
      Yunani kuno : APHRODITES
      Yunani Klasik : HEKTE
      Yunani Modern : PARASKEUÊ

      Sabtu :
      Ibrani : SYEVI'I atau SYABAT
      Yunani kuno : KHRONU
      Yunani Klasik : HEBDOME
      Yunani Modern : SABBATO = SABTU

      Delete
  4. Saya rasa eksposisi dan penjelasan serta pertanggung jawaban iman dari renungan di atas sudah sangat jelas sekali. Dan waktu ibadah umat Kristen pada hari Minggu adalah warisan iman yang diturunkan oleh para rasul kepada bapak-bapak gereja dan kemudian diteruaskan oleh para reformator gereja spt : Martin Luther, Jhon Calvin, Zwinggly, Methodist sampai sekarang ini. Rasul Paulus katakan : Jikalau Kristus tidak dibangkitkan maka sia-sialah semua ibadah dan pelayan orang Kristen. Jadi semua ibadah Kristen berpusat pada Kristus ( Christo Centris)

    BADAH MINGGU tidak terlepas dari PELAYANAN KESAKSIAN GEREJA kepada manusia dan dunia tentang Kristus Yang Tersalib dan bangkit. Kata Yesus : “ Setiap kali kamu melakukannya, kamu memberitakan kematian-Ku sampai Aku datang”. Ucapan itu tidak saja berkaitan dengan penyelenggaraan Sakramen Perjamuan, akan tetapi secara umum berhubungan langsung dengan seluruh Ibadah Gereja. Ibadah apa saja yang dilakukan Gereja bertujuan memberitakan Kristus Yesus kepada dunia dan manusia.

    Demikian penjelasan saya.

    Salam sejahtera.

    ReplyDelete
  5. Memang Orang Kristen suka melanggar alkitab,alasan kan bisa dibuat-buat, itulah model jamaah tersesat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daripada membenarkan perbuatan kotor nabi muhammad. Bukankah dia adalah tokoh seks suci.? hahahahaaaa pantesa, jablay paling banyak islam, kasus perceraian paling banyak islam, orang miskin dan negara2 termiskin di dunia kebanyakan islam, gelandangan+pengemis paling banyak islam................. Parahhhhh

      Delete
  6. Pedoman sebuah agama adalah kitabnya, tetapi walaupun para Rasul kalau sudah melanggar ketentuan kitabiyah ya keliru atau tersesat, demikian juga Martin Luther, Jhon Calvin, Zwinggly, Methodist sampai sekarang ini.

    ReplyDelete
  7. Duh, parah orang kristiani gak tahu betul alkitabnya sendiri, Parah ! hari sabat itu hari sabtu, coba cek, Tuhan menciptakan bumi hari pertama minggu itu, berarti hari pertama minggu, hari ketujuh berarti sabtu ! harus nya kebaktianya hari sabtu dong? parah !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dasar bodoh kayak ustadmu plus nabi gaulmu itu...... Belajar dulu yaa baru koment, ga baca blog diatas yaa.?

      Delete
    2. JAWAB PERTANYAAN SAYA : -
      1. Bahasa Arab klasik tidak mengenal huruf hidup dan titik (missing vowels and dots), seperti dalam skrip Hejazi yang masih banyak dibaca salah dan perlu revisi berulang kali. Jika Qur'an adalah “perkataan Tuhan” dalam bahasa orisinilnya Tuhan, mengapa Allah tidak menyatakannya dalam suatu bahasa yang telah dipersiapkan perkembangannya secara penuh?

      2. Ketika seseorang non-Muslim mengkritik Qur'an, kenapa para Muslim mudah berdalih bahwa ia tak paham bahasa asli Quran? Padahal para sarjana mereka sendiripun praktis tidak juga paham dan sependapat akan bahasa asli Quran yang klasik dulu, apalagi skrip Hejazi yang sulit dimengerti atau diterjemahkan. Lalu untuk apa kamus-kamus bahasa Arab-Inggris yang paling shahih itu dipakai bilamana makna asli Quran (yang dikritisi negatif itu) tidak dapat diterjemahkan secara layak? Lebih parah lagi, untuk apa Allah berbahasa Quran-asli yang praktis hanya dipahami persis oleh Muhammad seorang?

      3. Anak-anak kecil bisa berfantasi dan percaya Cinderella berbicara pada burung-burung, tikus dan benda-benda. Apa yang membuat anda Muslim lebih pintar daripada seorang anak kecil tatkala anda percaya buta bahwa nabi Sulaiman, seperti dikatakan Qur'an, berbicara dengan semut.?

      4. Qur'an tidak pernah mengatakan bumi ini bulat, melainkan datar seperti hamparan permadani.Tidak seorangpun yang pernah melihat sebuah permadani bulat. Tetapi belakangan diplintir dengan menggunakan kata "Kurah" (bahasa Arab untuk bulat) di depan kata “bumi” seperti yang terdapat di banyak teks bahasa Arab dewasa ini. Apakah Allah menerapkan pemelintiran kata-kata baku?

      5. Mengapa setiap tahun orang Muslim di belahan dunia yang berbeda tidak dapat sepakat kapan dimulainya Ramadan? Apakah Allah menggunakan kalkulasi-kalkulasi astronomis yang sudah ketinggalan jaman karena ia berpikir bumi ini datar? (Earth was flat)

      Delete
    3. KOMENTAR ANDA HEBAT, SEKARANG TOLONG JAWAB PERTANYAAN INI;-

      Kenapa Muhammad melagak (bluffing) seolah dia tahu benar isi Taurat lalu membenar-benarkan Taurat dan menyuruh orang untuk mengimaninya (berpuluh kali!) padahal dia tidak tahu apa yang dibenarkan dan apa yang harus diimani dari Taurat itu? Tahukah Muslim bahwa “10 Perintah Tuhan” yang Tuhan sendiri tuliskan di luh-alwah itu juga menyangkut hal-hal yang justru Muhammad sendiri langgar, seperti;
      (a) Mengganti secara sembarangan nama diri Tuhan, dari aslinya YAHWEH, menjadi ALLAH.
      (b) Tidak mengkuduskan Hari Sabat, melainkan menggantinya menjadi hari Jumat
      (c) Hukum “jangan membunuh” diganti dengan hukum yang saling kontradiktif: “jangan membunuh…tetapi bunuhlah mereka yang murtad dan kafir”

      Delete
  8. namanya juga agama ciptaan manusia.........biasa aja lagiii...........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti Quran (koran) itu di faks oleh allahmu dari surga yaa..... minta dong no faksnya..

      Delete
  9. permisi numpang nyatronin si domba2..Inti permasalahannya adalah antara penanggalan yahudi dan Gregorian,Penanggalan Gregorian baru diperkenalkan pada tahun 1582. kemudian orang Scotlandia menyetujui penanggalan Gregorian baru pada tahun 1600-an. Jerman, Denmark dan Swedia baru menerimanya pada tahun 1700-an. Apalagi Inggris menerimanya baru pada tahun 1752. ini berarti bahwa penanggalan Gregorian baru dikenal sekitar 300-400 tahun yang lalu. Sementara informasi Alkitab anda mengatakan, bahwa hari pertama “hari Minggu” sudah ribuan tahun. Mengapa anda tidak mengikuti saja apa yang tertulis dalam alkitab? Apakah anda sudah tidak yakin lagi dengan informasi dari kitab suci anda sendiri, lalu beralih percaya kepada penulis penanggalan Gregorian? dasar sesat..!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. JAWAB PERTANYAAN SAYA : -
      1. Bahasa Arab klasik tidak mengenal huruf hidup dan titik (missing vowels and dots), seperti dalam skrip Hejazi yang masih banyak dibaca salah dan perlu revisi berulang kali. Jika Qur'an adalah “perkataan Tuhan” dalam bahasa orisinilnya Tuhan, mengapa Allah tidak menyatakannya dalam suatu bahasa yang telah dipersiapkan perkembangannya secara penuh?

      2. Ketika seseorang non-Muslim mengkritik Qur'an, kenapa para Muslim mudah berdalih bahwa ia tak paham bahasa asli Quran? Padahal para sarjana mereka sendiripun praktis tidak juga paham dan sependapat akan bahasa asli Quran yang klasik dulu, apalagi skrip Hejazi yang sulit dimengerti atau diterjemahkan. Lalu untuk apa kamus-kamus bahasa Arab-Inggris yang paling shahih itu dipakai bilamana makna asli Quran (yang dikritisi negatif itu) tidak dapat diterjemahkan secara layak? Lebih parah lagi, untuk apa Allah berbahasa Quran-asli yang praktis hanya dipahami persis oleh Muhammad seorang?

      3. Anak-anak kecil bisa berfantasi dan percaya Cinderella berbicara pada burung-burung, tikus dan benda-benda. Apa yang membuat anda Muslim lebih pintar daripada seorang anak kecil tatkala anda percaya buta bahwa nabi Sulaiman, seperti dikatakan Qur'an, berbicara dengan semut.?

      4. Qur'an tidak pernah mengatakan bumi ini bulat, melainkan datar seperti hamparan permadani.Tidak seorangpun yang pernah melihat sebuah permadani bulat. Tetapi belakangan diplintir dengan menggunakan kata "Kurah" (bahasa Arab untuk bulat) di depan kata “bumi” seperti yang terdapat di banyak teks bahasa Arab dewasa ini. Apakah Allah menerapkan pemelintiran kata-kata baku?

      5. Mengapa setiap tahun orang Muslim di belahan dunia yang berbeda tidak dapat sepakat kapan dimulainya Ramadan? Apakah Allah menggunakan kalkulasi-kalkulasi astronomis yang sudah ketinggalan jaman karena ia berpikir bumi ini datar? (Earth was flat)

      Delete
  10. saya mau tanya
    dengar-dengar yesus disalip karena penebusan dosa manusia ya...
    tapi kok yang bangsa romawi yang menyalipnya ada yang dikatakan berdosa sich

    bukannya mereka itu mendapat pahala
    khan dengan mereka menyalip yesus dosa manusia telah terampuni dengan kematian yesus

    dan mengapa setiap perayaan natal ada pohon natal??

    satu yang terakhir mengapa natal bertepatan dengan tanggal 25 desember yaitu kelahiran dewa matahari???
    karena banyak simbol dewa matahari dalam gambar yesus...
    dan kadang pada pakain pendeta dan pastur
    seperti cahaya sich
    tapi ini berbentuk matahari bukan cahaya

    ReplyDelete
  11. lha iya dong.....makanya dalan Kristen freesex,homosek,membunuh,mabok dll dibolehkan karna dosanya udah ditanggung Tuhan Yesus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nabi muhammadmu itu tokoh seks sejati karena suka ngentot. sdh nyuri/rampok, eehhh ngumpulin istri2 dari mereka yg di bunuh lalu di entot pantesen islam mengijinkan kawin bolee lebih dari satu asal tangg jawab ( padahal karena nafsu ) sama dgn nabimu sdh ngentot lalu utk benerkan dirinya, maka dia mengatakan allah yg memerintahkan. Nabi dan allahmu itu mukanya kayak memeqqqq...... goblokk

      Delete
    2. JAWAB PERTANYAAN SAYA : -
      1. Bahasa Arab klasik tidak mengenal huruf hidup dan titik (missing vowels and dots), seperti dalam skrip Hejazi yang masih banyak dibaca salah dan perlu revisi berulang kali. Jika Qur'an adalah “perkataan Tuhan” dalam bahasa orisinilnya Tuhan, mengapa Allah tidak menyatakannya dalam suatu bahasa yang telah dipersiapkan perkembangannya secara penuh?

      2. Ketika seseorang non-Muslim mengkritik Qur'an, kenapa para Muslim mudah berdalih bahwa ia tak paham bahasa asli Quran? Padahal para sarjana mereka sendiripun praktis tidak juga paham dan sependapat akan bahasa asli Quran yang klasik dulu, apalagi skrip Hejazi yang sulit dimengerti atau diterjemahkan. Lalu untuk apa kamus-kamus bahasa Arab-Inggris yang paling shahih itu dipakai bilamana makna asli Quran (yang dikritisi negatif itu) tidak dapat diterjemahkan secara layak? Lebih parah lagi, untuk apa Allah berbahasa Quran-asli yang praktis hanya dipahami persis oleh Muhammad seorang?

      3. Anak-anak kecil bisa berfantasi dan percaya Cinderella berbicara pada burung-burung, tikus dan benda-benda. Apa yang membuat anda Muslim lebih pintar daripada seorang anak kecil tatkala anda percaya buta bahwa nabi Sulaiman, seperti dikatakan Qur'an, berbicara dengan semut.?

      4. Qur'an tidak pernah mengatakan bumi ini bulat, melainkan datar seperti hamparan permadani.Tidak seorangpun yang pernah melihat sebuah permadani bulat. Tetapi belakangan diplintir dengan menggunakan kata "Kurah" (bahasa Arab untuk bulat) di depan kata “bumi” seperti yang terdapat di banyak teks bahasa Arab dewasa ini. Apakah Allah menerapkan pemelintiran kata-kata baku?

      5. Mengapa setiap tahun orang Muslim di belahan dunia yang berbeda tidak dapat sepakat kapan dimulainya Ramadan? Apakah Allah menggunakan kalkulasi-kalkulasi astronomis yang sudah ketinggalan jaman karena ia berpikir bumi ini datar? (Earth was flat)

      Delete
  12. enak yaaa......

    ReplyDelete
  13. pantek mu lah njing...
    komen ko bikin emosi...
    ko bsa nya nyela Kristen...
    taik!

    ReplyDelete
  14. Semua agama adalah dari luar negri...pake bahasa asli sana dan orang2 dari negara lain berusaha menterjemahkan ke bahasa sendiri supaya gampang mengerti arti kitab nya...klo kemudian bahasa bangsa sendiri saja nggak sekolah...bagaimana bisa mengerti kitab yang pake bahasa aslinya ?? yang belum diterjemahkan ?? bener nggak ??....
    Trus menyakini agama itu tujuanya untuk bisa masuk surga bukan neraka...jadi harus ada kepastian masuk surga sehingga orang memeluk suatu agama...klo nggak ada kepastian ato klo mudah2 an ato klo mungkin bisa masuk surga...ya mending nggak usah di yakini alias nggak usah dipercayai lagi...coba lah direnungkan...boleh juga klo mau disanggah...ok cak ??

    ReplyDelete
  15. makanya loe masuk islam dulu .............biar tau...........ato emang loe mau free sex,homo sex terusssss............di Kristen kan boleh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga sadar kalo nabimu itu di cap sebagai tokoh seks sejagad karena selama hidupnya suka ngewe dan koleksi para janda. parahnya lagi, istri sepupunya sdri di umbat....! ngaca bung

      Delete
    2. homo sex emang ga ada di muslim?coba berkaca di negri sendiri. Ryan jombang orang muslim? Dorce galamalam muslim? terus pacar2nya ryan jombang muslim ga? free sex? coba cek di negara muslim terbesar di dunia ini, ada berapa sih kasus free sex nya? agamanya apa yang free sex? apalagi yang pedofil.. agak diliat lagi datanya ya mas.. :)

      Delete
  16. Bertobatlah!
    S'bab Kerajaan ALLAH sudah dekat!udah dekat!

    ReplyDelete
  17. kerajaan Allah sekarang sudah ada ... silakan lihat nubuatan Daniel tentang kerajaan Allah ... di sini ada linknya

    http://xucinxgaronx.wordpress.com/2010/02/10/nubuat-daniel-kerajaan-allah/#comment-1091

    ReplyDelete
  18. Tak asah bicara agama siapa yang benar,bila kamu sndr belum berlaku benar dlm tingkah lakumu.dr bahasa saja sdh bisa ditaksir level keimanan anda [sgt rendah] sampai kiamat tiba ,tak mumgkin unk menyatukan dua dogma yg berbeda.anda yg suka menyerang,anda yang suka membenarkan diri sendiri,anda yg merasa mencela dogma lain,anda yang menanamkan perselisihan dan permusuhan ....itu semua adlh cerminan dari pribadi dan ajaran yang telah anda terima.anda masuk blok ini menanamkan kekeruhan itupun gambaran keculasan anda. Iblis mempunyai sifat memecah belah,menimbulkan permusuhan ,kebencian ,menteror ,menakut-nakuti,bicara kasar dan sifat2 itu dimiliki sama persis dg "orang luar" yang masuk blok ini.lakukan apa yang menjadi keyakinanmu ,namun jgn ganggu apa yg menjadi keyakinanmu. org tidak akan memuji anda ,tp malah mentertawakan kedangkalan anda. saya sgt yakin anda hanya sekadar islam figuran aja.orang yang benar2 berbobot bs dilihat dari cara penyampaianya.lebih baik anda jd ustad di pasar2 loak ,niscaya byk org akan mendengarkan bualan2 anda ;sinkron dg level anda

    ReplyDelete
  19. tulisan ( di atas ) menunjukkan kepribadian yang bertentangan dengan ajaran Yesus ....

    Matius 7:2 Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.

    ReplyDelete
  20. iya...ya...di Injil Kristen diwajib kan sunat.......tapi apa orang Kristen tuh pada sunat semua..........ato emang suka banget sama kulub ya...biar tambah tebal tuk kontol...nanti pasangan zinanya jadi ketagihan tuh.........tapi banyak taiknya ya.........ha...ha...ha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. JAWAB PERTANYAAN SAYA : -
      1. Bahasa Arab klasik tidak mengenal huruf hidup dan titik (missing vowels and dots), seperti dalam skrip Hejazi yang masih banyak dibaca salah dan perlu revisi berulang kali. Jika Qur'an adalah “perkataan Tuhan” dalam bahasa orisinilnya Tuhan, mengapa Allah tidak menyatakannya dalam suatu bahasa yang telah dipersiapkan perkembangannya secara penuh?

      2. Ketika seseorang non-Muslim mengkritik Qur'an, kenapa para Muslim mudah berdalih bahwa ia tak paham bahasa asli Quran? Padahal para sarjana mereka sendiripun praktis tidak juga paham dan sependapat akan bahasa asli Quran yang klasik dulu, apalagi skrip Hejazi yang sulit dimengerti atau diterjemahkan. Lalu untuk apa kamus-kamus bahasa Arab-Inggris yang paling shahih itu dipakai bilamana makna asli Quran (yang dikritisi negatif itu) tidak dapat diterjemahkan secara layak? Lebih parah lagi, untuk apa Allah berbahasa Quran-asli yang praktis hanya dipahami persis oleh Muhammad seorang?

      3. Anak-anak kecil bisa berfantasi dan percaya Cinderella berbicara pada burung-burung, tikus dan benda-benda. Apa yang membuat anda Muslim lebih pintar daripada seorang anak kecil tatkala anda percaya buta bahwa nabi Sulaiman, seperti dikatakan Qur'an, berbicara dengan semut.?

      4. Qur'an tidak pernah mengatakan bumi ini bulat, melainkan datar seperti hamparan permadani.Tidak seorangpun yang pernah melihat sebuah permadani bulat. Tetapi belakangan diplintir dengan menggunakan kata "Kurah" (bahasa Arab untuk bulat) di depan kata “bumi” seperti yang terdapat di banyak teks bahasa Arab dewasa ini. Apakah Allah menerapkan pemelintiran kata-kata baku?

      5. Mengapa setiap tahun orang Muslim di belahan dunia yang berbeda tidak dapat sepakat kapan dimulainya Ramadan? Apakah Allah menggunakan kalkulasi-kalkulasi astronomis yang sudah ketinggalan jaman karena ia berpikir bumi ini datar? (Earth was flat)

      Delete
  21. yang free sex kan sama yang jadi jablay kebanyakannya dari muslim heeeeeeeeeeeeeeeeeeeee

    ReplyDelete
  22. u/ anda yg comment tgl 15 okt 2011 11:25 pm
    comment anda berlaku juga u/ anda sendiri, dan teman kalian. coba perhatikan isi blog ini. SAMA SAJA kan.
    he...he..
    BURUK MUKA CERMIN DI BELAH.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yehezkiel 22 : 26
      Imam-imamnya memperkosa hukum Taurat-Ku dan menajiskan hal-hal yang kudus bagi-Ku, mereka tidak membedakan antara yang kudus dengan yang tidak kudus, tidak mengajarkan perbedaan yang najis dengan yang tahir, mereka menutup mata terhadap hari-hari Sabat-Ku. Demikianlah Aku dinajiskan ditengah-tengah mereka.

      Delete
  23. Kain dan Habel

    Kedua bersaudara ini mendirikan mezbah mereka dan masing-masing membawa persembahan. Habel membawa satu korban dari antara kawanan dombanya sesuai dengan petunjuk Tuhan. Maka Tuhan mengindahkan Habel dan korban persembahannya. Api memancar dari surga dan membakar korban itu. Tetapi Kain, telah melanggar petunjuk dan perintah Tuhan yang jelas itu dengan hanya membawa persembahan buah-buahan. Sehingga tidak ada tanda-tanda dari surga bahwa persembahannya diterima.
    Hari Sabat yang diperintahkan Tuhan untuk dituruti, menjadi hari perbaktian yang kudus, suci dan diberkati ditinggalkan, sementara tidak diperintahkan dilakukan atau dikuduskan. Kesalahan Kain jangan terulang kembali di dalam perbaktian kita kepada
    Tuhan, agar jangan sia-sia penurutan kita kepadaNya.

    ReplyDelete
  24. TUHAN TIDAK PERNAH MENYURUH SIAPAPUN UNTUK “MEMILIH” HARI MANA YANG MEREKA INGIN KUDUSKAN !

    Baca Keluaran 16:4! Tuhan menguji manusia untuk mengetahui apakah mereka menurut hukumku atau tidak. Ketika Tuhan Menyediakan Manna di padang gurun selama 40 Tahun. Dan Tuhan mengadakan 3 mujijat yang berkesinambungan untuk menunjukkan dan membuktikan bahwa bukan hari ke-7 mana saja yang kudus.

    Tiga mujijat tersebut :
    1. Tidak ada manna yang turun pada hari Sabat / hari ketujuh ( Ke-7 ) dalam minggu tersebut.
    2. Jika manna “Tambahan” dikumpulkan, manna tersebut busuk pada hari berikutnya.
    3. Dua bagian yang dikumpulkan pada hari ke-6 (hari Jumat) tidak busuk jika disimpan. Untuk dimakan pada hari Sabat Hari ke-7. Jadi hari kudus yang ditetapkan Tuhan harus
    Dituruti oleh manusia ciptaanNya.

    ReplyDelete
  25. mengenai Tradisi Yesus berkata :

    “Tradisi” Yesus berkata : Mateus 15:3 “Mengapa kamupun melanggar perintah Allah demi adat istiadat nenek moyangmu?”
    Mateus 15:6 “… Dengan demikian Firman Allah kamu nyatakan tidak berlaku demi adat istiadatmu sendiri,”
    Mateus 15:9 “Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia .
    Jelaslah Tuhan tidak pernah mengijinkan tradisi-tradisi manusia menggantikan hukum-hukum-Nya.
    10 Hukum Taurat/ Hukum Tuhan berlaku hingga saat ini. Ada 4 ayat Bukti yang menjamin untuk menghilangkan keragu-raguan itu :
    1.1 Yohanes 3:4 Setiap orang yang berbuat dosa,
    melanggar juga hukum Allah, sebab dosa ialah
    pelanggaran hukum Allah.
    2.Roma 4:15 Dimana tidak ada hukum Taurat, di situ
    tidak ada pelanggaran.
    3.Roma 6:23 Sebab upah dosa ialah maut/kematian.
    4.Roma 5:14 Maut telah berkuasa dari zaman Adam
    sampai kepada zaman Musa.

    Jadi kesimpulannya: Tidak akan ada maut tanpa dosa dan tidak akan ada dosa tanpa hukum. Itu sebabnya, jelas sekali bahwa 10 Hukum Tuhan itu ada sejak jaman Adam sampai Musa.

    ReplyDelete
  26. Dikutip dari Buku Kontroversi Hari Sabat Oleh : Haji. Insan Mokoginta hal. 51

    Perlu anda renungkan cukup sekitar 20 masalah “Hari Minggu” sbb :

    1.Allah tidak berhenti bekerja pada hari Minggu.
    2.Allah dan Yesus tidak pernah memberkati hari
    Minggu.
    3.Tidak ada hukum yang menyuruh memelihara hari
    Minggu.
    4.Yesus tidak pernah memberkati hari Minggu.
    5.Hari Minggu tidak pernah dikuduskan oleh Allah
    maupun Yesus.
    6.Tidak ada pelanggaran hukum jika bekerja pada
    hari Minggu.
    7.Tidak ada satu ayatpun dalam Alkitab yang
    melarang bekerja pada hari Minggu.
    8.Tidak ada berkat yang dijanjikan bagi mereka yang
    memelihara hari Minggu.
    9.Hari Minggu tidak pernah disebutkan dalam Alkitab
    sebagai hari ibadah bagi umat Kristiani.
    10.Tidak pernah hari Minggu disebut sebagai hari
    perhentian.
    11.Yesus tidak pernah menyinggung tentang hari
    Minggu.
    12.Kata “hari minggu” bahkan tidak pernah muncul
    dalam Alkitab, kecuali disebut “pekan pertama
    minggu itu”, tetapi bukan “hari minggu”, dan
    hanya sekali disebutkan yaitu pada Kis 20:7,
    itupun hanya pertemuan dimalam hari, yaitu Sabtu
    malam.
    13.Para nabi dan orang terdahulu tidak pernah
    memelihara hari Minggu.
    14.Tidak ada ayat dalam Alkitab tentang perobahan
    Sabat jadi hari Minggu.
    15.Tidak pernah Tuhan maupun Yesus berfirman bahwa
    ada dua hari Sabat yang dikuduskan dalam
    seminggu, yaitu hari Sabtu dan Minggu.
    16.Tidak ada satu perintahpun dalam Alkitab yang
    menyuruh merayakan “hari kebangkitan” Yesus
    sebagai pengganti hari Sabat.
    17.Tidak pernah Tuhan berfirman bahwa “hari
    kebangkitan” Yesus harus dikuduskan seperti hari
    Sabat.
    18.Seumur hidupnya, Yesus hanya beribadah pada hari
    Sabat.
    19.Tidak ada seorang nabi pun dalam Alkitab yang
    pernah menyuruh mengkuduskan hari Minggu.
    20.Seumur hidupnya, tidak sekalipun keluar dari
    mulut atau bibir Yesus sendiri, bahwa Dia
    mengkuduskan hari Minggu dll.

    Matius 5 : 18
    karena Aku berkat kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atu satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebleum semuaya terjadi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, Sabat itu hari Sabtu, bukan hari Minggu dan bukan pula hari Jumat. Mestinya Mokoginta berjuang untuk menegakkan Sabat hari Sabtu, bukannya malah ngikutin hari Jumat yg ga jelas rimbanya. Bahkan Quran sendiri mengakui Sabat itu Sabtu (An Nisaa' : 47, 154). Dan quran membenarkan kitab sebelumnya (Taurat, Injil, Zabur) yg ada terang padanya, serta memerintahkan Muhammad untuk bertanya kepada ahli kitab.

      Delete
  27. Perhatikan bagaimana Tuhan memilih perintah Sabat sebagai Ujian Kesetiaan Terbesar dari Hukum-Hukumnya. Sebab Hari Sabat Hari yang dikuduskan Tuhan adalah Kebenaran yang terakhir dari “ Kebenaran Alkitab yang diabaikan Dunia Orang Kristen, ditetapkan kembali Sebelum Kedatangannya yang keduakali yang sangat dekat itu, agar barang siapa orang yang rindu bertemu dengan Tuhan di Surga Harus menyucikan Sabat hari Ketujuh.

    Yehezkiel 20 : 12 – 13
    20:12 Hari-hari Sabat-Ku juga Kuberikan kepada mereka menjadi peringatan di antara Aku dan mereka, supaya mereka mengetahui bahwa Akulah TUHAN, yang menguduskan mereka.
    20:13 Tetapi kaum Israel memberontak terhadap Aku di padang gurun; mereka tidak hidup menurut ketetapan-ketetapan-Ku dan mereka menolak peraturan-peraturan-Ku, yang, kalau manusia melakukannya, ia akan hidup. Mereka juga melanggar kekudusan hari-hari Sabat-Ku dengan sangat. Maka Aku bermaksud hendak mencurahkan amarah-Ku ke atas mereka di padang gurun hendak membinasakan mereka.

    ReplyDelete
  28. Yesuslah yang terpenting dalam hidup Saya, dan saya harus mengikutiNya – dengan persyaratanNya, bukan persyaratan Saya

    KELUARAN 31: 12-18
    31:12 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa:
    31:13 "Katakanlah kepada orang Israel, demikian: Akan tetapi hari-hari Sabat-Ku harus kamu pelihara, sebab itulah peringatan antara Aku dan kamu, turun-temurun, sehingga kamu mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, yang menguduskan kamu.

    ReplyDelete
  29. 31:16 Maka haruslah orang Israel memelihara hari Sabat, dengan merayakan sabat, turun-temurun, menjadi perjanjian kekal.
    31:17 Antara Aku dan orang Israel maka inilah suatu peringatan untuk selama-lamanya, sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, dan pada hari yang ketujuh Ia berhenti bekerja untuk beristirahat."
    31:18 Dan TUHAN memberikan kepada Musa, setelah Ia selesai berbicara dengan dia di gunung Sinai, kedua loh hukum Allah, loh batu, yang ditulisi oleh jari Allah.
    Markus 1:21
    Mereka tiba di Kapernaum. Setelah hari Sabat mulai, Yesus segera masuk ke dalam rumah ibadat dan mengajar.
    Markus 6:2
    Pada hari Sabat Ia mulai mengajar di rumah ibadat dan jemaat yang besar takjub ketika mendengar Dia dan mereka berkata: "Dari mana diperoleh-Nya semuanya itu? Hikmat apa pulakah yang diberikan kepada-Nya? Dan mujizat-mujizat yang demikian bagaimanakah dapat diadakan oleh tangan-Nya?
    LUKAS 4:31
    Kemudian Yesus pergi ke Kapernaum, sebuah kota di Galilea, lalu mengajar di situ pada hari-hari Sabat.
    LUKAS 6:5-9
    6:5 Kata Yesus lagi kepada mereka: "Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat."

    ReplyDelete
  30. PERJANJIAN ABADI / KEKAL TURUN TEMURUN
    Yesaya 66 : 22 – 23
    Sebab sama seperti langit yang baru dan bumi yang baru yang akan Kujadikan itu, tinggal tetap dihadapan-Ku, demikianlah firman Tuhan, demikianlah keturunanmu dan namamu akan tinggal tetap. Bulan berganti bulan, dan Sabat berganti Sabat, maka seluruh umat manusia akan datang untuk sujud menyembah dihadapan-Ku firman Tuhan.

    ReplyDelete
  31. MENGHORMATI HARI SABAT
    Yesaya 58 : 13 – 14
    Apabila engkau tidak menginjak-injak hukum Sabat dan tidak melakukan urusanmu pada hari Kudus-Ku; apabila engkau menyebutkan hari Sabat “ hari kenikmatan”, dan hari Kudus Tuhan “ hari yang mulia”; apabila engkau menghormatinya dengan tidak menjalankan segala acaramu dan dengan tidak mengurus urusanmu atau berkata omong kosong, maka engkau akan bersenang-senang karena Tuhan, dan Aku akan membuat engkau melintasi puncak bukit-bukit di bumi dengan kendaraan kemenangan; Aku akan memberi makan engkau dari milik pusaka Yakub, bapa leluhurmu, sebab mulut Tuhanlah yang mengatakannya

    ReplyDelete
  32. kamus Kitab Suci Indonesian Literal Translation Hal.329 Mengatakan : Sabat
    Ibrani Sabbath, artinya Hari ketujuh, Dalam bahasa dan kalender Indonesia adalah hari
    Sabtu.


    HARI SABAT DALAM PERJANJIAN BARU
    Yesus berkata: “Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat” itu menjadi berkat kepada umat manusia. Yesus menyatakan dengan caraNya memelihara hari Sabat bahwa berbuat kebajikan adalah dibenarkan pada hari Sabat. Baca Matius 12:1-12; Markus 2:23-28; 3:1-5; Lukas 13:10-17; 14:1-6; Yohanes 9. Sedikitpun tidak ada pernyataan dalam Perjanjian Baru bahwa hari Sabat yang suci milik Allah telah dikesampingkan atau diganti dengan hari yang lain. Pada Khotbah di atas Bukit Yesus tidak meninggalkan kebimbangan tentang sikapNya terhadap Kesepuluh Hukum itu. Baca Matius 5:17-19. Bahkan hingga kepada hari kematianNyapun tidak mencemarkan Hari sabat. Jumat Sore dia dikuburkan sebelum tiba hari Sabat, dan minggu pagi Yesus dibangkitkan. Begitu pentingnya penurutan untuk menyucikan Hari Sabat .. Yesus berpesan kepada muridnya menjelang hari kedatangannya akan ada kesusahan dan siksaan maka pesan Yesus: Matius 24:20 Berdoalah, supaya waktu kamu melarikan diri itu jangan jatuh pada musim dingin dan jangan pada hari Sabat. 24:21 Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi.
    Adakah Kristus mempunyai sesuatu hubungan dengan pembuatan hari Sabat ? “Segala sesuatu dijanjikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada satupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.” Yohanes 1:3. Baca Kolose 1:16; Ibrani 1:2. Catatan: Karena Kristus adalah agen yang aktif dalam penciptaan hari Sabat dibuat olehNya pada akhir minggu penciptaan. Baca Kejadian 2:1-3. Dia membuat hari Sabat. Yesus adalah Pencipta dan sekaligus teladan dalam menyucikan hari Sabat. “Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, da menurut kebiasaaNya pada hari Sabat Ia
    1. masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca Alkitab.”Lukas 4:16. Baca juga Markus 6:2. “Sebab Aku telah memberi suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat yang sama seperti yang Kuperbuat kepadamu.” Yohanes 13:15



    2. Pada hari apa Kristus berbakti ? Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaanNya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah Ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.” Lukas 4:16.

    3. Apakah Kristus mengharapkan hari Sabat akan dihapuskan ? Dia mengakui hari Sabat itu akan ada lama sesudah kenaikanNya, pada waktu pengenpungan Yerusalem tahun 70 Tarikh Masehi, karena Ia mengatakan kepada murid-muridNya, “ Berdoalah, supaya waktu kamu melarikan diri itu jangan jatuh pada musim dingin dan jangan pada hari Sabat.” Matius 24:23.

    4. Hari apa yang datang sebelum hari pertama dari minggu itu ? “Setelah hari sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain menengok kubur itu.” Matius 28:1.

    5. Hari apa disucikan wanita-wanita itu sesudah penyaliban ? “Dan setelah pulang, mereka mnyediakan rempah-rempah dan minyak mur. Dan pada hari Sabat mereka beristiraha menurut hukum Taurat.” Lukas 23:54. Catatan: Hari Sabat “menurut hukum itu” adalah hari ketujuh. (Baca Keluaran 20:10)

    6. Apa teladan Paulus – hari apa yang dia sucikan (pelihara) sebagai hari Sabat? “Dari Perga mereka melanjutkan perjalanan mereka, lalu tiba di Antiokia di Pisidia, ketika Paulus dan Barnabas keluar, mereka diminta untuk berbicara tentang pokok itu pula pada hari Sabat berikutnya. Pada hari Sabat kami keluar pintu gerbang kota. Kami meyusur tepi sungai dan menemukan tempat sembahyang Yahusi, yang sudah kami duga ada di situ, setetlah susuk, kami berbicara kepada perempuan-perempuan yang ada berkumpul di situ.” Kisah 13:14, 42; 16:13.

    Catatan: Adalah kebiasaan Paulus menghadiri uapacara agama pada hari Sabat.

    ReplyDelete
  33. . Apa yang dilakukan Paulus pada hari-hari kerja dibandingkan dengan hari Sabat? “Dan karena mereka melakukan pekerjaan yang sama ia tinggal bersama-sama dengan mereka. Mereka bekerja bersama-sama, karena mereka sama-sama tukang kemah. Dan setiap hari Sabat Paulus berbicara dalam rumah ibadat dan berusaha meyakinkan orang-orang Yahudi dan orang-orang Yunani.” Kisah 18:3,4.

    Catatan: Kebiasaan Paulus maupun kebiasaan Kristus adalah berbakti pada hari Sabat hari ketujuh.

    8. Pada hari apa Yohanes dikuasai Roh ? “Pada hari Tuhan aku dikuasai oleh Roh dan aku mendengar dari belakangku suatu suara yang nyaring seperti bunyi sangkakala.” Wahyu 1:10.

    Catatan: Ungkapan “Hari Tuhan” menunjuk kepada hari Sabat hari ketujuh baik dalam Perjanjian Lama maupun dalam Perjanjian Baru. Dia mengatakan, “tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat Tuhan , Allahmu.” Keluaran 20:10. Dalam Yesaya 58:13 Dia menyebut hari Sabat”Hari kudusKu” Hari Tuhan adalah hari atas mana Kristus adalah Tuhan, Dia katakan Ia adalah Tuhan atas hari Sabat (Matius 12:8; Markus 2:28). Baca Keluaran 20:11.
    Kesimpulan
    Kristus melakukan semua apa yang dapat Ia lakukan untuk mengembalikan hari Sabat kepada bangsa Israel sebagiamana itu telah diberikan kepada mereka sebelumnya. Itu dimaksudkan utnuk menjadi berkat bukan untuk menjadi beban. Kristus berusaha menyatakan bahwa maksud sebenarnya daripada hari Sabat ialah disamping memuliakan nama Allah atas kasih dan berkatNya sepanjang 6 hari di waktu yang diberikan untuk bekerja bagi kita juga hari sabat seharusnya berbuat baik, menyebuhkan orang sakit, dan melakukan perbuatan-perbuatan belas kasihan.
    Buku Ibrani menyebutkan hari Sabat hari ketujuh.” Dan Allah berhenti pada hari ketujuh dari segala pekerjaanNya.” Ibrani 4:4. “Sebab barangsiapa telah masuk ke tempat perhentianNya, ia sendiri telah berhenti dari segala pekerjaanya, sama seperti Allah berhenti dari pekerjaanNya.” Ibrani 4:10. Allah memanggil umatNya ke dalam suatu perhentian rohani, suatu perhentian dari pekerjaan mereka sendiri; berhenti dari dosa. Pemeliharaan hari Sabat adalah suatu lambang dari perhentian ini. Allah menuntut kesucian hidup. Untuk ini hari Sabat adalah suatu tanda. Jangalah kita menolak tanda itu, apalagi menolah untuk mana tanda itu berdiri

    ReplyDelete
  34. kamus Kitab Suci Indonesian Literal Translation Hal.329 Mengatakan : Hari Sabat:
    Ibrani Sabbath, artinya Hari ketujuh, Dalam bahasa dan kalender Indonesia adalah Sabtu.

    Webster”s New World Dictionary : Sabbat = The Seventh day of the Week

    ReplyDelete
    Replies
    1. KOMENTAR ANDA HEBAT, SEKARANG TOLONG JAWAB PERTANYAAN INI;-

      Kenapa Muhammad melagak (bluffing) seolah dia tahu benar isi Taurat lalu membenar-benarkan Taurat dan menyuruh orang untuk mengimaninya (berpuluh kali!) padahal dia tidak tahu apa yang dibenarkan dan apa yang harus diimani dari Taurat itu? Tahukah Muslim bahwa “10 Perintah Tuhan” yang Tuhan sendiri tuliskan di luh-alwah itu juga menyangkut hal-hal yang justru Muhammad sendiri langgar, seperti;
      (a) Mengganti secara sembarangan nama diri Tuhan, dari aslinya YAHWEH, menjadi ALLAH.
      (b) Tidak mengkuduskan Hari Sabat, melainkan menggantinya menjadi hari Jumat
      (c) Hukum “jangan membunuh” diganti dengan hukum yang saling kontradiktif: “jangan membunuh…tetapi bunuhlah mereka yang murtad dan kafir”

      Delete
  35. kamus Kitab Suci Indonesian Literal Translation Hal.329 Mengatakan : Hari Sabat:
    Ibrani Sabbath, artinya Hari ketujuh, Dalam bahasa dan kalender Indonesia adalah Sabtu.

    Webster”s New World Dictionary : Sabbat = The Seventh day of the Week

    ReplyDelete
  36. mau hari sabtu ato minggu terserah loe aja....mending loe nyepong tuh kontol Tuhan Yesus loe

    ReplyDelete
    Replies
    1. JAWAB PERTANYAAN SAYA : -
      1. Bahasa Arab klasik tidak mengenal huruf hidup dan titik (missing vowels and dots), seperti dalam skrip Hejazi yang masih banyak dibaca salah dan perlu revisi berulang kali. Jika Qur'an adalah “perkataan Tuhan” dalam bahasa orisinilnya Tuhan, mengapa Allah tidak menyatakannya dalam suatu bahasa yang telah dipersiapkan perkembangannya secara penuh?

      2. Ketika seseorang non-Muslim mengkritik Qur'an, kenapa para Muslim mudah berdalih bahwa ia tak paham bahasa asli Quran? Padahal para sarjana mereka sendiripun praktis tidak juga paham dan sependapat akan bahasa asli Quran yang klasik dulu, apalagi skrip Hejazi yang sulit dimengerti atau diterjemahkan. Lalu untuk apa kamus-kamus bahasa Arab-Inggris yang paling shahih itu dipakai bilamana makna asli Quran (yang dikritisi negatif itu) tidak dapat diterjemahkan secara layak? Lebih parah lagi, untuk apa Allah berbahasa Quran-asli yang praktis hanya dipahami persis oleh Muhammad seorang?

      3. Anak-anak kecil bisa berfantasi dan percaya Cinderella berbicara pada burung-burung, tikus dan benda-benda. Apa yang membuat anda Muslim lebih pintar daripada seorang anak kecil tatkala anda percaya buta bahwa nabi Sulaiman, seperti dikatakan Qur'an, berbicara dengan semut.?

      4. Qur'an tidak pernah mengatakan bumi ini bulat, melainkan datar seperti hamparan permadani.Tidak seorangpun yang pernah melihat sebuah permadani bulat. Tetapi belakangan diplintir dengan menggunakan kata "Kurah" (bahasa Arab untuk bulat) di depan kata “bumi” seperti yang terdapat di banyak teks bahasa Arab dewasa ini. Apakah Allah menerapkan pemelintiran kata-kata baku?

      5. Mengapa setiap tahun orang Muslim di belahan dunia yang berbeda tidak dapat sepakat kapan dimulainya Ramadan? Apakah Allah menggunakan kalkulasi-kalkulasi astronomis yang sudah ketinggalan jaman karena ia berpikir bumi ini datar? (Earth was flat)

      Delete
    2. KOMENTAR ANDA HEBAT, SEKARANG TOLONG JAWAB PERTANYAAN INI;-

      Kenapa Muhammad melagak (bluffing) seolah dia tahu benar isi Taurat lalu membenar-benarkan Taurat dan menyuruh orang untuk mengimaninya (berpuluh kali!) padahal dia tidak tahu apa yang dibenarkan dan apa yang harus diimani dari Taurat itu? Tahukah Muslim bahwa “10 Perintah Tuhan” yang Tuhan sendiri tuliskan di luh-alwah itu juga menyangkut hal-hal yang justru Muhammad sendiri langgar, seperti;
      (a) Mengganti secara sembarangan nama diri Tuhan, dari aslinya YAHWEH, menjadi ALLAH.
      (b) Tidak mengkuduskan Hari Sabat, melainkan menggantinya menjadi hari Jumat
      (c) Hukum “jangan membunuh” diganti dengan hukum yang saling kontradiktif: “jangan membunuh…tetapi bunuhlah mereka yang murtad dan kafir”

      Delete
  37. HARI SABAT DALAM PERJANJIAN BARU
    Yesus berkata: “Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat” itu menjadi berkat kepada umat manusia. Yesus menyatakan dengan caraNya memelihara hari Sabat bahwa berbuat kebajikan adalah dibenarkan pada hari Sabat. Baca Matius 12:1-12; Markus 2:23-28; 3:1-5; Lukas 13:10-17; 14:1-6; Yohanes 9. Sedikitpun tidak ada pernyataan dalam Perjanjian Baru bahwa hari Sabat yang suci milik Allah telah dikesampingkan atau diganti dengan hari yang lain. Pada Khotbah di atas Bukit Yesus tidak meninggalkan kebimbangan tentang sikapNya terhadap Kesepuluh Hukum itu. Baca Matius 5:17-19. Bahkan hingga kepada hari kematianNyapun tidak mencemarkan Hari sabat. Jumat Sore dia dikuburkan sebelum tiba hari Sabat, dan minggu pagi Yesus dibangkitkan. Begitu pentingnya penurutan untuk menyucikan Hari Sabat .. Yesus berpesan kepada muridnya menjelang hari kedatangannya akan ada kesusahan dan siksaan maka pesan Yesus: Matius 24:20 Berdoalah, supaya waktu kamu melarikan diri itu jangan jatuh pada musim dingin dan jangan pada hari Sabat. 24:21 Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi.
    Adakah Kristus mempunyai sesuatu hubungan dengan pembuatan hari Sabat ? “Segala sesuatu dijanjikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada satupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.” Yohanes 1:3. Baca Kolose 1:16; Ibrani 1:2. Catatan: Karena Kristus adalah agen yang aktif dalam penciptaan hari Sabat dibuat olehNya pada akhir minggu penciptaan. Baca Kejadian 2:1-3. Dia membuat hari Sabat. Yesus adalah Pencipta dan sekaligus teladan dalam menyucikan hari Sabat. “Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, da menurut kebiasaaNya pada hari Sabat Ia
    1. masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca Alkitab.”Lukas 4:16. Baca juga Markus 6:2. “Sebab Aku telah memberi suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat yang sama seperti yang Kuperbuat kepadamu.” Yohanes 13:15

    ReplyDelete
  38. 2. Pada hari apa Kristus berbakti ? Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaanNya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah Ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.” Lukas 4:16.

    3. Apakah Kristus mengharapkan hari Sabat akan dihapuskan ? Dia mengakui hari Sabat itu akan ada lama sesudah kenaikanNya, pada waktu pengenpungan Yerusalem tahun 70 Tarikh Masehi, karena Ia mengatakan kepada murid-muridNya, “ Berdoalah, supaya waktu kamu melarikan diri itu jangan jatuh pada musim dingin dan jangan pada hari Sabat.” Matius 24:23.

    4. Hari apa yang datang sebelum hari pertama dari minggu itu ? “Setelah hari sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain menengok kubur itu.” Matius 28:1.

    5. Hari apa disucikan wanita-wanita itu sesudah penyaliban ? “Dan setelah pulang, mereka mnyediakan rempah-rempah dan minyak mur. Dan pada hari Sabat mereka beristiraha menurut hukum Taurat.” Lukas 23:54. Catatan: Hari Sabat “menurut hukum itu” adalah hari ketujuh. (Baca Keluaran 20:10)

    6. Apa teladan Paulus – hari apa yang dia sucikan (pelihara) sebagai hari Sabat? “Dari Perga mereka melanjutkan perjalanan mereka, lalu tiba di Antiokia di Pisidia, ketika Paulus dan Barnabas keluar, mereka diminta untuk berbicara tentang pokok itu pula pada hari Sabat berikutnya. Pada hari Sabat kami keluar pintu gerbang kota. Kami meyusur tepi sungai dan menemukan tempat sembahyang Yahusi, yang sudah kami duga ada di situ, setetlah susuk, kami berbicara kepada perempuan-perempuan yang ada berkumpul di situ.” Kisah 13:14, 42; 16:13.

    Catatan: Adalah kebiasaan Paulus menghadiri uapacara agama pada hari Sabat.

    7. Apa yang dilakukan Paulus pada hari-hari kerja dibandingkan dengan hari Sabat? “Dan karena mereka melakukan pekerjaan yang sama ia tinggal bersama-sama dengan mereka. Mereka bekerja bersama-sama, karena mereka sama-sama tukang kemah. Dan setiap hari Sabat Paulus berbicara dalam rumah ibadat dan berusaha meyakinkan orang-orang Yahudi dan orang-orang Yunani.” Kisah 18:3,4.

    ReplyDelete
  39. Catatan: Kebiasaan Paulus maupun kebiasaan Kristus adalah berbakti pada hari Sabat hari ketujuh.

    8. Pada hari apa Yohanes dikuasai Roh ? “Pada hari Tuhan aku dikuasai oleh Roh dan aku mendengar dari belakangku suatu suara yang nyaring seperti bunyi sangkakala.” Wahyu 1:10.

    Catatan: Ungkapan “Hari Tuhan” menunjuk kepada hari Sabat hari ketujuh baik dalam Perjanjian Lama maupun dalam Perjanjian Baru. Dia mengatakan, “tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat Tuhan , Allahmu.” Keluaran 20:10. Dalam Yesaya 58:13 Dia menyebut hari Sabat”Hari kudusKu” Hari Tuhan adalah hari atas mana Kristus adalah Tuhan, Dia katakan Ia adalah Tuhan atas hari Sabat (Matius 12:8; Markus 2:28). Baca Keluaran 20:11.
    Kesimpulan
    Kristus melakukan semua apa yang dapat Ia lakukan untuk mengembalikan hari Sabat kepada bangsa Israel sebagiamana itu telah diberikan kepada mereka sebelumnya. Itu dimaksudkan utnuk menjadi berkat bukan untuk menjadi beban. Kristus berusaha menyatakan bahwa maksud sebenarnya daripada hari Sabat ialah disamping memuliakan nama Allah atas kasih dan berkatNya sepanjang 6 hari di waktu yang diberikan untuk bekerja bagi kita juga hari sabat seharusnya berbuat baik, menyebuhkan orang sakit, dan melakukan perbuatan-perbuatan belas kasihan.
    Buku Ibrani menyebutkan hari Sabat hari ketujuh.” Dan Allah berhenti pada hari ketujuh dari segala pekerjaanNya.” Ibrani 4:4. “Sebab barangsiapa telah masuk ke tempat perhentianNya, ia sendiri telah berhenti dari segala pekerjaanya, sama seperti Allah berhenti dari pekerjaanNya.” Ibrani 4:10. Allah memanggil umatNya ke dalam suatu perhentian rohani, suatu perhentian dari pekerjaan mereka sendiri; berhenti dari dosa. Pemeliharaan hari Sabat adalah suatu lambang dari perhentian ini. Allah menuntut kesucian hidup. Untuk ini hari Sabat adalah suatu tanda. Jangalah kita menolak tanda itu, apalagi menolah untuk mana tanda itu berdiri

    ReplyDelete
  40. Markus 1:21
    Mereka tiba di Kapernaum. Setelah hari Sabat mulai, Yesus segera masuk ke dalam rumah ibadat dan mengajar.
    Markus 6:2
    Pada hari Sabat Ia mulai mengajar di rumah ibadat dan jemaat yang besar takjub ketika mendengar Dia dan mereka berkata: "Dari mana diperoleh-Nya semuanya itu? Hikmat apa pulakah yang diberikan kepada-Nya? Dan mujizat-mujizat yang demikian bagaimanakah dapat diadakan oleh tangan-Nya?
    LUKAS 4:31
    Kemudian Yesus pergi ke Kapernaum, sebuah kota di Galilea, lalu mengajar di situ pada hari-hari Sabat.
    LUKAS 6:5-9
    6:5 Kata Yesus lagi kepada mereka: "Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat."
    6:6 Pada suatu hari Sabat lain, Yesus masuk ke rumah ibadat, lalu mengajar. Di situ ada seorang yang mati tangan kanannya.
    6:7 Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi mengamat-amati Yesus, kalau-kalau Ia menyembuhkan orang pada hari Sabat, supaya mereka dapat alasan untuk mempersalahkan Dia.
    6:8 Tetapi Ia mengetahui pikiran mereka, lalu berkata kepada orang yang mati tangannya itu: "Bangunlah dan berdirilah di tengah!" Maka bangunlah orang itu dan berdiri.
    6:9 Lalu Yesus berkata kepada mereka: "Aku bertanya kepada kamu: Manakah yang diperbolehkan pada hari Sabat, berbuat baik atau berbuat jahat, menyelamatkan nyawa orang atau membinasakannya?"
    LUKAS 13:10
    Pada suatu kali Yesus sedang mengajar dalam salah satu rumah ibadat pada hari Sabat.

    KEJADIAN 2:1-3 2:1 Demikianlah diselesaikan langit dan bumi dan segala isinya.
    2:2 Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu.
    2:3 Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu.




    MARKUS 2:27-28
    2:27 Lalu kata Yesus kepada mereka: "Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat,
    2:28 jadi Anak Manusia adalah juga Tuhan atas hari Sabat."

    Matius 24:20 Berdoalah, supaya waktu kamu melarikan diri itu jangan jatuh pada musim dingin dan jangan pada hari Sabat.

    Kisah Para Rasul 13:42 Ketika Paulus dan Barnabas keluar, mereka diminta untuk berbicara tentang pokok itu pula pada hari Sabat berikutnya.

    13:43 Setelah selesai ibadah, banyak orang Yahudi dan penganut-penganut agama Yahudi yang takut akan Allah, mengikuti Paulus dan Barnabas; kedua rasul itu mengajar mereka dan menasihati supaya mereka tetap hidup di dalam kasih karunia Allah.

    13:44 Pada hari Sabat berikutnya datanglah hampir seluruh kota itu berkumpul untuk mendengar firman Allah.

    kamus Kitab Suci Indonesian Literal Translation Hal.329 Mengatakan : Hari Sabat:
    Ibrani Sabbath, artinya Hari ketujuh, Dalam bahasa dan kalender Indonesia adalah Sabtu.

    Webster”s New World Dictionary : Sabbat = The Seventh day of the Week

    ReplyDelete
  41. kamus Kitab Suci Indonesian Literal Translation Hal.329 Mengatakan : Hari Sabat:
    Ibrani Sabbath, artinya Hari ketujuh, Dalam bahasa dan kalender Indonesia adalah Sabtu.

    Webster”s New World Dictionary : Sabbat = The Seventh day of the Week
    HARI SABAT DALAM PERJANJIAN BARU
    Yesus berkata: “Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat” itu menjadi berkat kepada umat manusia. Yesus menyatakan dengan caraNya memelihara hari Sabat bahwa berbuat kebajikan adalah dibenarkan pada hari Sabat. Baca Matius 12:1-12; Markus 2:23-28; 3:1-5; Lukas 13:10-17; 14:1-6; Yohanes 9. Sedikitpun tidak ada pernyataan dalam Perjanjian Baru bahwa hari Sabat yang suci milik Allah telah dikesampingkan atau diganti dengan hari yang lain. Pada Khotbah di atas Bukit Yesus tidak meninggalkan kebimbangan tentang sikapNya terhadap Kesepuluh Hukum itu. Baca Matius 5:17-19. Bahkan hingga kepada hari kematianNyapun tidak mencemarkan Hari sabat. Jumat Sore dia dikuburkan sebelum tiba hari Sabat, dan minggu pagi Yesus dibangkitkan. Begitu pentingnya penurutan untuk menyucikan Hari Sabat .. Yesus berpesan kepada muridnya menjelang hari kedatangannya akan ada kesusahan dan siksaan maka pesan Yesus: Matius 24:20 Berdoalah, supaya waktu kamu melarikan diri itu jangan jatuh pada musim dingin dan jangan pada hari Sabat. 24:21 Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi.
    Adakah Kristus mempunyai sesuatu hubungan dengan pembuatan hari Sabat ? “Segala sesuatu dijanjikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada satupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.” Yohanes 1:3. Baca Kolose 1:16; Ibrani 1:2. Catatan: Karena Kristus adalah agen yang aktif dalam penciptaan hari Sabat dibuat olehNya pada akhir minggu penciptaan. Baca Kejadian 2:1-3. Dia membuat hari Sabat. Yesus adalah Pencipta dan sekaligus teladan dalam menyucikan hari Sabat. “Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, da menurut kebiasaaNya pada hari Sabat Ia
    1. masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca Alkitab.”Lukas 4:16. Baca juga Markus 6:2. “Sebab Aku telah memberi suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat yang sama seperti yang Kuperbuat kepadamu.” Yohanes 13:15



    2. Pada hari apa Kristus berbakti ? Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaanNya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah Ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.” Lukas 4:16.

    ReplyDelete
  42. Dengan demikian HARI MINGGU adalah Hari Yang ditetapkan TUHAN, menurut keyakinan Gereja, sebagai WAKTU ISTIRAHAT.

    Saudaraku yang dikasihi Tuhan Yesus, saatnya kita sekarang ini jujur pada diri kita, teristimewa jujur kep. Tuhan yang menjadikan kita.

    Janganlah kita katakan menurut keyakinan Gereja. Tuhan sendiri yang memerintahkan kita agar menguduskan Hari Sabat/hari ke 7. Hukum Taurat ditulis oleh Tangan Tuhan di 2 Loh Batu, kok beraninya manusia merubah? Tidak pernah Tuhan memindahkan kesucian hari sabat ke hari lain, juga tidak ada bukti Alkitab menyuruh memelihara hari kebangkitan. Hari Sabat tidak pernah berubah, tidak pernah Yesus berpesan setelah Dia bangkit jadi hari minggu dikuduskan.
    Jadi sebelum Yesus datang menjemput orang2 kudus untuk tinggal di Sorga selama-lamanya, marilah kita kuduskan Hari Sabat Hari Ketujuh Hari Sabtu.

    ReplyDelete
  43. Di Langit yang Baru dan Bumi yang Baru manusia tetap memelihara Hari Sabat Hari Sabtu.

    Yesaya 66 :
    22. Sebab sama seperti langit yang baru dan bumi yang baru yang akan Kujadikan itu, tinggal tetap di hadapan-Ku, demikianlah firman TUHAN, demikianlah keturunanmu dan namamu akan tinggal tetap.
    Yesaya 66 :23. Bulan berganti bulan, dan Sabat berganti Sabat, maka seluruh umat manusia akan datang untuk sujud menyembah di hadapan-Ku, firman TUHAN

    ReplyDelete
  44. Kepada saudaraku umat muslim.

    3. ALI 'IMRAN (KELUARGA "IMRAN) 45

    (Ingatlah), Ketika Malaikat berkata: " Hai Maryam, Sesungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan)dengan kalimat yang datang daripada-Nya, namanya Al masih 'Isa putera Maryam. seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah).

    Seorang terkemuka di dunia dan akhirat. Coba renungkan yg terkemuka di dunia dan akhirat. Itulah Isa Almasih = Yesus.

    2. AL-BAQARAH 65 Hari Sabat jika dilanggar harganya jadi seekor kera yang hina.
    4. AN-NISA 154 Hari Sabat perjanjian yang kokoh.

    ReplyDelete
  45. Kepada kita telah dipercayakan kebenaran injil untuk zaman ini. Adalah hal ini suatu yang ajaib, harta kekayaan yang ajaib, Tuhan mengingikan kita supaya mata kita diterangi dan hati kita digairahkan. Ia rindu kita diteguhkan dan dikuatkan oleh kuasa yang Ia akan berikan pada kita jikalau kita mau berlaku benar hanya kepadaNya. Ia rindu supaya masing-masing kita menyempurnakan tabiat yang serupa dengan tabiat Ilahi. Orang Kristen yang tidak melakukan hal ini sama dengan menghina Allah. Ia tidak menghormati Juruselamatnya. Mereka yang mengetahui kata–kata ini pada diri mereka sendiri, jikalau mereka tidak mau membersihkan dosa dari hati mereka. Oleh terang yang memancar dari tahta Allah pada jalan kita maka kita akan dihukum pada hari terakhir yang besar itu.

    Dengan adanya terang yang bersinar pada jalan kita dalam terang injil Kristus, sebagaimana hal itu telah bersinar pada jalan kita, maka hal itu adalah suatu tanggung jawab yang sangat menakutkan. Kita harus mengikuti langkah demi langkah dengan mata yang terus tertuju kepada pemimpin kita. Ia tidak akan memimpin kita selangkahpun keluar dari jalan yang benar.

    Allah mengaruniakan Kristus bagi dunia ini untuk menyelamatkan kita dari kematian yang kekal. Pandanglah kepadaNya, pandanglah kepadaNya! Teruslah memandang kepadaNya sampai engkau memantulkan citraNya. Janganlah menerima perkataan siapapun, kecuali engkau melihat bahwa ia sesuai dengan gambar Ilahi, sebab jikalau engkau menerimanya, maka engkau mendorong engkau berbuat salah; engkau mendukung ini oleh meminta nasihatnya dan mengikuti petunjuk-petunjujnya.

    Apa yang kita perlukan ialah kata-kata yang murni dari Kitab Suci. Kristus telah mengajak kita menyesuaikan hidup kita pada hidupNya. Kita harus mengetahui apakah artinya memelihara hukum-hukum Allah dalam kebenaran dan keadilan. Kasih yang terdapat dalamhati Kristus harus berada dalamhati kita, agar kita boleh menyatakan kepada orang-orang yang berada di sekeliling kita.

    ReplyDelete
  46. RH] PERSOALAN HARI SABAT LAWAN HARI MINGGU MENYUSUL

    [RH] PERSOALAN HARI SABAT LAWAN HARI MINGGU MENYUSUL

    Jumat, 27 Mei 2011

    PDF Cetak Email
    0 Komentar dan 0 Respon

    Malaikat ketiga menyusul mereka, dan berkata dengan suara nyaring, Jikalau seorang menyembah binatang dan patungnya itu, dan menerima tanda pada dahinya, atau pada tangannya, maka ia akan minum dari anggur murka Allah.
    Wahyu 14:9, 10.

    akhir zaman

    [AkhirZaman.org] Sampai sekarang mereka yang menyatakan kebenaran pekabaran malaikat ketiga telah sering dianggap sebagai orang-orang gelisah semata-mata. Ramalan-ramalan mereka bahwa sikap tidak toleransi dalam agama akan memperoleh kekuasaan di Amerika Serikat, bahwa gereja dan Negara akan bersatu untuk menganiaya mereka yang memelihara hukum-hukum Allah, telah dimaklumkan tanpa dasar dan tak masuk akal. Tetapi ketika pertanyaan tentang memaksakan pemeliharaan hari Minggu mengganggu secara luas, peristiwa yang sedemikian lamanya diragukan dan ketidakpercayaan tampak sdang mendekat, maka pekabaran ketiga akan meyebabkan suatu akibat yang belum pernah terjadi sebelumnya.

    Orang-orang beriman dan yang berdoa akan dipaksa untuk maju dengan tanda yang kudus, memaklumkan firman yang Allah berikan kepada mereka. Dosa-dosa Babel akan dibukakan. Akibat-akibat menakutkan dari memaksakan pemeliharaan gereja oleh pemerintahan sipil, menyusupnya spiritisme, kemajuan kekuasaan kepausan secara diam-diam tetapi cepat semuanya akan diungkapkan. Dengan amaran-amaran yang khidmat ini orang-orang akan tergerak. Ketika orang-orang pergi kepada bekas guru mereka denga pertanyaan yang penuh kerinduan, Adakah perkara-perkara ini demikian? Maka para pendeta menyuguhkan cerita bohong, meramalkan hal-hal yang licin, untuk meredakan ketakutan mereka dan mendiamkan kesadaran yang bangkit. Tetapi karena banyak yang merasa tidak puas dengan kekuasaan manusia semata-mata dan menuntut sesuatu yang jelas yaitu “Demikianlah firman Tuhan,” pekerjaan yang tenar seperti pekerjaan orang farisi dulu disertai dengan kemarahan bila kekuasaan mereka dipertanyakan, akan menyatakan pekabaran itu adalah yang berasal dari setan dan mengerakkan orang banyak yang mencintai dosa untuk memaki-maki dan menganiaya mereka yang memberitakannya.

    Ketika pertarungan meluas memasuki babak baru dan pikiran orang-orang tertarik kepada hukum Allah yang disembunyikan, setan tergerak. Kuasa yang menyertai pekabaran hanyalah akan menggilakan mereka yang mentangnya. Petugas gereja akan bekerja keras dengan tenaga yang bukan kekuatan manusia lagi untuk menutupi terang itu jangan sampai bersinar kepada anggota-anggotanya. Dengan setiap sarana yang ada dalam kekuasaan mereka, mereka akan berusaha menindas perbincangan terhadap pertanyaan yang penting ini. Gereja akan menghimbau tangan kuat kekuasaan pemerintahan dan dalam pekerjaan ini, kepausan dan protestanpun bersatulah.

    ReplyDelete
  47. Yehezkiel 20 : 12
    Hari-hari SabatKu juga kuberikan kepada mereka menjadi peringatan di antara Aku dan mereka, Supaya mereka mengetahui bahwa Akulah Tuhan yang menguduskan.
    1. HARI JUMAT HARI KEMATIAN ( JUMAT AGUNG ) Lukas 23 : 52 – 54
    2. HARI SABTU ( HARI SABAT ) LUKAS 23 : 55 – 56
    3. HARI MINGGU/ HARI PASKAH ( HARI PERTAMA ) Matius 28 : 1

    ReplyDelete
  48. Pauslah yang merubah hari sabat/hari kudus Tuhan yang ditetapkan sebagai hari ibadah semua manusia di dunia ini. itu sebabnya dia (paus) menyebut dirinya wakil Tuhan, pengganti Allah dll. Kembalilah kepada Alkitab satu-satunya ajaran murni dari Tuhan.


    Hari minggu sebagai hari perhentian adalah berasal dari manusia, bukan ajaran Tuhan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. KOMENTAR ANDA HEBAT, SEKARANG TOLONG JAWAB PERTANYAAN INI;-

      Kenapa Muhammad melagak (bluffing) seolah dia tahu benar isi Taurat lalu membenar-benarkan Taurat dan menyuruh orang untuk mengimaninya (berpuluh kali!) padahal dia tidak tahu apa yang dibenarkan dan apa yang harus diimani dari Taurat itu? Tahukah Muslim bahwa “10 Perintah Tuhan” yang Tuhan sendiri tuliskan di luh-alwah itu juga menyangkut hal-hal yang justru Muhammad sendiri langgar, seperti;
      (a) Mengganti secara sembarangan nama diri Tuhan, dari aslinya YAHWEH, menjadi ALLAH.
      (b) Tidak mengkuduskan Hari Sabat, melainkan menggantinya menjadi hari Jumat
      (c) Hukum “jangan membunuh” diganti dengan hukum yang saling kontradiktif: “jangan membunuh…tetapi bunuhlah mereka yang murtad dan kafir”

      Delete
  49. Yehezkiel 20 : 12
    Hari-hari SabatKu juga kuberikan kepada mereka menjadi peringatan di antara Aku dan mereka, Supaya mereka mengetahui bahwa Akulah Tuhan yang menguduskan.
    1. HARI JUMAT HARI KEMATIAN ( JUMAT AGUNG ) Lukas 23 : 52 – 54
    2. HARI SABTU ( HARI SABAT ) LUKAS 23 : 55 – 56
    3. HARI MINGGU/ HARI PASKAH ( HARI PERTAMA ) Matius 28 : 1

    ReplyDelete
  50. Keluaran 20: 3 – 17 [ Isi Hukum Taurat Yang Asli ]

    20:3 Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.
    20:4 Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.
    20:5 Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,
    20:6 tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.
    20:7 Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan.

    INILAH HUKUM KE IV DARI HUKUM TAURAT YANG TELAH DIRUBAH OLEH MANUSIA DARI HARI SABAT/SABTU JADI HARI MINGGU.

    20:8 Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat:
    20:9 enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu,
    20:10 tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu.
    20:11 Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.
    20:12 Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.
    20:13 Jangan membunuh.
    20:14 Jangan berzinah.
    20:15 Jangan mencuri.
    20:16 Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu.
    20:17 Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apa pun yang dipunyai sesamamu."

    SEPULUH HUKUM BERDASARKAN PERUBAHAN OLEH KEPAUSAN
    1. AKULAH Tuhan Allahmu. Janganlah ada padamu Allah yang asing di hadapan-Ku.
    2. Janganlah menyebut Tuhanmu dangan sia-sia.
    3. Ingatlah supaya kamu memelihara hari sabat yang suci.
    4. Hormatilah Ayahmu dan Ibumu.
    5. Jangan membunuh.
    6. Jangan berjinah.
    7. Jangan mencuri.
    8. Jangan mengucapkan kesaksian dusta tentang sesamamu.
    9. Janganlah mengingini istri sesamamu.
    10. Janganlah mengingini harta sesamamu.
    Hukum Tentang Patung dihilangkan, Sabat hari Sabtu digantikan degan Hari Minggu, hukum yang ke 10 dibagi 2.
    Lihat dan Baca Daniel 7:25 Mereka mengira sudah berhasil mengubah Hukum Allah, tetapi sebenarnya tidak ! Baca Matius 5:18 !

    “Tradisi” Yesus berkata : Mateus 15:3 “Mengapa kamupun melanggar perintah Allah demi adat istiadat nenek moyangmu?”

    Mateus 15:6 “… Dengan demikian Firman Allah kamu nyatakan tidak berlaku demi adat istiadatmu sendiri,”

    Mateus 15:9 “Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia .

    Jelaslah Tuhan tidak pernah mengijinkan tradisi-tradisi manusia menggantikan hukum-hukum-Nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya Tuhan dan hukumnya yang sanggup mengantarkan kita tiba di Surga. Manusia dan peraturannya / ajarannya tidak sanggup.

      Delete
    2. Saya lebih setuju Paus dikatakan pemimpin tertinggi agama katolik, bukan bapak suci, karna Alkitab/ Bible berkata semua orang telah berdosa.

      Oleh karna paus tidak menikah disebut gelarnya bapak suci? atas dasar apa? dia manusia biasa sama seperti semua manusia lainnya di dunia ini.

      Delete
    3. IMAM KATOLIK SAMA SEDERAJAT DENGAN KITA (MANUSIA BERDOSA). Semua manusia adalah SAMA yg terlahir sebagai manusia berdosa, maka imam katolik TIDAK BISA MENGAMPUNI DOSA SESAMA! HANYA YESUS KRISTUS, IMAM BESAR DAN SATU2NYA MEDIATOR KITA, YANG BISA MENGAMPUNI DOSA KITA!
      Kemudian, bukti bahwa Paus mengaku sebagai Tuhan:
      1)
      “Kami [Paus] memegang jabatan Tuhan Yang Maha Kuasa di bumi ini.” (sumber diambil dari: Pope Leo XIII, Encyclical Letter “The Reunion of Christendom” [tertanggal 20 Juni 1894] diterjemahkan ke dalam “The Great Encyclical Letters of Pope Leo XIII” [New York: Benziger, 1903], hal. 304).
      2)
      “Paus bukan hanya perwakilan Yesus Kristus, tapi dia adalah Yesus Kristus Sendiri, berselubung kemanusiaan.” (sumber diambil dari: Catholic National, Juli 1895).
      9. Akan “berusaha untuk mengubah waktu (TIMES) dan hukum (LAW)”
      Apakah Kepausan (Papacy) sudah berusaha melakukannya? Jawaban yang sangat jelas: SUDAH! Kepausan telah mengubah HUKUM ALLAH.
      Di dalam Katekismus Gereja Katolik (The Catechism of the Catholic Church [CCC]), Kepausan telah menghapus hukum ke-2 yang melarang manusia untuk membuat patung dan berdoa di depannya, mengubah hukum ke-4 (hari Sabat) menjadi hari Minggu, dan membagi hukum ke-10 menjadi dua hukum terpisah, yaitu nomor 9 dan 10. Silakan dicek dan dibandingkan 10 Hukum Allah versi katekismus Katolik [CCC] dengan 10 Hukum Allah yang benar di dalam Kitab Keluaran 20:3-17.
      10 Hukum Allah versi Katolik (Katekismus Gereja Katolik [CCC]) dan versi Alkitab (Keluaran 20:3-17):
      1. Jangan menyembah berhala, berbaktilah kepadaKu saja, dan cintailah Aku lebih dari segala Sesuatu
      (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P7B.HTM)
      HUKUM KE-1 = VERSI ALKITAB
      ** HUKUM KE-2 VERSI ALKITAB telah dihapus oleh Kepausan, yg berbunyi: “Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun …Jangan sujud menyembah kepadanya”
      2. Jangan menyebut nama Tuhan Allahmu dengan tidak hormat
      (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P7H.HTM)
      HUKUM KE-3 = VERSI ALKITAB
      3. Kuduskanlah hari Tuhan
      (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P7M.HTM)
      HUKUM KE-4 VERSI ALKITAB telah diubah oleh Kepausan, yg berbunyi: “Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat” — ini adalah satu2nya Hukum Allah yg berbicara mengenai “waktu”. Kepausan telah mengubah “waktu” dari hari Sabat (hari ketujuh) menjadi hari Minggu (hari pertama).
      4. Hormatilah ibu-bapamu
      (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P7R.HTM)
      HUKUM KE-5 = VERSI ALKITAB
      5. Jangan membunuh
      (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P7Y.HTM)
      HUKUM KE-6 = VERSI ALKITAB
      6. Jangan berzinah
      (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P83.HTM)
      HUKUM KE-7 = VERSI ALKITAB
      7. Jangan mencuri
      (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P89.HTM)
      HUKUM KE-8 = VERSI ALKITAB
      8. Jangan bersaksi dusta tentang sesamamu
      (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P8H.HTM)
      HUKUM KE-9 = VERSI ALKITAB
      9. Jangan mengingini istri sesamamu
      (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P8P.HTM)
      HUKUM KE-10 = VERSI ALKITAB (dibagi menjadi 2 hukum terpisah untuk menggenapi hukum ke-2 yg dihapuskan)
      10. Jangan mengingini milik sesamu secara tidak adil
      (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P8T.HTM)
      HUKUM KE-10 = VERSI ALKITAB (dibagi menjadi 2 hukum terpisah untuk menggenapi hukum ke-2 yg dihapuskan)
      Sangat jelas bahwa Sistem Kepausan (Papacy) telah mengubah waktu dan Hukum Allah. Saya tidak akan membahas ciri ini panjang lebar karena ini bisa menjadi “topik yang panjang lebar” dan harus “dibahas secara terpisah”.
      Sekian tanggapan dari saya dalam Nubuatan Daniel pasal 7. ALKITAB telah memberikan 9 ciri-ciri dari “tanduk kecil” tsb. “KEKUASAAN SIAPAKAH” yg cocok dengan kesembilan ciri2 di atas, selain “Sistem Organisasi Kepausan” (Papacy). Sekali lagi, “tanduk kecil” dalam nubuatan Daniel ini ditujukan pada “Sistem Organisasi” Kepausan (Papacy) dan BUKAN umat Katolik secara individual!!

      Delete
  51. Kemudian, bukti bahwa Paus mengaku sebagai Tuhan:
    1) “We [the Popes] hold upon this earth the place of God Almighty” (Pope Leo XIII, Encyclical Letter “The Reunion of Christendom” [dated June 20, 1894] trans. in “The Great Encyclical Letters of Pope Leo XIII” [New York: Benziger, 1903], p. 304).
    TERJEMAHAN: “Kami [Paus] memegang jabatan Tuhan Yang Maha Kuasa di bumi ini.” (sumber diambil dari: Pope Leo XIII, Encyclical Letter “The Reunion of Christendom” [tertanggal 20 Juni 1894] diterjemahkan ke dalam “The Great Encyclical Letters of Pope Leo XIII” [New York: Benziger, 1903], hal. 304).
    2) “The Pope is not only the representative of Jesus Christ, but he is Jesus Christ, Himself, hidden under the veil of flesh.” (Catholic National, July 1895).
    TERJEMAHAN: “Paus bukan hanya perwakilan Yesus Kristus, tapi dia adalah Yesus Kristus Sendiri, berselubung kemanusiaan.” (sumber diambil dari: Catholic National, Juli 1895).

    9. Akan “berusaha untuk mengubah waktu (TIMES) dan hukum (LAW)”
    Apakah Kepausan (Papacy) sudah berusaha melakukannya? Jawaban yang sangat jelas: SUDAH! Kepausan telah mengubah HUKUM ALLAH.

    Di dalam Katekismus Gereja Katolik (The Catechism of the Catholic Church [CCC]), Kepausan telah menghapus hukum ke-2 yang melarang manusia untuk membuat patung dan berdoa di depannya, mengubah hukum ke-4 (hari Sabat) menjadi hari Minggu, dan membagi hukum ke-10 menjadi dua hukum terpisah, yaitu nomor 9 dan 10. Silakan dicek dan dibandingkan 10 Hukum Allah versi katekismus Katolik [CCC] dengan 10 Hukum Allah yang benar di dalam Kitab Keluaran 20:3-17.

    10 Hukum Allah versi Katolik (Katekismus Gereja Katolik [CCC]) dan versi Alkitab (Keluaran 20:3-17):
    1. Jangan menyembah berhala, berbaktilah kepadaKu saja, dan cintailah Aku lebih dari segala Sesuatu
    (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P7B.HTM)
    HUKUM KE-1 = VERSI ALKITAB

    ** HUKUM KE-2 VERSI ALKITAB telah dihapus oleh Kepausan, yg berbunyi: “Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun …Jangan sujud menyembah kepadanya”

    2. Jangan menyebut nama Tuhan Allahmu dengan tidak hormat
    (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P7H.HTM)
    HUKUM KE-3 = VERSI ALKITAB

    3. Kuduskanlah hari Tuhan
    (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P7M.HTM)
    HUKUM KE-4 VERSI ALKITAB telah diubah oleh Kepausan, yg berbunyi: “Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat” — ini adalah satu2nya Hukum Allah yg berbicara mengenai “waktu”. Kepausan telah mengubah “waktu” dari hari Sabat (hari ketujuh) menjadi hari Minggu (hari pertama).

    4. Hormatilah ibu-bapamu
    (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P7R.HTM)
    HUKUM KE-5 = VERSI ALKITAB

    5. Jangan membunuh
    (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P7Y.HTM)
    HUKUM KE-6 = VERSI ALKITAB

    6. Jangan berzinah
    (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P83.HTM)
    HUKUM KE-7 = VERSI ALKITAB

    7. Jangan mencuri
    (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P89.HTM)
    HUKUM KE-8 = VERSI ALKITAB

    8. Jangan bersaksi dusta tentang sesamamu
    (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P8H.HTM)
    HUKUM KE-9 = VERSI ALKITAB

    9. Jangan mengingini istri sesamamu
    (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P8P.HTM)
    HUKUM KE-10 = VERSI ALKITAB (dibagi menjadi 2 hukum terpisah untuk menggenapi hukum ke-2 yg dihapuskan)

    10. Jangan mengingini milik sesamu secara tidak adil
    (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P8T.HTM)
    HUKUM KE-10 = VERSI ALKITAB (dibagi menjadi 2 hukum terpisah untuk menggenapi hukum ke-2 yg dihapuskan)

    Sangat jelas bahwa Sistem Kepausan (Papacy) telah mengubah waktu dan Hukum Allah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemudian, bukti bahwa Paus mengaku sebagai Tuhan:
      1) “We [the Popes] hold upon this earth the place of God Almighty” (Pope Leo XIII, Encyclical Letter “The Reunion of Christendom” [dated June 20, 1894] trans. in “The Great Encyclical Letters of Pope Leo XIII” [New York: Benziger, 1903], p. 304).
      TERJEMAHAN: “Kami [Paus] memegang jabatan Tuhan Yang Maha Kuasa di bumi ini.” (sumber diambil dari: Pope Leo XIII, Encyclical Letter “The Reunion of Christendom” [tertanggal 20 Juni 1894] diterjemahkan ke dalam “The Great Encyclical Letters of Pope Leo XIII” [New York: Benziger, 1903], hal. 304).
      2) “The Pope is not only the representative of Jesus Christ, but he is Jesus Christ, Himself, hidden under the veil of flesh.” (Catholic National, July 1895).
      TERJEMAHAN: “Paus bukan hanya perwakilan Yesus Kristus, tapi dia adalah Yesus Kristus Sendiri, berselubung kemanusiaan.” (sumber diambil dari: Catholic National, Juli 1895).

      9. Akan “berusaha untuk mengubah waktu (TIMES) dan hukum (LAW)”
      Apakah Kepausan (Papacy) sudah berusaha melakukannya? Jawaban yang sangat jelas: SUDAH! Kepausan telah mengubah HUKUM ALLAH.

      Di dalam Katekismus Gereja Katolik (The Catechism of the Catholic Church [CCC]), Kepausan telah menghapus hukum ke-2 yang melarang manusia untuk membuat patung dan berdoa di depannya, mengubah hukum ke-4 (hari Sabat) menjadi hari Minggu, dan membagi hukum ke-10 menjadi dua hukum terpisah, yaitu nomor 9 dan 10. Silakan dicek dan dibandingkan 10 Hukum Allah versi katekismus Katolik [CCC] dengan 10 Hukum Allah yang benar di dalam Kitab Keluaran 20:3-17.

      10 Hukum Allah versi Katolik (Katekismus Gereja Katolik [CCC]) dan versi Alkitab (Keluaran 20:3-17):
      1. Jangan menyembah berhala, berbaktilah kepadaKu saja, dan cintailah Aku lebih dari segala Sesuatu
      (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P7B.HTM)
      HUKUM KE-1 = VERSI ALKITAB

      ** HUKUM KE-2 VERSI ALKITAB telah dihapus oleh Kepausan, yg berbunyi: “Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun …Jangan sujud menyembah kepadanya”

      2. Jangan menyebut nama Tuhan Allahmu dengan tidak hormat
      (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P7H.HTM)
      HUKUM KE-3 = VERSI ALKITAB

      3. Kuduskanlah hari Tuhan
      (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P7M.HTM)
      HUKUM KE-4 VERSI ALKITAB telah diubah oleh Kepausan, yg berbunyi: “Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat” — ini adalah satu2nya Hukum Allah yg berbicara mengenai “waktu”. Kepausan telah mengubah “waktu” dari hari Sabat (hari ketujuh) menjadi hari Minggu (hari pertama).

      4. Hormatilah ibu-bapamu
      (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P7R.HTM)
      HUKUM KE-5 = VERSI ALKITAB

      5. Jangan membunuh
      (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P7Y.HTM)
      HUKUM KE-6 = VERSI ALKITAB

      6. Jangan berzinah
      (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P83.HTM)
      HUKUM KE-7 = VERSI ALKITAB

      7. Jangan mencuri
      (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P89.HTM)
      HUKUM KE-8 = VERSI ALKITAB

      8. Jangan bersaksi dusta tentang sesamamu
      (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P8H.HTM)
      HUKUM KE-9 = VERSI ALKITAB

      9. Jangan mengingini istri sesamamu
      (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P8P.HTM)
      HUKUM KE-10 = VERSI ALKITAB (dibagi menjadi 2 hukum terpisah untuk menggenapi hukum ke-2 yg dihapuskan)

      10. Jangan mengingini milik sesamu secara tidak adil
      (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P8T.HTM)
      HUKUM KE-10 = VERSI ALKITAB (dibagi menjadi 2 hukum terpisah untuk menggenapi hukum ke-2 yg dihapuskan)

      Sangat jelas bahwa Sistem Kepausan (Papacy) telah mengubah waktu dan Hukum Allah.

      Delete
    2. Hahahahaaaaaaa sumbernya koq dari Internet... Ketahuan kalo kamu ini Bodohhhhh. Pedagang di pasar juga bisa lakukan hal yg demikian... Kamu lucu tau sama seperti Nabi goblokmu dan allah sundalmu itu....!

      Delete
    3. JAWAB PERTANYAAN SAYA : -
      1. Bahasa Arab klasik tidak mengenal huruf hidup dan titik (missing vowels and dots), seperti dalam skrip Hejazi yang masih banyak dibaca salah dan perlu revisi berulang kali. Jika Qur'an adalah “perkataan Tuhan” dalam bahasa orisinilnya Tuhan, mengapa Allah tidak menyatakannya dalam suatu bahasa yang telah dipersiapkan perkembangannya secara penuh?

      2. Ketika seseorang non-Muslim mengkritik Qur'an, kenapa para Muslim mudah berdalih bahwa ia tak paham bahasa asli Quran? Padahal para sarjana mereka sendiripun praktis tidak juga paham dan sependapat akan bahasa asli Quran yang klasik dulu, apalagi skrip Hejazi yang sulit dimengerti atau diterjemahkan. Lalu untuk apa kamus-kamus bahasa Arab-Inggris yang paling shahih itu dipakai bilamana makna asli Quran (yang dikritisi negatif itu) tidak dapat diterjemahkan secara layak? Lebih parah lagi, untuk apa Allah berbahasa Quran-asli yang praktis hanya dipahami persis oleh Muhammad seorang?

      3. Anak-anak kecil bisa berfantasi dan percaya Cinderella berbicara pada burung-burung, tikus dan benda-benda. Apa yang membuat anda Muslim lebih pintar daripada seorang anak kecil tatkala anda percaya buta bahwa nabi Sulaiman, seperti dikatakan Qur'an, berbicara dengan semut.?

      4. Qur'an tidak pernah mengatakan bumi ini bulat, melainkan datar seperti hamparan permadani.Tidak seorangpun yang pernah melihat sebuah permadani bulat. Tetapi belakangan diplintir dengan menggunakan kata "Kurah" (bahasa Arab untuk bulat) di depan kata “bumi” seperti yang terdapat di banyak teks bahasa Arab dewasa ini. Apakah Allah menerapkan pemelintiran kata-kata baku?

      5. Mengapa setiap tahun orang Muslim di belahan dunia yang berbeda tidak dapat sepakat kapan dimulainya Ramadan? Apakah Allah menggunakan kalkulasi-kalkulasi astronomis yang sudah ketinggalan jaman karena ia berpikir bumi ini datar? (Earth was flat)

      Delete
  52. Kemudian, bukti bahwa Paus mengaku sebagai Tuhan:
    1) “We [the Popes] hold upon this earth the place of God Almighty” (Pope Leo XIII, Encyclical Letter “The Reunion of Christendom” [dated June 20, 1894] trans. in “The Great Encyclical Letters of Pope Leo XIII” [New York: Benziger, 1903], p. 304).
    TERJEMAHAN: “Kami [Paus] memegang jabatan Tuhan Yang Maha Kuasa di bumi ini.” (sumber diambil dari: Pope Leo XIII, Encyclical Letter “The Reunion of Christendom” [tertanggal 20 Juni 1894] diterjemahkan ke dalam “The Great Encyclical Letters of Pope Leo XIII” [New York: Benziger, 1903], hal. 304).
    2) “The Pope is not only the representative of Jesus Christ, but he is Jesus Christ, Himself, hidden under the veil of flesh.” (Catholic National, July 1895).
    TERJEMAHAN: “Paus bukan hanya perwakilan Yesus Kristus, tapi dia adalah Yesus Kristus Sendiri, berselubung kemanusiaan.” (sumber diambil dari: Catholic National, Juli 1895).

    9. Akan “berusaha untuk mengubah waktu (TIMES) dan hukum (LAW)”
    Apakah Kepausan (Papacy) sudah berusaha melakukannya? Jawaban yang sangat jelas: SUDAH! Kepausan telah mengubah HUKUM ALLAH.

    Di dalam Katekismus Gereja Katolik (The Catechism of the Catholic Church [CCC]), Kepausan telah menghapus hukum ke-2 yang melarang manusia untuk membuat patung dan berdoa di depannya, mengubah hukum ke-4 (hari Sabat) menjadi hari Minggu, dan membagi hukum ke-10 menjadi dua hukum terpisah, yaitu nomor 9 dan 10. Silakan dicek dan dibandingkan 10 Hukum Allah versi katekismus Katolik [CCC] dengan 10 Hukum Allah yang benar di dalam Kitab Keluaran 20:3-17.

    10 Hukum Allah versi Katolik (Katekismus Gereja Katolik [CCC]) dan versi Alkitab (Keluaran 20:3-17):
    1. Jangan menyembah berhala, berbaktilah kepadaKu saja, dan cintailah Aku lebih dari segala Sesuatu
    (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P7B.HTM)
    HUKUM KE-1 = VERSI ALKITAB

    ** HUKUM KE-2 VERSI ALKITAB telah dihapus oleh Kepausan, yg berbunyi: “Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun …Jangan sujud menyembah kepadanya”

    2. Jangan menyebut nama Tuhan Allahmu dengan tidak hormat
    (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P7H.HTM)
    HUKUM KE-3 = VERSI ALKITAB

    3. Kuduskanlah hari Tuhan
    (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P7M.HTM)
    HUKUM KE-4 VERSI ALKITAB telah diubah oleh Kepausan, yg berbunyi: “Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat” — ini adalah satu2nya Hukum Allah yg berbicara mengenai “waktu”. Kepausan telah mengubah “waktu” dari hari Sabat (hari ketujuh) menjadi hari Minggu (hari pertama).

    4. Hormatilah ibu-bapamu
    (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P7R.HTM)
    HUKUM KE-5 = VERSI ALKITAB

    5. Jangan membunuh
    (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P7Y.HTM)
    HUKUM KE-6 = VERSI ALKITAB

    6. Jangan berzinah
    (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P83.HTM)
    HUKUM KE-7 = VERSI ALKITAB

    7. Jangan mencuri
    (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P89.HTM)
    HUKUM KE-8 = VERSI ALKITAB

    8. Jangan bersaksi dusta tentang sesamamu
    (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P8H.HTM)
    HUKUM KE-9 = VERSI ALKITAB

    9. Jangan mengingini istri sesamamu
    (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P8P.HTM)
    HUKUM KE-10 = VERSI ALKITAB (dibagi menjadi 2 hukum terpisah untuk menggenapi hukum ke-2 yg dihapuskan)

    10. Jangan mengingini milik sesamu secara tidak adil
    (http://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P8T.HTM)
    HUKUM KE-10 = VERSI ALKITAB (dibagi menjadi 2 hukum terpisah untuk menggenapi hukum ke-2 yg dihapuskan)

    Sangat jelas bahwa Sistem Kepausan (Papacy) telah mengubah waktu dan Hukum Allah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaaaaaaa sumbernya koq dari Internet... Ketahuan kalo kamu ini Bodohhhhh. Pedagang di pasar juga bisa lakukan hal yg demikian... Kamu lucu tau sama seperti Nabi goblokmu dan allah sundalmu itu....!

      Delete
    2. JAWAB PERTANYAAN SAYA : -
      1. Bahasa Arab klasik tidak mengenal huruf hidup dan titik (missing vowels and dots), seperti dalam skrip Hejazi yang masih banyak dibaca salah dan perlu revisi berulang kali. Jika Qur'an adalah “perkataan Tuhan” dalam bahasa orisinilnya Tuhan, mengapa Allah tidak menyatakannya dalam suatu bahasa yang telah dipersiapkan perkembangannya secara penuh?

      2. Ketika seseorang non-Muslim mengkritik Qur'an, kenapa para Muslim mudah berdalih bahwa ia tak paham bahasa asli Quran? Padahal para sarjana mereka sendiripun praktis tidak juga paham dan sependapat akan bahasa asli Quran yang klasik dulu, apalagi skrip Hejazi yang sulit dimengerti atau diterjemahkan. Lalu untuk apa kamus-kamus bahasa Arab-Inggris yang paling shahih itu dipakai bilamana makna asli Quran (yang dikritisi negatif itu) tidak dapat diterjemahkan secara layak? Lebih parah lagi, untuk apa Allah berbahasa Quran-asli yang praktis hanya dipahami persis oleh Muhammad seorang?

      3. Anak-anak kecil bisa berfantasi dan percaya Cinderella berbicara pada burung-burung, tikus dan benda-benda. Apa yang membuat anda Muslim lebih pintar daripada seorang anak kecil tatkala anda percaya buta bahwa nabi Sulaiman, seperti dikatakan Qur'an, berbicara dengan semut.?

      4. Qur'an tidak pernah mengatakan bumi ini bulat, melainkan datar seperti hamparan permadani.Tidak seorangpun yang pernah melihat sebuah permadani bulat. Tetapi belakangan diplintir dengan menggunakan kata "Kurah" (bahasa Arab untuk bulat) di depan kata “bumi” seperti yang terdapat di banyak teks bahasa Arab dewasa ini. Apakah Allah menerapkan pemelintiran kata-kata baku?

      5. Mengapa setiap tahun orang Muslim di belahan dunia yang berbeda tidak dapat sepakat kapan dimulainya Ramadan? Apakah Allah menggunakan kalkulasi-kalkulasi astronomis yang sudah ketinggalan jaman karena ia berpikir bumi ini datar? (Earth was flat)

      Delete
  53. ISLAM ADALAH CONTOH AGAMA YANG KESEPIAN, GA PUNYA HARGA, RENDAHAN MAKANYA SELALU BERUSAHA MEMBENARKAN DIRI,MENCARI-CARI KESALAHAN MEREKAYASA KESALAHAN SUATU KITAB MENURUT HAWA NAFSUNYA..... dAN MENGKLAIM KALO MEREKA PALING BENER DAN MENYEMPURNAKAN SEMUA AGAMA DAN KITAB... ORANG GILA PUN AKAN TERTAWA MELIHAT KALIAN.

    ReplyDelete
  54. PERTANYAAN UNTUK PEMROTES/MUSLIM DI ATAS, HARAP DI JAWAB...:-

    1. Qur’an mengklaim secara naïf bahwa Injil adalah Kitab yang diturunkan/ diberikan kepada Isa Al-Masih (Qur’an 3:3, 5:46). Selesai, dan tak ada keterangan lanjutan! Namun dalam kenyataannya, Injil tidak pernah diberikan ataupun diturunkan oleh siapapun kepada Isa Al-Masih selama 3 tahun pelayanannya. Tidak ada Jibril atau Allah yang setiap kali harus membisikkan atau mendiktekan wahyuNya kepada Isa, dan Isa Juga tidak pernah menulis atau menyuruh orang lain untuk menuliskan wahyu yang diucapkan dari mulutnya. Jadi kenapa Allah, Quran, dan Muhammad gagal menjelaskan apa/siapa yang menjadi sumber transmisi wahyu bagi Isa dan bagaimana terjadinya Kitab Injil? Bagaimana isyu sepenting ini tidak dijelaskan, namun Quran tetap memerintahkan Muslim untuk beriman kepada Injil?

    2. Mengapa Allah tidak mampu (seperti yang diklaim banyak orang Muslim) melindungi Taurat Musa dan Injil Yesus dari pemalsuan dan penghilangan? Jika Allah tidak dapat menjaganya dengan benar pada dua kali kesempatan terdahulu, mengapa Quran Muhammad bisa dijaga-Nya?

    3. Allah berkali-kali memerintahkan Muhammad (dan tentu juga Muslim) untuk berkonsultasi kepada para Ahli Kitab (orang-orang yang membaca Kitab sebelumnya) tatkala beliau bingung akan apa yang diturunkan Allah kepadanya. (10:94). Jadi, Alkitab telah dijadikan rujukan kebenaran yang pasti. Namun, adakah Muhammad dan Muslim pernah datang kepada Ahli-Kitab dan melakukan perintah Allah ini dengan segala rendah hati? Taatkah itu? Muslimkah mereka?

    4. Para ulama Muslim tak jera-jeranya memastikan adanya Taurat, Zabur, dan Injil yang asli Islami yang dikatakan mereka sudah hilang, walau tanpa bukti. Bagaimana bila orang kafir berkata sebaliknya, bahwa Quran yang sejati dari Jibril telah hilang karena sudah dibakar oleh Utsman (Bukhari 61/510)? Apakah ada manusia dan jin yang telah pernah membaca Taurat Islami dan Zabur Islami dan Injil Islami? Musa, Daud, Yesus dan bahkan Muhammad jelas tidak mengenal Kitab-kitab tersebut. Hanya ulama Islam modern-lah yang menslogankannya demikian bagi umatnya yang naïf!

    5. Tahukah Muslim apa yang Muhammad maksudkan dengan “Kitab Taurat”? Ia telah keliru mengartikan Taurat sebagai keseluruhan perintah wahyu yang “Kami (Allah) tuliskan untuk Musa, “pada luh-luh (Taurat) mengenai segala sesuatu sebagai pelajaran dan penjelasan bagi segala sesuatu…” (7:145). Disini Muhammad salah mencampur-adukkan DUA jenis/set perintah Allah yang berbeda, yaitu (a) “Sepuluh Perintah Tuhan” yang ditulis diatas 2 luh batu, dan (b) SEMUA pelajaran dan penjelasan (messages) yang Tuhan ilhamkan kepada Musa seperti yang dituangkan dalam 5 Kitab Musa (Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan, Ulangan), termasuk 10-Perintah Tuhan didalamnya! Itulah keseluruhan Taurat-asli sejak zaman Musa, Daud, Yesaya, hingga Yesus; sebelum dikacaukan Muhammad yang tidak memahami apa itu Taurat!

    6. Kenapa Muhammad melagak (bluffing) seolah dia tahu benar isi Taurat lalu membenar-benarkan Taurat dan menyuruh orang untuk mengimaninya (berpuluh kali!) padahal dia tidak tahu apa yang dibenarkan dan apa yang harus diimani dari Taurat itu? Tahukah Muslim bahwa “10 Perintah Tuhan” yang Tuhan sendiri tuliskan di luh-alwah itu juga menyangkut hal-hal yang justru Muhammad sendiri langgar, seperti;(
    a) Mengganti secara sembarangan nama diri Tuhan, dari aslinya YAHWEH, menjadi ALLAH.
    (b) Tidak mengkuduskan Hari Sabat, melainkan menggantinya menjadi hari Jumat
    (c) Hukum “jangan membunuh” diganti dengan hukum yang saling kontradiktif: “jangan membunuh…tetapi bunuhlah mereka yang murtad dan kafir”

    ReplyDelete
  55. Dan waktu ibadah umat Kristen pada hari Minggu adalah warisan iman yang diturunkan oleh para rasul kepada bapak-bapak gereja dan kemudian diteruaskan oleh para reformator gereja spt : Martin Luther, Jhon Calvin, Zwinggly, Methodist sampai sekarang ini. Rasul Paulus katakan : Jikalau Kristus tidak dibangkitkan maka sia-sialah semua ibadah dan pelayan orang Kristen. Jadi semua ibadah Kristen berpusat pada Kristus ( Christo Centris)


    Pernyataan diatas jelas tdk bijaksana dan tdk mau selamat, mengikut warisan adalah sesat. Mengikut ajaran Alkitab Firman Tuhan Selamat.

    ReplyDelete
  56. Apa yang dilakukan Paulus pada hari-hari kerja dibandingkan dengan hari Sabat? “Dan karena mereka melakukan pekerjaan yang sama ia tinggal bersama-sama dengan mereka. Mereka bekerja bersama-sama, karena mereka sama-sama tukang kemah. Dan setiap hari Sabat Paulus berbicara dalam rumah ibadat dan berusaha meyakinkan orang-orang Yahudi dan orang-orang Yunani.” Kisah 18:3,4.

    Catatan: Kebiasaan Paulus maupun kebiasaan Kristus adalah berbakti pada hari Sabat hari ketujuh.

    8. Pada hari apa Yohanes dikuasai Roh ? “Pada hari Tuhan aku dikuasai oleh Roh dan aku mendengar dari belakangku suatu suara yang nyaring seperti bunyi sangkakala.” Wahyu 1:10.

    Catatan: Ungkapan “Hari Tuhan” menunjuk kepada hari Sabat hari ketujuh baik dalam Perjanjian Lama maupun dalam Perjanjian Baru. Dia mengatakan, “tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat Tuhan , Allahmu.” Keluaran 20:10. Dalam Yesaya 58:13 Dia menyebut hari Sabat”Hari kudusKu” Hari Tuhan adalah hari atas mana Kristus adalah Tuhan, Dia katakan Ia adalah Tuhan atas hari Sabat (Matius 12:8; Markus 2:28). Baca Keluaran 20:11.
    Kesimpulan
    Kristus melakukan semua apa yang dapat Ia lakukan untuk mengembalikan hari Sabat kepada bangsa Israel sebagiamana itu telah diberikan kepada mereka sebelumnya. Itu dimaksudkan utnuk menjadi berkat bukan untuk menjadi beban. Kristus berusaha menyatakan bahwa maksud sebenarnya daripada hari Sabat ialah disamping memuliakan nama Allah atas kasih dan berkatNya sepanjang 6 hari di waktu yang diberikan untuk bekerja bagi kita juga hari sabat seharusnya berbuat baik, menyebuhkan orang sakit, dan melakukan perbuatan-perbuatan belas kasihan.
    Buku Ibrani menyebutkan hari Sabat hari ketujuh.” Dan Allah berhenti pada hari ketujuh dari segala pekerjaanNya.” Ibrani 4:4. “Sebab barangsiapa telah masuk ke tempat perhentianNya, ia sendiri telah berhenti dari segala pekerjaanya, sama seperti Allah berhenti dari pekerjaanNya.” Ibrani 4:10. Allah memanggil umatNya ke dalam suatu perhentian rohani, suatu perhentian dari pekerjaan mereka sendiri; berhenti dari dosa. Pemeliharaan hari Sabat adalah suatu lambang dari perhentian ini. Allah menuntut kesucian hidup. Untuk ini hari Sabat adalah suatu tanda. Janganlah kita menolak tanda itu, apalagi menolak untuk mana tanda itu berdiri

    Mengenai Tradisi Yesus berkata :

    “Tradisi” Yesus berkata : Mateus 15:3 “Mengapa kamupun melanggar perintah Allah demi adat istiadat nenek moyangmu?”
    Mateus 15:6 “… Dengan demikian Firman Allah kamu nyatakan tidak berlaku demi adat istiadatmu sendiri,”
    Mateus 15:9 “Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia .
    Jelaslah Tuhan tidak pernah mengijinkan tradisi-tradisi manusia menggantikan hukum-hukum-Nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saudara kita dari muslim selalu mengatakan Taurat, Injil dan Jabur palsu/sudah dirubah. Tentu ada dalilnya bukan? jika memang palsu/sdh dirubah tlong Tunjukkan Aslinya atau nyatakan ayat-ayat mana yang dirubah dan siapa merubahnya.

      Delete
  57. Sebagai Hamba Tuhan, saudara harus menyatakan Kebenaran Firman Tuhan jangan menipu. Karena jelas sekali banyak bahasa di dunia menyatakan bahwa hari Sabat adalah hari Ketujuh. Bahasa Indonesia kenapa menyebutnya Sabtu (Sab: Sabat tu : Tujuh atau Sabat hari Ketujuh). Saya adalah orang Biak Numfor,Papua.Dalam bahasa kami hari Sabtu atau Sabat disebut Ras Mnaisu artinya Hari Perhentian sedangkan hari Minggu disebut Ras beponi artinya hari pertama... Banyak bahasa di dunia mendukung tentang hari Sabat ini. Sebagai Hamba Tuhan,pasti Saudara mengerti tentang Ayat Firman Tuhan dalam Kitab Matius 5 :17-20. Yahweh, Elohim
    memberkati

    ReplyDelete
  58. komen tgl 23 juli....makanya kalo mau tau banyak.... banyaklah baca Injil....gua yang Muslim aja sering baca Injil...masak lo yang Kristen gak pernah baca.....makanya jangan seperti pendeta lo bilang ...cukup mengimani Yesus ....jaminan surga.....gak perlu buat yang baik2......

    ReplyDelete
  59. Sayang sekali orang Kristen yang diajak berdialog sama sekali kurang pengetahuan, berikut ini nama-nama hari :

    Minggu :
    Ibrani : RI'SYON atau 'EKHAD
    Yunani kuno : HELIOU
    Yunani Klasik : MIA
    Yunani Modern : KURIAKÊ

    Senin :
    Ibrani : SYENI
    Yunani kuno : SELENES
    Yunani Klasik : DEUTERA
    Yunani Modern : DEUTERA

    Selasa :
    Ibrani : SYELISYI
    Yunani kuno : AREOS
    Yunani Klasik : TRITÊ
    Yunani Modern : TRITÊ

    Rabu :
    Ibrani : REVI'I
    Yunani kuno : HERMU
    Yunani Klasik : TETARTÊ
    Yunani Modern : TETARTÊ

    Kamis :
    Ibrani : KHAMISYI
    Yunani kuno : DIOS
    Yunani Klasik : PEMPTÊ
    Yunani Modern : PEMPTÊ

    Jumat :
    Ibrani : SYISYI
    Yunani kuno : APHRODITES
    Yunani Klasik : HEKTE
    Yunani Modern : PARASKEUÊ

    Sabtu :
    Ibrani : SYEVI'I atau SYABAT
    Yunani kuno : KHRONU
    Yunani Klasik : HEBDOME
    Yunani Modern : SABBATO

    ReplyDelete
  60. Kenapa umat kristen beribadah hari minggu??

    Dalam Keluaran :
    20:8 Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat:
    20:9 enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu,
    20:10 tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu.
    20:11 Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.

    Penjelasan : JIka kita menyimak dgn baik ayat diatas,maka yg dimaksud Allah atau titik berat pesan yg ingin Allah sampaikan adalah kita harus menyisakan satu hari dlm seminggu untuk Tuhan, atau kita disuruh istirahat bekerja pada hari ke tujuh setelah 6 hari kita bekerja..jadi persoalannya bukan masalah itu sabtu,minggu atau senin, akan tetapi kita harus melowongkan satu hari dlm rentang satu minggu untuk Tuhan....kami umat kristen diajar Yesus untuk tidak boleh terjebak pada seremonial...Yesus banyak mengkritik kehidupan bgs israel saat itu yg terjebak pada seremonial....jadi yang dipentingkan dalam ajaran yesus adalah percaya padanya dan menjaga kekudusan hati/perubahan hati,krn itulah yg akan membuat kita masuk surga ....adapun pengertian ttg Allah berhenti pada hari ke tujuh,kami maknai dgn, yg penting 6 hari bekerja dan pada hari yg ke tujuh berhenti utk dipersembahkan bagi Tuhan...sebenarnya disini bukan masalah sabtu atau minggu,atau seninnya(nama hari),,kita harus melihat bahwa setiap apa yg disampaikan oleh Allah tentunya selalu bermuatan pengajaran kpd manusia..pertanyaannya kenapa Allah menyuruh manusia beristirahat pada hari ketujuh???itu karena Allah ingin agar manusia jangan tenggelam dlm mengejar duniawi/terus bekerja shg bisa2 melupakan Tuhan(jadi serakah), makanya Allah menetapkan jangka waktu yaitu jika kita sdh bekerja (mengutamakan duniawi) selama 6 hari,maka hari ke tujuh berhentilah utk bersekutu dgn Allah dlm rangka mengembalikan suasana hati kita dlm hadirat Allah yg mana setelah 6 hari mengejar hal2 yg bersifat duniawi/bekerja...

    Adapun mengapa kristen mengadakan kebaktian pada hari minggu, itu sdh dijelaskan diatas, yaitu sbg bentuk sukacita kami krn pada hari itu Yesus bangkit yg menandakan kemenangan Iman kristen.Jadi menurut pendapat saya, mungkin para tokoh kristen jaman dulu, berpikir spt saya diatas, dimana arti dari menyucikan hari sabat yaitu berhenti pada hari ketujuh...jadi dengan ibadah dipindah ke hari minggu,maka ada dua hal sekaligus yg bisa dilakukan yaitu bersukacita dlm merayakan hari kebangkitan/hari kemenangan iman kristen,sekaligus bisa menjalankan perintah Allah untk berhenti bekerja pada hari ke tujuh dlm rangka lebih bersekutu lagi dgn Allah atau mencari hadirat Allah agar kita jangan lupa akan Allah..bukankah yg dimaksud Allah dgn kita diharuskan menyisakan satu hari buat Allah dlm rangka agar hubungan kita dgn Allah tetap terpelihara dgn baik???jadi saya kira masalah hari sabtu,minggu atau senin tdklah menjadi persoalan..

    ok..mudah2an pendapat saya bisa mencerahkan...GBU All...

    ReplyDelete
    Replies
    1. SALAH BESAR kalau mengatakan tidak masalah dan tidak persoalan apakah itu hari Sabtu, Minggu atau Senin dll.

      Mengejutkan bagi pikiran berjuta-juta orang Kristen yang bersungguh-sungguh memelihara hari Minggu, hari pertama dalam minggu (baca Matius 28:1), sambil mengira bhw mereka sedang melakukan apa yang ALLAH perintahkan mereka lakukan.
      Sesungguhnya mereka tidak menyadari bahwa mereka sedang memelihara hari yang tidak pernah ALLAH asingkan sebagai hari perhentian atau hari perbaktian.

      Apabila kita membuka sejarah Alkitab, kita mendapati bahwa ALLAH menentukan suatu waktu khusus sebagai saat persekutuan antara DIA sendiri dan umat manusia.

      menurut CANON and TRADITION halaman 263
      "akhirnya pada akhir pembukaan tgl 18 Jan 1562 semua keragu-raguan telah dilenyapkan: Archbishop dari Reggio mengadakan suatu pembicaraan di mana ia secara terang-terangan memaklumkan bhw tradisi berada di atas Kitab Suci. Dengan demikian kekuasaan gereja tidak boleh dibatasi oleh kekuasaan Kitab Suci, sebab Gereja telah mengubah Hari Sabat menjadi hari Minggu, bukan oleh perintah KRISTUS melainkan oleh kekuasaan gereja itu sendiri"

      Jadi yang mengubah hari SABAT (menurut Alkitab) yang sekarang kita kenal dengan hari SABTU ke hari Minggu adalah Kepausan.

      ALLAH meminta kita ingat padaNYA sebagai Pencipta kita dengan memelihara hari SABAT.
      Melakukan sebagaimana yang dimintaNYA berarti kita menunjukkan kesetiaan kita padaNYA.

      "Sebab inilah kasih kepada ALLAH, yaitu bahwa kita menuruti perintah-perintahNYA.
      Perintah-perintahNYA itu tidak berat"
      ( 1 Yoh 5:3 )

      "Jikalau kamu mengasihi AKU, kamu akan menuruti segala perintahKU"
      ( Yoh 14:15 )

      Delete
  61. kalimat " hari pertama minggu itu "bukan berarti otomatis menyatakan bahwa hari pertama dalam kurun waktu satu minggu tersebut adalah namanya " hari minggu ". bagaimana kalau saya buat kalimat contoh seperti ini " saya akan berangkat ke jakarta pada hari ketiga minggu ini " coba saudara sebutkan hari apa yang saya maksud ????? Selanjutnya....sebenarnya apa yang kita mahui dalam menjalankan agama kita ini ? ngomong soal keahlian dalam tafsir menafsir Alkitab ?? Paulus dan kaum saduki serta parisi pun tak luput dari kekeliruan.kok malah penjahat yang disalib bersama Yesus yang duluan masuk kerajaan Allah ?? " WALK BY FAITH NOT BY SIGHT " please ///////.sembah aja Tuhan dengan pengetahuan yang kita punya,Tuhan lebih menilai hati kita ketimbang logika kita yang petantang petenteng.

    ReplyDelete
  62. Coba Baca Lukas 16:17

    Lebih mudah langit dan bumi lenyap dari pada satu titik dari hukum Taurat batal.

    ReplyDelete
  63. HARI JUMAT / JUMAT AGUNG / HARI KEMATIAN

    LUKAS 23:52 – 54

    Ia pergi menghadap Pilatus dan meminta mayat Yesus.

    23:53
    Dan sesudah ia menurunkan mayat itu, ia mengapaninya dengan kain lenan, lalu membaringkannya di dalam kubur yang digali di dalam bukit batu, di mana belum pernah dibaringkan mayat.

    23:54
    Hari itu adalah hari persiapan dan sabat hampir mulai.

    HARI SABTU / SABAT (HARI ISTIRAHAT HARI KUDUS
    MENURUT HUKUM TAURAT)

    LUKAS 23:55 – 56
    Dan perempuan-perempuan yang datang bersama-sama dengan Yesus dari Galilea, ikut serta dan mereka melihat kubur itu dan bagaimana mayat-Nya dibaringkan.

    23:56
    Dan setelah pulang, mereka menyediakan rempah-rempah dan minyak mur.

    (23-56b) Dan pada hari Sabat mereka beristirahat menurut hukum Taurat,

    HARI MINGGU / HARI PERTAMA / MINGGU PASKAH ( HARI
    KEBANGKITAN )

    MATIUS 28 : 1 – 2
    Setelah hari Sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain, menengok kubur itu.

    28:2
    Maka terjadilah gempa bumi yang hebat sebab seorang malaikat Tuhan turun dari langit dan datang ke batu itu dan menggulingkannya lalu duduk di atasnya

    Bahkan hingga kepada hari kematianNyapun tidak mencemarkan Hari sabat.

    Jumat Sore dia dikuburkan sebelum tiba hari Sabat, dan minggu pagi Yesus dibangkitkan. Begitu pentingnya penurutan untuk menyucikan Hari Sabat .. Yesus berpesan kepada muridnya menjelang hari kedatangannya akan ada kesusahan dan siksaan maka pesan Yesus:

    Matius 24:20 Berdoalah, supaya waktu kamu melarikan diri itu jangan jatuh pada musim dingin dan jangan pada hari Sabat.

    24:21 Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi.

    ReplyDelete
  64. Maaf,bukankah Taurat sudah dibatalakn dengan segala printah dan ketentuanya?
    Bukankan Sabat termasuk hukum Taurat? [Keluaran 20 : 8]

    Mengapa Taurat telah dibatalkan ?

    Kita baca:Karena itu ingatlah,bahwa dahulu kamu - sebagai orang-orang BUKAN Yahudi menurut daging,yang disebut orang-orang TAK bersunat oleh mereka yang menamakan dirinya "sunat",yaitu sunat lahiriah yang dikerjakan oleh tangan manusia, - bahwa waktu itu kamu tanpa Kristus,TIDAK termasuk
    KEWARGAAN Israel dan TIDAK mendapat bagian dalam ketentuan-ketentuan yang dijanjikan,TANPA PEGHARAPAN DAN T A N P A Allah di dalam dunia.
    Tetapi S E K A R A N G di dalam Kristus Yesus kamu,yang dahulu "jauh" sudah menjadi " dekat" oleh darah Kristus.
    Karena Dialah damai sejahtera kita,yang telah MEMPERSATUKAN kedua pihak dan yang telah MERUBUHKAN tembok PEMISAH,yaitu perseteruan,sebab dengan MATINYA sebagai manusia IA telah
    MEMBATALAKAN HUKUM TAURAT DENGAN SEGALA PERINTAH DAN KETENTUANNYA, untuk menciptakan KEDUANNYA menjadi SATU MANUSIA BARU di dalam diriNya ,dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,dan untuk memperdamaikan KEDUANYA [Yahudi dan non Yahudi],di dalam SATU tubuh,dengan Allah oleh tiang siksaan,dengan melenyapkan perseteruan pada tiang siksaan.
    Ia datang dan memberitakan damai sejahtera kepada kamu, yang "jauh" dan damai sejahtera kepada mereka yang "dekat",karena oleh Dia kita KEDUA PIHAK dalam satu Roh beroleh jalan masuk kepada Bapa. Demikianlah kamu BUKAN lagi ORANG ASING dan pendatang,melainkan kawan sewarga dari....[Efesus 2 : 11-19a]

    Baca Keluaran 12 untuk lebih jelasnya mengenai kedudukkan orang-orang NON Yahudi.

    Jadi jelasnya, orang-orang kafir TIDAK dapat menjadi pengikut Yesus,kalau Taurat yang merupakan
    TEMBOK PERSETERUAN/PEMISAH antara orang-orang kafir dan orang-orang Yahudi TIDAK ditiadakan/dibatalkan.

    Dengan DIBATALKANMYA Taurat dengan kematian Yesus
    maka orang-orang kafir dan orang-orang Yahudi dapat diperdamaikan dalam SATU tubuh.

    Saya agak heran ketika orang dibuat bingung oleh
    ayat,yang bunyinya : Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan buni ini,satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat,SEBELUM SEMUANYA TERJADI.Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang PALING kecil,dan mengajarkabnya demikian kepada orang lain,ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga;tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat,ia akan menduduki tempat yang tertinggi di dalam Kerajaan Sorga.[Matius 5 : 18- 19]

    Kata-kata di ayat ini benar,KALAU hukum Taurat BELUM dibatalkan oleh kematian Yesus.

    Oleh karena Ia berkata-kata tentang perjanjian BARU,Ia menyatakan yang PERTAMA sebagai perjanjian yang telah menjadi tua.Dan apa yang telah menjadi tua dan usang,telah dekat kepada kemusnahannya
    [Ibrani8:13] baca Kolose 2:14


    Sabat termasuk Taurat yang sudah DIBATALKAN.

    Saya kira tidak perlu lagi mencari-cari Sabat itu jatuh pada hari Sabtu atau Minggu.

    Semoga membantu.



















    ReplyDelete
  65. Sekedar untuk berbagi dan menambahkan..

    Tahukah Anda, hari apakah terbentuknya gereja yang mula-mula di Yerusalem?


    * Kisah Para Rasul 2: 1-4
    2:1 Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat.
    2:2 Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk;
    2:3 dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing.
    2:4 Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.


    Hari Raya Pentakosta sentiasa jatuh pada hari Minggu (reff. http://www.sarapanpagi.org/viewtopic.php?p=460#460 )


    Mari kita kaji ayat ini :


    * Kisah Para Rasul 20:7
    "Pada hari pertama dalam minggu itu, ketika kami berkumpul untuk memecah-mecahkan roti, Paulus berbicara dengan saudara-saudara di situ, karena ia bermaksud untuk berangkat pada keesokan harinya."

    LAI Terdjemahan Lama, "Maka pada hari jang pertama didalam minggu itu tatkala kami berhimpun memetjahkan roti, bertuturlah Paulus dengan mereka itu sebab maksudnja hendak berlajar pada keesokan harinja sambil melandjutkan utjapannja sehingga sampai tengah malam."

    TR Translit Interlinear, en {pada} de {dan} tê mia {pertama} tôn sabbatôn {pekan/week} sunêgmenôn {datang bersama-sama} tôn mathêtôn {murid-murid} tou klasai {memecah-mecahkan} arton {roti} o paulos {Paulus} dielegeto {berdialog} autois {dengan mereka} mellôn {siap} exienai {berangkat} tê epaurion {hari berikutnya} pareteinen {melanjutkan} te ton logon {perkataan} mechri {hingga} mesonuktiou {tengah malam}"

    The Orthodox Jewish Brit Chadasha, "And on Yom Rishon, when we met for a firen tish, Rav Sha'ul was giving a shiur to them, since he would have to depart in the boker and was having to extend the message until chatzot halailah."


    Perhatikan terjemahan The Orthodox Jewish Brit Chadasha yang menulis kata "hari Minggu" (Ibrani, Yom Rishon).

    ReplyDelete
  66. Berikut ini daftar nama hari dalam bahasa Indonesia, Ibrani, arab dan Yunani :


    Minggu :
    Ibrani : RI'SYON atau 'EKHAD
    Arab : AHAD
    Yunani : MIA atau KURIAKE

    Senin :
    Ibrani : SYENI
    Arab : ITSNAIN
    Yunani : DEUTERA

    Selasa :
    Ibrani : SYELISYI
    Arab : TSULATSA
    Yunani : TRITE

    Rabu :
    Ibrani : REVI'I
    Arab : ARBA'A
    Yunani : TETARTE

    Kamis :
    Ibrani : KHAMISYI
    Arab : KHAMIS
    Yunani : PEMPTE

    Jumat :
    Ibrani : SYISYI
    Arab : JUMU'AH
    Yunani : PARASKEUE

    Sabtu :
    Ibrani : SYEVI'I atau SYABAT
    Arab : SABTU
    Yunani : HEBDOME atau SABBATO



    Kisah Para Rasul 20:7 menulis "de tê mia tôn sabbatôn" pada hari pertama pekan itu (perhatikan kata 'sabbato' ditulis dalam bentuk jamak, yang artinya pekan/week), bandingkan dengan terjemahan King James Version dibawah ini :

    And upon the first day of the week, when the disciples came together to break bread, Paul preached unto them, ready to depart on the morrow; and continued his speech until midnight.

    The first day of the week/ Hari pertama dalam suatu pekan adalah "hari minggu"

    Perhatikan pula dalam Kisah Para Rasul 20:7, frasa "tou klasai arton", "memecah-mecahkan roti" hal ini merujuk pada "perjamuan Kudus", seperti Yesus telah memerintahkannya :


    * Lukas 22:19
    Lalu Ia mengambil roti, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka, kata-Nya: "Inilah tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku."
    KJV, And he took bread, and gave thanks, and brake it, and gave unto them, saying, This is my body which is given for you: this do in remembrance of me.
    TR Translit Interlinear, kai {lalu} labôn {mengambil} arton {roti} eucharistêsas {setelah mengucap syukur} eklasen {Ia memecah-mecah} kai {dan} edôken {memberikan} autois {kepada mereka} legôn {berkata} touto estin {inilah} to sôma {tubuh} mou {-Ku} to uper {bagi} umôn {kamu} didomenon {diberikan} touto {ini} poieite {perbuatlah} eis {menjadi} tên emên {akan Aku} anamnêsin {sesuatu untuk mengenang}


    Dengan demikian Alkitab jelas menyebutkan "Hari Minggu" adalah hari dimana terjadi Turunnya Roh Kudus kepada Jemaat mula-mula, dilanjutkan dengan bukti lain dalam Kisah Para Rasul 20:7, orang-orang percaya ini melakukan ibadah dengan diiringi Perjamuan Kudus sebagai peringatan (Yunani, anamnesis) akan Tuhan Yesus Kristus. Ibadah tersebut dilakukan pada hari minggu.


    Maka tradisi ibadah pada hari Minggu, bukannya ibadah dari hasil dekrit "Kaisar Konstantin" tetapi ibadah pada hari Minggu telah ada sejak terbentuknya jemaat mula-mula di Yerusalem.

    ReplyDelete

  67. Melihat ramainya persoalan Hari Sabat dan Hari Tuhan, Saya mau ikut berkomentar.
    Saya hanyalah jemaat protestan biasa dan belum mengerti seutuhnya arti Injil / Alkitab.
    Saya pindah agama karena membaca Alkitab dan jadilah sekarang orang kristen.
    Saya hanya tahu bahwa didalam Yesus Kristus Yesus ada jalan Kebenaran dan Hidup...hidup yang kekal.
    Dan, celakalah kita bila melanggar Taurat itu.
    Tetapi, apa kata INJIL / Alkitab:
    Yakni dengan keinsafan bahwa Taurat itu bukanlah bagi orang yang benar, melainkan bagi orang durhaka dan orang lalim, bagi orang fasik dan orang berdosa, bagi orang dinia dan yang tak beragama, bagi pembunuh bapa dan pembunuh ibu, bagi pembunuh pada umumnya.Bagi orang cabul dan pemburit, bagi penculik, bagi pendusta, bagi orang makan sumpah dan seterusnya segala sesuatu yang bertentangan dengan ajaran sehat. ( 1Tim 1;9 )
    Saya sebelum kristen adalah orang yang pasti masuk neraka, karena perbuatan yang melanggar Hukum Taurat itu.
    Tapi... ternyata hukum Taurat itu adalah penuntun bagi kita sampai kristus datang, supaya kita dibenarkan karena IMAN.
    Dan, Saya bahagia karena sekarang IMAN itu telah datang, karena itu kita tidak berada lagi dibawah pengawasan penuntun...Sebab kita semua adalah anak-anak Allah karena IMAN didalam Yesus Kristus.
    ( Gal3:24-26 ).
    Jadi, apabila Anak itu ( Yesus ) memerdekakan kamu, kamu-pun benar-benar merdeka. ( Yoh 8:36 )
    Dari pada ribut-ribut tentang hari-hari...
    Yang sngat penting adalah Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan kitab suci. Bahwa Yesus telah dikubur, dan bahwa Yesus telah dibangkitkan pada hari yang ke tiga, sesuai dengan kitab suci...( 1Kor 15:3-5 ).
    Jadi... sekarang bukan persoalan tentang hari Sabat atau Taurat, apakah kita memiliki KASIH..?
    Sebab, Allah adalah KASIH.
    Salam damai sejahtera...Gbu.

    ReplyDelete
  68. Sabat sudah ada semenjak dunia ini di ciptakan ....Sabat bukan hanya untuk orang yahudi...Sabat ada tanda bahwa dia adalah umat Tuhan bukan orang yahudi....menurut injil Sabat tidak di rubah menjadi hari minggu...yg merubah Sabat menjadi hari minggu adalah si pembaca/penanafsir injil...

    ReplyDelete
  69. Semua agama mungkin setuju Tuhan itu satu
    Apakah umat kristen demikian ?
    Bila ia, apakah yesus, bapak dan roh kudus adalah Tuhan juga ?
    Jd siapa kau Tuhan itu satu menurut umat kristen ?

    ReplyDelete